10 Minuman & Makanan Khas Salatiga yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Salatiga

Minuman Makanan Khas Salatiga

Seringkali dilewati oleh para wisatawan sebelum menuju tempat utama, membuat Salatiga menjadi tempat terbaik untuk disinggahi. Selagi merefleksikan tubuh yang kaku selama perjalanan, Anda bisa melihat aneka tempat makan yang menyediakan berbagai kuliner lezat yang menggoda selera. Jika memungkinkan, silahkan memilih aneka kuliner khas tersebut, untuk dicicipi sebelum melanjutkan perjalanan. Berikut beberapa daftar makanan dan minuman khas dari Salatiga.

1. Opor Bebek Mak Yah

Opor Bebek Mak Yah

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Kelezatan dari daging bebek, membuatnya diolah menjadi berbagai kuliner lezat khas nusantara. Bagi pecinta bebek, dianjurkan untuk tidak melewatkan kelezatan opor bebek Mak Yah, ketika singgah di kota Salatiga. Cukup mudah ditemui, Anda bisa menemukannya di Jalan Muncul Raya yang sedari dulu dikenal sebagai surganya berburu kuliner khas Salatiga. Segera kunjungi jalan tersebut, apabila penasaran dengan kelezatan yang ditawarkannya.

Masih dimasak secara tradisional menggunakan tungku, membuat cita rasa yang dihasilkannya berbeda daripada kuliner lainnya. Dengan kelezatannya tersebut, tidak heran bila masyarakat menjadikannya sebagai kuliner primadona yang tak tergantikan. Ditambahkan dengan aneka rempah yang diolah sedemikian rupa, tidak salah menjadikannya sebagai rekomendasi kuliner terbaik.

2. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh

Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Cukup populer dicari oleh para pelancong, Sate Sapi Suruh tidak pernah sepi pengunjung. Sudah ada sejak tahun 1987 silam, menjadikannya sebagai kuliner yang legendaris yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Jika pada umumnya masyarakat menemukan sate dari olahan daging ayam maupun daging sapi, namun kuliner satu ini disajikan dari olahan daging sapi. Dibandrol dengan harga ekonomis, 10 tusuknya saja hanya dikenai biaya sekitar Rp. 30 ribu.

Pengunjungnya dibuat semakin puas, dengan potongan dagingnya yang cukup besar. Ukuran tersebut terasa semakin sempurna, dengan rasanya yang membuat siapapun merasa ketagihan. Tidak perlu khawatir akan potongan dagingnya yang besar, lantaran tekstur satu sangatlah empuk nan lembut ketika digigit. Dengan begitu Anda tidak akan kesusahan, untuk menghayati setiap rasa yang dihadirkannya.

3. Gecok Kambing

Gecok Kambing

Image Credit by Food.detik.com

Selain olahan dari daging sapi, olahan dari daging kambing juga tidak kalah populer disenangi masyarakat tanah air. Dari sekian jenis olahan daging kambing, Gecok Kambing dari Salatiga nampaknya tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi. jika dilihat sekilas, tampilan kuliner satu ini memang serupa seperti tongseng. Hanya saja mereka menggunakan daging kambing, sebagai bahan utama sajiannya.

Rasa daging kambingnya yang terkenal lezat, akan dicampurkan dengan kuah santan yang telah ditambahkan aneka bumbu rempah beserta kelapa sangrai. Tentu saja bumbu yang digunakan merupakan bumbu rahasia, hingga bisa menghasilkan rasa yang luar biasa menggoyang lidah. Banyaknya aneka bumbu yang digunakan, membuatnya tidak mengeluarkan aroma prengus layaknya daging kambing biasanya.

4. Soto Esto

Soto Esto

Image Credit by Anggundiary.blogspot.com

Cuaca dingin di Salatiga, membat masyarakat mencari kehangatan dari berbagai kuliner yang ada. Soto Esto, menjadi salah satu kuliner yang mampu memberikan kehangatan tersebut, sekaligus memuaskan perut yang keroncongan. Yang membuat kuliner ini semakin istimewa, lantaran adanya kuah kaldu bening berwarna kekuningan dicampur bersamaan dengan santan.

Semakin menggiurkan untuk dicoba, kuliner ini akan disiramkan langsung d atas nasi hangat yang telah ditaburi dengan beberapa toping pilihan. Dimana toping tersebut terdiri dari kecambah, mi beras, kerupuk karak, serta beberapa irisan daging ayam. Sajian kuliner ini paling mantap disajikan di pagi hari, sebagai sarapan bergizi. Untuk menambahkan cita rasanya, para penjual akan menambahkannya dengan lauk lain seperti sate telur puyuh ataupun  sate kerang.

5. Pecel Keong Mbak Toen

Pecel Keong Mbak Toen

Image Credit by Ksmtour.com

Tidak seperti pada umumnya pecel yang ditemukan di daerah lain, pecel dari Salatiga miliki keunikan tersendiri yang membuatnya masuk dalam daftar kuliner lezat. Yang membedakannya dengan pecel lainnya, yaitu pecel khas Salatiga menggunakan daging keong. Dalam penyajiannya, keong akan dipisahkan terlebih dahulu dari cangkangnya. Barulah kemudian daging keong tersebut akan dioseng bersama dengan aneka bumbu.

