16 Minuman & Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Malang

Menjadi kota terbesa kedua di Jawa Timur, membuat Malang cukup populer bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya saja, Malang juga terkenal dengan wisata kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu bekesempatan untuk mengunjungi Malang, beberapa makanan khas ini sangat wajib untuk dicoba. Yuk simak berbagai minuman dan makanan khas Malang sang Bumi Arema berikut.

1. Bakso Malang

Bakso Malang

Image Credit by Yopiefranz.com

Bakso Malang memang cukup terkenal dengan kuah kaldunya yang pas, dan baksonya yang lembut dan kenyal. Bakso Malang memang akan terasa berbeda, daripada bakso di kota lain. Bakso Malang berbahan utama daging sapi untuk pentolnya, dan kuah kaldu sapi yang gurih. Pelengkap dari Bakso Malang adalah mie kuning atau bihun, tauge, tahu, siomay, goreng, hingga taburan bawang goreng. Jika kamu berkunjung di Malang, jangan lewatkan Bakso Malang.

2. Bakso Bakar

Bakso Bakar

Image Credit by Food.detik.com

Jika sebelumnya sudah mencicipi Bakso Malang original, maka kini saatnya kamu mencoba Bakso Bakar. Hidangan ini adalah tumpukan dari pentol bakso, yang ditusuk dan dibakar dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Bakso Bakar Malang ini, sudah terkenal bahkan hingga mencapai kota luar Malang. Aromanya yang menggoda, membuat perutmu tidak akan sabar untuk segera mencicipinya. Bakso Bakar dihidangkan dengan kuah bakso, dan mie bihun yang lembut.

3. Es Durian Dempo

Es Durian Dempo

Image Credit by Kemasan.net

Malang memang terkenal dengan buah apel yang manis, namun malang pun kini semakin diramaikan dengan olahan hidangan buah Durian. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Malang, ada satu warung legendaris yang menyediakan makanan penutup dengan Durian. Campuran buah Durian segar, dengan susu kental manis, sirup, dan es batu, mampu melegakan dahaga dan menyegarkan siang harimu di Malang.  Harga satu mangkuknya, hanya sekitar Rp 8 ribu rupiah saja.

4. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng

Image Credit by Ksmtour.com

Satu lagi makanan legendaris kota Malang, yang telah ada sejak tahun 1935. Ialah ahu Lontong Lonceng, sebuah olahan bumbu kacang yang gurih menyatu dengan tahu telur yang digoreng secara bersamaan. Ciri lain dari Tahu Lontong Lonceng Malang adalah, dalam satu piring akan disertakan tauge dan kerupuk dalam jumlah yang sangat banyak. Kuliner legendaris ini, sudah pasti wajib untuk kamu coba. Jika kamu berkunjung ke Malang, jangan lewatkan Tahu Lontong ini.

5. Putu Lanang Celakat

Putu Lanang Celakat

Image Credit by Macigo.com

Apakah anda tahu apa itu putu ? jajanan tradisional ini, masih menjadi favorit warga Malang. Putu merupakn olahan tepung beras, yang diisi dengan gula merah dan dikukus hingga matang. Saat ini kamu masih bisa menemui penjual putu keliling, dengan suara penjualnya yang khas. Putu akan disajikan diatas daun pisang, dengan taburan parutan kelapa yang gurih. Parutan kelapa itulah, membuat cita rasa Putu semakin lezat. Ketika digigit, lembutnya gula merah akan lansung lumer di mulut.

6. Es Tawon

Es Tawon

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Apa yang dimaksud dengan es tawon? Es tawon adalah sebuah warung yang menjual es campur dan telah eksis sejak tahun 1955. Keunikan dari tempat es campur ini adalah, banyaknya lebah kecil yang mengelilingi gula campuran es campur. Banyaknya lebah itulah, membuat es campur ini disebut menjadi Es Tawon. Menunggu es kita dihidangkan, sembari dikeliling beberapa tawon tentu menjadi pengelaman menarik dan unik.

7. Orem-Orem

Orem-Orem

Image Credit by Malang.merdeka.com

Memiliki nama yang lucu, Orem-orem adalah makanan khas Malang yang sayang untuk dilewatkan. Hidangan ini adalah campuran dari irisan ketupat dan dagung ayam, yang dimasak dengan kuah santan kental mirip dengan kuah opor. Uniknya Orem-orem lebih sering dimasak di atas bara api arang, untuk menjaga kualitas rasa alami. Tambahkan kecap dan sambal, untuk semakin memunculkan cita rasa yang menggiurkan.

8. Burger Buto

Burger Buto

Image Credit by Ksmtour.com

Malang juga memiliki berbagai olahan tradisional dan internasional, salah satunya adalah Burger Buto. Yang membuat restaurant ini cukup berbeda adalah, bentuk serta ukuran dari burger yang tidak lazim. Burger Buto menawarkan burger dengan ukuran jumbo atau panjang, sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat makan bersama teman-teman. Keunikan dari Burger Buto, membuat tempat makannya tidak pernah sepi pengunjung.

9. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Image Credit by Ngalam.co

Bubur ayam adalah makanan yang sering dipilih warga Malang, untuk mengawali hari mereka. Rasanya yang pekat dengan perpaduan kuah kaldu, dan suwiran ayam dan kacang mampu melengkapi pagi hari kamu. Tekstur bubur ayam Malang ini, sagat lembut dan rasa yang kaya. Jika kamu menginap di kota Malang, tak ada salahnya untuk mencoba Bubur Ayam untuk sarapan pagi harimu. Harga untuk satu bubur ayamnya pun, hanya sekitar 10 ribu rupiah.

10. Tempe Mendol

Tempe Mendol

Image Credit by Masakandapurku.com

Mendol adalah sebuah olehana yang terbuat dari bahan dasar tempe, namun dibentuk sebagai blok atau mendol. Bagi warga Malang, tentu sudah familiar dengan Tempe Mendol. Bahkan Mendol sering kita temui dalam berbagai lauk pauk di Malang, seperti pada pecel hingga lalapan. Tekstur dari Mendol cukup padat, dan memiliki cita rasa yang lebih pekat jika dibandingkan dengan tempe. Mendol juga cocok disantap, dengan nasi hangat dan sayur mayur.

11. Sate Kelinci

Sate Kelinci

Image Credit by Helmavania.wordpress.com

Jika berkunjung ke Malang, umumnya wisatawan juga akan menuju Batu. Jika kamu juga ikut menikmati Batu, tak ada salahnya mencoba Sate Kelinci. Bumbu yang disiramkan pada daging kelinci, merupakan bumbu tradisional yang memiliki sita rasa lezat dan nikmat. Dagingnya empuk seperti ayam, dan mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan kita. Kabarnya, Sate Kelinci bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit asma.

12. Ronde Titoni

Ronde Titoni

Image Credit by Merdeka.com

Malang terkenal dengan suhu udaranya yang masih alami dan dingin, apalagi ketika malam hari. Udara dingin yan gmenggelitik tubuh ketika malam hari, tentu semakin nikmat jika kita menyantap sesuatu yang hangat. Warga Malang sangat merekomendasi Ronde Titoni, hidangan yang terdiri dari air jahe dan dilengkapi dengan isian kolang-kaling. Ronde juga disajikan dengan roti tawar, kacang tanah, dan moci tepung beras.

13. Angsle

Angsle

Image Credit by Fimela.com

Hidangan ini bisa dibilang pasangan dari Ronde, jika kamu melihat warung Ronde pasti didalamnya juga menjual Angsle. Angsle adalah minuman khas Malang, yang berupa wedang hangat. Minuman ini berisi roti tawar, kacang tanah, dan kacang hijau. Pada pagi hari Angsle sangat segar disajikan dengan es, sedangkan pada malam hari Angsle cocok disantap selagi hangat. Rasanyayang manis, membuat Angsle menjadi minuman favorit warga Malang.

14. STMJ

 

Selain Ronde, Malang juga memilii minuman khas yang mampu menghangatkan badan ketika suhu cukup dingin. Ialah STMJ minuman yang memiliki nama singkatan dari campuran susu, telur, madu, dan jahe. Rasanya cukup pekat dan gurih, mampu menghalau hawa dingin pada malam hari. STMJ juga bisa disajikan dingin, untuk menghalau hawa panas. Apalagi minuman satu ini mengandung protein dan vitamin yang lengkap, sehingga bagus untuk kesehatan.

15. Soto Kambing

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Makanan khas Malang ini, mungkin hanya bisa kamu temui di beberapa daerah tertentu Kota Malang saja. Hal ini karena Soto Kambing mulanya hanya disajikan untuk kalangan tertentu, namun kini Soto Kambing bisa disantap untuk seluruh kalangan. Rasa Soto Kambing ini mirip perpaduan soto dan gulai, perpaduan rasa itulah yang mampu mengikat lidah penikmatnya. Soto Kambing akan semakin nikmat, jika disantap dengan nasi hangat.

16. Es Santan Ketan Hitam

Image Credit by Merdeka.com

Makanan legendaris dari Malang ini, merupakan minuman segar selanjutnya yang patut untuk kamu cicipi. Isi dari es ini terdiri dari kuah santan, serta siraman sirup berwarna merah. Ditambah dengan ketan hitam dan dawet merah, dilengkapi dengan roti tawar. Es Santan Ketan Hitam semakin segar ketika disantap pada siang hari. Perpaduan kuah santan dan sirup inilah, yang membuat Es Santan Ketan hitam terasa spesial dan semakin disukai oleh masyarakat.

Kota Malang yang juga terkenal sebagai Kota Pendidikan ini, memang menyimpan begitu banyak objek wisata yang menarik. Namun, wisata kuliner juga menjadi daya tarik kota Malang. Jika kamu ingin mengunjungi Kota Malang, maka jangan lewatkan beberapa makanan dan minuman khas Malang. Kamu pun juga bisa membeli oleh-oleh khas kota ini, agar terus terkenang pengalaman mengunjungi Malang.