28 Minuman & Makanan Khas Jakarta yang Populer

Minuman Makanan Khas Jakarta

Selain untuk berbagai kepentingan, ataupun liburan mengunjungi sebuah kota di Indonesia juga bisa untuk wisata kulineran. Ragam kuliner nusantara memang selalu menarik untuk dijajal karena pastinya memiliki ciri khas. Ibu kota Jakarta menjadi kota tersibuk yang ternyata dibalik sibuknya juga menawarkan berbagai kuliner yang menggugah. Makanan serta minumannya tentunya khas dan wajib untuk dicoba. Yuk simak ulasan berikut.

1. Soto Betawi

Soto Betawi

Image Credit by Resepkoki.id

Indonesia memang kaya akan cita rasa hingga soto setiap daerah ada. Soto khas Betawi misalnya yang ditambahkan santan dengan isian daging sapi lengkap dengan jeroannya. Penggemar soto betawi sangatlah banyak karena rasa gurih dan segar yang tak terlupakan. Soto betawi biasanya juga dilengkapi dnegan emping melinjo yang membuat rasanya makin pas. Tak heran jika selain di Jakarta juga bisa menemukan soto yang kaya rasa ini.

2. Kerak Telor

Kerak Telor

Image Credit by Travel.kompas.com

Menyebut kerak telor maka kota Jakarta yang menyertainya. Hidangan khas dari suku betawi ini memiliki cita rasa gurih dengan cara memasak yang unik. Kerak Telor berbahan beras ketan, telur bebek atau ayam, ebi, bawang goreng dan juga serundeng. Cara memasaknya dengan menggunakan tungku yang telah diisi arang panas. Telur terlebih dahulu dimasak setengah matang kemudian dibalik wajannya. Setelah itu dibiarkan hingga jadi kerak.

3. Semur Jengkol

Semur Jengkol

Image Credit by Putratravel.net

Semur Jengkol menjadi makanan khas dari kota Jakarta yang terkenal dengan baunya yang tajam. Sehingga banyak orang yang engan untuk mengkonsumsi makanan satu ini. Tetapi ada juga yang menjadi penggemar berat makanan satu ini. Jengkol biasanya dilah dengan bumbu dan rempah yang khas sehingga membuatnya semakin nikmat. Apalagi jika disandingkan dengan nasi putih hangat atau nasi uduk.

4. Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi

Image Credit by Iradiofm.com

Nasi uduk menjadi kuliner khas Jakarta yang tak boleh dilewatkan selanjutnya. Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah khusus membuat nasi ini memiliki rasa yang berbeda. Nasi uduk biasanya disandingkan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, lalapan, sambal dan jangan lupakan taburan ayam goreng.

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Image Credit by Pegipegi.com

Asinan Betawi biasanya merupakan campuran berbagai sayuran seperti kol, tahu putih, selada dan juga sawi. Kemudian disiram dengan kuang kacang yang dicampur dengan cabai dan cuka. Jangan lupa untuk taburan krupuk mie besar yang membuatnya semakin meriah dan bewarna. Selain sehat, makanan satu ini juga memiliki rasa yang segar dan juga lezat.

6. Es Doger

Es Doger

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Es doger merupajan minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran es dan juga susu kelapa. Untuk menbuatnya semakin kaya rasa ditambahkan ketan hitam, potongan roti tawar dan juga pacar cina. Umumnya menemui makanan ini bisa di penjual keliling yang ada di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Jakarta Paling Enak & Murah

7. Nasi Ulam

Nasi Ulam

Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi Ulam menjadi makanan yang sekarang sulit untuk ditemukan. Nasi ini menjadi kegemaran masyarakat Betawi dan biasanya disajikan degna berbagai lauk. Mulai dari telur dadar hingga perkedel maupun dendeng. Yang membuat nasi ulam memiliki ciri khas adalah campuran berbagai bumbu dan rempah seperti daun pegagan yang kadang digantikan dengan kemangi.

8. Soto Tangkar

Soto Tangkar

Image Credit by Food.detik.com

Soto tangkar ini sekilas mirip dengan soto betawi, tangkar dalam bahasa Betawi berarti iga. Soto khas Betawi satu ini sangat nikmat jika dinikmati pada saat cuaca sedang dingin. Apalagi jika ditambahkan dengan nasi hangat dan juga sambal merah yang pedas. Untuk menemukan makanan satu ini tidak begitu sulit di Jakarta maupun di kota yang lainnya.

9. Es Goyang

Es Goyang

Image Credit by Kulinerjadul.wordpress.com

Es Goyang menjadi jajanan yang sangat pas dinikmati ketika panas yang melanda. Bahan sederhana yang digunakan seperti santan kelapa, tepung hunkue, gula pasir hingga bahan tambahan yang lain. Tergantung dari rasa yang akan dibuat seperti kacang hijau, alpukat, durian hingga durian. Es ini biasanya dijajakan secara keliling dengan menggunakan gerobak.

