Harga Tiket: Rp 175.000, Jam Operasional: 17.00-19.00 WIB, Alamat: Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jika berbicara tentang Magelang di Jawa Tengah, rasanya tidak akan pernah habis. Daerah ini juga memiliki banyak objek wisata yang selalu jadi tujuan populer. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kekinian hadir untuk dinikmati para penikmat wisata. Seperti Mata Langit di Magelang yang menawarkan spot kekinian untuk menikmati keindahan Borobudur dari ketinggian.

Daya Tarik yang Dimiliki Mata Langit

Daya Tarik Mata Langit
Image Credit: Instagram Nurke

1. Termasuk Objek Wisata Baru

Wisatawan tanah air tentu sudah akrab dengan deretan candi yang ada di Magelang. Juga banyaknya pantai indah yang berada di Gunung Kidul. Di Magelang, anda juga bisa menemukan Mata Langit. Dimana destinasi wisata ini masih termasuk wisata yang masih baru. Namanya melejit lantaran foto fotonya yang banyak bermunculan di media sosial.

Dinamakan dengan Mata Langit karena memang lanskap yang disuguhkan sangat cantik dari atas ketinggian. Sebenarnya nama aslinya adalah Enam Langit by Plataran. Dimana konsep wisatanya merupakan sebuah restoran yang dibangun di atas bukit. Dengan begitu anda bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian sembari kulineran.

Walaupun menjadi destinasi wisata yang baru di Magelang, kehadirannya langsung mencuri perhatian. Terutama mereka yang memang sedang berada di sekitar Borobudur. Belum lagi tempatnya yang instagramable membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Ketika musim liburan, pengunjungnya jauh akan lebih berlipat.

2. Menawarkan Panorama 6 Gunung

Lokasinya yang berada di Bukit Menoreh, akan memberikan panorama yang menyejukkan mata. Dari atas bukit, anda bisa melihat kemegahan enam Gunung sekaligus. Gunung tersebut terdiri dari Gunung Merapi, Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Sumbing juga Gunung Telomoyo.

Daya tarik inilah yang membuat nama Mata Langit semakin hits di kalangan wisatawan. Enam Gunung ini disandingkan dengan Candi Borobudur yang terlihat dari atas. Perpaduan inilah yang siap membuat siapapun jatuh hati. Menjadikan tempat ini juga kerap kali dijadikan sebagai tujuan untuk pre wedding, gathering sampai wedding sekalipun.

Daya Tarik Dimiliki Mata Langit
Image Credit: Instagram ZAS HOLIDAY

3. Mengusung Konsep Budaya, Modern dan Kuliner

Destinasi hits di Magelang ini bukan hanya sekedar resto mewah. Tetapi konsep yang diusung juga menarik untuk dikulik. Anda akan menemukan konsep budaya dengan kehadiran Joglo khas Jogja yang menjadi bagian utamanya. Rumah kayu ini memang hanya satu lantai, tetapi memiliki ukuran yang begitu luas dan besar.

Bangunan tradisional ini bisa menampung hingga 50 pengunjung. Suasananya yang nyaman juga tenang akan membuat betah dan ingin berlama lama. Selain bangunan utama, di bagian luar anda akan menemukan dua bagian yakni dek kanan juga kiri. Di masing masing dek akan terdapat jejeran meja kursi lengkap dengan payung besarnya.

Konsep modern juga terlihat dari hadirnya meja panjang yang mirip dengan bar di Mata Langit Magelang. Bentuknya setengah lingkaran dan langsung mengarah ke tebing. Di tempat duduk yang lain sengaja dibentuk layaknya piknik. Dengan bantal bantal dan alas yang memperkuat vibes pikniknya. Setidaknya resto hits di Magelang ini bisa menampung sampai 200 pengunjung.

