10 Mall di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Semarang

Inilah rekomendasi mall terbaik di Semarang. Kota Atlas dari singkatan aman, tertib, lancar, asri dan sehat ini, Anda dapat menjelajahi beberapa mall untuk berjalan-jalan sembari memuaskan kegiatan berbelanja Anda.

Seiring dengan modernitas yang hampir menyentuh semua daerah di Indonesia, menjadikan pasar tradisional tak lagi satu satunya tempat memenuhi kebutuhan. Kota kota besar pasti akan memiliki pusat perbelanjaan modern yang juga dikenal dengan mall.

Begitu juga dengan Semarang yang memiliki sederet mall yang bisa dijadikan alternatif tujuan wisata. Berikut beberapa mall yang ada di kota Semarang dan wajib untuk Anda kunjungi. Simak ulasannya.

1. Paragon City Mall

Paragon City Mall

Image Credit: Seputarsemarang.com

Salah satu mall terbesar dengan konsep lifestyle dan entertainment. Dengan mengusung entertainment wajar jika mall ini terlihat begitu megah. Kehadiran lampu lampu berkilauan membuatnya terlihat mewah sekaligus elegan. Paragon City Mall menyuguhkan produk yang ternama dan berkualitas yakni seperti H&M, Passion refleksi, Adidas, L’OCCITANE dan The Body Shop dan masih banyak lagi. Selain itu, mall tersebut juga menyuguhkan tempat bioskop, hotel dan gereja.

Mall dengan bagian atas berdinding kaca itu memiliki luas 120.000 meter persegi ini, mampu menampung 3500 mobil karena memiliki tempat parkir yang sangat luas. Sehingga Anda tidak perlu bingung mencari tempat parkir. Usai lelah berbelanja, Anda dapat menikmati hidangan di beberapa food court yang disediakan di mall ini. Antara lain JCO Donuts, BreadTalk, Starbucks, foodcourt Robuchon sebagai tempat nongkrong dengan kerabat anda.

Lokasi: Jl. Pemuda No.118, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Mall Ciputra

Mall Ciputra

Image Credit: Setiapgedung.web.id

Mall Ciputra atau biasa disebut dengan sebutan Citraland Mall memiliki bangunan modern yang dapat Anda lihat dari kejauhan. Bangunan bertingkat dengan jendela yang tersusun rapi dan memiliki cat keoranyean semakin membuat mall ini terlihat elegan. Citraland Mall terdiri dari tiga lantai, dimana pada lantai dasar akan disuguhkan berupa produk fashion. Beberapa gerai kenamaan seperti The Bra House, Rotelli Shoes, dan Batik Keris bisa ditemui.

Dengan mall bertiga lantai ini, Anda dapat menemukan pelayanan untuk mengoptimalkan penampilan seperti Johnny Andrean salon dan JM Top Optical. Kedua tenant tersebut, bermanfaat untuk Anda yang menginginkan refreshing sejenak. Tak ketinggalan juga, mall di kota atlas ini menyuguhkan bioskop yang memiliki fasiltas studio Cinema XXI dan Citra 21 bagi Anda pecinta film terkini dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Simpang Lima No.1, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Semarang Town Squre

Semarang Town Squre

Image Credit: Flickr.com

Pusat perbelanjaan yang kerap disebut Setos juga wajib Anda icipi di kota Gambang ini. Dengan luas 25.000 hektar dan berlantai 10, yang memiliki konsep hampir sama dengan mall-mall lainnya yaitu konsep life style dan entertainment. Namun tetap ada yang berbeda dari mall ini, yakni konsep tambahan berupa dining dan gym. Bangunan yang ditampilkan bak hotel megah, dengan bagian atas menyerupai lengkungan berhias kaca.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Tidak hanya sekadar berjalan-jalan dan cuci mata, pengunjung juga dapat melakukan aktifitas olahraga dengan variasi peralatan gym yang disediakan. Tidak cukup dengan fasilitas tersebut, bangunan berleter U ini juga menyediakan area Indoor Theme Park yang luas. Di area ini dapat mengajak si kecil untuk bermain di berbagai macam wahana yang disediakan. Hadirnya fasilitas tersebut membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di Setos tersebut.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.06, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

4. Central City Mall

Image Credit: Dotsemarang.blogspot.com

Pada area bagian depan Central City Mall ini terdapat balok marmer yang tertata rapi hingga sepanjang tulisan mall dan logo menyerupai bunga. Logo ini menjadi salah satu khas mall berlantai 1 yang memberikan kesan yang minimalis dan simple pada bangunannya. Di dalam mall tersebut, pusat perbelanjaan pakaian dan dunia fashion lainnya. Area yang cukup luas membuat pengunjung bisa berbelanja dengan leluasa tanpa berdesakan.

