26 Minuman & Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Minuman & Makanan Khas Semarang

Sebagai salah satu kota besar setelah Jogja, Semarang menjadi destinasi yang banyak diminati. Objek wisata sejarah hingga hiburan tersedia di kota yang terkenal dengan Lawang Sewu ini. Mengunjungi Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi minuman & makanan Khas Semarang. Pasalnya selain beragam, rasanya juga sangat lezat. Untuk jadi referensi anda bisa menyimak ulasan berikut perihal makanan dan minuman di Semarang berikut.

1. Garang Asem

Garang Asem

Image Credit by Farrashasna.blogspot.com

Olahan tradisional khas Kota Semarang ini memiliki rasa yang segar dan gurih disaat bersamaan. Garang Asem adalah olahan ayam yang berkuah santan dengan bumbu cabai dan blimbing wuluh. Dibungkus mengunakan daun pisang membuatnya semakin lezat dan segar. Garang Asem sangat pas jika disajikan dengan nasi hangat dan juga tempe hangat. Salah satu tempat makan yang sediakan Garang Asem yang nikmat ada di jl. Gajah Mada.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Image Credit by Pegipegi.com

Makanan ini salah satu makanan yang cukup populer sebagai makanan khas Semarang. Tahu Gimbal sendiri merupakan tahu goreng yang dipadukan dengan irisan kol, tempe dan gimbal kemudian disiram dengan sambal kucing. Harga makanan satu ini cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu dan bisa anda temukan di Simpang Lima Semarang.

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto

Image Credit by Seputarsemarang.com

Bandeng Presto menjadi salah satu makanan dari Semarang yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Karena cita rasanya yang khas akan membuat lidah dan perut anda puas. Sebenarnya Ikan Bandeng ini temukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Pati. Namun kini menjadi ikon besar dari kota terbesar ke lima di Jawa Tengah ini. Bandeng Presto ini juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh juga lho.

4. Es Conglik

Es Conglik

Image Credit by Ksmtour.com

Minuman khas Semarang yang harus anda cicipi ketika singgah ke Semarang. Es Conglik merupakan es puter yang sama dengan yang biasanya anda temui. Hanya saja Es Conglik ini dibuat dengan resep khusus dan dibuat secara manual. Uniknya Es Conglik ini memiliki 4 varian rasa yang bisa anda jadikan pilihan yakni kelapa, alpukat, durian dan coklat.

5. Wedang Kacang

Wedang Kacang

Image Credit by Metrosemarang.com

Semarang miliki minuman yang mirip dengan wedang tahu, hanya saja berbahan kacang sehingga disebut sebagai wedang kacang. Bahan utama minuman ini adalah kacang hijau dan kacang tanah dengan rempah rempah khsusus yang sangat nikmat. Biasanya minuman ini disajikan dalam keadaan hangat dan dalam sebuah mangkok kecil. Berniat menikmatinya ketika ke Semarang?

6. Lumpia

Lumpia

Image Credit by Kompas.com

Jajanan satu ini menjadi jajan yang sangat populer ketika sedang pergi ke Semarang. Bahkan membuat Semarang dikenal sebagai kota Lumpia. Untuk mendapatkan jajanan yang berisi sayuran ini tidaklah susah untuk didapatkan. Untuk menambah rasa anda bisa menambahkan cabe atau acar asam. Lumpia yang terkenal di Semarang berada di Jl. Kedungmundu Raya No. 16 Semarang.

7. Gandos

Gandos

Image Credit by Sahabatnesia.com

Makanan satu ini memang kurang familiar di kalangan wisatawan, namun tidak ada salahnya untuk anda mencoba camilan yang bercita rasa gurih. Camilan ini memang cukup sulit untuk ditemukan karena pembuatnya cukup jarang. Di berbagai daerah makanan ini disebut dengan berbagai nama yang berbeda. Makanan ini biasanya dijual secara keliling.

8. Pisang Plenet

Pisang Plenet

Image Credit by Tempo.co

Selain Gandos makanan satu ini juga sudah jarang ditemukan. Pisang Plenet memiliki rasa yang unik, minuman & makanan khas Semarang ini dibuat dari pisang kepok. Cara pembuatannya juga terbilang unik yakni dengan membakar di atas arang kemudian ditekan mengunakan arang sehingga bentuknya pipih. Pisang ini memiliki beberapa varian rasa seperti nanas, coklat dan keju. Anda bisa menemuinya di dekat Lawang Sewu.