10. Roti Buaya

Roti Buaya

Image Credit by Dianabakery.id

Selain memiliki makanan berat, Jakarta juga memiliki jajanan khas seperti Roti Buaya. Roti Buaya ini kerap hadir di upacar pernikahan adat Pernikahan betawi. Dimana roti ini dibawa oleh mempelai laki laki untuk diberikan kepada mempelai perempuan. Roti ini mempunyai panjang sekitar 50 cm dengan makna tersendiri untuk masyarakat Betawi secara turun temurun.

11. Gado Gado Betawi

Gado Gado Betawi

Image Credit by Idntimes.com

Gado gado Betawi merupakan makanan tradisional yang eksis hingga saat ini. Berbagai bahan berupa sayuran hingga tahu, tempe dan kentang menjadi isian dari makanan ini. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dengan taburan kerupuk yang menjadikan rasanya semakin nikmat. Makanan satu ini biasanya disantap dengan nasi maupun lontong.

12. Putu Mayang

Putu Mayang

Image Credit by Pegipegi.com

Putu mayang merupakan kue tradisional dari Betawi yang terbuat dari tepung kanji maupun tepung beras. Dibentuk seperti mie dengan warna yang warni warni membuatnya semakin menarik. Jangan lupakan penyajiannya yang menggunakan kuah santan yang digabungkan dengan gula jawa cair. Akan semakin pas jika dinikmati ketika cuaca sedang dingin.

13. Kue Cucur

Kue Cucur

Image Credit by Indonesiakaya.com

Kue Cucur menjadi panganan tradisional yang sangat mudah dijumpai di berbagai tempat kue maupun pasar tradisional. Kue ini juga bisa ditemui bisa ditemukan di acara acara pernikahan maupun upacara adat lainnya. Tektsurnya yang lembut dengan rasanya yang manis membuat kue satu ini tetap eksis hingga kini. Bagian pinggirnya yang crunchy juga akan membuat ketagihan.

BACA JUGA:  12 Tempat Makan Enak di Jakarta Selatan

14. Roti Gambang

Roti Gambang

Image Credit by Travel.kompas.com

Roti Gambang merupakan roti tradisional Kha Betawi yang tak bisa dilewatkan. Berbahan dasar tepung terigu dengan gula merah membuat warnanya coklat menggoda. Rasanya yang manis sangat cocok dijadikan kudapan ketika sedang berkumpul dengan keluarga. Warna yang dihasilkan juga tak membutuhkan pewarna buatan.

15. Ketupat Babanci

Ketupat Babanci

Image Credit by Travel.kompas.com

Ketupat Babanci seringkali disebut sebagai sayur babanci yang sebenarnya bukan sayur. Padahal di dalam makanan satu ini tidak ada sayur sama sekali. Ketupat babanci disajikan dengan daging dari kepala sapi. Kemudian ditambahkan dengan serundeng yang telah ditumbuk hingga halus. Makanan ini tidak termasuk dalam gule, kare maupun soto.

16. Sayur Besan

Sayur Besan

Image Credit by Cookpad.com

Hidangan satu ini kerap hadir di pernikahan adat Betawi. Sayu besan mirip dengan sayur lodeh dengan kuah yang kental. Rasa rempah yang khas membuat makanan ini sangat nikmat. Untuk isiannya sendiri terdiri dari berbagai sayuran seperti kentang. Kemudian ditambahkan dengan nasi dan juga bawang goreng serta daun bawang.

17. Bubur Ase

Bubur Ase

Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Bubur Ase merupakan bubur yang terbuat dari nasi. Yang membedakan bubur ini dengan bubur lainnya adalah topping yang digunakan. Kuah bubur ase lebih gelap karena kuah semur dagung khas Betawinya. Ditambahkan dengan potongan daging sapi serta kentang untuk membuat toppingnya semakin bervariasi. Untuk menghasilkan rasa yang nikmat jangan lupa tambahkan kerupuk.

18. Sengkulun

Sengkulun

Image Credit by Amazingindonesia.id

Kue ini mirip dengan kue keranjang, hanya aja permukaannya lebih kasar. Namun untuk testurnya lunak, lembut dan juga kenyal. Kue khas Betawi ini diolah dengan bahan seperti tepung ketan, gula merah dan juga santan. Cita rasanya yang manis dan gurih merupakan perpaduan sempurna dan sulit dilupakan. Warna yang menarik juga membuat jajanan ini banyak diburu.

