24 Minuman & Makanan Khas Magelang yang Wajib Anda Coba

24 Minuman & Makanan Khas Magelang yang Wajib Anda Coba

Kini wisata kuliner bisa menjadi salah satu alternatif jika bosan dalam mengunjungi tempat wisata. Magelang tak hanya menyediakan berbagai tempat liburan yang menyenangkan, namun juga akan memberikan pengalaman kulineran yang mengenyangkan dan menggoyang lidah Anda. Kuliner khas dari Magelang dijamin tak akan mengecewakan Anda. Berikut ulasan mengenai makanan dan minuman yang bisa di temui di Kota Magelang.

1. Nasi Goreng Magelangan

Nasi Goreng Magelangan

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Nasi goreng menjadi makanan yang paling banyak di temui di Indonesia. Di Magelang Anda akan menikmati menyantap nasi goreng yang berbeda. Nasi Goreng Magelangan atau akrab dikenal Magelangan merupakan nasi goreng yang disajikan dengan mie basah. Lengkap dengan balungan atau potongan ayam.

2. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Image Credit by Pegipegi.com

Ketupat tahu Magelang menggunakan bumbu dan juga bahan berbeda dari kupat tahu yang berasal dari daerah lain. Kupat tahu dari Magelang berisi bakwan, mie,irisan kol, dan juga tahu putih. Setelah itu semua bahan akan disiram menggunakan saus kacang yang gurih. Tak jarang Anda juga akan menemukan kupat tahu dengan tambahan timun dan kerupuk di atasnya.

3. Wedang Kacang

Wedang Kacang

Image Credit by Putratravel.net

Minuman khas dari Magelang ini juga tak boleh Anda lewatkan ketika singgah di kota Magelang. Wedang Kacang disajikan dengan kuah jahe dengan isian ketan dan juga kacang. Salah satu Wedang Kacang andalan dijual di daerah Jalan Panjang, dimana warung ini juga menyediakan minuman seperti ronde dan sate pisang dengan nama Wedang Kacang Kebon.

4. Sego Godog

Sego Godog

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Kuliner satu ini patut Anda coba selain Mie Godog yang lebih dulu terkenal. Dalam penyajiannya Sego Godog hampir sama dengan Mie Godog hanya saja ditambahkan dengan nasi yang kemudian disiram dengan kuah yang kental. Salah satu penjual yang terkenal adalah Warung Makan Pak Yanto yang letaknya di dekat Armada Town Square.

5. Mangut Iwak Beong

Mangut Iwak Beong

Image Credit by Travelingyuk.com

Ikan beong merupakan jenis ikan yang masih sekeluarga dengan patin dan lele. Namun ikan ini termasuk ikan yang susah untuk dikembangbiakkan. Sehingga untuk memenuhi pasar hanya mengandalkan tangkapan dari sungai sungai di Magelang. Mangut iwak beong biasanya disajikan dengan kuah pedas yang akan membuat liur Anda menetes.

6. Buntil Daun Talas

Buntil Daun Talas

Image Credit by Resepasia.com

Kuliner satu ini tak boleh dilewatkan dalam makanan khas kota Magelang. Makanan tradisional ini berbahan utama daun talas. Untuk isian sendiri terdiri dari parutan kelapa dan juga udang asin serta petai. Buntil Daun talas sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi ditambahkan dengan ikan pindang atau lalapan sebagai pendamping lainnya.

7. Depot Es Semanggi

Depot Es Semanggi

Image Credit by Piknikdigital.blogspot.com

Depot es satu ini harus Anda sambangi karena aneka es bisa Anda temui disini. Menariknya lagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai dari Rp. 2 ribu hingga Rp. 7 ribuan. Lokasinya berada di Parkir Basement  Matahari Department Store yang dekat dengan Alun Alun Magelang. Jangan heran jika Anda akan menemukan antrian panjang di depot es ini.

8. Konro Bakar Bumbu Kacang

Konro Bakar Bumbu Kacang

Image Credit by Putratravel.net

Konro merupakan makanan khas Makassar, namun di Magelang Anda akan menemukan olahan Konro yang berbeda. Makanan satu ini bahkan banyak diburu oleh pelancong yang datang ke Magelang. Konro khas kota Magelang disajikan dengan bumbu kacang di tasnya. Jika sedang ke Magelang tak ada salahnya mencoba makanan satu ini.