Tak heran juga, terbilang cukup ramai pengunjung. Mall ini menyuguhkan Giant Hypermarket dan Indah Sedayu Meubel untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga dan perlatan sekolah yang cukup lengkap. Selain itu, terdapat jejeran foodcourt yang dapat membuat perut lapar seperti JCO Donuts, BreadTalk, Istana Mie dan Es, City D’Cafe. Kalian pula akan dimanjakan dengan toko mainan untuk anak-anak seperti City Toys.

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.Km, RW.11, Penggaron Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang.

5. DP Mall

DP Mall

Image Credit: Asedino.com

DP Mall atau disebut Duta Pertiwi Mall ini memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan mall-mall lainnya di kota kue lumpia ini. DP Mall memiliki konsep berupa travelator yang dapat mempermudah akses berbelanja bagi kaum penyandang difabel. Mall ini memiliki bangunan yang minimalis dan cukup modern, dilihat dari depan terdapat beberapa papan kayu sebagai hiasan dan pelindung dari terik matahari. Serta, dinding berwarna coklat yang elegan.

Mall dengan gaya gedung bertingkat tiga ini menyuguhkan berbagai foodcourt yang tak kalah hits seperti Excelso dan Baskin Robbins. Terdapat pula, toko yang sedang menjulang tinggi di tengah kalangan anak muda berupa kebutuhan produk dari negara sakura, Jepang, yaitu Miniso yang dapat mencuci mata Anda karena produk tersebut cukup berkualitas dan berbeda dari produk yang lainnya. Mall ini bisa Anda singgahi ketika Anda sedang di Semarang.

Lokasi: Jl. Pemuda No.150, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

6. Kampoeng Semarang

Image Credit: Agendaindonesia.com

Kampoeng Semarang merupakan salah satu mall, yang ditujukan untuk produk oleh-oleh bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mall ini menyuguhkan buah tangan dari khas kota Semarang. Anda bisa sambangi berbagai macam buah tangan mulai dari olahan makanan khas Semarang, pakaian sampai souvenir. Tidak hanya sekadar membeli oleh-oleh, Kampoeng Semarang ini memiliki bangunan yang unik dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Konsep yang diusung begitu unik, karena seperti yang kita tahu tidak banyak mall yang isinya beragam oleh oleh. Kampoeng Semarang juga menjadi wadah para pelaku UMKM yang ada di Semarang dalam memasarkan produknya. Beberapa outlet yang bisa Anda temui mulai dari Webe, Uwong Asem, Asem Arang, Galeri Kaos Semarang dan lainnya. Fasilitas yang diberikan oleh pengelola juga terbilang lengkap dan bisa memanjakan pengunjung.

Lokasi: Jl. Kaligawe Raya KM.1 No.96, Tambakrejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang.

7. Java Supermall

Java Supermall

Image Credit: Catatanzuhri.blogspot.com

Pada area atap mall ini terdapat kubah dengan menara kecil menyerupai kubah masjid, membuat area dalam mall tersebut terpapar sinar matahari tanpa bantuan lampu di siang hari. Mall ini pun terbilang cukup banyak menyediakan outlet yang lengkap sehingga pengunjung dapat berbelanja puas berbagai macam produk yang disediakan. Letak mall ini strategis karena dekat dengan jalan tol Tanjungmas-Srondol.

Bangunan dengan empat lantai ini, diberondol dengan beberapa toko fashion seperti Hammer, Bellagio dan Ramayana. Tak hanya itu, Anda dapat bercengkerama seru dengan kerabat Anda di beberapa kuliner yang menyediakan makanan jungfood seperti Pizza Hut, Kopi Luwak, Es Teler 77, Solaria dan gerai lainnya. Pengunjung tak perlu repot lagi, karena jalur angkutan umum dan beberapa ojek online di Semarang pun melewati mall tersebut.

Lokasi: Jl. MT. Haryono No.992-994, Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

8. Transmart Setiabudi

Transmart Setiabudi

Image Credit: Detik.com

Seperti yang kita ketahui Cabang transmart juga hadir di berbagai kota besar seperti Bandung, Malang, dan Makassar. Pusat perbelanjaan milik Trans Studio ini juga hadir di kota penyetan ini. Mall tersebut cukup strategis dan tak hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi. Anda yang menggunakan jasa angkutan umum, juga bisa dengan mudah mencapai Transmart Setiabudi sebab angkutan umum juga akan melewati arah transmart.

