11 Minuman & Makanan Khas Jombang yang Wajib Anda Coba

Minuman & Makanan Khas Jombang

Tak hanya dikenal sebagai kota Santri, ternyata Jombang juga menyimpan beragam kuliner khas yang tidak boleh ketelawatan untuk dicicipi. Cita rasanya yang unik nan sedap, berasal dari komposisi bahan yag digunakan serta resep yang digunakan. Ketika singgah di kota tersebut, jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman khas Jombang. Agar tidak kebingungan memilihnya, berikut beberapa rekomendasi yang mungkin bisa sedikit membantu.

1. Pecel Pincuk Bu Djiah

Pecel Pincuk Bu Djiah

Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Termasuk dari salah satu tempat makan kebanggaan dari masyarakat Jombang, pecel pincuk Bu Djiah miliki rasa yang tiada dua. Sehingga tidak mengherankan bila, dagangannya selalu laris diburu para pecintanya. Seperti kebanyakan pecel lainnya, disini tersedia berbagai sayuran segar yang siap untuk disantap. Mulai dari kemangi, kembang pepaya, daun pepaya, dendhoyo, hingga kecambah siap menemani makan anda.

Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim 9A Jombang, nampaknya kuliner ini telah terdengar hingga telinga artis tanah air. Bayangkan saja, sebagaimana kelezatannya hingga menarik minat para artis hingga membuat mereka doyan mengkonsumsinya. Yang membuatnya terasa berbeda, yaitu rasanya yang dominan manis  dan ditambah dengan bumbu halus. Tersedia dengan rasa pedas dan tidak, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena dapat disesuaikan dengan selera.

2. Ketan Merdeka

Ketan Merdeka

Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Terbuat dari bahan dasar ketan, makanan khas ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Tak pernah sepi pengunjung, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menyantapnya. Usai mengkonsumsinya, Anda bisa sudah siap untuk memulai hari dengan tenaga yang baru didapatkan dari si Ketan Merdeka. Bahkan tenaga terasa terisi, sejak makanan tersebut menyatu di lidah.

Termasuk kuliner tradisional, sebab proses memasaknya masih menggunakan cara tradisional. Pada saat proses pembuatan, ketan akan dimasak bersamaan dengan santan. Sehingga tidak mengherankan bila si kuliner khas ini, miliki rasa yang gurih nan memuaskan perut.  Apabila tertarik untuk mencobanya langsung, silahkan berkunjung ke Jalan Merdeka No. 29 Jombang. Karena selalu ramai pengunjung, Anda pun bisa menemukannya dengan mudah.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Nasi Kikil

Nasi Kikil

Image Credit by Travelingyuk.com

Terbuat dari kulit kaki sapi ataupun kulit kaki kerbau, kikil miliki rasa yang sayang untuk dilewatkan. Cita rasa lezat yang ditawarkannya, memerlukan perjuangan panjang bagi sang pembuat kuliner tersebut. Sebab kikil haruslah dimasak dalam waktu yang cukup lama, sebelum terasa empuk nan sedap untuk disantap. Ditambahkan dengan berbagai bumbu beserta santan, membuat rasanya semakin nendang.

Nasi kikil biasanya disajikan bersama dengan tambahan lauk lainnya, yang dirasa mampu sebagai pelengkap yang cukup sempurna. Aluk tambahan tersebut seperti orek tempe atau tahu, empal daging yang dimasak bacem, serta adanya tambahan sayur bung. Selain dari rasanya yang lezat, nasi kikil miliki daya tarik dari penyajiannya yang masih menggunakan daun pisang. Sejak gigitan pertama, dijamin siapapun yang mencicipinya akan ketagihan.

4. Sego Sadukan

Sego Sadukan

Image Credit by Idntimes.com

Masuk dalam jenis nasi bungkus, kuiner khas dari Jombang ini disajikan dengan cara berbeda. Dimana mereka akan membungkus si makanan lezat ini, menggunakan daun pisang. Lauk yang tersedia berupa mi goreng, tempe dan tahu yang dipotong kecil kecil, bahkan tak jarang diberikan ikan teri sebagai penambah kelezatan. Jika dilihat sekilas, memang si sego sadhukan serupa dengan nasi kucing yang ada di Jogya meski rasanya berbeda.

5. Sop Buntut Bakar Bu Henny

Sop Buntut Bakar Bu Henny

Image Credit by Putratravel.net

Cocok dikonsumsi saat memasuki jadwal makan siang, dijamin Anda akan merasa puas dengan porsi serta rasa masakannya. Sop buntut bakar khas Bu Henny, menjadi salah satu tempat yang cukup ramai didatangi para pengunjung. Diracik menggunakan bumbu rahasia, membuat cita rasanya terasa berbeda dengan sop buntut lainnya. Silahkan kunjungi langsung di Jalan Jenderal Gartot Subroto No. 45 hingga 46, apabila penasaran dengan rasanya.