4. Tempat Berburu Sunrise dan Sunset

Selain menawarkan pemandangan hamparan kabut juga pegunungan, wisata terbaru di Magelang ini menghadirkan panorama Sunset dan sunrise luar biasa. Udaranya yang sejuk juga akan mendukung anda untuk melepas segala penat. Menghabiskan waktu dengan orang orang tersayang tentunya akan terasa berkesan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Mata Langit
Image Credit: Instagram infojogja

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wisata terbaru Magelang ini berdekatan dengan Candi Borobudur. Alamatnya berada di Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kab. Magelang. Menjangkau wisata ini juga tidaklah sulit, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses jalan menuju lokasi juga sudah baik dan memadai.

Jika anda dari Borobudur, anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Sementara jika anda memulai perjalanan dari pusat Magelang, butuh waktu berkisar 45 menit atau setara 22 km. Walaupun aksesnya sudah baik, jalan yang anda lewati akan memiliki medan yang menanjak juga jalanan yang sempit. Ketika menggunakan mobil akan sulit ketika berpapasan.

Menuju lokasi ada beberapa petunjuk jalan yang bisa anda ikuti untuk sampai lokasi. Tempatnya yang jauh dari jalan utama membuatnya tidak akan ada kendaraan umum yang melewatinya. Maka dari itu satu satunya cara menuju Mata Langit dengan kendaraan pribadi. Jika ragu, anda bisa memanfaatkan GPS yang terpasang pada smartphone anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Mata Langit
Image Credit: Instagram infojogja

Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Memang untuk bisa menikmati keindahan yang disuguhkan, anda memang harus merogoh cukup dalam kocek anda. ada beberapa paket yang bisa dijadikan pilihan oleh pengunjung. Untuk anda yang ingin menikmati sajian sarapan, bisa memilih Paket Breakfast.

Paket Breakfast ala Mata Langit Borobudur dibanderol mulai Rp 175 ribu untuk setiap orang. Sementara untuk Picnic Breakfast Mata Langit By Plataran akan dihargai mulai Rp 500 ribu setiap orangnya. Tidak hanya sarapan, menikmati romantic dinner juga bukanlah ide yang buruk. Anda perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 1,8 juta untuk dua orang.

Di luar paket tersebut, anda juga bisa memilih Paket Makanan dengan harga mulai Rp 200 ribuan. Tentu saja paket ini bisa berubah sewaktu waktu dan tentunya anda bisa memilih berbagai menu yang bisa dinikmati. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 05.00 hingga 19.00 WIB. Reservasi dilakukan maksimal 2 hari sebelum kedatangan anda.

Reservasi bisa dilakukan melalui website resmi ataupun nomor teleponnya. Anda bisa mencari media sosial milik destinasi wisata ini agar lebih mudah. Begitu juga jika ingin menikmati paket sunrise yang memang memiliki akses terbatas. Reservasi akan membuat anda bisa mendapatkan tempat, mengingat destinasi hits ini tidak pernah sepi pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mata Langit

Kegiatan Menarik Mata Langit
Image Credit: Instagram Okky memang Hoky

1. Yoga dan Meditasi

Sekalipun konsepnya yang diusung restoran, tetapi ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan. Seperti Yoga dan Meditasi yang menjadi langganan dan aktivitas favorit pengunjung. Dengan tempat yang indah, tentu saja semakin memanjakan kegiatan yang seu ini. Rasa rasanya seperti berada di negeri dengan hamparan awan yang indah.

Pengalaman yoga dengan cakrawala yang terbentang dari ketinggian tidak akan bisa anda lupakan begitu saja. Nantinya juga akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Bagi anda yang penasaran menjajal aktivitas ini di Mata Langit,anda bisa menyiapkan budget mulai Rp 300 ribu setiap orang. Selain pengalaman yang tak terlupakan, anda juga mendapatkan bonus tubuh yang fit.

2. Berburu Sunrise dan Sunset

Kegiatan seru yang bisa anda lakukan berikutnya adalah berburu sunrise ataupun sunset. Pemandangan matahari yang berpulang atau terbit ini memang akan menyihir siapapun. Cahaya kekuningan yang perlahan lahan membelah hamparan awan ini bisa anda nikmati ketika sunrise datang. Tentunya ketika cuaca sedang cerah akan lebih indah lagi.

