15 Minuman & Makanan Khas Tegal yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Tegal

Tidak bisa ditolak bahwa setiap daerah di Indonesia yang kaya akan budaya ini juga mempengaruhi kekayaan kulinernya. Bahkan kuliner juga bisa menjadi tujuan wisata yang menarik ketika kaki telah lelah berpetualanga. Jika Anda sedang menginjakkan kaki di kota Tegal, tak ada salahnya untuk menjajal ragam kuliner khasnya. Anda tentunya juga tak asing dengan hadirnya Warteg di seluruh Indonesia. Sebenarnya apa saja makanan dan minuman khas dari Tegal? Yuk simak ulasannya.

1. Kemronyos

Kemronyos

Image Credit by Jateng.tribunnews.com

Kemronyos merupakan sate dengan bahan dasar daging kambing. Yang membedakan sate khas Tegal ini dengan sate kambing daerah lainnya adalah tidak menggunakan bumbu saat dibakar. Sehingga cita rasa dari dagingnya memang benar benar keluar. Bagi Anda yang menyukai kuliner dengan bahan daging sapi menu satu ini bisa menjadi pilihan. Penyajiannya akan semakin nikmat dengan tambahan kecap, sambal serta sayuran yang tersedia.

Menu satu ini menjadi menu yang digemari oleh masyarakat Tegal karena rasanya yang memang lezat. Pada malam hari menjadi waktu yang tepat untuk mencari kudapan yang lezat ini. Jangan lupa untuk tambahkan nasi, acar dan tambahan lainnya yang akan menambah kenikmatan kemronyos ini. Beberapa tempat juga menyajikan makanan ini di atas hotplate sehingga tetap panas dan menggugah selera.

2. Kupat Glabed

Kupat Glabed

Image Credit by Diahdidi.com

Makanan yang harus Anda coba selanjutnya ketika menginjakkan kaki di kota Tegal yaitu Kupat Glabed. Makanan satu ini merupakan ketupat yang dipotong potong kemudian ditambahkan tempe goreng. Untuk menambah rasanya semakin mantap ditambahkan kerupuk dan bawang goreng diatasnya. Setelah itu disiram dengan kuah glabed atau kuah kental. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas bisa ditambahkan dengan sambal.

Agar lebih nikmat menu tambahan seperti sate kerang dan sate ayam bisa menjadi pendampingnya. Jika Anda ingin menikmati Kupat Glabed yang memiliki rasa yang enak bisa mengunjungi warung makan yang berada di depan persis stasiun Tegal. Warung ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Tegal sehingga untuk rasa tidak perlu di ragukan lagi. Meskipun memiliki nama yang terbilang asing namun makanan khas tetap menjadi buruan.

BACA JUGA:  5 Makanan Khas Sukoharjo yang Wajib Anda Coba

3. Sega Lengko

Sega Lengko

Image Credit by Pesona.travel

Nasi Lengko atau yang akrab dengan sego lengko ini merupakan nasi yang memiliki beragam lauk. Mulai dari tahu tempe, potongan kol, tauge hingga sambal kacang. Untuk menambah ras kriuk biasanya ditambahkan dengan kerupuk dan juga bawang goreng. Makanan khas dari Tegal satu ini kaya akan nustrisi karena terdiri dari sayuran dan juga sumber protein seperti tempe dan tahu. Tertarik untuk mencoba kuliner satu ini?

4. Teh Poci

Teh Poci

Image Credit by Myzozieman.blogspot.com

Teh Poci khas dari Tegal bukanlah teh dengan merk tersebut. Melainkan teh yang berasal dari daerah Slawi, dimana teh diseduh dengan menggunakan poci dari gerabah. Yang membuat teh dari Tegal ini terasa khas adalah penggunaan gula batu untuk pemanisnya. Aroma teh akan menguar khas karena yang digunakan poci gerabah. Kegiatan minum teh ini oleh masyarakat sekitar sering dikenal dengan nama Moci.

5. Latopia

Latopia

Image Credit by Bobo.grid.id

Latopia merupakan jajanan ringan khas Tegal yang juga sering dijadikan oleh oleh untuk para pelancong. Jajanan ini mirip dengan bakpia hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar dan juga dengan kulit yang lebih tebal. Isian Latopia sangat beragam mulai dari coklat yang paling umum hingga keju dan kacang hijau. Rasanya yang manis dan gurih akan menggoyang lidah siapapun yang memakanan jananan ini.

6. Nasi Bogana

Nasi Bogana

Image Credit by Nasikentjana.com

Makanan satu ini bisa dikatakan mirip dengan kuliner nasi Rames. Nasi Bogana sendiri merupakan nasi putih dengan berbagai lauk pendampingnya. Mulai dari opor ayam, kari ayam, oseng tempe, telur pindang hingga dendeng. Semakin nikmat dengan taburan serundeng yang gurih. Panganan satu ini disajikan di atas daun pisang yang membuat rasanya semakin mantap. Mengingat penggunaan daun pisang bisa menambah cita rasa makanan.

