25 Minuman & Makanan Khas Bandung yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Bandung

Bandung, merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan favorit jika ke Jawa Barat. Beragam wisata memang tersaji di kota yang mendapat julukan kota hujan ini. Selain wisatanya, Bandung juga terkenal sebagai surga belanja karena banyak factory outlet yang menggoda iman. Rupanya kota Bandung juga berhasil memikat karena minuman & makanan khas Bandung yang menggugah selera. Selengkapnya, yuk intip ulasan berikut.

1. Siomay Bandung

Siomay Bandung

Image Credit by Wikipedia.org

Makanan ringan yang juga bisa membuat kenyang ini merupakan makanan khas di Bandung yang paling mudah di temui. Bahkan beberapa Siomay Bandung kenamaan sudah membuka banyak cabang ke seluruh negeri. Ketika mengunjungi Bandung, Anda juga bisa menemukan makanan ini diberbagai tempat mulai dari foodcourt hingga sekolah sekolah. Meskipun Anda bisa menemukan makanan ini di kota lain, namun menikmati di kota aslinya jelas akan berbeda.

2. Bandros

Bandros

Image Credit by Ringkaskata.com

Jajanan selanjutnya yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Bandung adalah Bandros. Bandros terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan santan kelapa. Kemudian campuran yang telah menjadi adonan dimasak dengan mengunakan cetakan berbentuk cekung. Saat adonan setengah matang akan ditaburkan parutan kelapa hingga adonan matang. Anda bisa membayangkan betapa gurihnya kudapan satu ini bukan? Apalagi saat masih hangat pasti endeus sekali.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Image Credit by Tokopedia.com

Salah satu makanan khas di Bandung yang wajib Anda coba adalah nasi tutug oncom. Nasi ini merupakan makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang lezat. Kuliner ini diolah dengan cara membakar terlebih dahulu kemudian, mencampurkan dengan bumbu oncom dan sedikit tepung topioka. Menikmati nasi ini bisa dipadukan dengan sayur asam dan sambal beserta sambalnya. Jadi sudah siap mencoba makanan satu ini?

4. Piscok

Piscok

Image Credit by 12Myfood.blogspot.com

Piscok merupakan gabungan dari pisang coklat yang merupakan, salah satu jajanan khas Bandung yang harus Anda cicipi. Jajanan ini juga terkenal murah meriah dan digemari oleh semua kalangan baik warga Bandung maupun luar kota. Manisnya pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia kemudian, diberikan tambahan coklat lumer tentu mengoda sekali bukan? Apalagi coklatnya akan meleleh setelah di goreng hingga kecoklatan.

5. Surabi

Surabi

Image Credit by Makanjogja.com

Serabi juga menjadi makanan yang wajib Anda coba ketika mengunjungi kota kembang. Makanan satu ini hampir mirip dengan pancake karena sama sama berbahan tepung terigu. Yang membedakan adalah cara memasaknya, karena surabi di masak pada tungku dan adonannya tebal. Akan lebih nikmat jika Anda mengkonsumsinya dengan kuah santan. Penjual makanan khas Bandung ini yang terkenal berada di Jalan Setiabudi.

6. Bandrek

Bandrek

Image Credit by Yourbandung.com

Ketika mengunjungi Bandung ada minuman khas yang bisa Anda jadikan oleh oleh. Minuman tradisional ini bernama Bandrek yang merupakan produk asli Sunda. Bandrek ini mampu menghangatkan tubuh Anda ketika cuaca sedang dingin. Berbahan alami seperti jahe, rempah rempah dna gula merah membuatnya bisa meringankan tenggorokan anda. Bahkan minuman ini juga bisa menjaga stamina Anda agar tetap fit dan bugar.

7. Es Goyobod

Es Goyobod

Image Credit by Resepdanmasakan.com

Minum es ketika cuaca sedang terik selalu saja menjadi hal yang menyenangkan dan melegakan dahaga. Mengunjungi kota kembang, Anda bisa menjajal minuman yang bebahan tepung sagu aren yang bertekstur mirip agar agar. Olahan tepung sagu ini juga dikreasikan dengan sekoteng, alpukat, santan kepala dan juga es serut. Untuk menambah rasa manis biasanya ditambahkan susu kental manis atau sirup gula.

8. Es Oyen

Es Oyen

Image Credit by Okezone.com

Anda tentu tidak asing dengan es oyen yang kerap dijajakan secara keliling. Es satu ini bukan hanya es campur biasa. Di dalam es ini terdapat irisan buah mulai dari kelapa muda, alpukat dan nangka. Kemudian dipadukan dengan kolang kaling, pacar cina, es serut dan susu kental manis. Membayangkannya saja sudah membuat liur menetes apalagi, ketika cuaca sedang terik teriknya.

