12 Minuman & Makanan Khas Kediri yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Kediri

Berkunjung ke kota Kediri, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul. Pasalnya monumen ini pun dikatakan memiliki kemiripan dengan Monumen Arc de Triomphe yang berada di Paris. Selain itu, Anda pun juga tak boleh melewatkan makanan dan minuman khas yang ada di kota ini. Untuk itu, kali ini terdapat beberapa rekomendasi makanan dan minuman khas yang berada di kota Kediri. Mari simak ulasannya!

1. Es Buto Ijo

Es Buto Ijo

Image Credit by Pengusahasukses.com

Ketika berada di Kediri dan Anda merasakan gerah, maka itulah saat yang tepat untuk mencoba minuman es segar yang khas dari kota satu ini. Anda pun bisa mencoba es buto ijo yang sangat terkenal di kota ini. Minuman tersebut dinamakan Es Buto Ijo dikarenakan memiliki warna air es yang berwarna hijau. Untuk isiannya sendiri, es satu ini berisi kelapa muda, kolang-kaling, kacang hijau dan juga nata de coco serta selasih. Untuk itu, minuman satu ini sangat cocok untuk Anda nikmati di cuaca yang terik.

2. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

Image Credit by Camilancamilun.wordpress.com

Di Kediri juga terdapat salah satu makanan ringan yang sangat khas, yakni Kerupuk Upil. Dinamakan seperti itu dikarenakan kerupuk ini memiliki bentuk yang kecil kecil, dimana mempunyai rasa yang asin seperti kerupuk pada umumnya. Untuk bahan pembuatan kerupuk ini sendiri menggunakan tepung tapioka. Untuk membelinya, Anda bisa menemukannya di warung makan dan juga pinggir jalan.

3. Cenil

Cenil

Image Credit by Putratravel.net

Makanan tradisional satu ini juga bisa Anda temukan ketika berada di Kediri. Kuliner ini merupakan jajanan yang terbuat dari bahan utama berupa tepung tapioka yang pastinya akan sering Anda jumpai ketika berada di pasar tradisional Kediri. Jajanan ini pada umumnya akan disajikan bersama dengan parutan kelapa dan juga gula merah cair yang tentu saja akan memberikan rasa yang manis dan juga nikmat.

BACA JUGA:  31 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang

Image Credit by Travel.kompas.com

Penggemar nasi goreng tentu saja tak boleh melewatkan makanan satu ini ketika Anda sedang berkunjung ke Kediri. Nasi goreng arang ini pun tentu saja wajib untuk Anda cicipi ketika sedang berwisata di kota ini. Karena bernama nasi goreng arang, pastinya makanan satu ini pun dimasak dengan menggunakan bara arang. Selain itu, nasi goreng ini pun digoreng dengan berbagai macam rempah sehingga akan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

5. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang

Image Credit by Idntimes.com

Anda sedang mencari sarapan di Kediri? Tak perlu khawatir pasalnya Anda bisa mencoba pecel tumpang yang merupakan salah satu makanan khas yang ada di Kediri. Bagi Anda yang ingin mencoba jenis pecel satu ini, maka Anda pun bisa mengunjungi salah satu pecel tumpang yang terkenal dengan kelezatannya. untuk mencicipinya, Anda pun bisa mengunjungi Pecel Tumpang Bu Sholeh yang berada di Satsiun Besar Kediri yang tentu saja akan membuat Anda ketagihan.

6. Sate Emprit

Sate Emprit

Image Credit by Gotravelly.com

Ingin mencoba kuliner yang khas di Kota Kediri? Untuk itu, Anda pun wajib mencoba sate emprit yang mungkin hanya akan Anda temukan di kota ini. Dinamakan sate emprit, karena bahan dasar utama untuk membuat sate ini adalah burung emprit. Terkstur dari kuliner satu ini adalah mempunyai ciri khas yakni gurih dan empuk, serta aromanya yang sangat kuat. Untuk itu, jika Anda berkunjung ke Kediri jangan sampai Anda melewatkan kuliner satu ini.