Transmart di Semarang merupakan cabang ketiga setelah di Tegal, Jawa Tengah. Mall ini memiliki bangunan yang cukup megah di kota penyetan ini, dengan dinding khas berwarna merah putih bak bendera kebanggaan negara Indonesia. Mall ini terdiri dari tiga lantai, di lantai 1 untuk jajaran outlet makanan, sedangkan di lantai dua tersebar luas jajaran produk fashion dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak hanya itu, transmart terkenal dengan wahana permainannya yang sering disebut dengan Trans Studio Mini yang terdapat di lantai tiga. Menariknya, dengan bangunan mall berbentuk persegi, transmart dapat menyediakan wahana roll coster yang tak kalah seru. Banyak kalangan muda pun yang menggunakan salah satu wahana anti mainstream tersebut. Transmart pilihan tepat untuk berbelanja sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga.

BACA JUGA:  15 Tempat Makan di Salatiga Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Setia Budi No.208, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

9. E Plaza

E Plaza

Image Credit: Facebook.com @Plazasmg

E Plaza atau Entertainment Plaza yang terletak di Ruko Gajah Mada Plaza ini memiliki konsep bangunan modern ala kalangan muda. Konsep yang diusung yakni konsep Lounge, Cinema and KTV Club dan Resto. Menjadikan Pengunjung E Plaza tersebut lebih banyak didominasi kalangan muda. Tak jarang beberapa event, diadakan di mall ini seperti menjadi tuan rumah DJ Party karena memiliki panggung bergaya lampu diskotik.

Untuk bisa menikmati event, pengunjung memang harus mengeluarkan dana yang cukup fantastis. Pasalanya E Resto di plaza tersebut menawarkan harga paket makanan untuk setiap event mulai dari Rp 70.000 per orang. Tak hanya itu, movie-goers pun bisa menikmati nonton film-film up to date di E Cinema dengan harga yang terjangkau. Sehingga, berbagai macam film favorit dapat dinikmati di E Plaza ini.

Lokasi: Jl. Simpang Lima, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

10. Plasa Simpang Lima

Plasa Simpang Lima

Image Credit: Setiapgedung.web.id

Mengapa disebut dengan Plasa Simpang Lima? Plasa tersebut berlokasi di kawasan Simpang Lima yang telah berdiri sejak tahun 1990. Plasa ini juga disebut dengan Family Shopping Center. Bangunannya pun terhubung dengan Mall Ciputra Semarang dan Hotel Horison sehingga cukup di bilang strategis untuk dikunjungi. Walau sudah berdiri cukup lama, namun mall ini masih menjadi favorit warga Semarang. Bangunan yang dimiliki mall ini terlihat bertingkat-tingkat ketika dilihat dari atas atau kejauhan.

Mall ini juga memiliki banyak outlet yang menjual barang elektronik seperti gadget atau smartphone. Oleh karena itu Plasa Simpang Lima didapuk sebagai pusat perbelanjaan teknologi masa kini. Terdiri dari 2 lantai, Anda akan menemukan tenant seperti Semarang Cellular Trade Center dan lainnya. Bahkan Anda juga bisa menemukan perlengkapan komputer seperti CPU, printer hingga service komputer dan gadget dengan harga bervariasi.

Cukup dengan mencuci mata dengan gadget masa kini, Anda pun akan temui di salah satu lantai akan disediakan dengan berbagai variasi foodcourt yang menyediakan makanan junkfood seperti pizza hut, california chicken fried, dunkin donuts. Dan Anda dapat memanjakan diri dengan wahana seperti time zone, serta berbelanja fashion di matahari departstore. Sedangkan di lantai 5 terdapat Semarang Cellular Trade Center ( SCTC ).

Lokasi: Jl. Simpang Lima No.1, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Mengunjungi kota Semarang tidak hanya bisa ke tempat wisatanya, namun Anda juga dapat menikmati wisata berbelanja. Deretan mall di Semarang tak hanya mampu memenuhi kebutuhan tetapi juga sebagai sarana liburan keluarga. Fasilitas yang ditawarkan juga memanjakan pengunjung, tak heran jika mall masih tetap menjadi favorit untuk liburan akhir pekan. Jadi sudah tahu mall mana yang akan Anda kunjungi lebih dulu?