21 Minuman & Makanan Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Cirebon

Dikenal luas sebagai kota udang, Cirebon ternyata menyimpan beragam kuliner sedap yang tidak boleh dilewatkan. Selagi berkunjung, kamu bisa mencicipi kuliner khas kota Cirebon. Rasa yang ditawarkan, dijamin membuat wisatawan kembali lagi dan lagi. Kuliner khas tersebut, lebih terasa nikmat ketika disantap setelah puas mengelilingi kota Cirebon. Berikut kuliner yang siap memanjakan lidah kamu.

1. Empal Gentong

Empal Gentong

Image Credit by Cookpad.com

Bagi kamu pecinta kuah bersantan, cobalah untuk mencicipi kuliner satu ini. Kuah santan disajikan bersama dengan daging sapi beserta jeroan, yang diberikan rempah yang siap meningkatkan nafsu makan. Dilihat sekilas, tampilan si Empal Gentong memang tidak beda jauh seperti gulai, hanya saja cita rasa yang ditawarkan kuliner satu ini gurih dan ada rasa manis. Rasanya semakin lezat, lantaran dibuat dengan cara tradisional.

Bagaimana tidak, sebab kuliner sedap satu ini dimasak menggunakan kayu bakar dan gentong yang terbuat dari tanah liat. Rasanya akan semakin sedap, bila disajikan dalam keadaan panas dan ditemani dengan nasi ataupun lontong. Empal Gentong semakin nikmat, dengan adanya taburan irisan daun kucai beserta jeruk nipis. Sedangkan jeroan yang biasa dipakai yaitu limpa, babat, paru, dan usus. Kuliner lezat ini, berasal dari desa Bettembat, kecamatan Tengah Tani.

2. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit by Travelingyuk.com

Sebagian masyarakat pasti tidak asing dengan kuliner satu ini. Ketenarannya tersebut, tidak lepas dari rasanya yang lezat dan menyehatkan. Pecinta sayur sayuran, pastinya senang dengan kehadiran si Nasi Lengko. Sebab sajian satu ini, benar benar murni sayur mayur dan berbagai protein nabati. Kuliner satu ini, cocok bagi kamu yang tidak menyukai daging dagingan. Walaupun hanya berisikan sayuran, kamu akan merasa kenyang saat mengkonsumsinya.

3. Docang

Docang

Image Credit by Tourcirebonmurah.com

Kuliner khas Cirebon yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi, yaitu Docang. Kuliner populer ini disajikan dengan campuran lontong, daun singkong, kerupuk, tempe gembus, dan tauge. Agar lebih menggugah selera, Docang akan ditaburi dengan parutan kelapa muda. Tampak sederhana, namun rasa yang ditawarkan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pada umumnya, si Docang akan disajikan sebagai menu andalan untuk sarapan.

4. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Image Credit by Lidbahaweres.com

Sangat populer di berbagai kalangan, Nasi Jamblang seakan wajib disantap selagi berkunjung ke kota Cirebon. Nama kuliner populer satu ini, diambil dari nama daerah yang berada di wilayah barat kota Cirebon. Di wilayah tersebut, menjadi asal muasal pedagang nasi Jambal berada. Diberikan nama sesuai asalnya, membuat orang lebih mudah menghafalkannya. Yang menarik dari kuliner ini, nasi putihnya dibungkus menggunakan daun jati.

Berbagai lauk pauk yang biasa disajikan, seperti sajian dalam prasmanan. Namun seiring berjalannya waktu, daun jati sudah tidak lagi digunakan sebagai wadah pembungkus nasi. Namun daun jati tersebut, hanya digunakan sebagai alas piring sajian Nasi Jamblang. ingin mencicipi kelezatan dari si Nasi Jamblang ? Kamu bisa menemukannya di setiap warung yang berada di kota Cirebon. Pada umumnya, setiap warung akan menyajikan kuliner populer satu ini.

5. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Image Credit by Travelingyuk.com

Sangat terkenal hingga di berbagai penjuru tanah air, tahu gejrot menjadi makanan khas  yang harus dicoba. Pemberian namanya, serupa dengan kuliner khas dari Semarang. Kuliner eksis ini, menyajikan tahu yang dipotong dengan ukruan kecil. Kemudian tahu tersebut diberi bumbu dengan berbagai rempah yang menambah kenikmatan. Bumbu yang digunakan seperti baeang merah, gulai merah, cabai, serta bawang putih.

6. Empal Asem Amarta

Empal Asem Amarta

Image Credit by Perlupiknik.com

Hanya tersedia di warung makan Empal Asem Amarta, membuat pengunjung semakin dibuat penasaran dengan rasanya. Kuliner satu ini berisikan daun bawang, belimbing  wuluh, irisan daging, dan tomat. Semua bahan tersebut, akan disiramkan dengan kuah bening. Di dalamnya juga terdapat  daging, yang memiliki tekstur lembut dan tidak alot. Sebab cara memasak dagingnya, dilakukan menggunakan cara khusus.

