25 Minuman & Makanan Khas Bogor yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Bogor

Kota Bogor, menjadi kota yang sering direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang dimilikinya, kota ini menyimpan aneka kuliner sedap yang siap menggoyang lidah. Mulai dari jajanan ringan, hingga kuliner yang memuaskan perut akan tersedia di kota tersebut. Berikut beberapa aneka minuman dan makanan, yang bisa diincip ketika berkunjung ke kota Bogor.

1. Bapatong

Bapatong

Image Credit by Saranwisata.com

Setibanya dikota Bogor, tiba tiba kamu ingin mengkonsumsi kuliner berkuah yang dilengkapi dengan lontong. Kamu bisa mewujudkannya, dengan berkunjung ke Jalan Pangrango nomer 1, Bogor. Disana kamu bisa menemukan tempat makan yang menyediakan menu bakso, sebagai pilihan kuliner. Bapatong atau bakso kupat lontong ini, sedikit berbeda dengan sajian bakso di daerah lainnya. Sebab satu porsinya berisikan bakso, ketupat, iga sapi, dan kuah kaldu sapi.

2. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Image Credit by Pegipegi.com

Di kota ini pula, kamu bisa menemui kuliner menarik yang wajib untuk dicicipi. Kuliner tersebut bernama Asinan Bogor, yang merupakan kuliner hasil dari percampuran budaya asli Bogor dengan budaya Tionghoa. Kuliner unik satu ini dibagi menjadi 3 jenis kuliner yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan yang menjadi gabungan keduanya. Mungkin kamu membayangkannya sedikit aneh, namun rasa yang ditawarkan sanagt sedap di lidah.

3. Ubi bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu

Image Credit by Ubicilembujuara.blogspot.com

Pada umumnya para pendatang yang berkunjung ke kota Bogor, akan mengarah ke kawasan puncak. Ketika memasuki kawasan puncak, kamu bisa menemukan Ubi Bakar Cilembu si kuliner khas Sunda. Sepanjang jalan menuju kawasan puncak, kamu akan menemukan makanan satu ini. Kuliner satu ini memiliki rasa manis bagaikan madu, membuat orang yang mencobanya merasa ketagihan.

4. Gepuk Karuhun

Gepuk Karuhun

Image Credit by Bukalapak.com (Elangjaya74)

Kuliner satu ini, menjadi makanan yang sudah diturunkan oleh nenek moyang. Walaupun termasuk kuliner lama, Gepuk Karuhun masih populer hingga saat ini. Jika dilihat sekilas, kuliner satu ini memiliki kemiripan dengan kuliner empal. Yang membedakan keduanya, terletak pada pengolahan yang dilakukannya. Warna Gepuk Karuhuan yang kecoklatan, tampak menarik untuk segera dicoba.

5. Soto Mie

Soto Mi Bogor

Lokasi: Yogya Bogor Junction, Jl. Jend. Sudirman No.9A, RT.01/RW.03, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor. – Image Credit by Masakapahariini.com

Ingin mencoba soto mie khas Bogor ? Kamu bisa mendatangi jalan Surya Kencana. Disana kamu akan menemukan makanan khas bogor tersebut, yang siap menggoyang lidah. Kuliner satu ini terdiri dari daging sapi, jeroan, risol, serta campuran dari mie kuning dan bihun. Agar semakin nikmat, semua bahan tersebut disiram menggunakan kuah soto bening.

6. Soto Kuning

Soto Kuning

Image Credit by Resepkoki.id

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Bogor ini memang memiliki tampian berwarna kuning. Asal muasal warna kuning tersebut, berasal dari kunyit yang dicampurkan dengan santan.  Warna kuning tersebut, juga berasal dari aneka bumbu rempah yang ikut dicampurkan ke dalam sajian kuliner. Soto Kuning disajikan bersama dengan kikil, babat, dan daging yang aka disesuaikan dengan selera.

7. Ayam Goreng Aroma

Ayam Goreng Aroma

Image Credit by Food.detik.com

Terdapat salah satu resto yang berada di Taman Kencana, menyediakan kuliner sedap dengan wangi yang sedap. Menu andalan dari resto tersebut, bernama ayam goreng aroma. Sebagai bahan dasar utama, ayam goreng disajikan dengan rasa gurih nan harum. Rasa daging ayam semakin nikmat, dengan sambel khas yang membakar. Menggabungkan keduanya, membuat nafsu makan naik secara otomatis.

8. Dillenia Kitchen

Dillenia Kitchen

Image Credit by Kulineri.com

Dillenia Kitchen, menjadi salah satu kafe yang menyajikan kuliner khas dari kota Bogor. Untuk bisa mencicipinya langsung, silahkan mendatanginya di jalan jajaran Nomer 25. Tidak hanya menyajikan makanan sedap nan menggoda selera, resto satu ini juga menyediakan kuliner yang menyehatkan. Pengunjung akan dibantu dengan uraian nutrition fact di setiap menunya, untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya.

