25 Minuman & Makanan Khas Garut yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Garut

Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai resep rahasia yang bisa membuat ketagihan jika soal kulinernya. Umumnya mereka juga mengolah hasil kekayaan alam untuk dijadikan inovasi dalam masakan. Begitu juga dengan kota Garut, meskipun kota ini terbilang kecil namun juga memiliki destinasi wisata yang mengagumkan. Jika anda berkunjung ke Garut, makanan serta minuman berikut wajib untuk anda coba. Simak ulasannya.

1. Soto Garut

Soto Garut

Image Credit by Pergidulu.com

Masing masing kota di Indonesia memang selalu bisa menghadirkan soto yang berbeda. Yang membuat soto Garut berbeda adalah kuahnya yang terdapat campuran santan di dalam kuahnya. Rasa rempahnya juga lebih terasa yang dipadukan dengan taburan kedelai goreng yang menambah kelezatannya. Gurihnya Soto Garut ini akan pas dipadukan dengan nasi hangat yang akan membuat perjalanan menjelajah kota Garut semakin semangat.

2. Awug

Awug

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Kuliner khas Garut ini juga sangat menarik untuk masuk dalam daftar wisata kuliner anda. Arug yang berbentuk kerucut ini mirip dengan putu yang biasanya anda temui. Untuk menikmatinya anda bisa mencari para pedagang keliling. Anda juga bisa mampir ke pasar tradisional untuk mencicipi makanan unik dari Garut ini.

3. Bakso Aci

Bakso Aci

Image Credit by Womantalk.com

Hidangan khas Garut satu ini memang telah dikemas dalam bentuk siap masak di beberapa supermarket di seluruh Indonesia. Namun rasanya pasti akan berbeda jika menyantapnya di tempat asalnya. Makanan ini sangat cocok untuk anda yang menyukai kuliner dengan cita raa pedas. Bakso aci terdiri dari bakso yang terbuat dari tepung kanju, kerupuk kulit an kemudian disiram kuah pedas. Sudah bisa dibayangkan betapa nikmatnya bukan?

4. Burayot

Burayot

Image Credit by Travel.detik.com

Burayot merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kacang tanah. Jajanan ini merupakan jajan tradisional dengan cara pembuatan yang cukup rumit dan butuh waktu yang panjang. Anda bisa memburu makanan dengan rasa manis ini di beberapa pasar tradisional di Kota Garut. Rasanya akan semakin lezat ketika dimakan saat masih hangat.

5. Emplod

Emplod

Image Credit by Ayobandung.com

Berbahan dasar singkong kemudian dibentuk bulat dan dimasak dengan di goreng, membuat jajanan satu ini memiliki banyak penggemar. Anda bisa menemukan jajan ini di daerah Lewo Garut. Camilan dengan rasa gurih dan manis ini sangat pas sebagai teman anda ngeteh atau ngopi. Pastinya waktu bersantai anda akan semakin menyenangkan.

6. Surabi Garut

Surabi Garut

Image Credit by Wisatakulinerdigarut.blogspot.com

Surabi bisa dikatakan sebagai jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Bahkan saking banyak penggemarnya, surabi selalu dihadirkan di beberapa kota di Indonesia. Apalagi proses pembuatan dengan cara tradisional menggunakan arang membuat rasanya makin menggoda. Di Garut jajanan ini tampil dengan topping yang sangat beragam dan tentunya menambah rasanya makin lezat.

7. Dodol Garut

Dodol Garut

Image Credit by Indonesiakaya.com

Makanan satu ini kerap dijadikan oleh oleh ketika berkunjung ke kota Garut. Kuliner ini memang sangat populer bahkan telah banyak beredar di beberapa kota di Indonesia. Berkembang selama puluhan tahun membuat Dodol Garut kini hadir dengan kemasan yang lebih modern dan rasa yang juga kekinian untuk mengikuti perkembangan pasar.

8. Dorokdok

Dorokdok

Image Credit by Wikipedia.org

Dorokdok adalah sebuatan untuk kerupuk kulit Garut yang juga terkenal. Jika biasanya anda mencoba kerupuk kulit yang original, di Garut di olah menggunakan rempah dan bumbu khusu. Membuat teksturnya lebih renyah dan cita rasa yang lebih gurih. Membuat dorokdok sangat pas untuk mendampingi kudapan apapun dari yang kering hingga yang berkuah.