9. Colenak

Colenak

Image Credit by Mommiesdaily.com

Colenak adalah singkatan dari cocol enak, makanan ini sudah ada sejak lama yakni sejak tahun 1930 an. Sebutannya yang lucu rupanya juga menarik banyak orang untuk mencoba kudapan satu ini. Makanan Khas dari Bandung ini merupakan peyeum yang dibakar kemudian disiram dengan gula merah kental dan di atasnya diberikan parutan kelapa. Apabila Anda ingin menjajal makanan ini bisa langsung mengunjungi kawasan Ciputra.

10. Peuyeum

Peuyeum

Image Credit by Okezone.com

Tak hanya olahannya yang diburu, peyeum juga menjadi makanan khas yang kerap dijadikan buah tangan. Bahkan jika pergi ke Bandung tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan ini. Peyeum merupakan makanan yang mirip dengan tape hanya saja memiliki tekstur yang lebih kering. Selain bisa di makan langsung, inovasi jajanan dari peyeum juga semakin beragam dan bervariasi.

11. Batagor

Batagor

Image Credit by Pegipegi.com

Selain siomay, makanan satu ini juga tak kalah hits dan populer. Batagor memang memiliki tempat sendiri di hati pecinta kuliner. Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini sangat nikmat dengan saus kacangnya yang menggugah. Karena digoreng tak heran jika, Anda akan melihat tampilannya bewarna coklat.  Anda dapat menemukan makanan ini yang biasanya disandingkan dengan siomay di berbagai.

12. Wajik

Wajik

Image Credit by Trisuci.com

Makanan tradisonal dari Bandung ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh oleh. Dibungkus menggunakan daun jagung yang kering membuat tampilannya unik. Cita rasanya yang manis membuat makanan ini banyak digemari bahkan digunakan untuk acara hajatan. Mendapatkan jajanan ini Anda bisa mengunjungi daerah Cililit. Banyak sekali sentra industri wajit ini. Kudapan satu ini akan sangat nikmat sebagai teman minum teh.

13. Seblak

Seblak

Image Credit by Resepkoki.id

Kuliner satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka makanan pedas. Seblak dibedakan menjadi dua yakni seblak basah dan seblak kering. Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda ingin yang berkuah atau tidak. Berbahan dasar krupuk mentah yang direbus, makanan ini juga bisa dipadukan dengan toping telur hingga sosis.

14. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy

Image Credit by Pikiran-rakyat.com

Kuliner legendaris dari Bandung yang tidak boleh terlewatkan adalah yogurt cisangkuy. Minuman khas Bandung ini berada di Jl. Cisangkuy No 85 Bandung Utara jika Anda ingin mencobanya. Yogurt disini memiliki cita rasa yang cenderung manis dengan rasa asam yang sedikit. Selain itu Anda juga bsia mencoba 25 rasa yogurt yang sangat endeus.

15. Mochi Es Krim

Mochi Es Krim

Image Credit by Miwaku.id

Mochi bisa ditemukan di beberapa daerah di seluruh tanah air. Jajanan yang warna warni ini di Bandung di kreasikan dengan isian es krim. Kuenya yang lembut dan lucu akan semakin nikmat dengan es krim di dalamnya. Sensasi kenyal dan dingin tentu akan menghasilkan perpaduan yang pas. Apalagi banyak varian rasa yang bisa Anda jajal ketika ke Bandung.

16. Pisang Bolen Kartikasari

Pisang Bolen Kartikasari

Image Credit by Kartikasari.com

Pisang Bolen ini menjadi kuliner unggulan yang tidak boleh dilewatkan ketika ke Bandung. Merk yang paling terkenal memang Kartikasari sehingga banyak pelancong yang berburu jajanan ini. Mendapatkan oleh oleh ini tidaklah susah, Anda bisa mengunjungi beberapa ruas jalan seperti Cihampelas, jl. Dago, Jl. Pasteur dan Jl. Riau. Sekotak pisang bolen ini dibandrol mulai dari Rp. 27 ribu hingga Rp. 35 ribu.

17. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu

Image Credit by Urbanicon.co.id

Sama sama bakso, cuanki serayu tentu berbeda dengan bakso Malang yang terkenal. Cuanki disajikan tanpa mie kuning dan disajikan dengan kuah panas serta gurih. Apabila Anda ingin menikmati makanan ini bisa langsung menuju Jl. Serayu. Karena memiliki kuah panas, sangat nikmat untuk dinikmati ketika dingin. Namun banyak juga yang memburunya tanpa kenal cuaca.