7. Gado Gado Ayam

Gado Gado Ayam

Image Credit by Pergidulu.com

Tidak seperti gado gado lainnya, jenis gado gado yang dimiliki kota Cirebon memiliki keunikan. Seperti pada umumnya, kuliner satu ini akan menyajikan aneka sayur mayur yang disiram menggunakan bumbu kcang. Namun yang membedakannya yaitu, adanya tambahan daging ayam suwir di dalamnya. Bahkan tidak cukup dengan siraman bumbu kacang, gado gado ini akan disiramkan kuah kari ayam. Dijamin pengunjung akan dibuat kenyang, dan meras puas setelah menyantapnya.

8. Serabi

Serabi

Image Credit by Aryanirahmadita.blogspot.com

Ingin mencari camilan sehat untuk mengganjal perut yang kelaparan ? Kamu bisa memilih camilan satu ini. Serabi masuk dalam jajaran kue tradisional, yang dibuat oleh masyarakat Cirebon sejak bertahun tahun silam. Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa mengunjungi berbagai pasar yang berada di  Cirebon saat pagi hari. Yang membedakan Serabi Jawa dengan Cirebon, yaitu serabi Cirebon dimakan bersama gorengan.

9. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Image Credit by Tokopedia.com (Warungberkah khascirebon)

Kamu pasti tidak asing dengan kerupuk udang satu ini. Sebab beberapa sajian kuliner khas, menggunakan kerupuk udang sebagai penambah kenikmatan. Kerupuk udang khas Cirebon, miliki cita rasa yang sangat khas. Rasanya yang gurih dengan cita rasa udang yang kuat, cocok dinikmati bersama makan siang maupun makan malam. Ingin membelikan sebagai buah tangan ? Belilah saja kerupuk udang  dalam bentuk mentahan, agar lebih mudah dibawa.

10. Terasi Cirebon

Terasi Cirebon

Image Credit by Informasicirebonjeh.blogspot.com

Terasi dari Cirebon, menjadi bumbu rumahan yang sangat populer hingga ke tingkat nasional. Terasi satu ini, bisa dijadikan tambahan bumbu ataupun digunakan sebagai bumbu campuran sambal. Ketika menambahkan terasi satu ini, masakan akan semakin lezat disantap. Terasi Cirebon dibuat dari udang rebon, yang memilikiukuran sangat kecil. Untuk menarik pembeli lebih banyak, terasi Cirebon telah dikemas dengan bentuk modern.

11. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

Image Credit by Infopublik.id

Bagi kamu yang menyukai makanan kering, bisa mencoba kerupuk melarat. Walaupun namanya terlihat sangat malang, tidak akan membuatmu ikut bernasib malang. Kuliner unik satu ini, dikemas dalam plastik yang diikat dengan tali rafia. Sedangkan tampilan si kerupuk miskin tersebut, termasuk unik dan menarik. Sebab kerupuk dihadirkan dengan penuh warna yang terlihat menggoda. Kerupuk semakin nikmat, ketika disajikan bersama sambal yang memiliki rasa masam.

12. Sate Kalong

Sate Kalong

Image Credit by Jabar.idntimes.com

Walaupun namanya sate kalong, bukan berarti bahan utamanya berasal dari daging kalong. Justru sate satu ini, disajikan menggunakan bahan utama dari daging kerbau. Diberikan nama kalong, lantaran kamu bisa menemukannya menjelang magrib hingga tengah malam. Karena hanya dijualkan pada malam hari, akhirnya sate tersebut dinamakan sate kalong. Kondisi tersebut serasa familiar, karena kalong akan membuka matanya menjelang sore dan malam hari.

13. Mie Koclok

Mie Koclok

Image Credit by Sport.tempo.co

Mie satu ini, akan berbeda dengan kebanyakan mie yang biasanya ditemukan di pasaran. Berbedaannya terletak di bagian isinya, dan cara penyajiannya yang unik. Mie satu ini berisikan mie kuning yang dicampurkan dengan daging ayam, tauge, telur, dan kol. Sedangkan dalam penyajiannya, kuah santan yang digunakan memiliki bumbu khusus. Rasa mie kocok semakin lezat, saat disajikan dalam keadaaan panas.

14. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Tokopedia.com (Np.Rangginan)

Rengginang, merupakan jajanan khas dari Cirebon yang terbuat dari bahan dasar ketan. Walaupun di daerah lain ada jajanan satu ini, namun Rengginang dari Cirebon memiliki ciri khasnya sendiri. Perbedaan tersebut, terletak pada cita rasa yang dihadirkan cukup beragam. Mulai dari rengginang rasa udang, keju, hingga berbagai rasa unik lainnya. Cemilan satu ini, sangat cocok menemanimu saat bresantai.

