Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 10.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Masing masing orang memang umumnya mempunyai cara tersendiri untuk menghabiskan waktu liburan. Namun belakangan ini, staycation menjadi salah satu alternatif liburan yang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dimana ada banyak sekali destinasi dalam negeri yang bisa anda jadikan tujuan untuk melakukan staycation.

Salah satunya yaitu Mandapa Kirana Resort yang ada di Sentul, Bogor. Mengusung konsep resort dengan menawarkan mountain view, destinasi ini bukan hanya sekadar tempat staycation biasa. Sebab banyak sekali hal menarik yang bisa ditemukan, sehingga membuat siapapun menjadi penasaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Mandapa Kirana Resort

Daya Tarik Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Yosef Mario Chalim

1. Pemandangan Alam yang Menawan

Menawarkan mountain view, keindahan alam yang disuguhkan di Mandapa Kirana Bogor ini memang begitu memanjakan mata. Sebab lokasi resort langsung menghadap ke arah Bukit Sentul, sehingga anda dapat menyaksikan pemandangan alam nan hijau sejauh mata memandang selama berada di destinasi.

Bukan hanya terlihat indah, Bukit Sentul yang ada di depan mata dan tidak berada jauh dari resort membuat lokasi di sekitar terasa sejuk. Bahkan bermain main di luar ruangan pada siang hari bisa anda lakukan tanpa perlu khawatir merasa gerah. Terlebih pemandangan indah berupa perpaduan antara atap langit dan hamparan perbukitan, bisa menjadi latar belakang foto yang rupawan.

2. Gerbang Seperti Pura Lempuyang Bali

Bali punya Pura Lempuyang yang sangat ikonik. Karena pura tersebut selalu dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara, yang selalu menyempatkan diri untuk berpose di gapuranya. Kini tidak perlu jauh jauh ke Bali, anda bisa menemukan gerbang yang mirip dengan Pura Lempuyang tersebut di Mandapa Kirana Resort.

Gerbang di tempat keren ini memang sekilas mirip dengan pura yang ada di Bali tersebut. Bahkan dilihat dari desainnya, resort yang ada di daerah Sentul ini memang mengusung konsep budaya Bali berpadu Eropa. Kesan etnik dan modern yang dipadukan sekaligus di sana membuatnya sangat apik untuk dijadikan latar belakang foto selfie.

Nuansa ala Bali di Mandapa Kirana sendiri tidak hanya terlihat pada gerbangnya yang mirip Pura Lempuyang. Tapi di sana juga terdapat bangunan Candi Bentar serta sebuah kolam renang yang berlatar belakang pemandangan menawan. Jika di Bali biasanya memiliki latar belakang hamparan laut, maka di sini anda bisa melihat hamparan pegunungan sebagai latar belakang kolam renang.

3. Spot Foto Instagenic

Bukan hanya pemandangan alam di sekitar Mandapa Kirana Resort yang bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk mendapatkan foto yang ciamik. Namun setiap sudut di resort ini juga bisa menjadi spot foto instagenic, yang dapat anda manfaatkan untuk memperoleh potret Instagramable yang nantinya dibagikan ke lini masa sosial media.

Bagaimana tidak, berbagai spot yang ada di resort telah didesain sedemikian rupa dengan kesan yang elegan dan modern. Spot spot yang ada di sini menggambarkan nuansa Bali dan Eropa, sehingga anda bisa mendapatkan dua perasaan sekaligus dalam satu tempat. Tentu saja akan sangat rugi apabila anda tidak mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Daya Tarik di Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Yosef Mario Chalim

4. Tersedia Coffee Corner

Bagi anda yang hobi ngopi di coffee shop, anda juga dapat menyalurkan hobi tersebut selama melakukan staycation di Mandapa Kirana Resort. Pasalnya di sini sudah tersedia coffee corner yang dapat anda manfaatkan untuk menikmati secangkir kopi, sambil berkumpul dan bertukar cerita dengan keluarga atau teman yang anda ajak berlibur.

