17 Minuman & Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Bekasi

Ada begitu banyak daya tarik yang dimiliki oleh Bekasi, salah satunya adalah wisata kulinernya. Mencicipi hidangan khas daerah sekitar, memang menjadi hal yang sangat menarik. Mulai dari rasa yang berbeda, atau cara pengolahannya yang unik dan menarik untuk dilihat. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Bekasi, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan serta minuman khas Bekasi berikut ini.

1. Kue Duit

Kue Duit

Image Credit by Mamikos.com

Apakah kamu pernah mencicipi kue yang satu ini ? meskipun bernama Kue Duit, bukan berarti kue khas Bekasi ini terbuat dari bahan logam maupun kertas. Disebut sebagai Kue Duit, karena bentuk dari kue ini menyerupai kepingan logam. Bentuknya yang pipih dan bulat, semakin dilengkapi dengan cita rasa yang manis. Jajanan imut ini, sangat cocok untuk melengkapi ketika sedang bersantai bersama dengan keluarga.

2. Kue Rangi

Kue Rangi

Image Credit by Lintasbekasi.com

Salah satu makanan khas Bekasi ini, mungkin cukup familiar di telingamu. Masyarakat asli Bekasi adalah masyarakat urban Betawi dan sunda, oleh karena itu kita akan banyak menemukan makanan ala Betawi di Bekasi. Kue rangi adalah kue yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dicetak layaknya cetakan pukis. Kue Rangi ini akan dibakar, dan dihidangkan dengan saus gula merah yang leleh di mulut.

Saat ini Kue Rangi mulai tersebar di beberapa daerah di Indonesia, mungkin saja daerahmu juga ada penjual Kue Rangi. Cita rasanya yang manis dan gurih, membuat Kue Rangi pun cukup diminati oleh anak-anak. Penjual Kue Rangi umumnya akan membuat kue di tempat, sehingga kamu bisa melihat proses pembuatannya. Pastikan memakannya selagi hangat, untuk merasakan kelezatan luar biasa.

3. Wajik Ketan

Wajik Ketan

Image Credit by Netralnews.com

Seperti namanya, kue ini terbuat dari olahan beras ketan. Mungkin kamu pernah melihat kue ini di daerahmu, namun setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Pada daerah Bekasi, wajib menjadi simbol untuk perekat silaturahmi. Terbuat dari campuran beras ketan dan gula merah, membuat cita rasa dari wajik ketan manis dan teksur yang empuk.

Kue ketan ini pun dapat menjadi pilihanmu, ketika mencari buah tangan. Ada begitu banyak toko di Bekasi, yang menjual Wajik Ketan dalam bentuk produk kemasan. Rasa manis dan legit yang dimiliki oleh Wajik Ketan, tentu membuatmu ingin mencobanya lagi dan lagi. Sesuai dengan simbol silaturahmi, kue Wajik Ketan ini sangat cocok disantap ketika berkumpul bersama dengan teman maupun saudara.

4. Kue Jalabia

Kue Jalabia

Image Credit by Jakarta.tribunnews.com

Kue Jalabia adalah jajanan yang berbahan dasar tepung ketan, tepung beras, kelapa, santan, serta perasa gula merah. Kue ini berbentuk bulat layaknya donat, dan berwarna hitam. Sedangkan teksturnya sendiri cenderung lengket seperti kue dodol. Cita rasa kue Jalabia sangat manis, dan cocok untuk disantap bersama dengan teh atau kopi hangat. Harga untuk satu buah Jalabia pun cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp 2 ribu rupiah untuk satuannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Nongkrong di Sukabumi Paling Recommended

5. Sop Janda (Jawa-Sunda)

Sop Janda (Jawa-Sunda)

Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Jika sebelumnya kita membahas tentang kue khas Bekasi, kini kita juga perlu mengintip makanan beratnya. Sop Janda adalah kata akronim dari ‘Janda-Sunda’. Sop ini terdiri dari daging, dan tulang sapi yang dihidangkan bersama dengan aroma kuah yang harum. Kuahnya sendiri ditambahkan cabai ijo yang cukup besar, semakin menambah cita rasa gurih pedas yang nikmat.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Bekasi, maka pastikan untuk mencicipi Sop Janda ini. Sesuai dengan namanya, sop ini seolah perpaduan dari budaya Jawa dan Sunda. Daging yang empuk dan kuah yang segar, ditambah kepedasan yang nikmat pasti akan menggoyang lidahmu. Jika kamu tidak menyukai pedas, maka mintalah penjual untuk mengurangi atau menyisihkan cabainya.

