24 Minuman & Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Surabaya

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya banyak menjadi tempat tujuan para pelaku bisnis dan wisatawan. Banyaknya pelaku bisnis yang membuka usaha di Surabaya, membuat sektor bisnis di kota ini menjadi sangat berkembang. Begitu pula dengan sektor kulinernya. Banyaknya wisatawan luar, membuat Surabaya memiliki berbagai kuliner khas yang segar dan lezat. Apa saja minuman & makanan khas Surabaya ? yuk simak ulasannya berikut.

1. Sate Karak

Sate Karak

Image Credit by Sijagomakan.com

Sate karak atau yang juga disebut dengan sate kerak, adalah salah satu kuliner khas Surabaya. Saat ini mungkin sate karak cukup langka, namun kamu tetap dapat menemui penjual sate karak di sekitar kawasan Religi Sunan Ampel. Sate karak berbahan dasar usus, yang dalam penyajiannya disajikan dengan karak atau nasi ketan hitam dengan tambahan parutan kelapa. Jika kalian mengunjungi Surabaya, pastikan untuk mencicipi hidangan sate karak ini.

2. Lontong Kupang

Lontong Kupang

Image Credit by Fanikovsky.wordpress.com

Tidak lengkap rasanya, jika mengunjungi Surabaya tanpa menyantap Lontong Kupang. Lontong kupang ini berbahan dasar kupang putih, yaitu sejenis hewan laut yang mirip dengan kerang. Olahan Lontong Kupang dimasak dan direbus dimana kemudian ditambahkan dengan lontong, petis, serta perasan jeruk nipis. Umumnya Lontong Kupang Surabaya disajikan dengan lauk sate kerang, dan minuman es kelapa muda.

3. Lontong Balap

Lontong Balap

Image Credit by Genpi.co

Ketika berbicara tentang makanan khas Surabaya, tidak bisa dipisahkan dengan Lontong Balap. Hidangan ini bahkan menjadi makanan hits, dan telah memiliki banyak peminat. Bahkan, terdapat penjual Lontong Balap yang sudah ada sejak tahun 1956. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Surabaya, janga lewatkan untuk menikmati cita rasa Lontong Balap yang gurih dan manis ini.

4. Tahu Tek

Tahu Tek

Image Credit by Pegipegi.com

Jika kamu mencari makanan ringan khas surabaya, Tahu Tek patut untuk dicicipi. Satu porsi dari Tahu Tek berisi berbagai bahan yang lengkap seperti tahu goreng, lontong, kentang, serta kecambah. Seluruh bahan tersebut dipotong kecil-kecil, dan disiram dengan bumbu petis diatasnya. Menyantapnya dengan krupuk, membuat sajian terasa semakin nikmat. Umumnya dengan harga Rp 8 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuliner favorit warga Surabaya ini.

5. Nasi Cumi

Nasi Cumi

Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi cumi adalah hidangan yang banyak direkomendasikan oleh warga Surabaya, selain harganya yang murah rasa yang diberikan pun sangat nikmat. Nasi cumi adalah sebuah hidangan, dimana cumi diolah dan disajikan dengan nasi hangat. Umumya hidangan ini juga ditemani dengan serundeng kelapa, mie kuning, hingga sambal pencit. Hidangan yang satu ini, pasti memuaskan rasa lapar pada siang harimu.

6. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Image Credit by Ksmtour.com

Masyarakat Jawa pasti sudah tidak asing dengan hidangan pecel, namun Surabaya memiliki olahan pecel yang khas dan berbeda. Ialah Pecel Semanggi, olahan khas surabaya dimana semanggi menjadi bahan dasar pecel. Pecel semanggi umumnya dihidangkan diatas pincuk daun pisang, yang menambah kenikmatan kuliner kebanggan Surabaya. Cara menikmati pecel Semanggi Surabaya, adalah dengan menggunakan sendok kerupuk.

7.  Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay

Image Credit by Pergikuliner.com

Makanan khas di Surabaya yang selanjutnya adalah, hidangan bebek Sinjay. Bebek goreng Sinjay memang hidangan dari Bangkalan Madura, namun di Surabaya juga terkenal dengan rasa dagingnya yang gurih dan asam segar. Rasanya yang berbeda, membuatnya menjadi hidangan yang cukup diminati baik warga lokal maupun luar kota. Umumnya hidangan bebek goreng sinjay Surabaya ini, dihidangkan dengan sambal mangga muda.

8. Tahu Campur

Tahu Campur

Image Credit by Tripzilla.id

Tahu Campur adalah salah satu hidangan primadona khas Surabaya, yang terkenal dengan kelezatan rasanya. Tahu campur merupakan perpaduan dari dagung sapi, perkedel, tahu goreng, tauge, hingga singkong yang terdapat pada satu hidangan. Seluru hidangan ini dijadikan satu, dan disiram dengan bumbu petis yang lezat. Jika kalian sedang mengunjungi kota Surabaya, jangan lewatkan untuk menyantap Tahu Campur khas Surabaya ini.