9. Sambel Cibiuk

Sambel Cibiuk

Image Credit by Katalogwisata.com

Sambel satu ini sangat cocok untuk anda yang hobi makan pedas. Di olah dari cabe rawit segar,serawung, tomat hijau serta tambahan rempah lainnya mmebuat sambal ini sangat nikmat. Rasa pedas dan segar berpadu menjadi kesatuan yang akan membuat anda puas. Menariknya sambal asal daerah Cibuak ini tidak akan meninggalkan panas di perut meskipun pedas.

10. Ladu

Ladu

Image Credit by Cookpad.com

Kuliner yang tak bisa dilewatkan di Garut selanjutnya adalah Ladu. Ladu merupakan makanan khas yang berbahan Tepung ketan, parutan kelapa dan gula aren. Memiliki tekstur kenyal mirip dodol membuat makanan satu ini kerap dijadikan buah tangan. Hanya saja Ladu memiliki tekstur yang lebih kasar dan juga keras.

11. Keripik Moring

Keripik Moring

Image Credit by Lagimakan.com

Moring atau singkatan dari cimol kering juga menjadi makanan yang tak bisa anda lewatkan. Camilam satu ini terbuat dari tepung kanji dan diolah hingga menjadi keripik yang renyah dan gurih. Ada beberapa varian rasa yang bisa anda jadikan pilihan mulai dari pedas hingga rasa keju dan juga balado. Makanan ini sangat cocok untuk jadi oleh oleh keluarga di rumah.

12. Es Goyobod

Es Goyobod

Image Credit by Pergidulu.com

Es satu ini juga di buru banyak orang karena kelezatannya. Es campurnya Garut ini berisikan banyak bahan mulai dari kelapa muda, buah, gula aren, potongan roti dan juga bahan yang lainnya. Membuat es Goyobod ini banyak digemari apalagi jika cuaca sedang terik teriknya. Es ini juga bisa sebagai hidangan penutup semua makanan.

13. Lada Hitam Negeri Mas

Lada Hitam Negeri Mas

Image Credit by Wasatha.com

Minuman ini merupakan minuman herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Dihasilkan dari berbagai rempah membuat rasanya sedikit pedas tapi tetap hangat di tubuh. Jika anda ingin mendapatkan minuman yang telah dikemas dengan apik ini, anda bisa mengunjungi beberapa toko oleh oleh di Kota Garut.

14. Pindang Ikan

Pindang Ikan

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Olahan pindang satu ini memang terlihat sama dengan yang biasanya anda temui. Namun ternyata pindangnya diolah dengan cara berbeda membuat rasanya pasti membuat ketagihan. Untuk menikmati olahan ini, anda bisa mengunjungi beberapa daerah seperti Cihideung, Cikajang dan Cisurupan. Menyantap Pindang Ikan dengan nasi hangat pasti akan nikmat.

15. Angleng

Angleng

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Angleng sebenarnya hampir sama dengan dodol Garut yang biasanya anda temui. Bahan yang digunakan juga sama yaitu gula merah dan beras ketan. Yang membedakan angleng lebih bewarna warni dan diproduksi oleh masyarakat Cihurip. Makanan ini bisa anda jadikan alternatif oleh oleh selain dodol Garut.

16. Tumpeng Cikajang

Tumpeng Cikajang

Image Credit by Porosgarut.com

Tumpeng satu ini bisa menjadi alternatif kuliner ketika anda menginjakkan kaki ke daerah Garut selatan. Nasi Tumpeng ini berbentuk bacang dengan lauk yang cukup beragam. Mulai dari daging cincang, ikan teri asin, labu siam dan juga tempe. Menu satu ini juga sangat mudah untuk anda dapatkan ketika sedang berada di Garut.

