Museum Gunung Merapi merupakan museum bersejarah yang ikonik di Sleman, Yogyakarta yang dijadikan sarana edukasi memahami gunung berapi. Museum ini juga dilengkapi dengan koleksi sisa letusan Gunung Merapi.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00-15.30 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kawasan Yogyakarta yang berada di Jawa Tengah ini, tidak hanya dikenal dengan ragam destinasi yang menawarkan pesona alam memukau. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Kota Pelajar ini juga mengedepankan tempat wisata edukatif yang wajib disinggahi, salah satunya yakni Museum Gunung Merapi. Penasaran seperti apa museum edukatif ini? Berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Gunung Merapi

Daya Tarik Museum Gunung Merapi
Image Credit: Facebook.com @fairpricetourtravel

Museum ikonik ini memiliki luas bangunan berkisar 4470meter persegi dan berdiri di atas permukaan lahan kisaran 3,5 Ha. Diketahui bangunan yang menyediakan ragam ilmu pengetahuan baru ini, diprakarsai oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, pada Departemen ESDM.

Museum megah ini terdiri atas dua lantai. Yang mana saat memasuki area wisata, pengunjung akan disambut hangat dengan hiasan maket Gunung Merapi berukuran besar. Tidak hanya berupa hiasan saja, tetapi maket tersebut mengeluarkan suara gemuruh dan tampilan asap dari dalam gunung.

Di samping itu, ada pula tombol tahun yang jika ditekan, maka akan menampilkan peragaan erupsi yang sesuai dengan kondisi terjadinya kejadian erupsi pada tahun tersebut. Kehadiran fasilitas unik ini tentu saja membuat banyak wisatawan yang datang berkunjung menjadi takjub dan terpesona.

Ditempat ini, ada pula beberapa peralatan lengkap yang berkaitan dengan pemantau aktivitas gunung. Contohnya saja seperti teleskop, seismograf, alat pengolah data, dan alat pencatat aktivitas Gunung Merapi. Ditambahkan pula, museum ini juga menyediakan piranti kuno yang umumnya digunakan petugas peneliti aktivitas gunung merapi di masa lampau.

Menelisik lebih jauh, Museum Gunung Merapi menghadirkan ragam informasi seputar kawasan atau daerah yang tergolong rawan terkena bencana serta semburan detail endapan lava gunung merapi. Tidak hanya itu saja, tetapi ada pula benda dari korban bunker Kaliadem yang terjadi kisaran tahun 2006 lalu, yakni berupa sepeda motor yang terkena semburan dari wedus gembel saat itu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Museum Gunung Merapi

Alamat Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (Dan Jezreel Orendain)

Alamat lengkap kawasan wisata edukatif ini berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Sleman, Jawa Tengah. Jika wisatawan berangkat dari pusat kota Jogja, perjalanan yang ditempuh kurang lebih berkisar 25 kilometer. Sedangkan jangka waktu untuk bisa tiba di Museum Gunung Merapi yakni berkisar 45 hingga 60 menit.

Akses menuju tempat museum terbilang cukup mudah, karena keberadaannya terletak satu jalur dengan kawasan wisata Kaliurang. Apabila berangkat dari Jogja, Anda bisa menyusuri jalur yang berada di jalan Kaliurang. Berkisar jarak 20 kilometer, Anda bisa berbelok ke arah kiri lalu ikuti jalan menuju objek wisata Kaliurang.

Tidak butuh waktu lama, nantinya Anda akan menemukan gerbang masuk kawasan wisata Kaliurang. Jika sudah melewatinya, Anda cukup berbelok ke arah kanan. Di tempat itulah wisatawan bisa melihat museum ini yang lokasinya persis berada di ujung jalan tersebut.

Tiket masuk gedung museum tergolong sangat murah. Sebab pengunjung hanya diharuskan membayar uang tiket berikhtiar 3 ribu per orang. Sedangkan untuk karcis parkir, berlaku tarif normal. Yaitu berkisar 2 ribu untuk kendaraan roda dua, dan kisaran 3 ribu untuk kendaraan roda empat.

Hari operasional museum yakni pada hari selasa hingga hari kamis, serta hari sabtu dan minggu. Museum ini beroperasi mengikuti jam wisata pada umumnya, mulai dari jam 8 pagi hingga jam setengah 4 sore. Namun berbeda saat hari jumat, dimana museum buka pada jam 8 pagi, dan tutup di jam setengah 3 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Museum Gunung Merapi

Kegiatan di Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (Zakariya Arif)

1. Menambah Wawasan Gunung Merapi dan Gunung Api Lainnya

Berkunjung ke museum ini, Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang berekanan dengan gunung gunung berapi dunia, khususnya juga informasi tentang Gunung Merapi itu sendiri. Beragam informasi tersebut disajikan dengan sangat informatif dan tentunya tidak membosankan.

Diantaranya seperti sajian berupa rangkaian foto yang menawan, replika, gambar ilustrasi, hingga tersedianya tayangan yang diputar pada layar LCD. Memasuki zona Gunung Api, Anda bisa menekan tombol yang terletak di samping nama gunung. Saat menekan tombol, nantinya akan ada lampu kecil yang menyala dan menandai lokasi gunung tersebut di peta dunia maupun peta Indonesia.

Jika dilihat dari segi interior ruangannya, museum tidak akan membuat pengunjung bosan. Karena di setiap sudut ruangan terdapat banyak hal menarik yang patut untuk dicoba. Bahkan di lantai 2 pun juga terdapat lorong cincin api yang dijadikan sebagai lokasi wajib untuk berswafoto saat berkunjung ke museum Gunung merapi.