9. Mie Godog

Mie Godog

Image Credit by Masakandapurku.com

Mie Godog menjadi makanan dari Magelang yang tersohor bahkan bisa Anda temui di berbagai tempat. Namun mencicipi mie Godog dengan taburan bawang dan sayuran di Magelang tentunya lebih nikmat. Untuk menemukan makanan satu ini bahkan tidak susah. Beberapa warung baik di kaki lima atau retaurant menyediakan menu mie Godog atau mie rebus yang memiliki rasa lezat satu ini.

10. Sego Megono

Sego Megono

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Kuliner satu ini banyak ditemui ketika hari raya telah tiba seperti Idul Fitri atau ketika Idul Adha. Sego Megono merupakan nasi yang diberi campuran kelapa parut dengan bumbu khusus. Sangat nikmat disantap langsung dengan alas daun pisang atau yang lebih dikenal dengan di tum. Makanan ini bisa Anda temukan di desa desa yang suasana kekeluargaannya masih kental.

11. Opor Entok

Opor Entok

Image Credit by Cookpad.com

Kuliner lain yang tak kalah menggoda adalah Opor Entok. Makanan berkuah dengan bahan daging bebek entok ini juga sangat populer di Magelang. Makanan satu ini banyak ditemui di desa Menowo yang masih masuk kawasan Magelang. Dan tempat makanan yang paling direkomdasikan adalah Opor Entok Johar Sari ala Bu Cipto. Menikmati nasi hangat dengan Opor Entok pastinya akan menjadi pengalaman yang berkesan.

12. Soto Kluwih

Soto Kluwih

Image Credit by Travelingyuk.com

Kluwih adalah pohon yang memiliki daun lebat dengan buah yang mirip sukun atau nangka. Kluwih juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di Magelang kluwih di olah menjadi soto kluwih yang menggoda. Anda bisa menemui di Warung Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H. Djoyo untuk merasakan sendiri bagaimana rasa dari soto kluwih satu ini.

13. Es Pleret

Es Pleret

Image Credit by Travelingyuk.com

Es Pleret berbahan dasar tepung beras yang diberi siraman kuah santan. Rasanya yang segar sangat cocok dikonsumsi ketika sedang terik teriknya. Rasanya yang gurih dan manis membuat minuman ini banyak digemari oleh masyarakat maupun pelancong. Anda bisa menemukan es ini di Jl. Sriwijaya, Kampung Bogeman, Magelang Tengah. Warung ini juga sudah berdiri sejak tahun 1999 hingga kini.

14. Es Krim Mahkota

Es Krim Mahkota

Image Credit by Travelingyuk.com

Toko yang menyediakan es krim legendaris atau ini wajib Anda coba. Toko roti Mahkota memiliki desain vintage yang akan membuat menikmati es krim semakin nikmat. Es krim di tempat ini memiliki rasanya yang khas dan dijamin akan membuat Anda ketagihan. Untuk lokasinya berdekatan dengan Gudeg Poncol.

15. Tongseng Kepala Kambing

Tongseng Kepala Kambing

Image Credit by Pesona.travel

Tongseng sendiri memang bisa Anda temui di berbagai daerah di Indonesia. Yang membuat tongseng di Magelang berbeda adalah bahan utamanya yang menggunakan kepala kambing. Tongseng kepala Kambing di Magelang cukup terkenal dan banyak diburu. Silahkan datang ke Tongseng Kepala Kambing di Desa Keji, Muntilan untuk menikmati sajian satu ini.

16. Nasi Lesah

Nasi Lesah

Image Credit by Tribunnews.com

Nasi Lesah merupakan makanan tradisional yang mirip dengan soto. Yang membedakannya terletak pada penyajiannya yang menggunakan piring. Kuahnya dicampurkan dengan santan kelapa yang membuatnya memiliki rasa yang gurih. Paduan rempahnya yang pas juga membuat makanan ini sangat nikmat untuk Anda jajal.

17. Sup Senerek

Sup Senerek

Image Credit by Travelingyuk.com

Semangkuk sop senerek akan membuat perjalanan Anda di Kota Magelang semakin lengkap. Suo Senerek berisi daging ayam dengan irisan wortel yang membuatnya beda adalah tambahan kacang merah dan bayam. Sup Senerek juga dikenal dengan sup kacang merah. Menyantapnya dengan nasi hangat akan sangat nikmat, ada pula yang menjadikan peveh wuih sebagai pendamping.

