16 Minuman & Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Jogja

Jogja selalu identik dengan kota yang membuat kangen. Meskipun berkali kali mengunjunginya tetap tidak pernah bosan. Selain nuansa kotanya yang bikin nyaman, makanannya juga bikin lidah puas. Mengunjungi Yogyakarta tak harus hanya jalan-jalan saja, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk kulineran di kota Jogja. Makanan dan minuman khasnya wajib Anda coba ketika ke Jogja. Selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Oseng Mercon

Oseng Mercon

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Makanan bercita rasa pedas satu ini akan melengkapi perjalanan kamu di Jogja. Opseng Mercon merupakan kuliner yang berisi lemak, kulit, kikil serta tulang muda yang dimasak dengan bumbu super pedas. Sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat yang pulen. Salah satu Oseng Mercon yang terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti yang bisa kamu dapatkan di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Ngampilan. Kamu juga bisa membawa oleh oleh oseng mercon karena sudah dikemas kalengan.

2. Gudeg

Gudeg

Image Credit by Tripzilla.id

Gudeg dan Jogja tak bisa dipisahkan begitu saja, melekat erat seperti lem. Sehingga untuk kamu yang sedang ke Jogja, sempatkan untuk merasakan Gudeg di kota asalnya. Gudeg merupakan olahan nangka muda yang dibumbu dengan rempah khusus. Gudeg kini juga bisa kamu bawa pulang untuk oleh oleh, dengan membeli Gudeg Kering. Ada beberapa tempat seperti di daerah Malioboro untuk kamu mendapatkan makanan khas ini.

3. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Image Credit by Bonvoyagejogja.com

Wedang Uwuh yang memiliki arti wedang sampah ini bukan berarti dibuat dari sampah. Melainkan dari beberapa rempah dan dedaunan yang dipercaya memiliki khasiat untuk tubuh. Sebenarnya minuman ini berasal dari Imogiri Bantul yang biasanya disajikan ketika panas. Untuk rasa dari minuman merah cerah ini cukup unik perpaduan manus dan juga pedas. Wedang Uwuh ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di beberapa tempat makan di Jogja.

4. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim

Image Credit by Magazine.job-like.com

Kuliner khas Jogja satu ini terbilang unik dengan rujak buah yang diserut kemudian atasnya diberikan es krim. Bahan rujak yang biasanya digunakan adalah mangga muda, pepaya muda, bengkuang, kedondong hingga nanas. Kemudian semua bahan disiram dengan gula jawa dan di atasnya diberikan 1 scoup es krim. Untuk mengetahui rasanya kamu bisa mencobanya sendiri ketika sedang berada di daerah Istimewa Jogjakarta ini.

5. Geplak

Geplak

Image Credit by Tuguwisata.com

Makanan ini merupakan jajanan tradisional yang masih eksis hingga kini. Cita rasanya yang manis menjadi ciri khas karena terbuat dari parutan kelapa, tepung dan gula. Warnanya juga lucu sehingga akan membuat kamu semakin tertarik untuk memakannya. Karena tahan lama, makanan ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh ketika bertandang ke Jogja. Kamu juga bisa menemukan makanan di tempat oleh oleh seperti Malioboro.

6. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja

Image Credit by Makanlagi.com

Tak lengkap rasanya jika ke Jogja tak mencicipi Bakmi khas Jogja yang menggugah selera ini. Menu yang berbahan dasar mie ini bisa kamu pilih ingin mie kuning atau mie bihun, goreng atau rebus semua bisa disesuaikan dengan selera. Yang membuat bakmi Jogja istimewa adalah prose memasaknya yang menggunakan anglo atau tungku dari tanah liat. Bakmi Jogja yang terkenal enak berada di dekat Alun alun utara yakni bakmi Pak Pele.

7. Sego Abang Lombok Ijo

Sego Abang Lombok Ijo

Image Credit by Travelingyuk.com

Kuliner khas Gunungkidul ini juga tak kalah nikmat dan wajib kamu coba ketika menginjakkan kaki di Jogja. Nasi merah di sajikan dengan gudeng daun pepaya, pepes, ayam goreng kampung, sayur lodeh dan juga menu lainnya. Meskipun terbilang sederhana, namun cita rasanya wajib kamu rasakan, apalagi harganya juga terjangkau. Bisa dipastikan jika nafsu makan kamu akan naik dengan menikmati makanan ini.

8. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Image Credit by Kooliner.com

Jadah Tempe menjadi salah makanan khas dari Kabupaten Sleman yang patut untuk kamu cicipi. Terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa membuat rasanya gurih dan lezat. Untuk menjadi pedamping kamu juga bisa memilih tempe bacem manis yang biasanya ditangkupkan dengan jadah. Salah satu jadah tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik yang berada di Jl. Astomulyo, Hargobinangun, Pakem.

9. Belalang Goreng

Belalang Goreng

Image Credit by Superadventure.co.id

Mendengar namanya saja memang cenderung menyeramkan dan bergidik. Namun makanan khas dari Gunungkidul ini memiliki protein yang tinggi. Jika kamu tidak geli kamu bisa membelinya karena biasanya dijual dengan kemasan toples. Rasanya renyah dan juga gurih dan kamu bisa memakan seluruh bagian tubuhnya. Harganya mulai dari Rp. 20 ribuan untuk satu toplesnya dan biasanya banyak dijajakan di jalanan atau toko oleh oleh.

10. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk

Image Credit by Travelingyuk.com

Selain gudeg, jajanan satu ini juga sangat terkenal di Jogja. Bakpia Pathuk merupakan kue dengan isian yang beragam mulai dari kacang hijau hingga keju. Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Di daerah Malioboro kamu akan menemukan dengan mudah jajanan ini, bahkan kamu bisa berkesempatan untuk melihat langsung cara pembuatannya. Satu kotak bisa dihargai mulai dari Rp. 25 ribuan.

11. Entok Slenget

Entok Slenget

Image Credit by Bigdaymuliatransport.wordpress.com

Sudah pernah menikmati daging entok? Entok merupakan unggas yang mirip dengan bebek. Daging entok dimasak dengan bumbu khusus seperti semur denagn cita rasa yang pedas. Karena pedasnya itulah membuat masyarakat menyebutnya dengan entok slenget. Salah satu warung yang membuat olahan ini dan sangat tersohor adalah Entok Slenget Kang Tanir. Yang berada di Jl. Pakem Turi, Sleman buka mulai jam 16.00 hingga jam 19.00.

12. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Pegipegi.com

Karena memiliki warna yang kuning keemasan dengan busa di atasnya membuat minuman khas Jogja ini diberi nama Bir Pletok. Beer ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak akan membuat kamu mabuk. Namun bir Pletok dibuat dari rempah rempah seperti sereh, kapulaga, jahe, kayu manis dan lain sebagainya. Beberapa tempat makan di Jogja banyak yang menyediakan bir pletok ini. Daripada penasaran lebih baik kamu mencobanya langsung.

13. Wedang Ronde

Wedang Ronde

Image Credit by Travelingyuk.com

Minuman khas Jogja yang tidak bisa dilewatkan selanjutnya adalah wedang ronde. Minuman yang terdiri dari air gula yang diberikan jahe dan membuat tubuhmu hangat. Kemudian ditambahklan bulatan warna warni yang terbuat dari ketan. Bulatan ini berisikan kacang tanah yang membuat cita rasanya unik. Wedang Ronde sangat pas dikonsumsi ketika musim hujan telah datang karena bisa membuat hangat.

14. Es Semlo

Es Semlo

Image Credit by Tastemade.com

Saat suasana panas minum es menjadi hal yang menyegarkan. Kamu bisa menikmati es semlo ketika mengunjungi Jogja. Es semlo berbahan dasar pisang yang kemudian di riam dengan air dari larutan gula dan rempah rempah. Kemudian ditambahkan air jeruk nipis dan es batu. Warnanya juga menarik dan terbuat dari bahan alami yakni kayu secang. Tertarik menikmati es semlo yang unik satu ini?

15. Brongkos Jogja

Brongkos Jogja

Image Credit by Uniek88.wordpress.com

Kuliner satu ini mirip dengan rawon dan bisa kamu temukan di Jogja. Yang membuatnya berbeda adalah penggunaan santan pada bronkos dan rawon tidak pakai santan. Untuk isian bronkos sendiri terdiri dari daging, kacang tolo, melinjo serta cabai agar cita rasanya pedas. Warung bronkos yang melegenda dan wajib kamu coba adalah Brongkos Warung Ijo Bu Padmo yang berada di Jl. Gading No 2. Untuk jam bukanya mulai dari jam 7.00 hingga jam 16.00.

16. Sate Klatak

Sate Klatak

Image Credit by Sahabatufs.com

Penyuka Sate? Kamu harus mencoba sate dari kambing muda ini. Yang membedakan sate ini dengan sate pada umumnya adalah kuah gulai yang menjadi pelengkapnya. Hal unik lainnya, sate klatak mengunakan jeruji sepeda sebagai tusukannya. Disebut sate klatak karena begitu daging menyentuh pemanggang akan menghasilkan klatak klatak. Membayangkan dinikmati dengan satu porsi nasi hangat tentunya akan membuat air liur kamu menetes.

Ada beberapa tempat yang menyediakan sate klatak dengan rasa yang jempolan. Seperti sate klatak Pak Bari yang cara penyajiannya tak mengunakan kuah gulai melainkan tongseng. Dagingnya yang tebal juga dimasak dengan sempurna sehingga matang merata. Kamu bisa langsung menuju ke Pasar Wonokromo di Jl. Imogiri Timur No. 5, Pleret, Bantul.

Tak hanya menyajikan pengalaman yang tak terlupakan, Jogja juga memiliki banyak kuliner yang wajib untuk dijajal. Dari menu tradisional hingga menu modern yang akan membuat perut kamu kenyang dan puas. Beberapa makanan memang sudah terkenal namun sebagian juga masih belum banyak orang yang tahu. Selain itu minuman khas Jogja yang kaya akan rempah juga patut untuk kamu coba agar merasakan khasiatnya. Sudah memutuskan mencoba yang mana?