6. Bakmi Abby

Bakmi Abby

Image Credit by Traveloka.com

Jika kamu mengunjungi Bekasi, maka jangan lewatkan Gerai Bakmie Abby di kawasan Harapan Indah. Tempat dari gerai ini tidak terlalu besar, dan lebih berkesan sederhana. Restoran ini sendiri telah berdiri sejak 1993, dan terkenal dengan olahan bakmie yang lezat dan menggugah selera. Perlu kamu tahu, kelezatan dan bakmi ini tanpa menggunakan MSG.

7. Soto Tangkar

Soto Tangkar

Image Credit by Food.detik.com

Soto tangkar adalah makanan khas Betawi, yang merupakan olahan dari iga sapi. Cara pengolahannya sendiri dengan merebus iga sapi bersama bumbu dan rempah, dengan waktu yang cukup lama yaitu dua jam. Waktu ini dibutuhkan, untuk agar daging sapi menjadi lunak dan mudah untuk disantap. Salah satu penjual Soto Tangkar yang terkenal di Bekasi, adalah gerai Pak Kus.

Soto Tangkar sendiri telah memmiliki sejarah, dimana soto ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Hingga saat ini pun, cita rasa dari Soto Tangkar tidak berubah. Kamu bisa mencoba Soto Tangkar di kedai Pak Kus, dengan harga Rp 25 ribu rupiah untuk satu porsinya. Dijamin Soto Tangkar ini akan mampu memuaskan lidahmu, dengan cita rasa yang dimilikinya.

8. Oblok Tongki

Oblok Tongki

Image Credit by Ayobekasi.net

Jika di daerah lain memiliki rendang ayam, maka Bekasi memiliki Oblok Tongko. Hidangan ini berbahan dasar daging bebekdan bercita rasa gurih dan daging yang empuk.Oblok Tongki umumnya dapat ditemukan di Bekasi, dengan harga sekitar Rp 35 ribu perporsinya. Daging bebek yang lunak, pasti membuatmu ketagihan untuk mengnyantap Oblokt Tongki.

BACA JUGA:  Taman Limo Jatiwangi, Destinasi Wisata Bernuansa Pedesaan di Bekasi

9. Es Durian Patal

Es Durian Patal

Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Cuaca siang hari di Bekasi, pasti membuatmu ingin menyantap hidangan yang segar dan dingin. Jika kamu pecinta buah durian, maka jangan lewatkan mencicipi es durian Patal. Oalahan es ini adalah sebuah hidangan durian yang berbentuk es, dengan cita rasa segar manis dan lezat. Ada banyak topping yang disiramkan diatas esnya seperti keju, cokelat, hingga kacang. Harganya pun murah, yaitu sekitar Rp 10 ribu rupiah.

Satu porsi dari es Durian Patal, umumnya disajikan pada mangkok berukuran sedang. Kesegaran akan langsung kamu rasakan, dan dapat mendinginkan diri dari panasnya cuaca di Bekasi. Jika kamu ingin mencicipi kesegaran es ini, umumnya penjual Es Durian patal akan buka pada pukul 1 siang hingga setengah 12 malam.

10. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Pegipegi.com

Bir pletok adalah sebuah minuman yang terbuat dari jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan berbagai rempah rempah lainnya. Meskipun memiliki nama bir, namun minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Justru Bir Pletok sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan berkhasiat mengobati penyakit. Kata “bir” sendiri, diambil dari bahasa arab yang berari sumur atau sumber air.

11. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Image Credit by Bekasigue.blogspot.com

Kue kembang Goyang adalah jajanan khas Betawi, dan sering dipilih wisatawan untuk menjadi oleh-oleh. Kue Kembang Goyang memiliki cita rasa yang mudah disukai untuk semua kalangan, mulai dari kaum muda hingga tua. Teksturnya cukup terlihat keras, namun sebenernya ketika digigit tidak terlalu keras justru renyah dan gurih.

Seperti namanya, Kue Kembang Goyang memiliki bentuk menyerupai sebuah bunga. Untuk membuatnya maka diperlukan cetakan khusus, yang berbentuk kembang atau bunga. Setelah melalui pencetakan, selanjutnya kue Goyang ini akan dimasukkan kedalam wajan berisi minyak goreng. Kue Kembang Goyang  ini sangat cocok disantap untuk menemani kegiatan berkumpulmu, ditemani dengan kopi atau teh hangat.

12. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Ayobekasi.net

Rengginang adalah makanan ringan, yang memiliki bahan utama beras. Beras tersebut diolah dan dijemur di bawah terik matahari, setelah kering barulah beras digoreng hingga mengembang. Rengginang memiliki rasa yang gurih dan nagih, sehingga kamu pasti ingin menyantapnya lagi dan lagi.

13. Kue Cucur Khas Bekasi

Kue Cucur Khas Bekasi

Image Credit by Cendananews.com

Kue cucur adalah makanan khas Bekasi, yang cukup tersebar di berbagai belahan Indonesia. Kue cucur khas Bekasi memiliki bentuk bundar dimana bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian pinggi, teksturnya sendiri cukup kering dan lembut. Bahan dasar kue cucur adalah tepung beras dan gula merah, sehingga cita rasannya pun manis dan legit.

BACA JUGA:  Menelusuri Jejak Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Ciremai

14. Sayur Asem Khas Bekasi

Sayur Asem Khas Bekasi

Image Credit by Beritagar.id

Sayur asem memang adalah olahan khas Indonesia yang bisa ditemukan, hampir di penjuru Nusantara. Namun sayur asem khas bekasi memiliki cita rasa yang berbeda, olahan khas Bekasi lebih asam. Meskipun begitu, sayur asem ini sangat segar untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Sayur asem di Bekasi umumnya dijual dengan haarga sekitar Rp 17 ribu per porsi.

15. Kue Sagon

Kue Sagon

Image Credit by Kitchenofindonesia.com

Kue sagon adalah camilan khas Kota Bekasi, yang bahan dasarnya terbuat dari tepung beras ketan. Cara pembuatannya adalah, dengan mensangrai tepung beras terlebih dahulu untuk membentu dasar kue. Setelah itu, olahan kue akan dicampurkan dengan kelapa parut. Campuran kelapa ini lah yang membuat Kue Sagon memiliki rasa dan aroma khas tersendiri. Kamu bisa mencoba Kue Sagon, dengan harga sekitar Rp 15 ribu per packnya.

Bentuk dari kue sagon persegi panjang, namun ada pula beberapa penjual yang membentuk Kue Sagon berupa bulat dan pipih. Kue Sagon sangat cocok disantap, untuk menemani kegiatan berkumpul bersama dengan teman maupun keluarga. Ditemani dengan teh atau kopi, semakin melengkapi hari bersantai atau berkumpulmu.

16. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Image Credit by Ksmtour.com

Kalau Jogja punya Bakpia, maka Bekasi memiliki Bandeng Rorod. Olahan ikan bandeng khas Bekasi ini cukup berbeda dengan olahan bandeng lainnya. Bandeng rorod cukup disukai karena tidak memiliki duri. Kenikmatan semakin lengkap, dengan racikan bumbu khusus yang membuat makanan khas Bekasi ini semakin nikmat. Bandeng Rorod tidak hanya bisa dibeli untuk langsung disantap, namun bisa kamu bawa menjadi buah tangan.

17. Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung

Image Credit by Food.detik.com

Sayur Gabus pucung bisa dibilang kuliner top khas Betawi, maka pastikan untuk mencoba hidangan yang satu ini. Bahan utama dari sayur Gabus Pucung adalah ikan gabus goreng, yang dicampur dengan rempah-rempah khusus dimana didalamnya terdapat kluwek. Adanya bahan kluwek inilah, yang membuat kuah Sayur Gabus Pucung menjadi hitam layaknya rawon.

Cita rasa dari Sayur Gabus Pucung cukup gurih, dan mampu membuat siapapun yang menyantapnya menjadi ketagihan. Ada satu tempat makan populer, yang menyajikan sayur ini. Nama restorannya adalah Pondok Gabus Lukman, berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di samping Kompleks GOR Bekasi.

Menikmati minuman dan makanan khas daerah utamanya Bekasi, selalu menjadi daya tarik para wisatawan. Apalagi, setiap daerah di Indonesia tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Tak heran jika wisatawan lokal maupun manca negara tertarik untuk mengunjungi daerah di Tanah Air, hanya untuk mencicipi olahan khasnya. Jika kamu mengunjungi Bekasi, jangan lupa untuk mencoba setiap kuliner khas Bekasi. Selamat Berlibur !