26 Minuman & Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Solo

Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang menggoda. Seperti halnya kota Solo yang juga memilikii kuliner yang beaneka ragam. Mulai dari makanan ringan,berat, bercita rasa manis hingga asin semuanya bisa anda dapatkan di Solo. Apabila anda berkunjung ke Solo, deretan makanan dan minuman khas ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

1. Selat Solo

Selat Solo

Image Credit by Resepkoki.id

Makanan satu ini perpaduan khas Jawa dan pengarih dari negeri Eropa yang membuatnya menjadi makanan khas Solo yang sangat populer. Isinya adalah sayuran seperti wortel,buncis, tomat, potongan kentang goreng. Belum lagi ada irisan pindang, acara dan juga potongan daging bisnis. Jika anda ingin mencoba makanan khas satu ini, anda bisa langsung menuju ke Warung Selat Mbak Lies yang berada di Jl. Veteran Gg II No.42.

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Image Credit by Food.detik.com

Seperti halnya gudeg yang menjadi kebanggaan kota jogja, maka Solo memiliki nasi liwet. Nasi ini disajikan dalam daun pisang yang dipincuk dengan suwiran ayam, telur rebus, santan kental gurih dan sayur labu siam. Jika anda sedang di Solo dan ingin merasakan yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Harganya memang cukup mahal namun sebanding dengan rasanya.

3. Timlo Solo

Timlo Solo

Image Credit by Phinemo.com

Tak lengkap rasanya jika ke Solo tak lengkap rasanya jika tak mencobanya. Timlo ini seperti sup namun ada pula yang mengatakan jika, makanan ini merupakan gabungan dari sup dan soto. Isian timlo merupakan semur telur bebek, daging ayam, sosis solo, martabak telur dan juga hati ampela yang kemudian disiram dengan kuah kaldu yang pekat.

4. Sup Matahari

Sup Matahari

Image Credit by Food.grab.com

Makanan tradisional ini tak kalah sehat dari makanan khas Solo yang lainnya. Sup matahari ini memang disajikan menyerupai bunga matahari. Kuah kaldu pada umumnya diberikan bila yang terbalut adonan tipis yang ketika dibuka berisi sayuran sehat. Jika anda ingin menambah cita rasanya bisa ditambahkan sambal pedas agar makin nikmat dengan nasi hangat.

5. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Image Credit by Tribunnews.com

Panganan ini menjadi jajanan yang populer dan kerap dijadikan oleh oleh. Nama Serabi Notosuman diambil dari nama Jl. Notusuman yang menjadi tempat beroperasinya usaha ini. Makanan ini kini semakin berinovasi dengan adanya topping yang beragam. Yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang tetap sama adalah pengunaan bahan baku yang tidak pernah berubah.

6. Sate Kere

Sate Kere

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan khas satu ini harus anda coba rasakan ketika berkunjung ke kota Surakarta. Makanan ini dulunya adalah hasil kreatifitas masyarakat zaman dulu dan terbilang makanan mewah. Dan saat ini sate kere menjadi makanan yang paling diburu oleh wisatawan karena rasanya. Sate kere berbahan dasar tempe bukan daging yang bumbunya mirip dengan sate pada umumnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Makan di Jepara Paling Enak & Murah

7. Pisang Molen Tawangmangu

Pisang Molen Tawangmangu

Image Credit by Aengaeng.com

Makanan ini memang terlihat biasa saja dan terbilang tidak istimewa. Namun jika soal rasa molen Tawangmangu sungguh berbeda. Molen dengan isian yang beragam akan dilumuri dengan gula halus setelah di goreng. Inilah yang membuat rasa dan bentuknya menjadi khas. Anda bisa menemukan makanan ini ketika menuju ke Tawangmangu dan memakannya selagi hangat.

8. Lenjongan

Lenjongan

Image Credit by Ksmtour.com

Jajan satu ini juga tidak anda bisa lewatkan begitu saja karena rasanya yang sangat enak. Jajanan ini banyak di jual di Pasar Gede Solo dengan penjual yang beragam. Lenjopngan berisi gendar, sawut, tiwul, cenil, ketan hitam, jongkong, gatot, getuk hingga klepon. Kemudian ditaburi dengan kelapa parut dan gula merahg cair. Harganya juga cukup murah dan bikin kenyang.