Untuk menikmati sunrise, anda harus datang mulai pukul 05.00 WIB setiap harinya. Sementara untuk sunset juga akan memberikan pemandangan yang berbeda. Mungkin tidak banyak hamparan awannya tetapi tetap saja menarik dinikmati. Dengan suasana yang hangat dan perlahan perlahan akan berubah menjadi gelap.

Kegiatan Menarik di Mata Langit
Image Credit: Instagram mas bri

3. Menyantap Hidangan Lezat

Yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Mata Langit adalah kulineran. Menu yang dihadirkan juga sangat banyak, anda bisa memilih hidangan Nusantara, Western hingga makanan Asia lainnya. Yang menjadi menu andalannya adalah olahan Mentok Geol Geol. Sajian entok ini akan dimasak dengan bumbu cabai hijau yang siap menggoyang lidah.

Unggas satu ini terkenal dengan dagingnya yang cukup ulet jika tidak pandai memasaknya. Sementara disini lidah anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang luar biasa. Dagingnya yang empuk dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam. Paket paket breakfast ataupun dinner ala pikniknya juga akan membuat anda jatuh cinta.

Yang jelas menu menu makanan yang disajikan sangat cocok dinikmati sembari memandang panorama dari ketinggian. Masing masing paket tentu akan disajikan dengan appetizer, main course yang berbeda. Bisa memilih sajian nasi ataupun pasta yang rasanya tak akan membuat kecewa. Begitu juga dengan minuman atau dessert yang bisa anda coba.

4. Berburu Spot Foto

Nama Mata Langit memang menjadi begitu kondang setelah foto fotonya tersebar di media sosial. Dengan tempat yang begitu instagramable, wajar jika banyak yang singgah untuk memperbarui feed media sosial. Hampir setiap sudutnya sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera anda. Apalagi jika anda memang pandai dalam mengambil gambar.

Momen yang paling dinanti adalah ketika matahari terbenam juga terbit. Sangat pas dengan pemandangan dari ketinggian dan spot yang instagenic. Penataan setiap sudutnya memang begitu cantik dengan area piknik yang menjadi favorit wisatawan. Pastikan membawa kamera terbaik anda serta penyimpanan yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Mata langit
Image Credit: Instagram mas bri

Walaupun berbeda dengan destinasi lainnya di Magelang, anda tetap akan menemukan fasilitas yang memadai. Begitu anda tiba, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di lahan parkirnya yang luas. Pengelola menyiapkan beberapa fasilitas lainnya seperti mushola ataupun toilet di beberapa titik. Tidak ketinggalan akses WIFI yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Di masing masing tempat duduk terdapat colokan, sangat pas untuk anda yang tidak bisa jauh jauh dari sumber listrik. Mata Langit juga memiliki fasilitas kolam renang yang menambah viewnya. Sebenarnya selain menambah pemandangan, kolam renang ini juga bisa disewa sebagai tempat makan malam romantis. Rasanya seperti dinner di negeri di atas awan.

Pengunjung bisa bersantai di gazebo yang bisa jadi pilihan. Gazebonya berbentuk Joglo yang kental akan arsitektur Jawa dan langsung menghadap pemandangan pegunungan indah. Cocok Untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara pribadi. Dan yang paling menarik, fasilitas yang banyak diburu pengunjung adalah spot foto instagenic.

Pengunjung yang ingin menikmati aktivitas menarik, outbond area ataupun yoga juga bisa anda nikmati. Anda yang ingin bermalam atau berlama lama juga bisa singgah di Hotel Mata Langit By Plataran. Dengan fasilitas yang memadai tersebut, tentu saja berlibur dengan keluarga ataupun pasangan makin berkesan.

Liburan di Magelang anda tidak perlu takut kehabisan tujuan liburan. Selalu saja ada tempat baru yang menarik untuk anda kunjungi. Bagi anda yang ingin menikmati kuliner di tempat indah, maka Mata Langit by Plataran menjadi tujuan yang tepat. Anda bisa menikmati panorama dari ketinggian lengkap dengan sajian yang menggoyang lidah.

REKOMENDASI DESTINASI