9. Mie Janda

Mie Janda

Image Credit by Limakaki.com

Nama kuliner satu ini, merupakan kepanjangan dari Mie Jawa Sunda. Kuliner sedap satu ini, sudah cukup terkenal di berbagai kalangan. Tingkat kepopulerannya semakin naik, setelah diliput oleh salah satu stasiun tv swasta. Kamu bisa mencicipi kuliner satu ini, dengan mengunjunginya di Ruko Depok Baru (Gaperi) blok CM Nomer 7. Kamu tidak akan menemukannya di tempat lain, kecuali di lokasi tersebut.

10. Bebek Pak Ndut

Bebek Pak Ndut

Image Credit by Traveloka.com

Hanya tersedia di warung bebek pak ndut, kamu bisa menemukan kuliner dari bahan dasar bebek khas dari Bogor. Berlokasi di Jalan Pemuda Nomer 9A Bogor, kamu akan menemukan menu andalan tersebut banyak dipesan oleh pengunjung. Rasa sedap yang disajikan, berasal dari bebek  yang olahan menggunakan bumbu khusus. Rasa kuliner bebek ini semakin meningkat, dengan tambahan sambal yang pedas.

11. Bakso Setan

Bakso Setan

Image Credit by Bogor.tribunnews.com

Di bogor kamu bisa menemukan bakso setan , yang memiliki ukuran pentolnya yang sangat besar. Karean ukurannya yang sangat besar, penyajian baksonya dipisahkan dengan kuah dan mienya. Ingin mencoba sensasi Bakso Setan khas Bogor ? Silahkan kunjungi kuliner satu ini di Cimanggu, atau terlokasi di pertigaan taman safari puncak Bogor. Letaknya yang dekat dengan objek wisata, membuatnya mudah ditemukan oleh wisatawan.

12. Mie Rampok

Mie Rampok

Image Credit by Kaskus.co.id

Kuliner satu ini rasanya cukup unik, dan patut untuk dicoba para wisatawan. Kuliner satu ini berisikan mie basah, sayap ayam, daun bawang, yang disiramkan kuah kari. Agar lebih nikmat, kuliner ini akan disajikan bersama kerupuk sebagai pendampingnya. Pada umumnya kuliner ini,  dijual di warung makan yang memiliki konsep food street. Lokasi kaki lima tersebut berada di depan Cibinong City Mall. Kamu juga bisa mendatangi cabangnya di ruko SMP 2 Cibinong, Bogor.

13. Ceker Ranjau

Lokasi: Jl. Raya Jakarta-Bogor No.8, Kec. Cibinong, Kota Bogor. – Image Credit by Kumparan.com

Kamu bisa mencicipi ceker ayam pedas, ketika berada di dekat stasiun Bogor. Ceker pedas tersebut, semakin nikmat lantaran disiram kuah kari pedas yang disajikan bersamaan dengan nasi putih hangat. Sebenarnya tempat yang menjual ceker ranjau, cukup terkenal di kalangan para pegawai. Alasan tempat ini cukup populer, lantaran jam bukanya tepat saat jam pulang kantor hingga pukul 9 malam.

14. Sate Sumsum dan Ginjal Sapi

Sate Sumsum dan Ginjal Sapi

Image Credit by Tripjalanjalan.com

Menjadi varian sate unik, sate ini disajikan dengan cara berbeda daripada jenis sate biasanya. Sebab sate tidak hanya disajikan dari olahan daging saja, namun ada tambahan sate sumsum dan sate ginjal. Dari aroma bakarannya saja, kamu sudah bisa mencium aroma harum yang menggoda selera. Datangi langsung di Jalan Kencana Nomer 193, untuk mencicipi masakan tersebut.

15. pangsit pengantin

pangsit pengantin

Image Credit by Ourtravelinwords.wordpress.com

Dulu kuliner satu ini, akan disajikan khusus untuk para pasangan muda yang masih dimabuk asmara. Namun perlahan, kuliner ini sudah bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang ingin memakannya. Rasanya yang sedap, membuatnya menjadi kuliner favorit di berbagai kalangan. Dalam satu porsinya berisikan ayam cincang, rollade, irisan daun bawang, pangsit, dan sejenis bihun.

16. Sop buah pak ewok

Sop buah pak ewok

Image Credit by Ksmtour.com

Berkunjung ke Bogor, kamu bisa menemukan aneka jajanan nikmat yang siap menggoyang lidah. Disana kamu akan menemukan sop buah, yang menjadi jajanan kuliner populer dan sudah melegenda. Siapapun yang pernah mencicipinya, ingin menikmatinya sekai lagi dan lagi. Semua hal yang dimiliki kuliner satu ini, memang sesuai dengan slogannya yang berbunyi segar, enak, dan murah. Kamu sudah bisa mencicipinya, dengan harga Rp. 8 ribu saja.