9. Intip Solo

Intip Solo

Image Credit by Surakarta.go.id

Camilan satu ini berbentuk bundar dengan gula merah cair di atasnya. Intip terbuat dari kerak nasi yang diolah dengan cara khusus. Anda bisa menjadikan makanan khas ini sebagai oleh oleh karena terbilang cukup awet. Selain itu juga cukup mudah untuk menemukan camilan ringan karena hampir semua tempat oleh oleh menjualnya.

10. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih

Image Credit by Travel.kompas.com

Solo terbilang kota yang cukup panas, dan memang sangat segar menikmati es di siang hari. Es Dawet telasih bisa menjadi pilihan ketika ingin menikmati kesegaran. Es ini juga sangat populer sebagai makanan khas Solo. Es Dawet Telasih berisi bubur sumsum, cendol, tape hijau dan juga biji selasih. Penjualnya bisa anda temukan diPasar gede dan tempat lainnya.

11. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo

Image Credit by Liannyhendrawati.com

Abon sangat lezat jika disantap dengan nasi putih hangat yang pulen. Di Solo anda bisa menikmati abon mesran Solo yang menjadi makanan yang paling banyak dijadikan sebagai oleh oleh untuk kerabat. Anda bisa memilih abon daging ayam atau sapi sesuai dengan selera. Rasanya juga bervariasi ada yang rasa manis dan juga rasa pedas yang menggoda.

12. Tahu Kupat

Tahu Kupat

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan khas solo yang wajib anda coba selanjutnya adalah tahu kupat. Berbahan tahu goreng disajikan dengan ketupat yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan tahu kupat Solo dengan tahu kupat daerah lain adalah adanya potongan bakwan, kembang kol dan juga midan. Untuk mendapatkan makanan ini cukup mudah di beberapa protokol jalan besar di Solo.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Terhits Dikunjungi

13. Sate Buntel

Sate Buntel

Image Credit by Aengaeng.com

Sate buntel merupakan sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Makanan khas satu ini berbumbu kecap manis dan juga merica lengkap dengan potongan bawang merah. Salah satu tempat yang menjual makanan yang sangat khas ini adalah Sate Buntel Mbok Galak yang bisa anda temui di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112, Banjarasari.

14. Brambang Asem

Brambang Asem

Image Credit by Majalahresepku.blogspot.com

Makanan satu ini menjadi makanan khas Solo jaman dulu yang masih bisa anda temui hingga kini. Kuliner satu ini berbahan dasar daun ubi rebus yang memiliki aroma bawang merah dan rasanya pedas. Biasanya disantap dengan tempe gembus dan anda bisa mendapatkan di Pasar Gede dengan harga yang cukup murah yakni sekitar Rp. 3 ribu untuk satu porsinya.

15. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret

Image Credit by Travel.kompas.com

Jika sudah bosan dengan makanan berat, anda bisa menjajal minuman khas Solo yaitu es Gempol Pleret. Es yang segar ini berisikan cendeol dawet dan gempol pleret yang terbuat dari tepung beras. Rasanya yang manis akan semakin mantap jika disajikan dengan es batu di siang hari. Anda bisa mendapatkannya di daerah Jl. Dr. Wahidin Laweyan dengan harga mulai dari Rp. 3 ribu rupiah.

16. Es Krim tentrem

Es Krim tentrem

Image Credit by Tripadvisor.co.id

Anda juga bisa menikmati es krim legendaris ketika mengunjungi kota Solo. Es krim ini bukan merupakan buatan pabrik melainkan buatan perorangan yang memiliki cita rasa yang khas. Berbagai pilihan menu es krim bisa anda dapatkan dengan mengunjungi gerainya langsung. Gerainya juga cukup nyaman sehingga membuat anda makin nyaman ketika makan es krim.

17. Es Kapal

Es Kapal

Image Credit by Solo.tribunnews.com

Es Kapal bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan khas yang unik dan juga banyak peminatnya. Bukan hanya rasanya yang memang juara, harganya juga ramah dengan kantong. Es ini merupakan es batu yang dipadukan dengan santan kelapa kemudian di atasnya diberikan satu lembar roti tawar. Biasanya es ini dijajakan secara keliling.

18.  Tengkleng Kambing

Tengkleng Kambing

Image Credit by Idntimes.com

Olahan kambing di Solo memang cukup populer, anda bisa menikmati banyak olahan berbahan kambing. Seperti halnya dengan tengkleng kambing yang mirip dengan gulai namun kuahnya lebih cair, dengan tulang kambing yang ada dagingnya yang melekat. Disajikan dalam pincuk daun pisang membuatnya semakin nikmat dan sedap.

