25 Minuman & Makanan Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Banyuwangi

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan rempah-rempah, keadaan ini membuat Tanah Air memiliki berbagai olahan kuliner yang lezat dan menggiurkan. Tentunya bagi para pecinta kuliner ingin mencicipi sajian kuliner dari suatu daerah, seperti Banyuwangi. Lantas, apa saja sajian khas Banyuwangi yang lezatnya mampu menggoyang lidah ? Yuk simak beberapa rekomendasinya berikut.

1. Sego Cawuk

Sego Cawuk

Image Credit by Idntimes.com

Jika kamu berada di Banyuwangi, kamu wajib untuk mencoba Sego Cawuk. Hidangan ii adalah perpaduan antara nasi, parutan kelapa, dan kuah. Umumnya Sego Cawuk disajikan dengan tambahan lauk seperti telur, pepes ikan, dendeng, dan berbagai lauk lainnya. Di Banyuwangi, satu porsi Sego Cawuk bisa didapatkan dengan harga Rp 6 ribu rupiah saja.

2. Pecel Pitik

Pecel Pitik

Image Credit by Liputan6.com

Jika sebagian dari kamu mungkin mengira pecel adalah sebuah bumbu yang terbuat dari kacang, namun berbeda dengan hidangan Pecel Pitik Banyuwangi. Masakan ini adalah sebuah hidangan  khas Madura, dimana sebuah ayam kampung disuwir dan diberi parutan kelapa. Hidangan ini dapat kamu temukan di Desa Kemiren, tempat tinggal dari suku Osing asli Banyuwangi.

3. Rujak Soto

Rujak Soto

Image Credit by Pegipegi.com

Rujak atau Soto ? Mengapa tidak keduanya, dan menjadi Rujak Soto. Sesuai dengan namanya, masakan ini adalah perpaduan dari dua olahan yaitu soto berkuah dan rujak tanpa kuah. Rasannya pun sangat lezat dan mantap, sehingga mampu membuat kita ketagian untuk menikmatinya. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Banyuwangi, tentu jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Rujak Soto.

4. Uyah Asem Pitik

Uyah Asem Pitik

Image Credit by Pegipegi.com

Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini, memiliki cita rasa yang segar dan asam. Bahannya sendiri terbuat dari olahan ayam kampung, dan dicampur dengan bongkot kecombrang. Sudah pasti rasa yang dihasilkan mampu membuat lidahmu bergoyang. Tekstur ayam yang empuk, semakin menyempurnakan Uyah Asem Pitik.

5. Pindang Koyong

Pindang Koyong

Image Credit by Openrice.com

Setelah sebelumnya menyantap hidangan ayam, Banyuwangi juga memiliki kuliner khas yang menggunakan bahan ikan. Pindang Koyong adalah sebuah hidangan dengan berbahan dasar Pindang, dan dibalur dengan bumbu yang segar dan menggugah selera. Bumbu dari Pindang Koyon ini terdiri dari belimbing sayur, kunyit, merica, jahe, dan cabai rawit. Dijamin kamu pasti puas dengan cita rasa padat segar dan pedas dari masakan ini.

6. Bagiak

Bagiak

Image Credit by Bukalapak.com (Gerai Oleh Oleh Syakira)

Pernahakah kamu mencicipi Bagiak ? Makanan khas Banyuwangi ini terbuat dari tapung sagu, dan diolah menggunakan cara khusus. Bagiak juga sering diberikan berbagai varian rasa, untuk memperkaya rasa ketika disantap. Beberapa varian rasanya seperti durian, vanilla, pandan, mocca, hingga rasa jahe. Meski terlihat keras, namun ketika digigit Bagiak cukup lembut. Tak heran jika Bagiak cukup disukai oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

BACA JUGA:  11 Tempat Makan di Mojokerto Paling Enak & Murah

7. Bolu Kuwuk

Bolu Kuwuk

Image Credit by Pesonanusantara.co.id

Bolu Kuwuk atau bagi masyarakat Banyuwangi sendiri, sering menyebutnya sebagai kelemben. Sama seperti bahan bolu, Kelemben juga berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telur. Bentunya lucu dan unik menyerupai kura-kura, dan umumnya dihidangkan dengan secangkir kopi hitam. Bolu Kuwuk sering disajikan, pada hari-hari besar seperti hari raya maupun ketika keluarga besar datang berkunjung.

8. Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang

Image Credit by Camilannusantara.co.id

Banyuwangi pun memiliki jajanan khas, yang gurih dan renyah ketika dimakan. Nama dari jajanan tersebut adalah Ladrang Sabrang, yang cocok untuk menemani kegiatan santaimu. Ladrang Sabrang terbuat dari ubi ungu, dan dapat mengurangi beberapa risiko kesehatan berbahaya lainnya. Ladrang Sabrang dapat mengurangi risiko diabetes, kanker, obesitas, hingga menjadi jajanan cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

9. Dodol Salak

Dodol Salak

Image Credit by Pesonanusantara.co.id

Jika sebelumnya kita tahu rasa dari dodol berupa cokelat  atau original, maka Banyuwangi memiliki varian terbaru yang menjadi ciri khas dari Banyuwangi. Ialah Dodol salak, jajanan yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki cita rasa salak yang khas. Dodol Salak ini bahkan dapat menjadi alternatif pilihan oleh-olehmu, ketika mengunjungi Banyuwangi.

10. Nagasari

Nagasari

Image Credit by Resepgulaku.com

Nagasari adalah sebuah hidangan yang terbuad dari tepung beras, dan diisi dengan pisang. Makanan basah khas Banyuwangi ini, mungkin sering kamu lihat di beberapa tempat. Hal ini karena Nagasari memang cukup populer, dan menjadi jajanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bentuk dari Nagasari adalah, sebuah tepung beras yang berisi pisang dan dibalut dengan daun pisang.

11. Botok Tawon

Botok Tawon

Image Credit by Masakandapurku.com

Botok Tawon adalah salah satu masakan khas Banyuwangi, yang wajib untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, masakan khas Banyuwangi ini terbuat dari rumah tawon atau sarang lebah yang diolah dengan cara khusus. Meskipun terlihat cukup ekstrim, namun cita rasa yang diberikan tidak perlu diragukan kembali. Salah satu penjual Botok Tawon ini berada di Lemahbang Kulon, Rogojampi, Banyuwangi.

12. Sup Kesrut

Sup Kesrut

Image Credit by Masakandapurku.com

Hidangan khas Banyuwangi ini, mungkin cukup jarang ditemui saat ini. Padahal, Sup Kesrut merupakan olahan yang sangat unik dan kaya akan rasa. Sup Kesrut sendiri adalah olahan sup ayam, yang disiram dengan kaldu kental dan memiliki rasa cukup pedas. Sup Kesrut sangat nikmat, ketika disantap bersama dengan nasi putih dan sambal tempong. Nama Kesrut sendiri, diambil dari bahasa suku Osing, yang artinya menahan ingus akibat rasa pedas.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

13. Lontong Campur

Lontong Campur

Image Credit by Pasaronline-cikarang.com

Lontong Campur banyak ditemukan di daerah Glenmore, salah satu kecamatan di Banyuwangi. Jika kamu berkesempatan mengunjungi daerah tersebut, jangan lewatkan untuk mencicipi lontong campur. Masakan ini berbahan dasar bawang merah, bawang pre, merica, kecengal, jahe, cengkerh, hingga kuah campur. Lontong Campur semakin lengkap, dengan dihidangkan bersama mie putih dan kacang tanah.

14. Tape Buntut

Tape Buntut

Image Credit by Twitter.com @Hure_nih

Mungkin kamu akan merasa heran dengan nama hidangan ini. Tape buntut merupakan tape, yang dibungkus dengan daun jati dan dibuat menyerupai buntut atau ekor. Tape buntut ini menjadi masakan khas suku Osing asli Banyuwangi, yang patut kamu coba ketika berkunjungi ke Banyuwangi.Umumnya, tape buntut akan semakin nikmat ketika disajikan dengan teh atau kopi hangat.

15. Pia Glenmore

Pia Glenmore

Image Credit by Merahputih.com

Hidangan yang satu ini mungkin sudah cukup terkenal, apalagi masakan khas Banyuwangi ini mengusung nama yang kebarat – baratan. Pia Glenmore banyak dijumpai di beberapa toko oleh-oleh di Banyuwangi, dan menjadi pilihan buah tangan yang cocok untuk keluarga maupun teman anda.

16. Awuk Ketan

Awuk Ketan

Image Credit by Cookpad.com

Awuk Ketan adalah makanan khas Banyuwangi, yang cukup mirip dengan wingko. Cara pengolahannya cukup mudah, dimana bahan dasar seperti tepung ketan dan gula akan dikukus hingga matang. Dengan adanya lelehan gula merah dan parutan kelapa, tentu memberikan cita rasa yang manis dan legit dalam setiap gigitannya.

17. Bungkuk

Bungkuk

Image Credit by Masakandapurku.com

Meskipun kamu cukup asing dengan namanya, namun Bungkuk cukup memiliki cita rasanya yang lezat. Bungkuk terbuat dari pisang dan tepung kanji, dan diberikan bumbu khas yang memberikan rasa dari jajanan ini. Kamu dapat menemui Bungkuk di pasar tradisional di Banyuwangi, dan rasakan kenikmatan dan kelezatan dari Bungkuk.