7. Kupat Bongkok

Kupat Bongkok

Image Credit by Cahbongkok.blogspot.com

Kupat Bongkok menjadi makanan yang harus Anda coba ketika mampir di Tegal. Makanan ini lebih sering di santap ketika mudim tiba dan dihidangkan ketika keluarga berkumpul. Kupat Bongkok adalah olahan yang berbahan dasar tempe yang telah dibusukkan atau kerap disebut semangit. Meskipun sudah busuk bukan berarti tempe tidak bisa di makan justru membuat rasanya semakin enak dan memberi aroma khas pada hasil masakannya.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Wajib Anda Bawa Pulang

8. Es Lontrong

Es Lontrong

Image Credit by Jejakpiknik.com

Selain makanan, Tegal juga memiliki minuman legendaris yang harus Anda coba ketika ke Tegal. Es Lontrang sendiri terdiri dari cincau dan kacang hijau sebagai isiannya. Semakin mantap dengan tambahan gula merah dan juga santan. Jika ingin menikmati es lontrang yang sudah terkenal, Anda bisa menikmati kesegarannya di Jl. Mayjend Sutoyo di daerah Slawi. Menikmati es Lontrang ketika sedang terik tentunya akan melepas dahaga anda.

9. Kacang Bogares

Kacang Bogares

Image Credit by Ayotegal.com

Kacang Bogares merupakan camilan yang juga menjadi makanan khas dari Tegal. Rasanya yang gurih, asin, manis dan renyah sangat digemari oleh penduduk Tegal. Kacang ini selalu hadir untuk menjadi jamuan ketika ada tamu di rumah. Kacang Bogares juga bisa menjadi alternatif oleh oleh keluarga di rumah. Banyak sekali penjual oleh oleh yang bisa Anda tuju salah satunya di daerah dekat alun alun kota Tegal.

10. Soto Tauco

Soto Tauco

Image Credit by Cendananews.com

Soto setiap daerah di Indonesia memang selalu memiliki rasa khas yang wajib untuk di coba. Di Tegal Anda bisa menikmati soto tauco yang memiliki cita rasa unik dibandingkan dengan soto yang biasanya ditemui. Soto tauco memiliki raas manis, asin dan sedikit asam dengan aroma dan rasa taucoyang kenyal. Dalam satu porsi soto tauco terdiri dari potongan babat, ayam yang disuwir, tauco dan tauge serta tambahan bawang goreng dan bawang prei.

11. Rujak Teplak

Rujak Teplak

Image Credit by Twitter.com @Infotegal

Kuliner satu ini termasuk kuliner sehat karena di dalamnya mengandung banyak sayuran. Rujak Teplak memiliki sambal khas yang didalamnya terdapat campuran singkong. Rujak teplak berisikan sayuran hiaju seperti daun singkong, kangkung, tauge, kol dan pare. Agar semakin nikmat dengan tambahan kerupuk. Sekilas makanan ini mirip dengan Semanggi di Surabaya.

BACA JUGA:  8 Mall di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

12. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol

Image Credit by Ayosemarang.com

Nasi Ponggol menjadi makanan yang banyak disantap untuk menu sarapan masyarakat Tegal. Nasi Ponggol dibungkus dengan daun pisang dengan isian sambal goreng tempe di dalamnya. Porsinya juga terbilang sedikit seperti nasi kucing di Jogja. Nasi Ponggol meskipun sederhana namun sangat populer. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini saat pagi maupun di malam hari.

13. Es Sagwan

Es Sagwan

Image Credit by Jatenglive.com

Petualangan kulineran di Tegal akan semakin lengkap dengan mencicipi Es Sagwan sebagai hidangan penutup. Di dalam es Sagwan terdapat butiran berwarna putih yang terbuat dari tepung kanji. Biasanya bentuknya panjang panjang, yang telah diberi dengan es batu. Pilihan rasanya bisa disesuaikan dengan selera pembelinya. Ada yang rasa strawberry dan juga coklat yang bisa Anda pilih ketika ingin menyantap es segar asli Tegal ini.

14. Tahu Aci

Tahu Aci

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Tahu aci adalah jajanan khas dari Tegal yang akan nikmat disantap ketika hangat. Tahu aci sendiri merupakan tahu dengan isian aci yang kemudian di goreng. Makanan ini sangat populer bahkan saking terkenalnya makanan sampai dibuatkan patung tahu aci yang terletak di Kabupaten Tegal. Tak heran jika Anda akan sangat mudah menjumpai penjual tahu aci di seluruh daerah di kota Tegal. Selain dicocol sambel Anda juga bisa menyandingkan dengan cabe.

15. Glotak

Glotak

Image Credit by Cookpad.com

Glotak namanya terbilang unik dan diambil dari proses pemasakan yang menghasilkan bunyi klotak klotak. Glotak merupakan kuliner khas dari Tegal yang berbahan dasar gembus dengan tambahan kaldu dari tulang sapi atau ayam. Glotak bisa Anda jumpai di beberapa pasar pasar tradisional di kota Tegal. Menyantapnya akan semakin nikmati jika ditambahkan dengan kerupuk antor. Tertarik untuk menikmati makanan unik satu ini?

Makanan khas kota Tegal terdiri dari makanan berat dan juga camilan yang tersohor. Bahkan beberapa di antaranya juga bisa dijadikan oleh oleh karena bisa tahan lama. Jika Anda sedang ke Tegal tak ada salahnya untuk menjajal aneka kulineran di kota Tegal ini. Apalagi ada beberapa warung makan yang sudah ada sejak lama sehingga bisa dipastikan jika rasanya tak diragukan lagi.