17. Bir Kotjok

Bir Kotjok

Image Credit by Pingpoint.co.id

Sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi, dengan minuman khas Bogor satu ini. Karena namanya mengandung unsur bir, bukan berarti minuman ini memabukkan. Justru minuman khas ini, memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Sebab Bir Kotjok terbuat dari jahe merah, kau manis, cengkeh, gula pasir, dan aren. Kamu bisa mendatangi tokonya yang berlokasi di Jalan Suya Kencana setelah perempatan Gang Aut.

18. Es Pala

Es Pala

Image Credit by Pegipegi.com

Sudah dikenal sejak jaman Belana dulu, minuman ini masih saja eksis di Bogor. Minuman menyegarkan ini, terbuat dari irisan buah pala yang dicampurkan dengan gula pasir dan sedikit garam. Semua bahan tersebut akan direbus terlebih dahulu, lalu disajikan dengan tambahan es. Selain menyegarkan, ternyata minuman legendaris ini kaya akan khasiat di dalamnya.

19. Pizza kayu bakar kedai kita

Pizza kayu bakar kedai kita

Image Credit by Lovelybogor.com

Dari sekian banyaknya cafe di Bogor yang menyajikan pizza kayu bakar, Kedai Kita menjadi cafe pilihan terbaik. Dalam proses pemanggangannya, pizza akan dibakar menggunakan kayu yanng berada di atas sebuah tungku besar. Cara memasaknya yang unik, membuat cita rasa pizza menjadi gurih nan lezat. Hanya mengeluarkan dana sekitar Rp. 70ribuan, kamu sudah isa mencicipisi Pizza Kayu Bakar.

20. Papapia

Papapia

Image Credit by Lidbahaweres.com

Sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu, jajanan kuliner satu ini cukup populer di masyarkat tanah air. Rasa yang dihadirkannya berbeda, lantaran menggunkaan resep dari warisan keluarga. Sejak gigitan pertamanya, kamu akan kesulitan untuk melupakan cita rasanya yang sangat lezat. Silahkan mengunjunginya di Jalan Dalurung 1 Nomer 16, Bantarjati, Bogor bila tertarik membelinya.

21. Brownies Pisang

Brownies Pisang

Image Credit by Ksmtour.com

Brownies Pisang bisa kamu temukan di d’fla cake house, yang berlokasi di Jalan Pangrango Nomer 3, ataup dekat dengan Taman Kencana. Cita rasa dari jajanan satu ini, sangatlah enak dengan teksturenya yang sangat lembut. Agar menarik perhatian, si brownies dihadirkan dengan 3 varian rasa yang bisa dicoba.  Varian rasa yang ada terdiri dari rasa pisang original, green tea, dan rasa keju.

22. Talas Khas Bogor

Talas Khas Bogor

Image Credit by Pertanianku.com

Kuliner satu ini, sudah menjadi kuliner khas Bogor yang namanya sudah melegenda sejak dahulu. Pengolahannya pun cukup mudah, dan bisa dibuat sendiri di rumah. Cukup kukus Talas, seperti kukus brownies seperti biasanya. Pengukusan Talas akan dibagi menjadi 2 warna, yaitu bagian kuning di mengarah ke bawah dan warna ungu di lapisan atas.

23. Lumpia Basah

Lumpia Basah

Image Credit by Masakandapurku.com

Lumpia Basah khas Bogor berisikan cacahan bengkoang, tahu, ebi giling, tauge, serta telur. Yang  membedakannya dengan lumpia daerah lainnya, yaitu lumpia  disajikan  menggunakan adonan kulit saja. Jika anda ingin membelinya, kamu bisa mendatangi toko di depan resto Ngo Hiang. Toko tersebut berada di lokasi di Jalan Surya Kencana No. 307.

24. Roti unyil

Roti Unyil

Image Credit by Tokopedia.com (Oleh – Oleh Online)

Ingin mencari kuliner lucu dan berbeda ? Kamu bisa mencoba roti unyil satu ini. Bentuknya yang mini, membuatnya diberikan nama sebagai roti unyil. Karena ukurannya mini, kamu bisa memakannya dalma satu lahapan saja. Walaupun kecil, rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai cemilan. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan, bagi kerabat terdekat.

25. Pia apple pie

Pia Apple Pie

Image Credit by Klikhotel.com

Pie apple pie menjadi salah satu jajanan ringan, sangat populer di kalangan masyarakat Bogor sendiri. Kepopulerannya berasal dari bentuknya yang unik, yaitu berbentuk hati dengan ukuran yang relatif cukup besar. Selain dari segi bentuk, jajanan ini memang memiliki tekstur renyah nan garing. Hal ini sangat cocok dipadupadankan, dengan selai apel yang memiiliki tekstur lembut.

Bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Bogor, selalu saja memiliki sejuta alasan untuk singgah kembali. Tidak hanya karena varian destinasi wisatanya, namun kulinernya bisa menjadi salah satu alasan wisatawan kembali ke kota hujan tersebut. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern, bisa kamu nikmati di kota Bogor ini.