7. Soto Kediri

Soto Kediri

Image Credit by Wikipedia.org

Setiap daerah pastinya akan memiliki soto yang beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Untuk itu, Anda pun bisa mencoba soto satu ini ketika berwisata ke kota Kediri. Pembeda dari Soto Kediri dengan yang lainnya adalah cita rasa gurih yang dimilikinya karena menggunakan kuah santan. Untuk mencicipinya Anda pun bisa menemukan soto ini di sekitar Terminal Tanaman yang berada di Mojoroto, Kediri.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Surabaya Paling Enak & Murah

8. Sate Bekicot

Sate Bekicot

Image Credit by Masakandapurku.com

Makanan dengan bahan dasar bekicot ini nampaknya sangat populer di kota Kediri. Hal ini terlihat dari adanya keripik bekicot yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh dan juga sate bekicot yang bisa Anda coba ketika berada di Kediri. Sate yang berbahan dasar bekicot ini pun dapat Anda temukan di Desa Djengkol yang berjarak sekitar 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Di daerah ini pun juga menyediakan olahan bekicot yang lain seperti krengsengan bekicot dan juga oseng-oseng bekicot.

9. Carang Mas

Carang Mas

Image Credit by Putratravel.net

Untuk mencari makanan tradisional dari kota Kediri, maka Anda pun dapat membeli carang mas. Makanan satu ini pun merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar. Camilan satu ini pun juga mempunyai cita rasa yang manis dan memiliki harga yang murah sehingga cocok juga untuk Anda jadikan oleh-oleh bagi kerabat dan keluarga yag berada di rumah.

10. Tahu Takwa

Tahu Takwa

Image Credit by Travelingyuk.com

Tahu Takwa ini memang dikenal sebagai salah satu makanan khas kota Kediri yang layak untuk Anda coba. Tahu ini pun juga kerap kali dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan untuk dibawa pulang. Tahu Takwa juga memiliki rasa yang gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk ataupun sekedar cemilan biasa. Uniknya lagi, ketika Anda menggorengnya maka tahu ini pun akan memiliki bagian kulit luar yang crispy dan enak.

11. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Image Credit by Bukalapak.com (AW Oleh Oleh Kediri)

Siapa sih yang tidak menyukai pisang? Buah satu ini pun kerap kali diminati oleh sebagian orang karena memiliki rasa yang lezat dan manis. Selain buahnya, olahan yang terbuat dari pisang pun juga banyak diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah gethuk pisang. Makanan ini pun dapat Anda temukan ketika berada di kota Kediri.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dengan memiliki bentuk yang mirip lontong ini, tekstur gethuk pisang ini sedikit lebih padat dan keras. Cita rasa dari kuliner satu ini pun terbilang cukup manis sehingga pastinya akan diminati oleh banyak orang. Untuk itu, banyak sekali wisatawan yang menjadikan gethuk pisang sebagai oleh-oleh yang sering dibawa pulang ketika sedang berkunjung ke kota Kediri.

12. Tahu Poo

Tahu Poo

Image Credit by Travelingyuk.com

Mencari makanan khas kota Kediri, tentu saja pilihan Anda akan jatuh ke dalam makanan satu ini. Tahu Poo sendiri mempunyai tekstur yang berbeda dengan tahu Takwa yang juga menjadi ciri khas kota Kediri. Ketika Anda menggoreng Tahu Poo ini, Anda pun nantinya akan mendapati bagian tengahnya menjadi mengembang dan kosong. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner satu ini, maka Anda pun bisa pergi ke Jalan Yos Sudarso, Kediri. Disini Anda pun akan menemukan Tahu Poo dan juga oleh-oleh khas lain.

Untuk itu, ketika Anda sedang berkunjung ke kota Kediri sebaiknya Anda mencoba berbagai makanan dan minuman yang menjadi ciri khas di kota tersebut. Dengan mencoba berbagai macam makanan tersebut akan membuat Anda semakin mengetahui jenis makanan daerah yang terkenal lezat dan juga enak. Anda pun nantinya juga bisa kembali lagi untuk mencicipi makanan yang terkenal dengan kelezatannya ini.