15 Minuman & Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Sukabumi

Berkunjung ke sebuah kota yang baru, hal pertama yang ingin untuk Anda lakukan adalah dengan mencoba berbagai makanan maupun minuman yang menjadi khas kota tersebut. Begitu pula ketika Anda sedang mengunjungi daerah di Sukabumi, Jawa Barat. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa makanan dan minuman khas Sukabumi yang wajib untuk Anda coba ketika berwisata ke kota satu ini. Berikut simak ulasannya.

1. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Image Credit by Kaskus.co.id

Jalan – jalan ke kota Sukabumi, pastinya tak lengkap jika Anda belum mencoba minuman satu ini. Segarnya sekoteng memang terkenal sebagai minuman tradisional Indonesia yang terdiri dari agar – agar, kacang hijau, kacang tanah dan pacar cina serta potongan roti yang akan mengenyangkan anda. Berbeda dengan sekoteng lain, sekoteng singapore ini dilengkapi dengan tambahan buah lengkeng dan juga biskuit yang akan menambah kesegaran.

2. Kue Jahe Khas Sukabumi

Kue Jahe

Image Credit by Sukabumi.pikiran-rakyat.com

Jajanan satu ini juga menjadi salah satu kuliner favorit yang bisa untuk Anda coba ketika berada disini. Kue ini terbuat dari jahe parut dan juga ditmbahkan gula yang akan menambah cita rasa manis dan telah terkenal dari jaman Bekanda. Kini, kue jahe ini pun telah diolah menjadi berbagai bentuk yang lucu dan juga varian rasa yang menarik sehingga akan cocok untuk dibuat oleh – oleh.

3. Sagon Bakar Ciaul

Sagon Bakar

Image Credit by Openrice.com

Makanan yang memiliki bahan utama kelapa dan aci ini merupakan salah satu kuliner yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Sukabumi. Cemilan satu ini pun sangat cocok untuk Anda nikmati sembari bersantai di sore hari dan ditemani dengan segelas kopi ataupun teh hangat. Hadir dengan berbagai varian rasa seperti keju dan coklat serta yang lain akan sangat cocok untuk dikonsumsi bagi segala jenis usia.

4. Mochi Lampion

Kue Mochi Lampion

Image Credit by Katalogwisata.com

Makanan satu ini pun juga perlu menjadi salah satu daftar kuliner yang perlu untuk Anda coba. Kuliner satu ini terbilang menjadi salah satu kuliner yang legendaris di Sukabumi yang telah berdiri sejak tahun 1983. Mochi ini pun hadir dengan berbagai varian rasa yang tentu saja dapat Anda gunakan sebagai buah tangan yang menarik untuk keluarga Anda di rumah.

BACA JUGA:  Rabbit Town Bandung, Wisata Unik & Keren untuk Keluarga

5. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Image Credit by Nasi-tutug-oncom-to-teh-ita.business.site

Ketika Anda mencari makanan berat ketika berada di Sukabumi, maka Anda pun tentu saja bisa mencoba nasi tutug oncom yang merupakan makanan khas dari Sukabumi. Makanan tradisional ini merupakan nasi yang dicampur dengan oncom dan bumbu lain yang akan menambah kelezatan dari kuliner ini. Pada umumnya, nasi ini disajikan dengan berbagai lauk khas Sunda lainnya yang juga wajib untuk Anda coba.

6. Bubur Ayam Sukabumi Bu Nut

Bubur Ayam Sukabumi Bu Nut

Image Credit by Ikutilangkahkaki.com

Mencari sarapan ketika berada di Sukabumi, tak perlu bingung lagi. Pasalnya, Anda bisa mengunjungi bubur ayam khas sukabumi, Bu Nut untuk mengenyangkan perut Anda di pagi hari. Yang membedakan bubur ayam ini dari yang lain adalah terdapat risoles pada topingnya dan juga suiran daging ayam kampung yang akan memiliki cita rasa gurih dan membangkitkan selera makan anda.

7. Roti Priangan

Roti Priangan

Image Credit by Deskgram.co

Ingin sarapan dengan porsi yang tidak terlalu kenyang ketika berada di Sukabumi, maka dari itu Anda harus mencoba roti priangan. Kuliner satu ini merupakan kuliner legendaris yang sangat populer. Berdiri sejak tahun 1943, roti buatan Oey Tjang Lie ini merupakan roti yang mempunyai cita rasa lezat dan bisa Anda coba ketika sedang berkunjung ke salah satu kota di Jawa Barat ini.

8. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Surabi merupakan salah satu kuliner yang paling tersohor di daerah Jawa Barat, termasuk Sukabumi. Ketika berada disini pun, Anda bisa menemukan surabi yang khas dan beda dengan daerah lain. Pembeda tersebut adalah surabi di Sukabumi ini terbuar dari durian yang merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba jika Anda merupakan pecinta durian.

9. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu

Image Credit by Sabunwanita.wordpress.com

Mencari makanan yang berbeda ketika berada di Sukabumi, maka Anda pun bisa mencoba nasi uduk ungu yang merupakan kuliner khas Sukabumi yang sangat populer. Makanan nasi yang berwarna ungu ini merupakan campuran dari buah ubi ungu dan juga buah bit sehingga membuat nasi tersebut berwarna ungu dan berbeda dengan nasi pada umumnya. Disajikan dengan ayam, tahu, tempe dan lalapn segar lain tentu akan menggugah selera makan anda.