17. Wajit Cisompet

Wajit Cisompet

Image Credit by Bukalapak.com (Ahmad mauludin)

Wajit yang merupakan jajan legit dan dibungkus daun aren atau kawung ini juga bisa anda jajal. Berbeda dengan wajit Cililin. Wajit Cisompet mempunyai ukuran yang lebh besar dan pembungkusnya juga berbeda. Membuat rasa legit dengan teksturnya yang unik sayang untuk dilewatkan/ Wajit ini bisa anda jumpai ketika mengunjungi Pantai Sayang Heulang.

18.  Chocodot

Chocodot

Image Credit by Penayasin.com

Kuliner ini bisa dikategorikan sebagai makanan kekinian, karena pembuatnya juga anak muda Garut. Chocodot adalah coklat yang digabungkan dengan bahan bahan yang mudah kita jumpai. Seperti kacang, dodol, cabe hingga buah yang membuat rasanya semakin lezat. Kemasannya juga terbilang modern yang mampu untuk menarik perhatian.

19. Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti

Image Credit by Kadungorainfo.blogspot.com

Kue basah yang tak bisa anda lewatkan ketika ke Garut selanjutnya adalah Kue Balok Maranti. Kue ini bertekstur padat dan sedikit keras namun ketika di makan tetap lembut. Roti ini sering dijadikan sarapan oleh masyarakat Garut karena memang mengeyangkan. Pasar pasar tradisional biasanya menyediak roti ini.

20. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ano

Image Credit by Liputan6.com

Bakso bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang lumrah. Di Kota garut anda bisa mencoba bakso legendaris yang terkenal dengan bakso uratnya yang lezar. Yakni Bakso Mang Ano yang memiliki rasa gurih dengan potongan kepala sapi empuk yang akan membuat anda ketagihan. Bakso ini juga dibandrol dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 15 ribu saja.

21. Jeruk Garut

Jeruk Garut

Image Credit by Evaherdiana.blogspot.com

Selain kondang karena dodolnya, Garut juga merupakan daerah penghasil buah  jeruk. Sebagian besar pelancong menjadikan jeruk Garut sebagai oleh oleh karena rasanya yang manis sedikit kecut ini. Beberapa wilayah di Garut menjual jeruk ini di pinggir jalan dan anda bisa membelinya dengan mudah. Untuk harganya tergantung dari kualitas yang anda beli.

22. Nasi Liwet Khas Garut

Nasi Liwet Khas Garut

Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Bagi anda yang ingin merasakan kuliner Garut yang mengenyangkan, maka Nasi Liwet bisa menjadi jawaban. Banyak tempat makan di Garut yang menyajikan makanan khas ini. Dari sekian banyak ada salah satu tempat yang paling direkomendasikan yaitu Nasi Liwet di rumah makan Asep Strawberry. Penyajiannya yang unik dan rasanya yang khas membuat anda tak menyesal mencobanya langsung di Jl. Raya Kadungora No. 245, Leles.

23. Comring Banjarwangi

Comring Banjarwangi

Image Credit by Sukapada.sideka.id

Comring merupakan camilan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan ditambahkan bumbu khusus. Comring ini bisa menjadi camilan untuk keluarga dan dijadikan oleh oleh jika ke Garut. Untuk mendapatkan Comring Bapak Maman Gembol yang merupakan pelopornya, anda bisa mengujungi Banjarwangi atau di Jl. Patrong Cikondang.

24. Keripik Kentang Cikajang

Keripik Kentang Cikajang

Image Credit by Facebook.com (Keripik & Cemilan Garut)

Cikajang merupakan wilayah yang terkenal dengan pertanian karena letaknya yang berada di kaki Gunung Cikuray. Karena iklimnya yang dingin membuat daerah ini cocok untuk bercocok tanam tanaman kentang. Untuk itulah warganya mengolah kentang untuk camilan dan oleh oleh khas dari Garut. Anda bisa menemukan di toko oleh oleh seperti di Jl. Otista Tarogong.

25. Opak

Opak

Image Credit by Ksmtour.com

Makanan ringan satu ini juga merupakan khas Garut yang juga bisa anda jadikan oleh oleh. Opak yang mirip kerupuk ini memiliki rasa yang khas dan unik. Opak yang terkenal di kota garut adalah opak dengan merk Bungbulang. Yang merupakan nama salah satu daerah di Garut. Anda bisa membelinya di beberapa pusat oleh oleh di daerah kota Garut atau di Cipanas.