19. Rambak Petis

Rambak Petis

Image Credit by Surakarta.go.id

Jajanan satu ini juga bisa anda coba ketika anda datang ke Solo. Rambak petis adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi kemudian di cocol dengan petis. Tentunya akan menambah cita rasanya semakin nikmat. Ketika ke Solo jajanan ini wajib anda coba karena rasanya yang khas dan tidak akan bisa anda lupakan begitu saja.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Solo Paling Enak & Murah

20. Sup Galantin

Sup Galantin

Image Credit by Indrihapsariw.com

Sup ini juga tak kalah nikmat untuk disantap dengan satu piring nasi hangat yang pulen. Sup galantin merupakan salah satu variasi sup di Solo yang harus anda coba. Galantin merupakan campuran daging ayam dengan roti tawar yang dibumbui dengan rempah dan bumbu khusus. Kemudian disandingkan dengan wayuran segar dan kaldu ayam pekat.

21. Cabuk rambak

Cabuk rambak

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Kuliner satu ini menjadi jajanan tradisional yang harus anda coba. Makanan sampingan ini terbuat dari ketupat nasi kemudian disiram dengan saus wijen, kelapa parut dan juga kemiri. Membuat saus cabuk rambak sangat khas dan membuatnya semakin gurih. Kemudian bagian atasnya di taburi dengan kerupuk karak. Anda bisa menemukan makanan ringan ini di Pasar Gede.

22. Kue Lapis Mandarin

Kue Lapis Mandarin

Image Credit by Smartpluspro.com

Ini dia buah tangan yang sudah ada sejak lama dan menjadi makanan khas solo. Roti lapis yang memiliki warna kuning dan coklat ini begitu lembut dan enak. Penjual lapis Mandarin yang paling populer adalah toko Orion. Selain mendapatkan roti ini, tempat ini juga menjual aneka jajanan Solo yang harus anda jajal langsung.

23. Tahok

Tahok

Image Credit by Solo.tribunnews.com

Solo menjadi kota yang dihuni oleh suku Tionghoa yang juga mempengaruhi makanannya. Salah satu jajanan yang bisa anda jajal berikutnya adalah Tahok atau kembang tahu. Tak hanya sangat nikmat disantap, makanan ini juga memiliki gizi yang bisa menurunkan kolesterol. Jika ingin yang paling enak silahkan ke Jl. Suryoptranoto No. 21 dengan merk Tahok Pak Citro.

24. Susu Shi Jack

Susu Shi Jack

Image Credit by Wisataindonesia.xyz

Menu satu ini bisa anda nikmati ketika malam hari. Hangatnya susu sapi yang beraneka rasa akan menghangatkan malam anda. Susu sapi disini memiliki banyak rasa yang bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Selain susu sapi anda juga bisa menikmati roti bakar sebagai temannya. Ketika malam banyak yang muda mudi yang datang untuk nongkrong.

25. Soto Seger Solo

Soto Seger Solo

Image Credit by Selerasa.com

Solo juga mempunyai soto yang berbeda dengan yang biasanya anda temui. Soto Solo cenderung berwarna bening dengan daging ayam maupun daging sapi. Salah satu soto seger yang terkenal adalah sato seger Solo Mbok Giyem. Jangan lupa untuk menambahkan kecap atau sambal serta perasan jeruk nipis agar semakin lezat.

26. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas

Image Credit by Koranyogya.com

Mie yang berada di dekat Pasar Gede ini memang selalu ramai di datangi pengunjung. Anda bisa memilih aneka mie dari mie ayam bakso hingga mie pelangi yang berwarna warni. Tak hanya cita rasanya yang lezat, mie Gajah Mas ini juga terbilang makanan yang sehat. Untuk merasakan secara langsung anda bisa mengunjungi Jl. Suryopranoto No 1, Solo.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi sebuah kota tak mencoba kulinernya. Solo kaya akan kuliner yang harus anda coba mulai dari camilan hingga makanan berat yang menggoda iman. Lupakan diet sebentar untuk merasakan makanan dan minuman khas Solo yang akan membuat anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Karena tak hanya memiliki tempat wisata sejarah yang sangat kaya, Solo juga menawarkan wisata kuliner jempolan.