17 Minuman & Makanan Khas Banten yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Banten

Provinsi yang berada di penghujung paling barat pulau Jawa ini, pastinya akan memiliki makanan dan minuman khas yang akan menggugah selera makan anda. Untuk itu, ketika Anda sedang berwisata kesini, pastikan untuk mencoba berbagai macam makanan yang hanya terdapat di wilayah satu ini. Dalam ulasan kali ini, Anda pun akan diajak untuk berkenalan dengan berbagai makanan dan minuman khas Banten yang dijamin akan menggoyang lidah anda. berikut ulasannya.

1. Opak

Opak

Image Credit by Thewonderfulbanten.blogspot.com

Makanan pertama yang bisa untuk Anda coba ketika sedang berada di Banten adalah opak. Jika Anda berkunjung ke Banten Selatan, pastikan untuk mencoba makanan satu ini. Opak yang berasal dari Banten ini mempunyai bentuk dan tekstur yang renyah layaknya kerupuk. Akan tetapi, pembedanya dengan kerupuk adalah rasa yang dihasilkan oleh opak ini mempunyai rasa gurih yang lebih khas.

2. Kue Pasung

Kue Pasung

Image Credit by Cookpad.com

Kue yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah ini merupakan makanan yang bisa Anda temukan ketika berada di Banten. Untuk kue ini sendiri dalam pembuatannya menggunakan dua adonan sehingga akan menghasilkan rasa yang lebih kenyal. Untuk adonan pertama biasanya adalah beruapa tepung beras dan gula merah. Kemudian untuk adonan kedua merupakan campuran antara santan dan juga tepung sagu.

3. Kue Jojorong

Kue Jojorong

Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Kue dengan nama unik satu ini, pastinya juga wajib untuk Anda coba ketika sedang berada di Banten. Kue satu ini memiliki bentuk yang mungil dan mempunyai rasa yang gurih dan juga lembut. Selain itu, Anda pun nantinya akan dapat dengan mudah untuk menemukan kue satu ini di pasar tradisional.

4. Kue Cucur

Kue Cucur

Image Credit by Idcmore.com

Makanan satu ini pastinya juga akan sangat mudah untuk Anda temukan di beragam pasar tradisional di Banten. Keberadaan kue ini sendiri, pertama kali muncul di daerah Saraweh yang berada di Kabupaten Lebak. Tidak ada yang berbeda antara kue cucur Banten dan kue cucur yang biasa Anda temui di pulau Jawa, yakni sama-sama mempunyai rasa yang manis legit dan memiliki tekstur yang renyah pada bagian pinggirannya.

BACA JUGA:  Taman Buah Mekarsari, Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

5. Gipang

Gipang

Image Credit by Cookpad.com

Mencari makanan khas yang berasala dari Banten, ternyata bukanlah hal yang susah. Anda pun bisa mencoba gipang yang merupakan jajanan berupa ketan yang dicampur ke dalam air gula. Dengan memiliki rasa yang manis, tak heran jika banyak orang yang menjadikan makanan satu ini sebagai salah satu oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke Banten.

6. Lepet

Lepet

Image Credit by Wikipedia.org

Makanan satu ini pun juga menjadi salah satu makanan yang banyak ditemukan di Indonesia. Akan tetapi, penghasil lepet yang paling terkenal di dataran Sunda adalah berada di Banten. Untuk itu, Anda pun juga patut mencoba salah satu makanan yang memiliki cita rasa gurih ini. Gurihnya kelapa yang didapatkan oleh lepet ini merupakan akibat dari bahan dasar kelapa yang akan membuat Anda ketagihan.

7. Leumeung

Leumeung

Image Credit by Senengpiknik.com

Jika Anda sedang mengunjungi daerah Banten Selatan, pastikan untuk mencoba makanan satu ini sebelum kembali ke kampung halaman. Makanan yang terbuat dari camputan beras ketan yang berbumbu santan kelapa kentan ini sangat lezat untuk Anda konsumsi. Anda pun bisa memakannya dalam keadaan hangat ataupun dengan menggunakan telur asin sebagai menu pendamping.

8. Rabeg

Rabeg

Image Credit by Keepo.me

Mengunjungi Banten, pastinya Anda harus menikmati kuliner rabeg yang sangat khas ini. Rabeg yang memiliki cita rasa yang beragam yakni mulai pedas yang bercampur dengan manis ini sangat lezat jika Anda konsumsi saat siang hari. Bagi Anda yang doyan pedas, maka rabeg ini tentu saja akan meningkatkan selera makan anda.

9. Balok Menes

Balok Menes

Image Credit by Merahputih.com

Kuliner khas Banten tentu saja belum lengkap jika Anda belum mencicipi balok menes. Kuliner yang mempunyai bentuk kue ini merupakan kuliner khas dari daerah Pandeglang. Dibuat dengan singkong atau ubi kayu ini mempunyai cita rasa dan aroma yang khas, dimana disajikan dengan menggunakan serundeng sehingga menghasilkan perpaduan yang sangat pas.