18. Es Murni

Es Murni

Image Credit by Ksmtour.com

Es Murni juga merupakan kedai es legendaris di Kota Magelang. Sudah ada sejak tahun 1962 membuat tempat ini memiliki cita rasa yang tak akan bisa dilupakan. Berbagai olahan es dan juga makanan bisa Anda temukan di kedai es murni yang berada di Jl. Sriwijaya ini. Penasaran untuk menikmati kesegaran es murni? Bersama keluarga atau teman tentunya akan lebih berkesan.

19. Bakso Kerikil

Bakso Kerikil

Image Credit by Tribunnews.com

Makanan khas dari Magelang yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bakso kerikil. Baksonya yang kecil mirip kerikil ini juga dipadukan dengan mie serta isian pada bakso yang lainnya. Ingin menikmati makanan ini Anda bisa mengunjungi Taman Badakan. Sepanjang trotoar Anda akan menemukan penjual basko kerikil yang berjajar. Menikmati bakso kerikil bersama dengan keluarga atau pasangan pastinya akan membuat Anda puas.

20. Wajik Salaman

Wajik Salaman

Image Credit by Facebook.com (Wajik Salaman)

Wajik merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar ketan dan gula manis. Cita rasanya yang manis dan gurih membuat makanan ini banyak diburu. Memiliki tekstur yang lembut dan sedikit lengket di tangan. Wajik di Magelang yang tersohor adalah wajik Salaman yang ada di Jl. Raya Salanan No. 110 Magelang. Wajik ini juga bisa Anda jadikan oleh oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah.

21. Mangut Lele

Mangut Lele

Image Credit by Okezone.com

Mangut lele memiliki rasa yang pedas, manis dan juga gurih dengan kuah kuning kemerahan. Bumbu bumbu khusus diracik untuk membuat kudapan satu ini menjadi nikmat. Anda bisa menuju daerah Tangkilan, Pabelan untuk menikmati mangut Lele dari Warung Makan Purnama. Satu porsi mangut lele dengan satu piring satu hangat pastinya akan membuat lidah Anda terpuaskan dengan perut kenyang yang membuat senang.

22. Angkringan

Angkringan

Image Credit by Magelangonline.com

Angkringan yang terkenal menjual nasi kucing dengan berbagai lauk baik gorengan maupun yang ditusuk. Di Magelang Anda bisa menemukan penjual angkringan di berbagai sudut kota sampai di gang gang kecil. Untuk minumannya juga beragam mulai dari es teh hingga susu jahe yang akan menemani makan dan nongkrong Anda. Apalagi ketika malam minggu Anda bisa menemui jika angkringan selalu ramai dan penuh dengan muda mudi.

23. Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal Bu Haryoko

Image Credit by Garnesia.com

Sop empal menjadi kuliner yang tak kalah terkenal dan layak untuk Anda coba. Sop empal Bu Haryoko adalah penjual sup empal yang selalu ramai pengunjung. Pengunjungnya bahkan lebih banyak yang berasal dari luar kota. Rasa sop empal ini memang sangat sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Sop disajikan lengkap dengan mi bihun, kol dan juga empal empuk dengan kuah yang bening.

24. Gudeg Poncol

Gudeg Poncol

Image Credit by Dimanaja.com

Warung poncol yang berdekatan dengan Rindam IV, Diponegoro, ini menjadi menu andalan yang harus Anda coba. Gudeg Poncol ini  selalu ludes sebelum makan siang, maka Anda harus datang lebih pagi untuk menikmati makanan satu ini. Gudeg poncol dimasak dengan menggunakan anglo yang terbuat dari tanah liat. Proses memasaknya juga lama sekitar 12 jam sehingga bumbunya meresap serta tercampur dengan sempurna.

Berbagai makanan dan minuman di Magelang ini bisa Anda jajal dan menjadi alternatif wisata kuliner di Magelang. Makanan berat hingga jajanan tradisional bisa Anda buru bahkan bisa Anda jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Beberapa makanan juga sudah terkenal bahkan mengundang antrian panjang dengan rasa yang tidak bisa diragukan. Jika Anda sedang ke Magelang tidak ada salahnya untuk menjajal aneka kulineran di kota Magelang ini.