18. Jongkong Ijo

Jongkong Ijo

Image Credit by Cookpad.com

Satu lagi hidangan yang sering disajikan ketika hari raya di Banyuwangi, ialah Jongkong Ijo. Jongkong Ijo adalah makanan sederhana, yang cara menyajikan dan cara membuatnya pun cukup mudah. Dengan cita rasa manis legit yang dimiliki oleh Jongkong Ijo, tentunya kamu wajib untuk mencicipinya ketika mengunjungi Banyuwangi.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

19.  Glingseng dan Uceng Uceng

Glingseng dan Uceng Uceng

Image Credit by Pictame.com

Glingseng dan uceng – uceng adalah makanan yang pas dijadikan cemilan, teksturnya sendiri kenyal dan memiliki rasa manis. Glingseng dan Uceng – Uceng berbahan dasar kacang hijau dan tepung beras, dan umumnya dihidangkan dengan parutan kelapa. Dijamin, kamu pasti akan ketagihan untuk mencicipinya.

20. Angsle

Angsle

Image Credit by Hipohan.blogspot.com

Angsel atau juga biasa disebut dengan wedang angsel adalah minuman khas Indonesia, dan juga menjadi khas Banyuwangi. Minuman ini umumnya akan dijual, pada malam hari sebagai minuman yang mampu menghangatkan badan. Namun kamu juga dapat mencicipi es angsle, yaitu angsle yang disajikan secara dingin.

21. Ronde

Ronde

Image Credit by Travelingyuk.com

Jika ada angsle, tentu ada ronde. Kedua minuman ini memang tidak bisa dipisahkan, bahkan dalam satu tempat yang menjual angsle pasti akan menjual ronde. Ronde adalah sebuah minuman yang dicampur dengan jahe dan diberi mochi berisi gula merah di dalamnya. Dengan mencicipi ronde, maka kehangatan akan langsung meruak di sekujur tubuhmu.Oleh karena itu, umumnya angsle dan ronde adalah minuman yang cocok ketika malam hari atau ketika hujan.

22. Caok Menek

Caok Menek

Image Credit by Facebook.com (Pariwisata Banyuwangi)

Caok Menek adalah minuman khas Banyuwangi, tepatnya berasal dari suku Using. Minuman ii berasala dari daun Cao, atau lebih dikenal dengan cincau yang dibuat sirup. Untuk penyajiannya sendiri cukup unik, dimana Caok Menek akan ditambahkan kacang tanah yang digoreng dan dibiarkan begitu saja dalam minuman ini. Kacang yang mengambang inilah yang membuatnya disebut Caok Menek, yaitu mengambil kata “menek” yang artinya naik.

23. Setup

Setup

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Setup adalah sebuah minuman khas Banyuwangi, dimana di dalamnya terdapat potongan berbagai buah-buahan. Contohnya sama Setup Buah Nangka, maka yang dihasilkan adalah sebuah minuman yang berisi potongan nangka di dalamnya. Setup buah sangat segar, ketika disantap pada siang hari. Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi, maka minuman ini dapat menjadi pilihan ketika matahari bersinar sangat terik.

24. Selasih

Selasih

Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Minuman selasih mungkin sering kamu temui di beberapa tempat di Indonesia, begitu pula dengan Banyuwangi. Menikmati hari di Banyuwangi, tentu kamu harus bertahan dengan cuaca panas pada siang harinya. Pada saat ini lah, pilihan meminum berbagai minuman segar dan dingin sangat menggiurkan. Minuman selasih dapat menjadi salah satu pilihan, untuk menyegarkan diri dibawah teriknya matahari.

25. Secang

Secang

Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Ada satu minuman khas Banyuwangi, yang juga sangat bagus untuk kesehatan. Ialah minuman Secang, atau juga biasa disebut sebagai Wedang Secang. Secang adalah sebuah minuman yang terbuat dari rempah nusantara seperti jahe, sereh, daun pandan, kayu manis, dan kapulaga. Cita rasa yang diberikan adalah manis dan hangat, sehingga secang sangat bagu diminum ketika badan terasa kurang fit atau ketika suhu mulai menurun.

Mencicipi hidangan nusantara, tentu tidak ada habisnya. Bahkan dari Sabang hingga Merauke terdapat berbagai kuliner yang unik dan menggiurkan. Salah satu daerah di Indonesia, yang memiliki cita rasa yang unik adalah Banyuwangi. Jika kamu berkesempatan untuk menjelajahi Banyuwangi, jangan lewatkan untuk mencicipi satu darii 25 makanan khas yang direkomendasikan tersebut.