BACA JUGA:  10 Mall di Bogor yang Wajib Anda Kunjungi

10. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Image Credit by Pesona.travel

Makanan satu ini pun juga merupakan salah satu kuliner yang wajib Anda coba ketika sedang berada di Banten. Jika selama ini Anda hanya menemukan bandeng diolah dengan cara di goreng ataupun di presto, maka ketika Anda mengunjungi Banten Anda pun akan menemukan sate yang terbuat dari Banten. Makanan ini pun menjadi makanan favorit karena Anda bisa mengonsumsi bandeng tanpa ribet untuk memiliki durinya. Dikarenakan sate ini telah bebas dari duri sehingga banyak diminati oleh masyarakat.

11. Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber

Image Credit by Travel.kompas.com

Sate bebek pun juga perlu untuk Anda cicipi ketika berkunjung ke daerah ini. Dengan menggunakan bahan utama berupa bebek yang dikombinasikan dengan kuah tepung ataupun kacang ini, diracik dengan bumbu pillihan yang akan membuat rasa semakin lezat. Dengan keberagaman rempah yang melimpah, maka Anda pun nantinya tak perlu kecap untuk menikmati sate satu ini.

12. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum

Image Credit by Indonesiakaya.com

Makanan satu ini pun pastinya tidak akan Anda temukan di tempat lain selain di Banten. Untuk itu, Anda pun perlu untuk mencoba nasi sumsum yang merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama nasi. Uniknya, nasi ini akan dicampur dengan sumsum tulang kemudian barulah dibakar. Untuk itu, ketika ke Banten Anda pun wajib untuk mencoba kuliner satu ini.

13. Gerem Asem

Gerem Asem

Image Credit by Cookpad.com

Gerem Asem merupakan kuliner yang juga sangat diminati dan banyak dicari oleh masyarakat ketika sedang berada di Banten. Sajian satu ini merupakan sajian yang mempunyai cita rasa pedas. Untuk itu, bagi Anda penyuka makanan pedas, maka wajib untuk mencoba hidangan satu ini ketika sedang berada di Banten.

Garem asem sendiri merupakan daging ayam atau bebek pilihan yang sebelumnya telah dibersihkan dahulu sebelum dipanggang. Selain itu, untuk penyajiannya sendiri masyarakat Banten terbiasa untuk menambahkan beberapa bahan pelengkap lain seperti sayuran ataupun produk olahan laut yang akan menambah selera saat mengonsumsi makanan satu ini.

BACA JUGA:  Taman Limo Jatiwangi, Destinasi Wisata Bernuansa Pedesaan di Bekasi

14. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang

Image Credit by Indonesia.go.id

Ketika sedang berada di Tangerang, pastikan Anda untuk mencoba makanan satu ini yang akan dengan mudah untuk Anda temukan ketika berada di Banten. Laksa ini pun terdiri dari isian sederhana seperti mie putih yang memiliki ukuran yang besar dan disiram dengan kuah sayur. Selain itu,  ketika menyantapnya Anda pun akan menemukan tekstur kasar yang merupakan taburan kelapa parut yang terdapat pada kuah dari laksa satu ini.

15. Es Kuwut

Es Kuwut

Image Credit by Biamdenatura.wordpress.com

Setelah membahas beragam makanan yang khas di daerah Banten, maka Anda pun juga perlu mencoba minuman yang hanya tersedia di daerah ini, salah satunya adalah es kuwut. Es ini merupakan minuman yang terdiri dari perpaduan buah kelapa, buah melon, biji selasih dna juga irisan jeruh nipis. Sehingga es satu ini pun akan sangat segar ketika dikonsumsi pada siang hari untuk melegakan dahaga anda.

16. Es Sekemu

Es Sekemu

Image Credit by Aapasih.web.id

Selain itu, di Banten juga terdapat minuman khas lain yakni es sekemu. Es ini terbuat dari bahan utama yakni buah sawo dan buah kelapa yang cocok untuk Anda nikmati di siang hari. Selain itu, saat ini Anda juga akan sangat jarang untuk menemui pedagang yang menjajakan es satu ini sehingga es sekemu pun juga dianggap sebagai salah satu es yang langka di daerah Banten. Untuk Anda yang penasaran, Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah karena bahan dan caranya sangat mudah untuk dijumpai.

17. Sirup Rosella Fresh

Sirup Rosella Fresh

Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Minuman satu ini juga merupakan salah satu minuman yang bisa untuk Anda temui ketika berada di Banten. Sirup satu ini juga akan sangat nikmat apalagi jika Anda menyajikannya dengan menggunakan campuran air dan es batu. Tentu saja, Anda pun akan merasakan kesegaran yang nikmat ketika mengonsumsi minuman satu ini saat siang hari.

Itulah beberapa minuman dan makanan khas yang berada di daerah Banten. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berkunjung ataupun melakukan wisata ke Banten, pastikan Anda untuk mencoba salah satu makanan atau minuman tersebut. hal ini dikarenakan kuliner tersebut hanya tersedia di Banten saja sehingga Anda pun nantinya akan sangat jarang untuk menjumpainya di kota lain.