15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Pekalongan

Berkunjung ke Pekalongan tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi beragam kuliner yang tersedia. Bukan hanya berburu batik khas Pekalongan saat berkunjung, namun Anda juga bisa berburu beberapa makanan dan minuman khas Pekalongan. Jika Anda memiliki agenda untuk berlibur ke Pekalongan tak ada salahnya Anda mencoba mencicipi kuliner khasnya. Yuk simak makanan dan minuman populer di Pekalongan.

1. Tauto

Tauco

Image Credit by Diahdidi.com

Tauto adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan tauco sebagai bahan penyedap utamnya. Pada umumnya tauco memberikan rasa manis pada makanan. Tauto berisi daging, emping dan juga telur rebus yang disajikan dalam satu mangkuk berkuruan sedang. Biasanya akan ada taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan juga potongan seledri di atas makanan.

Para penjual juga menambahkan mihun, bawang merah dan juga kuah soto sebagai menu hidangan. Agar makanan terasa lebih sedap, akan ada tambahan kuah tauto. Kuah ini berasal ari kedelai yang sudah dimasak dan juga dihaluskan. Sehingga membuat citarasa tauto sangat nikmat untuk disantap.

2. Sego Megono

Sego Megono

Image Credit by Jejakpiknik.com

Kuliner ini adalah salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib Anda coba. Penjual sego megono mudah sekali ditemui di beberapa sudut gang di pinggir jalan besar. Menu makan ini terdiri dari nasi serta dilengkapi dengan sayur nangka muda yang diirid kecil kecil dan diolah menggunakan bumbu khusus. Varian menu lainya adakan bubur loddeh, atau bumbu dengan kuah sayur nangka.

Anda bisa menemukan penjual makanan ini pada malam hari di warung tenda lesehan di pinggir jalan. Pilihan lauk yang ditawarkan untuk menemani makanan ini adalah cumi hitam, ikan pindang goreng, ayam goreng, ikan bakar dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun berkisar dari 15ribu rupiah, tergantung pilihan lauk yang Anda pilih.

3. Nasi Kebuli Pekalongan

Nasi Kebuli Pekalongan

Image Credit by Putratravel.net

Kota Pekalongan juga memiliki nasi ala timur tengah ala kota tersebut. Nasi kebuli Pekalongan adalah sajian kuliner yang hampir mirip dengan nasi kebuli di Timur Tengah. Restauran yang menyediakan menu ini adalah Rumah Makan Puas. Tak hanya nasi kebuli, RM Puas jug amemiliki bergam menu hidangan seperti nasi tomat, sate kambing, gulai kambing, dan juga daging maroko.

BACA JUGA:  10 Minuman & Makanan Khas Salatiga yang Wajib Anda Coba

4. Lontong Lemprak

Lontong Lemprak

Image Credit by Wonderfulldh.blogspot.com

Dinamakan lemprak karena cara menikmati sajian kuliner ini dengan cara lesehan layaknya orang jaman dahulu. Sajian lontong ini menggunakan ayam kampung biasa yang digoreng. Sebenarnya sajian ini adalah sajian kuah opor yang kental dan enak dengan bumbu rempah khas Indonesia. Warung yan terkenal dengan sajian ini adalah Warung depan Masjid Kuaman Pekalongan.

5. Pindang Tetel

Pindang Tetel

Image Credit by Inibaru.id

Makanan khas Pekalongan ini memiliki citarasa yang khas dan juga patut untuk dicoba. Dalam satu piring pindang tetel akan terdapat daging sapi yang beraroma wangi ditambah dengan irisan daun bawang. Pindang tetel dimasak dengan bumbu khas dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah khas Indonesia lainya. Daerah yang terkenal dengan masakan pindang tetel ini adalah Desa Ambokembang Pekalongan.

6. Minuman Kopi Tahlil

Minuman Kopi Tahlil

Image Credit by Ksmtour.com

Kopi tahlil adalah salah satu hidangan kopi yang dibat dengan seduhan rempah seperti jahe, kapulaga, cengkes, kayu manis, pandan, serai, dan juga pala. Begitu Anda meminum kopi ini akan terasa menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin. Anda bisa menemukan beragam seduhan minuman kopi tahlil di beberapa penjual kopi yang ada di warung lesehan pinggir jalan.

7. Srintil

Srintil

Image Credit by Twitter.com @TriazArditya

Jajanan khas Pekalongan yang wajib Anda coba adalah Srintil. Camilan yang hampir miril dengan ongol ongol ini memiliki tekstur yang kenyal, gurih serta manis. Hal ini karena terdapat campuran gula merah dalam makanan satu ini. Jajanan ini bisa Anda jumpai di beberapa pasar tradisional di Pekalongan atau di pinggir jalan.

