Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 17.00-16.00 WIB, Alamat: Curahsawo, Kec. Gending, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Ka’bah merupakan sebuah bangunan persegi empat yang terletak di Masjidil Haram, Mekah. Rumah pertama yang didirikan untuk manusia ini menjadi kiblat jutaan umat Islam di seluruh dunia. Dimana umat Islam yang menunaikan ibadah haji akan berangkat ke tanah suci dan berkumpul di Ka’bah. Namun tidak semua orang dapat menjalankan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Sehingga beberapa kota pun mendirikan wisata replika Ka’bah, supaya masyarakat muslim bisa belajar dan mendapat gambaran sebelum berangkat menunaikan ibadah haji secara langsung. Salah satunya yaitu Miniatur Ka’bah di Probolinggo yang dapat anda kunjungi untuk mengobati kerinduan apabila belum sempat berangkat ke tanah suci.

Sejarah Miniatur Ka’bah

Sejarah Miniatur Ka'bah
Image Credit: Google Maps Diana Rizki Latifah

Sebelum menjadi destinasi wisata religi, tempat didirikannya miniatur Ka’bah ini dulunya merupakan tempat dengan rimbunan pohon dan persawahan. Namun pada tahun 2008, akhirnya dibuat miniatur ini yang dijadikan sebagai ajang latihan baji jamaah yang bersiap menuju ke tanah suci.

Replika yang ada di Kabupaten Probolinggo tersebut ditujukan untuk latihan manasik haji sekaligus wisata religi bagi masyarakat. Bukan hanya itu saja, namun biasanya calon jamaah haji dari Kabupaten Probolinggo akan diberangkatkan melalui titik ini. Pun ketika jamaah haji kembali dari tanah suci, mereka nantinya akan disambut di lokasi yang sama.

Sebagai tempat yang digunakan untuk manasik haji, miniatur Ka’bah ini dirancang sedemikian rupa agar suasananya sedikit mirip dengan kondisi di tanah suci. Bahkan terdapat relief yang menyerupai dinding Ka’bah di Mekah. Lalu ada pohon kurma sampai area untuk berlari kecil yang mirip seperti Bukit Safa dan Marwah.

Daya Tarik yang Dimiliki Miniatur Ka’bah

Daya Tarik Miniatur Ka'bah
Image Credit: Google Maps Slow and Silence

1. Dibuat Mirip dengan Ka’bah

Dibangun sebagai replika Ka’bah yang ada di Mekah, Miniatur Ka’bah dibuat mirip dengan aslinya. Namun tentu saja bangunan ini tidak bisa disamakan dengan yang asli. Adapun spesifikasinya mempunyai tinggi kurang lebih 11 meter dengan lebar sekitar 12 meter. Ukuran tersebut termasuk lumayan besar dan hampir mendekati aslinya.

Menariknya, di kompleks replika Ka’bah tersebut terdapat lokasi untuk lari lari kecil seperti di Bukit Safa dan Marwah. Gerbangnya sendiri cukup rendah sehingga memudahkan siapapun yang ingin melihatnya. Ketika anda melintas di jalan di depannya, miniatur Ka’bah bahkan bisa dilihat dari luar.

2. Suasananya Sejuk dan Rindang

Ketika anda datang di siang hari, mungkin matahari memang cukup terik apabila cuaca cerah. Namun area terbuka di sekitar replika Ka’bah yang ada di Probolinggo ini mempunyai suasana yang sangat rindang. Terlebih ketika anda datang pada pagi dan sore hari, banyaknya pohon yang rindang di sekitar bangunan membuatnya terasa sangat sejuk.

Dan yang lebih menarik adalah di antara banyak pohon rindang di sekitar, salah satunya terdapat pohon kurma. Tujuannya adalah supaya dapat menciptakan suasana yang menyerupai kondisi di tanah suci. Sehingga para calon jamaah haji dapat lebih mempunyai gambaran selama melakukan simulasi ibadah haji di sini.

3. Pemandangan Alam yang Rupawan

Meskipun berada di pinggir jalan, Miniatur Ka’bah dapat menawarkan pemandangan alam yang rupawan. Itu karena lokasi ini berada di kawasan kaki Gunung Bentar. Melalui lokasi miniatur tersebut anda bisa dengan mudah melihat Gunung Bentar menjadi latar belakang yang tampak gagah memanjang. Tidak heran apabila banyak orang yang menyempatkan diri mengambil foto di sini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Miniatur Ka'bah
Image Credit: Google Maps denimurv v

Miniatur ka’bah ini berada di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Raya Panglima Sudirman, Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dari Kota Probolinggo sendiri, Kecamatan Gending berjarak sekitar 16 kilometer. Sehingga anda membutuhkan waktu kurang lebih 31 menit perjalanan untuk mencapai lokasi.