9. Mie Kopyok

Mie Kopyok

Image Credit by Bungeko.com

Tak hanya miliki makanan ringan, Semarang juga memiliki makanan berat yang wajib anda coba. Mie Kopyok adalah makanan khas yang berbahan utama mie yang ditambahkan dengan tetelan daging. Selain juga ditambah dengan tahu atau kerupuk gendar. Makanan ini bisa anda temui di penjaja keliling yang biasanya menjajakan kampung ke kampung.

10. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Image Credit by Tribunnews.com

Di Indonesia soto menjadi makanan yang paling banyak ditemui, bahkan setiap daerah memiliki soto tersendiri. Di Semarang anda bisa mencoba Soto Bangkong yang telah ada sejak tahun 1950. Soto ini merupakan soto ayam yang kuahnya bening dan disajikan dengan irisan tomat, bihun dan tauge. Semakin nyaman di lidah dengan taburan bawang merah dan bawang putih.

11. Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Semarang

Image Credit by Merahputih.com

Jika Solo mempunyai Nasi Liwet maka Semarang punya Nasi Ayam.Nasi putihnya yang dimasak dengan santan membuatnya gurih dan ditambahkan dengan suwiran ayam. Lauk lainnya berupa sambal goreng labu siam, telur pindang laludi dan tahu putih. Kemudian disiram dengan kuah santan. Harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp.15 ribuan saja.

12. Babat Gongso

Babat Gongso

Image Credit by Travelingyuk.com

Babat Gongso menjadi makanan berat khas Semarang yang harus anda coba. Babat gongso terdiri dari potongan jeroan dan babat seperti ati, patu dan limpa. Kemudian di olah dengan mengunakan bumbu kecap sehingga menghasilkan cita rasa manis pedas. Anda bisa mendapatkan makanan ini di Jl. Pemuda tepatnya di samping jembatan Mberok dengan nama warung nasi goreng Pak Karmin.

13. Wedang Tahu

Wedang Tahu

Image Credit by Pegipegi.com

Jika tadi sudah ada Wedang Kacang maka minuman & makanan khas Semarang yang selanjutnya adalah wedang tahu. Terbuat dari kembang tahu yang dicampur dengan gula jawa dan jahe ini akan membuat perjalanan anda di Semarang semakin lengkap. Tak usah khawatir soal rasa, karena rasanya sangat menyegarkan dan juga nikmat.

14. Jamu Jun

Jamu Jun

Image Credit by Genpi.co

Jamu ini sangat berbeda dengan jamu jamu gendong yang biasanya anda temui. Minuman yang dipercaya memiliki banyak khasiat ini dibuat dari rempah rempah. Menariknya jamu jun ini diolah dari tempung ketan, gula pasir, tepung berasa, santan, daun pandan serta rempah rempah. Ketika ke Semarang jangan lupa untuk mencobanya.

15. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Image Credit by Tokomesin.com

Darinamanya saja sudah terbilang unik, karena bentuknya mirip dengan bantalan rel kereta api. Masyarakat Semarang mengunakan jajanan untuk hidangan saat acara pawai sebelum datangnya bulan Ramadahan. Di pusat oleh oleh di Jl. Pandanaran anda bisa menemukan roti ini dihari biasa.

16. Tahu Pong

Tahu Pong

Image Credit by Travelingyuk.com

Jajanan khas Semarang yang bisa anda coba selanjutnya adalah Tahu Pong. Tahu ini memiliki tekstur garing dengan rasa yang gurih. Apabila anda mengigitnya tidak akan ada tahu di dalamnya itulah mengapa disebut tahu pong. Tahu ini sangat lezat disantap ketika dalam keadaan hangat. Untuk satu porsinya biasanya dijual mulai harga Rp. 6 ribuan.

17. Olahan Burung Belibis

Olahan Burung Belibis

Image Credit by Kumparan.com

Menemui olahan ayam dan juga bebek menjadi sangat lumrah sekarang, namun jika belibis? Di semarang anda bisa menemukan olahan burung belibis yang rasanya lezat. Teksturnya hampir sama dengan ayam namun lebih empuk. Anda bisa menikmati makanan di Warung Pak No di Jl. Sawojajar I No. 44 Semarang.

18. Es Cao Gang Lombok

Es Cao Gang Lombok

Image Credit by Travelingyuk.com

Semarang memiliki udara yang cukup panas sehingga menikmati es adalah hal yang sangat menyenangkan. Ketika ke Semarang jangan lupa mencoba minuman & makanan Khas Semarang yang bernama Es Cao. Es Cao Gang Lombok menjadi yang legendaris karena rasanya yang khas. Isiannya terdapat kolang kaling dan juga kacang presto.

