16 Minuman & Makanan Khas Jember yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Jember

Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga memiliki tempat wisata menarik. Wisata alam dan juga wisata baharinya layak untuk Anda kunjungi ketika singgah di Jawa Timur. Tak hanya itu, ragam kulinernya juga menarik untuk dijajal dan diburu ketika Anda ke Jember. Berwisata kuliner di Jember, Anda akan ditawarkan makanan khas, minuman hingga makanan ringan yang pastinya nyaman di lidah. Yuk simak ulasannya berikut.

1. Suwar Suwir

Permen Suwar Suwir

Image Credit by Bangsaonline.com

Suwar suwir merupakan makanan yang terbuat dari tape dan membuatnya mirip dengan dodol. Suwar suwir ini juga kerap menjadi buah tangan ketika Anda di Jember. Karena mengikuti pasar kini suwar suwir hadir dengan beraneka rasa yang modern. Rasa original, susu, kacang hingga strawberry dan coklat bisa Anda coba. Makanan khas Jember ini juga memiliki kemasan yang menarik dan bisa Anda temukan diberbagai tempat oleh oleh di kota Jember.

2. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan satu ini terbilang unik dan layak Anda coba karena makanan ini menggabungkan pecel dan gudeg dalam satu sajian. Nasi pecel gudeg juga dilengkapi dengan ceceknya, potongan daging, gudeg kemudian disiram dengan sambel pecel yang khas, Jangan lupakan sayuran dan juga rempeyek untuk membuat rasanya semakin nikmat. Kolaborasi kuliner Jogja dan Jawa Timuran ini bisa Anda temukan diberbagai tempat makan di Jember.

3. Nasi Langgi

Nasi Langgi

Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi langgi merupakan nasi yang dipadukan dengan daging sapi yang dibumbu bali, sambel goreng kentang, sambal goreng tempe, telur asin, petis dan juga abon sapi. Jika dilihat sekilas makanan sederhana ini mirip dengan nasi campur karena memiliki berbagai lauk yang mengugah selera. Di Jember Anda bisa menemukan nasi langgi diberbagai tempat makan karena memang makanan ini banyak digemari dan populer di kalangan masyarakat.

4. Jenang Waluh

Jenang Waluh

Image Credit by Putratravel.net

Makanan khas Jember yang harus Anda coba selanjutnya adalah jenang waluh. Waluh merupakan labu kuning dalam bahasa Jawa Timuran. Diolah dengan ketan, kelapa tua membuat jenang waluh ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Aromanya yang legit dna harum memang menggundang untuk mencicipi kuliner ini. Jenang waluh juga bisa Anda jadikan oleh oleh ketika mengunjungi kota Jember untuk sanak keluarga.

BACA JUGA:  40 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan

Image Credit by Pinterest.com @Jungnysuhakam

Tak hanya pecel gudeg, di Jember Anda juga harus mencoba makanan satu ini. Pecel pincuk disajikan dalam pincuk yang terbuat dari daun pisang. Makanan yang melibatkan daun pisang memang cenderung memiliki rasa yang lezat. Pecel pincuk memiliki bumbu yang dominan pedas dan juga gurih yang akan membuat Anda semakin bersemangat menyantapnya. Makanan ini adalah buruan pecinta kuliner yang harus Anda coba.

6. Lontong Kupang

Lontong Kupang

Image Credit by Telusurjember.com

Lontong Kupang Jember hampir mirip dengan lontong kupang yang ada di Surabaya. Yang membedakan mungkin hanya rasa dengan bumbu khasnya yang akan membuat Anda ketagihan. Lontong kupang disajikan lengkap dengan kupang atau kerang yang berukuran kecil, lontong dan juga kuahnya yang nimmat. Di Jember Anda bisa menikmati makanan ini di depan Matahari Departement Store dan penjual ini juga sudah terkenal di Jember.

7. Prol Tape

Prol Tape

Image Credit by Bukalapak.com (Cncluvolshop)

Prol Tape merupakan kudapan dengan bahan dasar tape namun telah mengalami modifikasi. Bentuknya mirip dengan kua bronies atau kue yang lainnya, namun ada tape didalamnya. Sehingga menghasilkan rasa gurih, asam dan juga manis yang lezat. Kini prol tape juga memiliki berbagai rasa yang bisa Anda jajal. Mulai dari prol tape original, kismis hingga keju. Makanan satu ini juga bisa Anda jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

8. Pia Tape

Pia Tape

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Rupanya Jember memang banyak menggunakan tape sebagai bahan utama makanan khasnya. Terbukti dengan hadirnya pia tape yang membuat tape dari singkong ini bisa dinikmati dengan berbagai bentuk dan rasa. Pia Tape memiliki tekstur yang lebih keras dengan kulit yang lembut. Isiannya juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan selera anda. Pia Tape juga sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

BACA JUGA:  10 Mall di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

9. Wedang Cor

Wedang Cor

Image Credit by Travelingyuk.com

Wedang cor merupakan minuman khas Jember yang sangat tersohor. Minuman satu ini memiliki rasa manis dan asam yang pas sehingga tetap nikmat. Wedang Cor ini terbuat dari susu kental manis, tape ketan atau tape singkong dan juga jahe. Disajikan dalam keadaan hangat ditemani pisang goreng tentunya akan sangat lezar. Tak heran jika masyarakat Jember gemar mengkonsumsi minuman yang membuat tubuh hangat satu ini.