Kegiatan Museum Gunung Merapi
Image Credit: Facebook.com @javasatour

2. Menyaksikan Film Mahaguru Merapi

Masih di lantai 2, Anda akan melihat teater mini yang menayangkan film pendek dengan durasi kisaran 24 menit. Film tersebut berjudul Mahaguru Merapi, yang mengisahkan tentang dua sisi berbeda dari Gunung Merapi. Yang mana saat Merapi sedang tertidur, keberadaannya menjadi ladang berkah bagi penduduk yang bermukim di sekitarnya.

Dimana tanah menjadi subur, mata air mengalir deras, serta pasir dan juga batuan menjadi sumber penghidupan bagi warga karena dapat diperjual belikan. Namun tatkala Merapi mulai bergejolak dengan ganasnya, gunung ini mampu menghancurkan semuanya tanpa ada sisa sedikitpun dan menjadi ancaman untuk penduduk.

Meskipun demikian, masyarakat setempat tetap mencintai Merapi dan lebih memilih untuk menetap dan tinggal di dekatnya. Dengan menonton alur cerita Merapi ini, Anda menjadi tahu dan juga mengenal lebih dekat sosok Gunung Merapi nan Agung yang memiliki banyak pesona keindahan di setiap hamparannya.

Penginapan Murah di Sekitar Museum Gunung Merapi

Penginapan Museum Gunung Merapi
Image Credit: Tiket.com

Memilih tempat wisata yang dekat dengan penginapan adalah pilihan yang selalu menjadi pertimbangan para wisatawan, termasuk juga mereka yang hendak berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Di lokasi museum, sudah terdapat banyak hunian yang bisa dijadikan sebagai penginapan untuk melepas lelah. Diantaranya yakni Griya Persada Convention Hotel and Resort Kaliurang.

Berlokasi di kaki Gunung Merapi, hotel ini menyuguhkan sejuknya udara dengan pemandangan alam yang mempesona. Fasilitas pelengkap yang disediakan juga sangat memadai dan berkualitas. Mulai dari akses internet gratis, air conditioning, hingga tempat tidur nyaman untuk tempat istirahat.

Agar kenyamanan para tamu semakin terjamin, pihak hotel menyediakan banyak fasilitas umum yang dapat dinikmati. Misalnya saja seperti kolam renang outdoor, tempat fitness dan aerobik, restaurant untuk tempat bersantap, dan juga layanan kamar yang tersedia selama 24 jam. Harga menginap satu malamnya pun cukup terjangkau, yakni berkisar 400 ribu.

Penginapan selanjutnya yang berlokasi kurang lebih 1 kilometer dari Museum Gunung Merapi, yaitu D’Kaliurang Resort & Convention. Hunian yang mengusung konsep rumah bambu ini, memberikan kesan unik dengan adanya sentuhan setiap unit kamar yang terbilang mewah. Strategisnya tempat ini, juga mampu menghasilkan suasana yang sejuk dan menyegarkan untuk para tamu.

Saat menginjak di unit kamarnya, wisatawan bisa merasakan nuansa tradisional yang ditawarkan pada setiap sudut ruangannya. Mulai dari hiasan dinding dengan gambar Gunung Merapi, hingga cermin dengan dekorasi ukiran kayu khas tanah Jawa. Cukup mengeluarkan biaya per malam kisaran 200 ribu, dijamin Anda akan betah berlama lama disini.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Gunung Merapi Jogja

Fasilitas Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (Meiliana Eka)

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, sebab fasilitas Museum Gunung Merapi pun cukup memadai untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Diantaranya seperti kamar mandi umum yang bersih dan nyaman, dan ruangan mushola untuk tempat beribadah umat Islam.

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan roda empat, Anda tidak perlu khawatir akan kesusahan mendapatkan lahan parkir. Pasalnya di tempat ini sudah disediakan parkiran mobil yang cukup luas dan sangat memadai. Dengan begitu, semua kendaraan wisatawan akan berbaris rapi dan pastinya dibawah pengawasan ketat pihak pengelola.

Pada area ini, Anda juga bisa memanfaatkan hunting foto yang cantik dan instagrammable. Hal tersebut dikarenakan ada pelataran dan halaman di depan Museum Gunung Merapi yang memiliki ukuran sangat luas. Jadi tidak heran apabila banyak pengunjung yang memanfaatkan momen ini untuk berswafoto bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Menjadi destinasi wisata favorit, tentu saja di sekitaran museum telah disediakan toko souvenir bagi wisatawan yang ingin membawa buah tangan usai berkunjung. Diantaranya seperti miniatur, pernak pernik yang berhubungan dengan Gunung Merapi, dan juga kaos keren yang bisa digunakan saat bepergian.

Namun sayangnya, area wisata ini belum memiliki restoran makan yang memadai. Tapi ini bukanlah persoalan yang besar, karena wisatawan bisa mencarinya di sekitar Gunung Merapi. Karena disana terdapat beberapa warung makanan khas Jawa Tengah yang dikelola sendiri oleh penduduk setempat.

Demikian ulasan singkat seputar Museum Gunung Merapi yang merupakan salah satu objek wisata terkenal yang berada di Yogyakarta. Tidak hanya menjadi destinasi berwisata, namun museum ini juga dijadikan sebagai tempat penuh wawasan yang berkaitan dengan gunung yang berada di Indonesia. Dengan mengajak keluarga atau teman dekat, tentu akan menjadi pengalaman liburan yang berkesan.