Perbedaan srintil dengan ongol ongol terletak pada bentuknya. Jajanan srintil lebih cenderung memiliki bintik bintik yang disebabkan oleh tepung yang merupakan bumbu dasar pembuatan makanan satu ini. Selain itu, makanan ini juga memiliki wangi khas andan yang semerbak sehingga akan menambah selera makan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Kripik Tahu

Kripik Tahu

Image Credit by Tokopedia.com

Makanan khas Pekalongan ini sayang sekali untuk dilewatkan. Jajajan ini merupakan salah satu jajanan favorit ang terbuat dari bahan dasar tahu yang telah dibumbui. Kripik tahu ini menggunakan beberapa bumbu khusus yang tidak digunakan di beberapa menu kripik pada umumnya. Setelah dibumbui, tahu akan digoreng kering sehingga memiliki tekstur yang renyah saat digigit.

9. Kluban

Kluban

Image Credit by Pegipegi.com

Kluban adalah salah satu jenis makanan khas Pekalongan yang mirip dengan urap. Makanan vegetarian ini memiliki beragam sayur yang dicampur  menjadi satu dalam satu wadah piring. Ada beberapa sayur yang biasa digunakan seperti kol, kacang panjang, sayur bayam, tauge, dan juga kangkung. Semua sayur tersebut kemudian dikukus hingga empuk dan dibumbui menggunakan kelapa parut yang pedas.

10. Sate Hayam Wuruk

Sate Hayam Wuruk

Image Credit by Putratravel.net

Anda bisa menjumpai makanan ini di beberapa penjual sate yang ada di Hayam Wuruk. Asal muasal nama hayam wuruk sendiri karena tempat jualan sate ini adalah jalan hayam wuruk yang ada di Pekalongan. Makanan khas Pekalongan ini memiiki siklus penjualan sate yang berbeda. Beberapa penjual akan berjualan sejak pagi hingga malam.

11. Limun Oriental

Limun Oriental

Image Credit by Winnymarlina.com

Bosan dengan makanan, Anda bisa mecicipi minuman khas dari Pekalongan. Limun oriental adalah salah satu minuman yang akan sering dijumpai saat hari raya besar di Pekalongan. Minuman ini sudah sangat legendari di masyarakat Pekalongan. Limun oriental adalah minuman yang terbuat dari racikan asam sitrat, air, sari buah, gula aseli dan karbondioksida untuk membuat limun.

12. Iwel Iwel

Iwel Iwel

Image Credit by Travelingyuk.com

Iwel iwel adalah salah satu jajanan khas Pekalongan yang wajib Anda cicipi. Hal ini karena iwel iwel memiliki bentuk seperti limas yang terbungkus rapi dalam daun pisang. Jajanan kue basah ini menggunakan bahan dasar berasa ketan, dan menggunakan seundeng sebagai isian. Anda bisa membeli jajajanan ini sebagai oleh oleh untuk keluarga dirumah atau camilan saat bersantai.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Solo Paling Enak & Murah

13. Apem Kesesi

Apem Kesesi

Image Credit by Inibaru.id

Apem kesesi adalah salah satu jenins makanan primadon ayang masih eksis di daerah Pekalongan. Apem kesei adalah salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula aren, yang kemudian berbentuk bundar pipih. Makanan ini memiliki warna coklat dan bisanya dilapisi daun pisang.

Tekstur apem kesesi terasa kenyal, dan rasanya manis serta legit. Anda bisa menjumpai makanan ini disekitar pasar tradisional atau toko pusat oleh oleh. Harga apem ini pun terbilang murah dan terjangkau di kantong karena memiliki bahan yang mudah. Masyarakat Pekalongan juga menyebut apem kesesi dengan nama comal. Sajian apem akan terasa nikmat jika disantap bersama dengan minuman hangat.

14. Ongol Ongol

Ongol Ongol

Image Credit by Cintapekalongan.com

Kue khas dari Pekalongan ini memiliki citarasa yang manis, gurih dan mengenyangkan. Makanan khas Pekalongan ini terbuat dari beberapa campuran tepung sagu atau pati dan gula jawa. Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa Anda buat dirumah. Anda harus menyiapkan gula merah, tepung tapioka atau tepung kanji beserta daun pandan.

Cara memasaknya adalah mencampurkan parutan kelapa dengan garam, setelah itu tambahkan daun pandan dalam adonan. Kukus adonan selama kurang lebih 10 menit kemudian sisihkan. Sambil menunggu dingin, Anda bisa merebus gula merah hingga larut. Campurkan adonan tepung tapioka dengan gula merah dan kukus hingga matang. Bagaimana cukup mudah bukan?

15. Gemblong

Gemblong

Image Credit by Garvingoei.com

Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional yang sering dijumpai di pasaran. Makanan khas Pekalongan ini terbuat dari beras ketan putih yang sudah dicampur hingga berbentuk bulat seperti bola. Adonan yang sudah dibentuk bulat kemudian digoreng dan dilapisi larutan gula aren saat sudah dingin. Jajanan pasar ini akan sering dijumapai saat malam hari. Makanan yang berbahan jetan ini memiliki rasa yang gurih dan juga manis.

Beberapa makanan dan minuman khas Pekalongan tersebut bisa Anda coba cicipi saat berkunjung ke Kota yang terkenal Batiknya. Tak hanya batik yang terkenal di Pekalongan, wisata kuliner di kota ini juga tak kalah seru. Anda bisa mengagendakan untuk mencicipi beberapa deretan makanan dan minuman yang ada di Pekalongan yang sangat khas dan unik tersebut.