6. Ayam Panggang Urap

Ayam Panggang Urap

Image Credit by Cookpad.com

Terkenal dengan cita rasanya yang sedap, daging ayam tak penah hentinya diolah menjadi kuliner khas yang begitu sedap. Salah satu olahan dari daging ayam favorit di Jombang, yaitu ayam bakar urap. Tak sembarang ayam, kuliner satu ini menggunakan daging ayam kampung yang memang dikenal kelezatannya. Diolah dengan berbagai rempah pilihan, membuat rasa dagingnya semakin gurih nan menggiurkan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Saat memasuki proses memanggang, daging ayam akan dioles menggunakan bumbu khusus. Tambahan dari bumbu tersebutlah, yang kemudian membuat cita rasa masakan menjadi tak tertandingi. Sayang dilewatkan begitu saja, terasa kurang lengkap jika berkunjung ke Jombang tanpa menyantap si kuliner lezat ini. Agar tidak penasaran, silahkan kunjungi di Jalan Cempaka No. 17A Simpang Tiga, Jombang.

7. Onde Onde Kacang Merah

Onde Onde Kacang Merah

Image Credit by Diansulistyorini.blogspot.com

Hampir dapat ditemui di berbagai penjuru tanah air, jajanan tradisional ini sudah dikenal dengan kelezatannya. Meski namanya serupa, rasa yang dihadirkan onde onde khas Jombang terasa berbeda. Apabila umumnya onde onde berisikan kacang hijau yang dihaluskan, onde onde dari Jombang ini justru berupa kacang merah. Dalam pembuatannya sendiri, sama seperti onde onde pada umumnya yang menggunakan tepung beras ketan dengan tambahan wijen.

Kudapan tradisional ini semakin lezat, sembari disantap bersamaan dengan teh manis. Dapat bertahan hingga beberapa lama, sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Selain karena rasanya yang sedap, harganya pun cukup ramah di kantong. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin memberikannya sebagai oleh oleh usai singgah di kota Jombang.

8.  Es Degan Khas Jombang

Es Degan Khas Jombang

Image Credit by Detik.com

Saat cuaca sedang terik teriknya, paling nikmat ketika mengkonsumsi minuman dingin seperti es degan khas Jombang. Selain mampu mengembalikan elektrolit dalam tubuh, rasanya yang lezat menghadirkan rasa puas saat mengkonsumsinya. Tubuh akan terasa lebih segar usai mengkonsumsinya, kini Anda siap menyelusuri kota Jombang kembali. Sebab es degannya ditambahkan dengan buag alpukat dan nata de coco, yang membuat energi kebali terisi.

9. Sate Ringin Contong

Sate Ringin Contong

Image Credit by Travelingyuk.com

Terbuat dari bahan dasar daging kambing, kuliner satu ini dikenal dengan kelezatan yang tiada dua. Kelezatan yang ditawarkannya, berasal dari penambahan bumbu yang diolah sedemikian rupa. Agar kelezatannya semakin terasa, masyarakat biasa mengkonsumsinya bersamaan dengan sop kambing yang masih panas. Belum lagi ditambahkan dengan nasi hangat, yang membuat perut merasa kenyang nan puas menyantapnya.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Terhits Dikunjungi

10. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong Gloria

Image Credit by Samkuliner.com

Seringkali diburu untuk dijadikan buah tangan, kelezatan dari tahu pong nampaknya tak pernah surut di hati para penggemarnya. Bagian tengahnya yang kosong, membuat tahu tampak lebh me ngembang dan menarik untuk dicicipi. Agar semakin lezat, masyarakat biasa mengkonsumsinya menggunakan saus cabe ataupun cabe mentah. Teksturnya yang renyah, sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh selagi menikmati waktu santai.

11. Jenang Kupas

Jenang Kupas

Image Credit by Putratravel.net

Mungkin Anda bisa menemukan jenang di beberapa daerah lain di tanah air, namun jajajan kuno khas Jombang ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Meski wujud dan namanya serupa, kuliner khas ini miliki rasa yang unik nan menggirukan. Rasanya yang legit nan manis, membuat siapapun merasa tersihir dengan kelezatannya. Bahkan dapat dikatakan, Anda akan merasa candu, yang membuat Anda ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Dikenal dengan kelezatannya yang tiada tara, membuatnya banyak dicari masyarakat. Tak hanya warga lokalnya saja, bahkan para pengunjung pun penasaran dengan kelezatan yang ditawarkannya. Dikemas dengan apik dengan bentuk sederhana, membuatnya cocok sebagai buah tangan yang menarik untuk diberikan kepada kerabat terdekat. Silahkan berkunjung ke pasar tradisional terdekat, untuk mendapatkan si jajanan lezat ini.

Menjadi kota yang sering disinggahi para wisatawan, tak ada salahnya untuk mencicipi beberapa kuliner khas di daerah tersebut. Dari sekian banyaknya pilihan, beberapa diantaranya bisa dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Tak perlu ragu akan rasanya, dijamin Anda justru merasa ketagihan usai gigitan pertamanya. Dari daftar rekomendasi makanan dan minuman khas Jombang di atas, silahkan dipilh sesuai dengan selera.