9. Bebek Palupi

Bebek Palupi

Image Credit by Andikaawan.blogspot.com

Bebek Palupi adalah makanan khas Surabaya, yang menjai menu favorit masyarakat Suarabaya. Harga untuk satu porsinya, dibandrol sekitar Rp 16 hingga Rp 18 ribu rupiah. Bebek Palupi memiliki bumbu yang tidak terlalu keras aromanya, dan sambal yang tidak terlalu pedas. Sehingga hidangan ini sangat cocok bagi kamu, yang tidak terlalu menyukai pedas. Daging bebeknya sendiri empuk dan renyah, seolah-olah mudah untuk diurai lidah.

10. Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan

Image Credit by Masihbaru.com

Jika kamu mengunjungi dan menginap atau menetap di Surabaya, Nasi Campur Tambak Bayan adalah hidangan yang cocok untuk sarapan sehari-hari. Satu porsi Nasi Campur Tambak Bayan, sangat cocok untuk mengisi kosongnya perut di pagi hari. Nasi campur ini berisikan nasi hangat yang dicampur dengan berbagai lauk pauk sseperti mie putih, empal, dan telur. Perpaduan nasi hangat dengan berbagai lauknya, mampu memanjakan lidah kita.

11. Spesial Belut Surabaya

Spesial Belut Surabaya

Image Credit by Baliexpress.jawapos.com

Potongan belut yang berada di atas sambal, tentu membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera menyantap Spesial Belut Surabaya. Hidangan khas Surabaya ini, sangat diminati oleh warganya dan para wisatawan. Belut sendiri mengandung begitu banyak manfaat dan vitamin, yang baik untuk tubuh kita. Belut goreng yang dihidangan diatas sambal ini, semakin terasa nikmat dengan nasi putih yang hangat.

12.  Bebek Mercon

Bebek Mercon

Image Credit by Food.detik.com

Ketika mencari makanan khas, Bebek Mercon menjadi hidangan yang pas untuk pecinta pedas. Kuliner berbahan dasar bebek ini, disajikan dengan bumbu pedas. Sesuai dengan namanya, pedasnya Bebek Mercon ini memberikan sensasi meledak dan seolah terbakar di dalam mulut. Satu porsi Bebek Mercon disajikan dengan nasi hangat, tahu goreng, lalapan, dan sambal bumbu rempah-rempah.

13. Rawon Setan

Rawon Setan

Image Credit by Sintiaastarina.com

Rawon setan adalah oleh-oleh khas Surabaya, yang terbuat dari semacam soto berkuah hitam pekat. Warna hitam soto ini, didapatkan dari kluwak atau bumbu khas untuk pembuatan rawon.  Rawon setan ini menggunakan bahan daging sapi yang bertekstur empuk, dan dipotong-potong lebih besar dari rawon pada umumnya. Selain itu, rawon setan juga diberi tambahan jeroan atau kikir sapi. Semakin nikmat bukan ?

14. Warung Kepiting Cak Gundul

Warung Kepiting Cak Gundul

Image Credit by Travelingyuk.com

Ketika menjelajadi wisata kuliner di Surabaya, tentu sudah tidak asing dengan Warung Kepiting Cak Gundul. Warung ini telah ada di Surabaya sejak tahun 1992, dan menjadi hidangan khas Surabaya yang terkenal. Menu andalannya adalah kepiting bumbu kare, dan kepiting asam manis. Gurihnya bumbu yang dipadukan dengan lembutnya daging kepiting, semakin memuaskan lidahmu dalam setiap gigitannya.

15.  Rujak Cingur

Rujak Cingur

Image Credit by Pesona.travel

Hidangan yang enak, mengenyangkan, dan murah, tentu menjadi pilihan siapa saja. Jika kamu mengunjungi Surabaya, pastikan untuk mencicipi Rujak Cingur. Harganya yang relatif murah, serta rasannya yang nikmat mampu memanjakan lidah. Makanan khas Surabaya ini, merupakan campuran dari rujak dengan cingur atau hidung sapi. Dipadu dengan bumbu khas yang memiliki cita rasa berlimpah.

16. Surabaya Snowcake

Surabaya Snowcake

Image Credit by Pergikuliner.com

Jika sebelumnya kita membahas tentang makanan berat, Surabaya pun memiliki dessert yang tak kalah hits dan lezat. Ialah Surabaya snowcake, jajanan berasal dari makanan khas spiku yang legendaris di Surabaya. Spiku yang legendaris tersebut, dikemas ulang dengan tampilan dan varian rasa yang lebih banyak. Dengan pembaharuan dari makanan khas spiku, membuat Surabaya Snowcake cukup diminati oleh masyarakat.