Menariknya lagi, cafe dan resto yang ada di tempat hits ini bertipe outdoor. Yang mana lokasinya pun langsung menghadap kolam renang yang memiliki spot ala Pura Lempuyang. Jadi sembari menikmati secangkir kopi hangat, anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah ditemani suasana alam yang begitu sejuk.

5. Tersedia Layanan One Day Vacation

Mandapa Kirana Resort tetap bisa anda nikmati tanpa perlu bermalam di penginapan. Sebab di sini sudah tersedia layanan one day vacation. Adanya layanan tersebut memungkin para pengunjung untuk berlibur di resort seharian tanpa perlu menginap. Anda pun bisa menikmati berbagai hal menarik yang ada di sana ketika memesan layanan one day vacation.

Mulai dari mengunjungi cafe dan resto yang ada di dalam resort, berburu foto instagenic pada berbagai spot yang ada di sana, sampai berenang di kolam renang yang ada. Jadi anda tetap memperoleh keseruan yang sama tanpa harus bermalam. Sangat cocok bagi anda yang hanya memiliki waktu liburan terbatas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Samuel Lumentut

Mandapa Kirana Bogor beralamatkan di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 24,6 kilometer dari pusat Kota Bogor. Kurang lebih anda perlu melewati perjalanan selama 47 menit via Jalan Tol Lingkar Bogor untuk mencapai destinasi.

Rute perjalanannya sendiri sama seperti Curug Bidadari, jadi bagi anda yang pernah berkunjung ke curug tersebut tidak akan sulit untuk menemukannya. Jika masih bingung, bisa lihat rutenya di peta digital yang sudah tercantum sangat jelas. Akses jalannya pun sudah bagus, bisa dilalui oleh berbagai kendaraan bermotor.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Mandapa Kirana Resort

Apabila anda memilih untuk tidak menginap dan bermalam di Mandapa Kirana Resort, fasilitas yang ada di destinasi bisa dinikmati mulai pukul 10.00 sampai dengan 19.00 WIB pada hari Selasa hingga Jumat. Sedangkan di akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu, jam operasional berlangsung mulai pukul 09.00 sampai 19.00 WIB.

Sementara itu, bagi anda yang memilih menginap tentunya dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di resort selama anda bermalam di sana. Untuk harga tiket masuknya sendiri yaitu kurang lebih Rp. 50.000, yang mana bisa anda tukarkan dengan makanan dan minuman yang ada di resto.

Apabila ingin berenang, kolam renang dibuka untuk umum dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per kepala bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak anak dikenakan tarif sekitar Rp. 100.000 selama dua jam. Harga yang dituliskan bisa berubah sewaktu waktu, sehingga pastikan anda mengkonfirmasinya terlebih dahulu pada pihak pengelola saat akan berkunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mandapa Kirana Resort

Kegiatan Menarik Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps farida batarfie

1. Staycation

Staycation di Mandapa Kirana Resort adalah pilihan yang tepat untuk mengisi liburan anda. Karena banyak di tempat ini sudah tersaji panorama alam nan indah yang sangat cocok sebagai destinasi pilihan untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Dari resort, anda dapat melihat hamparan sawah, perbukitan, serta Gunung Pancar yang seolah mengintip dari balik awan pada pagi hari.

Terlebih pepohonan yang ada di sekitar resort mempunyai suasana di sana terasa sangat nyaman dan begitu asri, membuat siapapun betah selama berada di lokasi. Karena sangat cocok sebagai tempat untuk menikmati sunrise maupun sunset. Suasana romantis akan terbangun menjelang waktu waktu tersebut, sehingga direkomendasikan membawa orang tersayang ketika berkunjung.

2. Hunting Foto

Mengusung konsep ala Bali dan Eropa, setiap sudut yang ada di Mandapa Kirana Resort terlihat begitu indah dan mempesona. Sehingga sayang sekali jika anda tidak menyempatkan diri untuk berburu foto selama berada di destinasi. Terlebih pemandangan indah di sekitar sangat bagus digunakan sebagai latar belakang foto.

