15 Minuman & Makanan Khas Tasikmalaya yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Tasikmalaya

Berkunjung ke sebuah kota yang berada di Indonesia, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba untuk mencicipi salah satu makanan dan minuman khas favorit yang berada di daerah tersebut. Untuk itu, ketika Anda sedang berkunjung ke Tasikmalaya, Anda pun juga tak boleh melewatkan beberapa makanan dan minuman khas yang berada di daerah ini. Kali ini akan diulas beberapa makanan yang harus Anda coba ketika berada di Tasikmalaya.

1. Tahu Bulat

Tahu Bulat

Image Credit by Grandfood.co.id

Makanan pertama yang bisa untuk Anda coba adalah tahu bulat. Makanan yang sempat menjadi viral belakangan tahun ini, dulunya merupakan makanan  yang menjadi kuliner yang wajib untuk Anda coba ketika berada di Tasikmalaya. Dengan rasa yang khas ini, maka makanan ini pun menjadi favorit banyak orang ketika sedang berada di Tasikmalaya.

2. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk

Image Credit by Mesinpengemas.id

Kuliner satu ini juga merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Tasikmalaya, dimana kalua jeruk adalah sebuah manisan. Kudapan yang terbuat dari kulit jeruk yang berpadu dengan gula dan perasa unik lainnya seperti strawberry atau durian ini akan membuat Anda ingin mencoba manisan satu ini ketika sedang berada di Tasikmalaya.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit by Dinasuciwahyuni.blogspot.com

Sate maranggi merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan daging sapi yang dipotong secara besar-besar. Daging yang telah dipotong tersebut kemudian disiram dengan sambal kecap dan disajikan dengan siraman bumbu kacang yang sesuai dengan selera anda. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Tasikmalaya, maka Anda pun perlu untuk mencoba makanan satu ini.

4. Ladu

Ladu

Image Credit by Cookpad.com

Ketika sedang berada di daerah Tasikmalaya, maka Anda pun perlu untuk mencoba makanan satu ini. Ladu merupakan salah satu makanan rinagn yang memiliki bahan utama yakni beras ketan yang mempunyai cita rasa yang manis. Dengan memiliki tekstur layaknya dodol garut, makanan ini pun biasanya akan sangat sering untuk Anda jumpai ketika lebaran tiba. Akan tetapi, saat ini pun terdapat banyak toko oleh-oleh yang telah menyediakan jajanan satu ini.

5. Kue Aci

Kue Aci

Image Credit by Lazada.co.id (Imperial_Shop)

Kue yang terbuat dari bahan dasar aci ataupun tepung tapioka ini menjadi salah satu jajanan yang bisa untuk Anda bawa pulang saar sedang berada di Tasikmalaya. Kue yang berupa campuran tepung tapioka , gula, mentega dan juga telur ini diubah menjadi adonan kue yang memiliki cita rasa manis sehingga sangat cocok untuk menemani waktu ngeteh Anda di sore hari.

6. Noga Kacang

Noga Kacang

Image Credit by Travelingholic.com

Makanan khas dari kota Tasikmalaya satu ini merupakan salah satu makana yang banyak diproduksi di daerah Indihiang. Noga kacang adalah makanan yang sudah ada sejak tahun 1982 dan mempunyai sejarah khusus di Tasikmalaya ini. Jajanan yang memiliki tekstur rasa gurih ini pun terbuat dari campuran kacang tanah dan gula pasir, dimana pembuatannya tanpa pemanis ataupun pengawet buatan.

7. Godeblag

Godeblag

Image Credit by Pasar.mediadesa.id

Makanan ringan satu ini merupakan kuliner yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Diracik dengan bumbu yang melimpah ini membuat salah satu kuliner khas Tasikmalaya tersebut harus Anda cicipi ketika berada di daerah Tasikmalaya. Jika Anda ingin mencicipinya, maka Anda pun bisa datang ke sentra penghasil godeblag yang berada di daerah Manonjaya ini.

8. Citruk

Citruk

Image Credit by Bukalapak.com (MAGNET Corps)

Mencari camilan untuk menemani waktu santai atau nonton tv anda? Maka Anda pun bisa mencoba salah satu kuliner jadul yang ada di Tasikmalaya ini. Citruk adalah salah satu jajanan khas Tasikmalaya yang memiliki bentuk sejenis kerupuk dan terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu yang dibentuk mirip koin logam. Dengan memiliki tekstur yang keras tetapi renyah ini, citruk dapat menjadi salah satu camilan yang disukai masyarakat Tasikmalaya.

9. Kolontong

Kolontong

Image Credit by Picpanzee.com

Jajanan satu ini pasti akan sering kali Anda jumpai ketika berada di Tasikmalaya. Cemilan yang terbuat dari beras ketan yang diolah dengan bahan-bahan dan bumbu khusus ini nantinya akan menghasilkan rasa lezat yang akan membuat Anda ketagihan. Tak heran jika makanan satu ini pun menjadi oleh-oleh wajib yang bisa Anda bawa pulang ketika berada di Tasikmalaya.

10. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Image Credit by Garvingoei.com

Jika Anda mencari makanan berat yang jarang untuk Anda temui di tempat lain, maka Anda pun bisa mencoba nasi tutug oncom yang sangat lezat ini. Pembuatan oncom ini pun cukup mudah, yakni Anda hanya tinggal menyangrai oncom kemudian Anda pun bisa mengulek bumbu hingga halus dan menumisnya. Selanjutnya Anda pun bisa menambahkan nasi dan mengaduknya hingga tercampur rata dengan bumbu dan oncom. Setelah itu, sajikan dengan beragam lauk pauk yang sesuai dengan selera anda.

11. Nasi Cikur

Nasi Cikur

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Nasi cikur merupakan salah satu makanan yang dijual di salah satu warung di Tasikmalaya. Warung yang terletak di jalan Penyerutan dan jalan Tentara ini menyediakan makanan berupa olahan nasi cikur yang terbilang sangat lezat. Nasi satu ini merupakan salah satu menu yang terlihat sederhana, dengan tambahan lauk berupa tempe dan ayam serta lalapan yang akan menambah selera makan anda.

12. Rengginang Oyek

Rengginang Oyek

Image Credit by Indonesian-medan-food.blogspot.com

Rengginang merupakan jajanan yang wajib untuk Anda bawa pulang ketika berada di Tasikmalaya. Untuk itu, ketika berada di kota ini pun Anda bisa mencoba rengginang yang terbuat dari beras ketan satu ini. Makanan ini pun diolah dengan waktu yang cukup lama dan juga melalui tahapan yang panjang sehingga nantinya akan dapat untuk menghasilkan cita rasa yang enak.

Meskipun melalui proses pengolahan yang sangat panjang, makanan ini pun kerap kali menjadi salah satu makanan primadona dari kota Tasikmalaya. Tak heran jika banyak wisatawan akan membawa pulang makanan satu ini sebagai salah satu bentuk buah tangan yang wajib untuk Anda bawa pulang ketika sedang berada di Tasikmalaya.

13. Bubur Ayam Haji Zaenal

Bubur Ayam Haji Zaenal

Image Credit by Diskon.com

Mencicipi bubur ayam untuk sarapan merupakan hal yang wajib untuk Anda coba ketika berada di kota Tasikmalaya. Pasalnya, terdapat salah satu bubur ayam yang terkenal di dearah Tasik yakni bubur ayam Haji Zaenal yang wajib untuk Anda coba ketika berada disini. Cita rasa bubur ayam yang gurih ini, tentu saja akan menjadikan bubur ayam satu ini menjadi salah satu makanan yang bisa Anda coba ketika berada di daerah Tasikmalaya.

Untuk itu ketika berkunjung kesini, ada baiknya Anda pun juga mencoba salah satu makanan yang selalu dipadati pengunjung dan ramai ini. Selain itu, bubur ayam yang berada di jalan Kalektoran ini juga memiliki rasa yang enak. Sehingga tak heran jika makanan satu ini pun banyak peminat dan menjadi makanan yang bisa Anda coba ketika berada di Tasikmalaya.

14. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

Image Credit by Indonesiafoodbiz.com

Makanan favorit lain yang bisa untuk Anda coba ketika berada di kota Tasikmalaya adalah soto ayam Pataruman. Soto ini merupakan salah satu makanan legendaris yang berada di Tasik yang bisa Anda coba ketika berkunjung kesini. Selain itu, kuliner satu ini pun telah berdiri sejak tahun 1960 an sehingga tak heran soto ayam satu ini mempunyai banyak peminat dan menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari ketika berada di Tasikmalaya.

15. Es Bojong

Es Bojong

Image Credit by Wisata-tanahair.com

Setelah dari tadi hanya membahasa makanan khas yang berada di kota Tasikmalaya, maka saat ini pun Anda juga bisa untuk mencicipi minuman yag hanya bisa Anda temui ketika berada di kota satu ini. Minuman khas satu ini merupakan salah satu minuman sirup legendaris yang bisa untuk Anda temui di kota ini.

Dengan mempunyai isi yakni berupa nanas, alpukat, cincau, tape ketan, hingga durian ini akan menjadi salah satu minuman segar yang cocok untuk Anda nikmati di tengah terik matahari. Untuk itu, ketika Anda sedang berjalan – jalan di kota Tasikmalaya, ada baiknya Anda bisa mencoba minuman ini untuk mengobatai rasa panas di kota satu ini.

Untuk itu, ketika Anda sedang berada di kota satu ini maka sebaiknya Anda bisa mencoba salah satu makanan ataupun minuman yang khas di Tasikmalaya ini. Dengan menikmati makanan tersebut, maka Anda pun tentu saja akan bisa mencicipi makanan yang khas di daerah Tasik dan juga akan menambah pengetahuan Anda akan makanan yang tersedia di daerah tersebut.