Aneka bumbu yang digunakan meliputi cabe, kemiri, kecap, kunyit, serta jahe yang dioseng dengan sempurna. Tidak perlu khawatir, lantaran daging keong akan terasa lembut nan kenyal daripada daging kerang yang mungkin Anda coba. Menggunakan keong sawah, membuat kuliner satu ini kaya akan gizi yang baik bagi tubuh. Sehingga selain mendapatkan kepuasan dari rasanya, Anda akan mendapatkan segudang manfaat di dalamnya.

6. Gudeg Koyor

Gudeg Koyor

Image Credit by Kabarkuliner.com

Ketika melewati kota Salatiga, mungkin Anda akan menemui beberapa tempat makan yang menyediakan kuliner bernama Gudeg Koyor. Sebagai kuliner khas daerah tersebut, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Teksturnya akan disajikan lebih padat, namun tidak terlalu berlemak. Dimana otot sapinya akn dimasak gulai, yang ditambahkan dengan santan pekat berwarna kekuningan.

7. Bakmi Jowo Semeru

Bakmi Jowo Semeru

Image Credit by Satujam.com

Tidak hanya terkenal dengan olahan dagingnya, Salatiga juga memilki kuliner lainnya yang dibuat dengan bahan dasar mi. Disana Anda akan menemukan kuliner bernama Bakmi Jowo Semeru, dengan ciri khasnya yang menggunakan mi sebagai sajiannya. Teksturnya yang kenyal dan berbentuk melebar, membuat siapapun yang menyantapnya merasa puas. Ditambah dengan rasanya yang lezat, lantaran masih dibuat menggunakan tungku beserta kayu bakar.

Justu memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional, mampu menghadirkan rasa khas yang akan terus dikenang. Ditambahkan dengan aneka bumbu rempah yang cukup lengkap, menjadikannya banyak diburu oleh para pelancong yang datang ke Salatiga. Dari sekian penjual kuliner tersebut, beberapa warung yang ada di Jalan Semeru Sidomukti bisa menjadi pilihan terbaik. Kelezatan yang ditawarkannya, membuat warungnya tidak pernah sepi pengunjung.

8. Nasi Rames Empal Kartoali

Nasi Rames Empal Kartoali

Image Credit by Putratravel.net

Masuk menjadi warung legend yang ada di kabupaten Salatiga, sajian kulinernya begitu lezat nan menggoyang lidah. Bahkan dari data yang didapatkan, kuliner ini telah ada sejak tahun 1960 an silam. Berbeda dengan nasi rames yang biasa ditemukan, nasi rames khas Salatiga miliki ciri khas tersendiri. Dimana keunikan tersebut ada pada empal dan isonya yang digoreng hingga kering, sehingga terasa sangat renyah nan nikmat.

9. Ronde Sekoteng Jago

Ronde Sekoteng Jago

Image Credit by Travelingyuk.com

Letaknya yang berada di cekungan kaki gunung Merbabu, membuat suhu udaranya terasa sejuk nan menyegarkan. Akan terasa semakin dingin, menjelang malam menghampiri kota tersebut. Untuk menghangatkan badan dengan sempurna, tidak ada salahnya mencicipi si Ronde Sekoteng satu ini. Meski dikatakan sebagai sajian kuliner tempo dulu, namun kelezatannya membuatnya tetap populer dari generasi ke generasi.

Ronde terdiri dari beberapa bulatan dengan warna berbeda, membuat tampilannya tampak menggemaskan. Didalamnya berisikan dengan gula merah, kacang tanah, dan kolang kaling yang disiramkan dengan kuah air jahe hangat. Sedangkan Sekotengnya sendiri terdiri dari kacang tanah, kacang hijau, dan beberapa irisan roti tawar yang disiramkan dengan kuah air jahe hangat. Sejak saat pertama kali mencicipinya, dijamin Anda akan merasa ketagihan mencobanya kembali.

10. Kopi Babah Kacamata

Kopi Babah Kacamata

Image Credit by Tokopedia.com (Makanan Salatiga)

Mampu menghasilkan biji kopi terbaik, masyarakat pun memanfaatkannya menjadi sajian kuliner dengan rasa tiada dua. Bagi pecinta kopi yang sedang singgah di Salatiga, nampaknya ini tidak boleh menyia nyiakan kesempatan tersebut. Terbuat dari biji kopi asli yang telah diolah dengan cara tradisional, mampu menghasilkan cita rasa khas yang berbeda. Disajikan dengan packaging yang mudah dibawa kemana mana, Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan terbaik.

Selagi singgah di kota Salatiga,  tidak ada ruginya untuk mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut. Berbagai kuliner khas pun ditawarkan, untuk memuaskan perut yang sedaritadi berbunyi karena merasa lapar. Tidak perlu khawatir akan harganya, lantaran setiap porsinya dibandrol dengan harga yang bersahabat. Kelezatan setiap masakannya, membuat pengunjung tidak kapok untuk datang kembali.