Selain itu, resort juga mempunyai spot yang mirip sekali dengan Pura Lempuyang Bali. Dimana pura tersebut merupakan salah satu destinasi yang sangat ikonik di pulau dewata. Jadi anda bisa merasakan sensasi berfoto di spot ikonik ini, tanpa harus secara langsung jauh jauh terbang ke Bali.

Kegiatan Menarik di Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Rusdi Marpaung

3. Berenang

Di Mandapa Resort Bogor, sudah tersedia kolam renang dengan view pemandangan cantik di sekitar. Jadi berenang di sini tentunya memberikan nuansa yang begitu berbeda bila dibandingkan dengan berenang di kolam renang pada umumnya. Apalagi spot gerbang yang mirip dengan Pura Lempuyang juga berada tidak jauh dari kolam.

4. Wisata Kuliner

Mandapa Kirana Resort bukan hanya sekadar resort biasa, sebab di sini sudah tersedia resto dan coffee corner yang bisa anda manfaatkan untuk nongkrong bersama teman maupun keluarga. Menu yang disediakan pun sangat istimewa dengan harga makanan dan minuman yang tergolong terjangkau bagi semua kalangan.

Adapun makanan yang tersedia di resto resort antara lain liwetan desa, nasi rempah cumi hitam, nasi campur Mandapa, asam pedas popo, hitam manis sapi lada hitam, sop buntut Mandapa, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk menu minuman sudah tersedia lemon mojito, es jeruk, es kelapa, ice lychee tea, aneka jus buah, dan aneka kopi.

Bukan hanya makanan berat dan minuman saja yang bisa anda temukan. Tapi anda juga dapat memesan aneka snack untuk mengganjal perut, ketika belum ingin mengonsumsi karbohidrat. Beberapa snack yang tersedia yaitu singkong goreng, pisang goreng, kentang goreng, dan talas goreng. Yang mana semua menu harganya bervariasi, mulai Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 250.000.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Yosef Mario Chalim

Untuk memanjakan para pengunjung dan membuat wisatawan betah selama berada di resort, Mandapa Kirana Bogor telah menyediakan beragam fasilitas menarik. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, gazebo, spot foto Instagramable, akses WiFi, mushola, area mini golf, coffee corner, meeting hall, kolam renang, paket tour wisata, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang paling mengesankan tidak lain adalah kamar resort yang terlihat begitu mewah dan eksklusif. Bahkan di dalamnya sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung yang dijamin membuat tidur anda semakin nyenyak. Tidak heran jika harga per malamnya dibanderol sekitar Rp. 2,5 jutaan per malam.

Objek Wisata Terdekat dari Mandapa Kirana Resort

Objek Wisata Terdekat dari Mandapa Kirana Resort
Image Credit: Google Maps Ahmad Afan

1. Curug Bidadari

Saat hendak berkunjung ke Mandapa Kirana Resort, anda bisa mengikuti rute jalan yang mengarah ke Curug Bidadari. Curug tersebut hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja dari resort, sehingga anda pun bisa sekaligus mengunjunginya. Pesona alam yang masih begitu alami dan asri di curug sangat cocok untuk refreshing, menghilangkan penat dari aktivitas sehari hari.

2. Leuwi Pangaduan

Leuwi Pangaduan juga hanya berjarak sekitar 3,2 kilometer dari resort. Anda bisa mencapai lokasi wisata dengan menempuh perjalanan kurang lebih 17 menit melewati Jalan Raya Bojong Koneng. Wisata curug ini berada di tengah hutan dengan suasana alam yang begitu sejuk dan indah. Sehingga sangat direkomendasikan apabila anda butuh refreshing dari hiruk pikuk perkotaan.

Staycation belakangan ini memang menjadi kegiatan liburan yang tengah digandrungi oleh masyarakat. Sehingga Mandapa Kirana Resort yang ada di daerah Sentul, Bogor, bisa menjadi destinasi pilihan yang tepat. Di sana anda bisa menikmati banyak hal menarik seperti pemandangan alam nan indah, penginapan eksklusif, kolam renang, spot foto ciamik, sampai resto dan coffee corner.