10. Ikan Wader

Ikan Wader

Image Credit by Lexyleksono.com

Makanan satu ini memang akan membuat perut Anda meronta untuk diisi. Ikan wadir merupakan ikan yang banyak ditemui di sungai dengan bentuknya yang kecil. Biasanya disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan juga sambel yang pedas. Bumbunya yang meresap sempurna akan membuat Anda lupa diri. Apalagi jika disantap saat jam makan siang ditemani dengan segelas es teh yang menyegarkan. Bagaimana tertarik mencoba kuliner satu ini?

11. Ice Cream Domino

Ice Cream Domino

Image Credit by Ksmtour.com

Ice Cream ini merupakan es krim khas dari Jember yang wajib Anda coba apalagi bagi Anda penggemar es krim. Es ini Domino merupakan tempat es krim legendaris yang menyediakan berbagai macam rasa hingga 40 rasa. Buka sejak 50 tahun yang lalu tentunya rasa es krim domino tak bisa diragukan. Jika ingin mencobanya Anda harus datang pada pukul 10 pagi hingga jam 15.00 sore. Akan buka kembali di pukul 17.00 sore hingga pukul 21.00 malam.

12. Cake Edamame

Cake Edamame

Image Credit by Wikimapia.org

Edamame menjadi olahan cake? Tentunya inovasi baru dalam bidang kuliner yang wajib untuk dicoba. Kue yang memang baru di Jember ini menawarkan berbagai rasa yang patut untuk Anda coba. Berwarna dasar hijau seperti warna edamame yang bisa dikonsumsi setelah direbus. Untuk mendapatkan cake ini Anda bisa langsung datang ke toko kue yang ada di Jl. Trunojoyo Gang V, Jember. Lokasinya berdekatan toko buku Gramedia Jember.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Madiun Paling Enak & Mudah

13. Martabak Malabar

Martabak Malabar

Image Credit by Jejakpiknik.com

Martabak satu ini memakai daging kambing dengan rempah yang sangat khas. Yang membuatnya berbeda juga dari kulitnya yang tipis dan dagingnya empuk serta tidak amis. Martabak ini menjadi martabak yang paling terkenal di Kota Jember, sehingga Anda tak bisa melewatkannya begitu saja. Jika Anda ingin mencobanya Anda bisa menuju martabak Malabar di pertigaan Jl. Trunojoyo kota Jember. Namun harap bersabar jika antriannya mengular.

14. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok

Image Credit by Travelingyuk.com

Menikmati soto di berbagai kota di Indonesia memang selalu menghadirkan rasa yang berbeda. Soto ayam Dahlok ini berdiri dari tahun 1958 dan menjadi tempat makan soto ayam yang legendaris. Anda bisa memesan soto ayam biasa, jeroan dan juga soto ayam spesial di temoat satu ini. Lokasinya berada di Jl. Fatahilah No. 1, Jember dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp. 10 ribuan saja. Tertarik mencoba legendaris Jember ini?

15. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Image Credit by Rullytricahyono.com

Makanan tradisional khas Jawa Timur ini seperti tak lekang oleh waktu. Anda bisa menemui kuliner satu ini beberapa daerah di Jawa Timur termasuk di Jember. Berbahan cingur atau hidung sapi kemudian ditambahkan dengan bumbu khas yang mengugah. Biasanya sebagai pelengkap ditambahkan juga sayuran, tahu tempe dan juga lontong. Rujak Cingur sangat nikmat dijadikan menu makan siang Anda apalagi jika dimakan dengan kerupuk.

16. Tape Bakar

Tape Bakar

Image Credit by Jember1tv.co.id

Jika ingin menikmati tape dengan berbagai menu yang menarik sepertinya Jember menjadi kota yang tepat. Tape Bakar ini contohnya, tape bakar disajikan dengan isian gula merah, ditambahkan juga selai atau cokelat. Setelah itu dibalut dengan daun pisang sebelum kemudian di bakar. Setelah matang biasanya disajikan dengan tambahan meses dan susu kental manis di atasnya. Tape bakar sangat nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat.

Makanan serta minuman khas Jember akan memberikan petualangan berkuliner yang menyenangkan. Anda bisa menikmati makanan berat hingga jajanan yang bisa Anda jadikan oleh oleh. Minumannya juga terbilang unik karena terbuat dari tape yang juga mendominasi makanan khasnya. Jika Anda sedang ke Jember tidak ada salahnya berwisata kuliner setelah berjalan jalan ke berbagai tempat wisata andalan di Jember. Penasaran ingin menjajal yang mana?