Adapun lokasi miniatur tersebut tergolong mudah ditemukan, karena tempatnya berada di pinggir jalan. Sesampainya di lokasi, anda pun bisa menemukan tulisan Wisata Miniatur Ka’bah di bagian depan. Supaya lebih memudahkan, anda dapat menggunakan navigasi peta digital dan bertanya pada penduduk sekitar.

Dan untuk mencapai lokasi anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi melalui jalur pantura. Apabila memilih menggunakan transportasi umum, maka bisa naik bus jurusan Probolinggo-Situbondo melalui Terminal Probolinggo. Nanti anda bisa turun di kawasan wisata secara langsung. Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi bisa lewat Jalan Tol Surabaya-Probolinggo.

Harga Tiket Masuk Miniatur Ka’bah

Harga Tiket Masuk Miniatur Ka'bah
Image Credit: Google Maps Zaim Dzoel

Layanan Miniatur Ka’bah dibuka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jadi apabila anda ingin masuk dan melihat bangunan replika Ka’bah tersebut lebih dekat, pastikan anda berkunjung di antara waktu tersebut. Apabila di luar itu, maka anda harus puas melihat miniaturnya dari luar gerbang.

Meski begitu, gerbangnya yang dibuat rendah memungkinkan anda melihat apa saja yang ada di lokasi dengan jelas walaupun dari luar. Sehingga destinasi religi ini tetap worth it dikunjungi kapan saja. Sementara itu, tidak ada tarif masuk yang diberlakukan untuk pengunjung alias anda bisa masuk secara gratis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Miniatur Ka’bah

Kegiatan Menarik Miniatur Ka’bah
Image Credit: Google Maps Dani Junior

1. Belajar Tata Cara Ibadah Haji

Apabila kebetulan anda datang saat ada yang menggunakannya untuk manasik haji, maka anda bisa sekalian belajar tata cara ibadah haji dengan lebih jelas di sana. Karena selain dijadikan sebagai tempat wisata, Miniatur Ka’bah memang dimanfaatkan sebagai tempat edukasi untuk memperoleh pengetahuan mengenai tata cara ibadah haji.

Warga Kabupaten Probolinggo yang akan berangkat haji pun nantinya transit atau diberangkatkan di sini. Ketika para jamaah haji sudah pulang, mereka nantinya juga akan disambut pada lokasi yang sama. Sehingga datang ke destinasi akan membuat anda dapat melihat prosesnya secara langsung.

2. Mengabadikan Momen

Karena ditata sedemikian rupa, wisata yang ada di Probolinggo menampilkan kawasan yang rapi dengan bangunan menyerupai Ka’bah. Tentunya siapa yang ingin melewatkan mengabadikan momen di sini? Apalagi panorama Gunung Bentar yang membentang panjang di belakangnya semakin memperindah foto yang dihasilkan.

3. Wisata Belanja dan Kuliner

Jika sedang musim haji, anda bisa menemukan banyak pedagang di kawasan Miniatur Ka’bah Probolinggo. Mulai dari pedagang yang menjual berbagai perlengkapan untuk manasik haji sampai pedagang kuliner. Sehingga anda dapat melakukan wisata belanja dan kuliner sekaligus dengan berkeliling di area wisata.

4. Berkunjung ke Wisata Pantai Bentar

Destinasi wisata ini berada di Jalur Pantura, yang mana lokasinya tidak jauh dari kawasan Pantai Bentar. Bahkan anda hanya perlu berkendara sekitar 1 menit saja untuk mencapai lokasi pantai dari arah replika Ka’bah tersebut. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer saja, mungkin anda membutuhkan waktu kurang lebih 13 menit apabila memilih berjalan kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Miniatur Ka'bah
Image Credit: Google Maps San Tiara Ineztiomartiari

Dijadikan sebagai objek wisata religi sekaligus dipergunakan untuk simulasi ibadah haji, Miniatur Ka’bah didukung dengan beberapa fasilitas. Fasilitas fasilitas ini dihadirkan supaya para pengunjung dan para peserta manasik haji merasa nyaman selama berada di lokasi. Adapun fasilitas yang dapat anda temukan yaitu masjid dan toilet yang bersih.

Namun jumlah toilet yang ada di sini masih cukup terbatas, sehingga anda perlu antre cukup lama apabila pengunjung sedang ramai ramainya. Sementara itu, area parkirnya sendiri cukup luas dan berada di depan objek wisata. Namun pastikan kendaraan terkunci dengan aman karena pos penjagaannya tutup dan tidak ada petugas keamanan yang berjaga.

Tertarik untuk berkunjung ke Miniatur Ka’bah yang ada di Probolinggo ini? Sebagai umat muslim tentu ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika berkunjung ke wisata wisata religi seperti itu. Salah satunya anda dapat mempelajari tata cara ibadah haji dengan melihat peserta manasik haji secara langsung.