19. Gabus Pucung

Gabus Pucung

Image Credit by Food.detik.com

Kuliner satu ini berbahan ikan gabus yang diolah dengan kuah hitam pekat yang didapatkan dari rempah bernama kluwak. Kuah Pucung memang mirip dengan rawon hanya saja teksturnya berbeda. Kuliner khas Betawi ini disajikan dengan ikan gabus goreng dan kemudian disiram dengan kuah pucungnya. Ditambahkan nasi hangat pastinya akan lebih nikmat dan mantap.

20. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Pegipegi.com

Minuman satu ini merupakan minuman khas Betawi yang meskipun bernama bir namun tidak mengandung alkohol. Warnanya merah menggoda yang didapatkan dari rempah yang digunakan. Minuman tradisional ini juga memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk tubuh. Bir ini sering kali dihidangkan dalam berbagai acara dengan camilan sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA:  15 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Refreshing

21. Kue Pancong

Kue Pancong

Image Credit by Travelingyuk.com

Kue pancong merupakan jajanan tradisional Betawi yang berbentuk setengah lingkaran. Di beberapa kota makanan ini sering disebut dengan pukis. Hanya saja bentuknya lebih tebal dengan potongan kelapa dan juga gula pasir di atasnya. Bahannya sendiri merupakan tepung besar, garam, santan, dan juga garam. Anda bisa dengan mudah mendapatkan kue satu ini.

22. Kue Cente Manis

Kue Cente Manis

Image Credit by Tastemade.com

Kue satu ini mempunyai warna yang lucu yakni perpaduan putih dengan bintik merah dari pacar china. Rasanya yang manis dan gurih membuat ketagihan untuk menikmatinya. Kue Cente Manis terbuat dari tepung hunkwe, gula, gula dan santan. Jangan lupakan sagu mutiara. Semua bahan dibungkus dalam plastik kemudian dikukus.

23. Kue Rangi

Kue Rangi

Image Credit by Ksmtour.com

Kue satu ini menjadi kue tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Kue khas Betawi ini merupakan campuran kelapa parut dengan tepung sagu. Setelah itu ditambahkan dnegan saus gula merah dan campuran sagu yang kental dan manis. Rasanya yang khas dan unuk membuat makanan ini tetap diburu oleh pecinta kuliner.

24. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Image Credit by Travel.kompas.com

Jakarta juga memiliki olahan dodol yang memiliki rasa tak kalah lezat. Dodol di olah dengan menggunakan kuali yang besar dan berbentuk unik. Kuali ini sering disebut sebagai kenceng yang ukurannya 50 cm hingga 1 meter. Dodolnya sendiri terbuat dari kelapa dan ketan yang membuatnya lengket dengan tekstur yang kenyal.

25. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Image Credit by Tempo.co

Untuk masyarakat Ibukota maupun warga Betawi tentunya tidak asing dengan minuman satu ini. Es Selendang Mayang tak hanya segar namun juga membuat kenyang. Selendang mayang sendiri merupakan makanan tradisional yang mirip dengan agar agar. Setelah itu potongan kue disajikan dengan gula jawa, es batu dan juga kuah santan yang menggoda.

26. Kembang Goyang

Kembang Goyang

Image Credit by Jakarta-tourism.go.id

Kembang Goyang merupakan camilan khas Betawi yang hingga kini banyak penggemarnya. Kembang Goyang memang berbentuk seperti kembang yang cara pembuatannya digoyang agar lepas dari cetakannya. Kue ini berbahan tepung ketan dengan berbagai campuran yang membuatnya gurih dan renyah. Kue ini juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh.

27. Kue Geplak

Kue Geplak

Image Credit by Indonesiakaya.com

Kue satu ini ternyata juga kue khas dari Betawi yang berarti beras peras. Proses pembuatannya dengan menggiling beras kemudian menyangrainya. Setelah itu ditambahkan dengan kelapa parut yang disangrai. Untuk menambah cita rasa ditambahkan gula pasir cair semua adoanan di aduk hingga adonannya padat.

28. Kopi Jahe

Kopi Jahe

Image Credit by Suara.com

Tak hanya bir pletok, Jakarta juga memiliki minuman khas Betawi berupa kopi jahe. Minuman ini tidak hanya berasal dari kopi dan jahe, ada rempah lain seperti kayumanis, cengkih, daun pandan, garda mangga dan juga jahe. Semua bahan tersebut direbus kemudian airnya digunakan untuk membuat kopi. Untuk membuat rasanya nikmat ditambahkan dengan susu kental manis maupun gula pasir.

Suku Betawi merupakan masyarakat khas yang menghuni kota Jakarta. Tak heran jika makanan serta minumannya didominasi oleh khas Betawi. Meskipun demikian banyaknya makanan dan minuman yang dimiliki membuat wisata kuliner di Jakarta semakin menarik. Panganan ringan hingga makanan berat dan jajanan tradisional yang membuat liur menetes.