17. Mie Pecun

Mie Pecun

Image Credit by Gayahidup.co.id

Sajian makanan khas Surabaya ini, berbahan dasar mie dengan tingkatan level yang cukup pedas. Pecun pada nama hidangan ini adalah, singkatan dari mie pedas bebas racun. Dari namanya saja, sudah cukup membuat kita untuk tertarik dan penasaran ingin mencicipi Mie Pecun. Mie Pecun umumnya dihidangkan dengan lauk seperti bakso serta pangsir dan timun, untuk menemani mie pedasnya.

18. Es Campur Tidar

Es Campur Tidar

Image Credit by Travelingyuk.com

Surabaya terkenal sebagai kota yang memiliki suhu panas, maka untuk mendinginkan tubuh ada baiknya kamu mengetahui berbagai minuman khas Surabaya. Minuman khas yang pertama adalah, Es Campur Tidar. Es ini cukup melegenda dengan cita rasa yang segar dan membuatmu ketagihan. Jika kamu berkunjung ke Surabaya, dinginkan tubuhmu dengan mencicipi manis dan segarnya Es Campur Tidar.

19. Es Teler Pacar Keling

Es Teler Pacar Keling

Image Credit by Travelingyuk.com

Minuman yang tidak pernah sepi pembeli selanjutnya adalah, Es Teler Pacar Keling. Keunikan dari es teler ini, ada pada potongan buah yang cukup besar dan lengkap. Apalagi disantap ketika siang hari, sudah pasti semakin melegakan dahaga kita semua. Harga untuk satu porsi Es Teler Pacar Keling, hanya berkisar sekitar Rp 9 ribu rupiah saja. Dengan harga yang murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati sedapnya Es Teler Pacar Keling.

20. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Image Credit by Liputan6.com

Minuman yang menyegarkan namun juga mengenyangkan, coba saja Es Pisang Ijo. Minuman khas Surabaya ini, dijamin membuat kamu ketagihan dengan kesegaran dan kenikmatannya. Es Pisang Ijo berbahan utama pisang raja yang telah matang, dan dibungkus dengan olahan teping beras. Pisang Ijo ini disajikan dengan air daun suji, yang ditambah sirup pandan sebagai pelengkapnya agar lebih manis dan nikmat.

21.  Es Teler Tanjung Anom

Es Teler Tanjung Anom

Image Credit by Travelingyuk.com

Jika kamu bertanya minuman khas Surabaya yang terkenal, sebagian besar pasti akan menunjuk Es Teler Tanjung Anom. Bisa dibilang, hampir seluruh orang Surabaya mengetahui dan mengenal es ini. Es teler ini bisa kamu jumpai di beberapa tempat di Surabaya seperti Taman Apsari, Jalan Genteng, dan Jalan HR Muhammad.

22. Jumbo Juice

Jumbo Juice

Image Credit by Ardilahsafitri.blogspot.com

Ketika hari sedang panas, apa lagi yang enak selain meminum jus buah. Apalagi minuman jus sangat baik bagi kamu, yang sedang menjalankan program diet. Dengan segelas jus buah yang besar atau jumbo, tidak akan mengganggu dietmu. Berbagai macam jenis jus dapat kalian nikmati, mulai dari jus alpukat hingga jus buah lainnya.

23. Mango Bomb

Mango Bomb

Image Credit by Cookpad.com

Bisnis kuliner minuman khas di Surabaya memang selalu meningkat di kota Pahlawan ini, salah satunya adalah Mango Bomb. Minuman baru ini sama enaknya dengan jus mangga, namun Mango Bomb diisi dengan whipped cream, slush mangga, dan potongan buah mangga yang cukup banyak. Selain segar, kamu juga bisa menikmati manisnya buah mangga dalam satu gelasnya.

24. Es Oyen

Es Oyen

Image Credit by Nyaribisnis.com

Es Oyen memang minuman khas daerah Bandung, namun Es Oyen Surabaya pun tak kalah nikmatnya. Penyajian Es Oyen hampir sama dengan es teler maupun es campur, hanya saja isinya lebih simple dan tidak terlalu banyak. Minuman ini memiliki rasa yang manis, dan sangat pas dinikmati pada siang hari. Bagaimana, apa kamu juga ingin menikmati segarnya Es Oyen Surabaya ?

Surabaya menjadi salah satu kota terbesar, yang banyak dikunjungi oleh pelaku bisnis maupun para wisatawan. Menjadi kota sentral industri, bisnis kuliner di kota pahlawan ini pun semakin berkembang dari waktu ke waktu. Jika kalian memiliki waktu mengunjungi Surabaya, beberapa makanan dan minuman khasnya patut untuk dicoba.