19. Gudangan

Gudangan

Image Credit by Diahdidi.com

Gudangan hampir sama dengan urap sayur dengan parutan kelapa di atasnya. Bumbunya merupakan campuran bawang merah dan bawang putih. Sayur yang digunakan untuk gudangan juga beragam dan tentu akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Jangan lupakan tambahan seperti rempeyek dan telur rebus.

20. Kue Moaci

Kue Moaci

Image Credit by Blanja.com

Jajajan satu ini terbuat dari tepung ketan dengan isian gula karamel dengan kacang untuk isian. Kue maoci kini hadir semakin beragam dengan warna maupun isiannya. Sehingga anda bisa menjadikan kue ini sebagai oleh oleh untuk kerabat anda. Karena rasanya yang kenyal sangat pas dengan isiannya yang beragam.

21. Spekkoek

Spekoek

Image Credit by Omiyago.com

Spekoek merupakan nama tradisional kue lapis legit. Ciri khas dari kue ini adalah lapis coklat dan kuning yang memiliki rasa manis. Di Semarang sendiri Spekoek hadir semakin bervariasi, salah satunya adalah spekoek puding. Di mana di dalam pudingnya terdapat isian spekoek yang membuat cita rasanya semakin lezat.

22. Wingko Babat

Wingko Babat

Image Credit by Tribunnews.com

Masyarakat Jawa tentunya tidak asing dengan jajanan satu ini. Terbuat dari beras ketan serta kelapa yang dibakar membuat cita rasanya gurih dan manis. Rasa kue tradisional ini juga semakin beraneka ragam. Harganya yang terjangkau membuat kue ini masih eksis hingga saat ini dan bisa membelinya di Simpang lima Semarang.

23. Mangut Welut

Mangut Welut

Image Credit by Panduanwisata.id

Mangut dengan ikan air tawar tentunya mudah untuk di temukan, namun untuk Mangut Welut masih begitu jarang ditemukan di daerah lain. Untuk itu jika ke Semarang anda bisa mencoba kudapan yang mengunggah ini. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat belut menjadi bahan yang sehat. Olahan mangut welut ini akan nikmat disantap dengan nasi hangat.

24. Nasi Pindang

Nasi Pindang

Image Credit by Diahdidi.com

Selain Mangut Welut, Semarang juga miliki Nasi pindang yang harus anda coba. Jangan ada bayangkan jika pindang merupakan ikan laut. Pindang disini adalah daging sapi yang di olah dengan rempah bernama kluwek serta daun Melinjo. Bentuknya memang mirip dengan nasi Rawon, namun untuk rasanya anda harus mencobanya sendiri ketika ke Semarang.

25. Es Pankuk Pak Yono

Es Pankuk Pak Yono

Image Credit by Tribunnews.com

Di Semarang memang ada beberapa es legendaris yang harus anda coba. Salah satunya adalah Es pankuk Pak Yono yang sudah berdiri seejak tahun 1950. Meskipun bentuknya sederhana tapi jika soal rasa tak bisa disepelekan begitu saja. Es krim yang berpadu dengan irisan roti dan pankek akan membuatnya istimewa. Anda bisa mengunjungi Jl. Tanjung Semarang untuk menemukan es legen ini.

26. Sate Buntel dan Pepes Olor

Sate Buntel dan Pepes Olor

Image Credit by Superadventure.co.id

Untuk membuat perjalanan semakin lengkap, minuman & makanan Khas semarang ini harus anda coba. Makanan satu ini sangat cocok untuk anda yang gemar mengkonsumsi daging kamping. Sate dan Gule Kambing 29 menjadi salah satu tempar yang sudah melegenda. Telah dibuka sejak tahun 1945 anda bisa menemukan olahan Satu Buntel dan Pepes Olor yang terbuat dari sumsum tulang belakang.

Makanan dan minuman yang ditawarkan oleh kota Semarang sangat beragam. Selain anda bisa menikmati wisatanya, tak ada salahnya untuk berwisata kuliner. Apalagi olahan makanannya terbilang unik dan sebagian hanya bisa anda dapatkan di Semarang. Dengan adanya daftar makanan ini akan membantu anda untuk menemukan kuliner yang lezat ketika mengunjungi kota Semarang.