BACA JUGA:  Karang Resik, Destinasi Wisata Instagramable di Tasikmalaya

10. Mie Goreng Khas Sukabumi

Mie Goreng Khas Sukabumi

Image Credit by Trestefanus.blogspot.com

Pecinta mie, pastinya wajib untuk mengunjungi kuliner ini ketika berada di Sukabumi. Mie yang berada di Jalan Cimandiri ini memiliki rasa yang sangat khas dan tidak akan Anda temui di tempat olahan mie lain. Dengan harga tidak mencapai 30 ribu rupiah, mie satu ini hadir dengan porsi jumbo yang tentu saja akan membuat perut Anda menjadi kenyang.

11. Bandros

Bandros Mang Ata

Image Credit by Safaatagus.blogspot.com

Bandros merupakan salah satu makanan yang menjadi primadona di daerah Sukabumi. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk mencicipinya, maka Anda pun bisa datang ke bandros yang terkenal di Sukabumi yakni di jalan Jakse. Makanan satu ini sangat cocok untuk Anda santap bersama segelas teh hangat di malam hari. Dengan harga yang sangat murah yakni mulai dari 5 ribu rupiah tentu saja kuliner satu ini menjadi jajanan yang dicari ketika mengunjungi Sukabumi.

12. Geco

Geco

Image Credit by Inilah-sukabumi.blogspot.com

Geco atau tauge tauco juga menjadi salah satu makanan yang wajib untuk Anda coba ketika berada di Sukabumi. Anda pun dapat dengan mudah untuk menemui pedagang yang menjual geco ini di sekitar jalan Jenderal Sudirman. Makanan satu ini biasanya akan sangat cocok untuk Anda konsumsi sebagai menu makan pagi atau sarapan. Selain itu, makanan ini pun sangat laku di pasaran. Maka dari itu ketika Anda ingin membelinya haruslah bangun lebih pagi untuk bisa mencicipinya.

13. Bolu Pisang

Bolu Pisang Ibu Onih

Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Penggemar pisang pastinya wajib untuk mencoba makanan satu ini ketika berada di Sukabumi. Makanan satu ini pun juga sangat cocok untuk Anda jadikan oleh – oleh untuk keluarga anda. kuliner yang sangat populer ini dapat dengan mudah untuk Anda temui di sekitar jalan Raya Sukaraja Gang Mesjid Kota Sukabumi yakni bolu pisang ibu Onih. Makanan yang memiliki cita rasa yang sangat enak ini tentu saja menjadi incaran pelancong ketika berada di Sukabumi.

BACA JUGA:  23 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Selain di Ibu Onih, juga terdapat beberapa tempat lain yang juga menyediakan bolu pisang lain. Tentu saja bolu pisang tersebut juga mempunyai rasa yang lezat sehingga Anda bisa menentukan ingin untuk membeli bolu pisang yang seperti apa. Anda bisa membeli bolu pisang sesuai dengan selera anda, yang penting tetap asli dari Sukabumi.

14. Nasi Hijau

Nasi Hijau

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Selain nasi uduk ungu, makanan khas Sukabumi lain yang bisa Anda coba adalah nasi hijau. Masyarakat Sukabumi memang tak pernag berhenti untuk mengeksplor dan berkreasi mengenai makanan yang menjadi ciri khas kota tersebut. Untuk warna hijau yang terdapat pada nasi tersebut terbuat dari daun bayam dan juga campuran bahan lain yang akan membuat nafsu makan Anda bertambah.

Untuk penyajiannya sendiri, makanan satu ini disertai dengan beragam lauk pauk yang bisa Anda nikmati. Seperti ayam goreng, telur dadar, tahu dan tempe goreng. Serta taburan bawang goreng yang akan membuat makanan sau ini menjadi lezat dan gurih. Bagi Anda yang doyan pedas, maka Anda pun bisa menambahkan sambal untuk menggugah selera makan anda.

15. Leor Daging

Leor Daging

Image Credit by Putratravel.net

Makanan terakhir yang bisa Anda coba ketika berada di Sukabumi adalah leor daging. Makanan yang memiliki tekstur mirip dengan semur ini terdiri dari campuran bahan dari daging pipi. Sehingga makanan ini menghasilkan cita rasa yang manis dan pedas karena kandungan berbagai macam rempah yang khas dari Sukabumi ini. Untuk itu, ketika udara sedang dingin, Anda pun wajib untuk mencoba hidangan satu ini.

Dengan mencoba berbagai makanan khas yang berasal dari Sukabumi ini tentu saja akan menjadi pengalaman tersendiri. Mencicipi makanan khas dari suatu kota yang Anda kunjungi tentu saja akan dapat membuat Anda untuk lebih mengenal kota tersebut. Selain itu, mencoba berbagai makanan yang unik dan tidak terdapat di rumah Anda tentunya akan menjadi momen yang tidak terlupakan.