18. Es Mambo Lembang

Es Mambo Lembang

Image Credit by Pergidulu.com

Ketika Anda pergi ke Lembang jangan lupa untuk mencicipi es mambo dan juga yogurt Lembang. Es Mambo ini bentuknya seperti es lilin namun memiliki rasa yang beragam dengan potongan buah di dalamnya. Ukurannya juga cukup besar dan pastinya akan membuat Anda puas. Untuk mendapatkannya silahkan menuju ke Jl. Cijeruk Lembang.

19. Bandung Makuta

Bandung Makuta

Image Credit by Anekawisata.com

Bandung juga memiliki kue kekinian yang bisa Anda jadikan buah tangan. Bandung Makuta merupakan kue yang dimiliki oleh Laudya Cintya Bella. Tampilan kue ini seperti snow cake dengan variasi rasa yang beragam. Mulai dari coklat, lemon hingga blueberry, meskipun terbilang baru Anda juga wajib untuk mencicipi Bandung Makuta ini.

20. Rujak Cuka

Rujak Cuka

Image Credit by Youtube.com ( Dapur Bu Haji )

Kuliner satu ini merupakan salah satu kuliner tradisional yang suah ada sejak lama. Rujak ini berisikan buah buahan dan juga sayuran. Bumbu rujaknya ditambahkan dengan cuka yang membuat aromanya semakin sedap. Rujak satu ini tentunya sangat berbeda dengan rujak yang biasanya ditemui. Penasaran? Silahkan di coba ketika ke daerah Lembang.

21. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Image Credit by Goodindonesianfood.com

Nasi Timbel menjadi makanan khas Bandung yang terletak di Jl. Bawean. Nasinya dibungkus mengunakan daun pisang dan disandingkan dengan lauk seperti tahu atau tempe. Jangan lupakan sambel dan lalapan sebagai pelengkap kudapan menggugah satu ini.  Makanan satu ini sangat cocok dinikmati saat makan siang tiba.

22. Gepuk

Gepuk

Image Credit by Angkat.id

Gepuk berbahan daging sapi yang diberikan bumbu dan rempah khusus. Di beri nama gepuk akrena pembutannya memang harus dipukul agar menghasilkan tekstur yang lembut. Proses pembuatannya cukup panjang namun memang cita rasannya sangat menantang. Rasa gurih gepuk dipadukan dengan nasi hangat dan sambel akan membuat Anda ketagihan.

23. Cireng

Cireng

Image Credit by Pegipegi.com

Cireng mengalami masa kejayaannya di era 80 an dan hingga kini masih menjadi camilan yang dicari. Camilan yang terbuat dari aci yang digoreng kemudian disiram saus kacang. Saus atau bumbunya bisa beraneka ragam mulai bumbu kering yang tak kalah lezat. Selain membelinya di Bandung Anda juga bisa membuatnya di rumah sendiri.

24. Es Cincau Kacang Merah

Es Cincau Kacang Merah

Image Credit by Cookpad.com

Es cinca Kacang merah menjadi minuman segar khas Bandung yang harus Anda coba. Jika ingin merasakan es nikmat ini Anda bisa mengunjungi Rumah Katu Kafe Taiwan. Banyak yang mengatakan jika, es cincau kacang merah di daerah Lembang ini sangat nikmat dan direkomendasikan. Perpaduannya yang pas memang sangat lezat disantap saat sedang panas.

25. Es Lilin

Es Lilin

Image Credit by Resepmasakanminumancara.blogspot.com

Pernah mendengarkan lagu es lilin? Lagu daerah ini tentu tidak asing ditelinga anda. Dan memang benar jika es lilin merupakan salah satu pangan khas Sunda. Terbuat dari santan, gula dan susu membuat rasanya selalu khas. Kini varian es lilin telah beragam rasa yang bisa di coba. Bahkan sudah dikreasikan sedemikian rupa membuatnya makanan ini terlihat berbeda dan juga modern.

Bandung memang salah satu kota wisata yang lengkap. Pemandangan alamnya yang eksotis, surga belanja yang ramah kantong dan kulinernya juga tak diragukan. Anda bisa mencoba aneka kudapan dari camilan hingga makanan berat yang nikmat. Minuman khas Bandung juga tak kalah menarik untuk dicoba dan menyapa lidah anda. Jika Anda penasaran Anda bisa langsung mencobanya jika mengunjungi kota Kembang ini.