15. Kerupuk Kulit

Kerupuk Kulit

Image Credit by Cirebonmedia.com

Masih satu bersaudara kerupuk melarat, makanan khas Cirebon ini tidak boleh dilewatkan  untik dicoba. Ketika berkunjung ke daerah lainnya, mungkin kamu bisa menemukan kerupuk kulit seperti milik kuliner khas Cirebon. Namun yang membuatmu harus mencicipi kerupuk satu ini, karena bahna dasar yang digunakan berbeda. Kerupuk kulit Cirebon, dibuat dari bahan dasar kulit kerbau yang dijual dengan harga ekonomis.

16. Growolan

Growolan

Image Credit by Tipsdoktercantik.com

Cemilan khas Cirebon satu ini, memiliki warna coklat yang menggugah selera. Kuliner satu ini, terbuat dari gaplek yang dicampurkan dengan parutan kelapa. Jajanan satu ini, sudah sejak dahulu terkenal di berbagai kalangan. Bahkan tingkat kepopulerannya, masih bertahan hingga kini. Banyak anak muda yang menjadikan jajanan satu ini, menjadi cemilan favorit di saat sedang bersantai.

17. Ikan Asin

Ikan Asin

Image Credit by Adira.co.id

Terletak di pinggiran laut Jawa, membuat Cirebon memanfaatkan hasil laut di daerahnya. Sejumlah ikan laut segar, berhasil ditangkap setiap harinya. Banyaknya hasil tangkapan laut, membuat masyarakat berinisiatif untuk mengolahnya. Salah satu kuliner dari olahan hasil laut yaitu Ikan Asin. Langkah untuk membuat kuliner satu ini cukup mudah, yaitu dengan ikan diasinkan dan dijemur hingga kering. Kamu bisa membeli kuliner satu ini, sebagia buah tangan dari Cirebon.

18. Ondal Andil

Ondal Andil

Image Credit by Cirebonberitacb.blogspot.com

Kini saatnya sedikit bergeser ke kuliner manis nan tak terlupakan . Jajanan sederhana satu ini, terbuat dari tepung tampioka yang diolah sedemikian rupa. Yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba, yaitu pemberian warna pada jajanan tersebut. Sejak gigitan pertama, kamu akan merasakan kenikmatan tiada dua. Agar semakin sedap, jajanan ini ditaburi dengan parutan kelapa dan gula pasir. Bahkan tingkat eksisnya, tidak kalah seperti jajanan Trowulan.

19. Jeniper (jeruk Nipis Peras)

Jeniper (jeruk Nipis Peras)

Image Credit by Ketaketik.com

Pemberian namanya yang unik, seakan minuman menyegarkan satu ini berasal dari luar negeri. Nama tersebut, layaknya nama artis internasional yang cukup populer di kalangan masyarakat luas. Minuman satu ini, telah dikemas dalam kemasan modern yang sudah siap minum. Ketika cuaca sedang terik teriknya, kamu bisa meminim si Jeniper ini. Rasanya sangat segar dan terasa masih alami, sehingga baik dikonsumsi siapa saja.

20. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Image Credit by Bukalapak.com (Itaidan Olstore)

Ingin memberikan buah tangan kepada kerbat saat mengunjungi Cirebon ? Sirup tjampolay bisa menjadi alternatif terbaik. Semakin menarik untuk dicoba, lantaran sirup ini dihadirkan dengna varian rasa yang cukup bervariasi. Dari banyaknya tawaran rasa, pisang susu menjadi rasa sirup favorit di berbagai kalangan. Saat mengkonsumsinya, kamu bisa merasakan rasa segar, manis dan harum.

21. Teh Poci

Teh PociTeh Poci

Image Credit by Jajanancirebon.com

Minuman kahs satu ini, memang tidak jauh berbeda dengan sajian teh yang berasal dari daerah lain. Teh poci menggunakan bahan dasar teh hijau melati, yang biasanya disajikan menggunakan poci dari tanah liat. Karena disajikan menggunakan poci tersebut, rasa yang ditawarkan menjadi khas. Kepopuleran si teh poci, sudah dibahas dalam salah satu lagu. Lewat lagu tersebut, minuman ini pun semakin terkenal masyarakat luas.

Lelah setelah berkeliling di kota Cirebon, kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas disana. Mulai dari cemilan tradisional hingga makanan khas Cirebon, bisa ditemukan dengan mudah. Dari banyaknya varian kuliner, bisa dipilih sesuai dengan selera.  Ingin memberikan buah tangan kepada orang tersayang ? Tidak perlu khawatir, lantaran tersedia minuman dan makanan khas Cirebon yang aman dibawa kemanapun.