23 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Bandung

Ketika berlibur ke suatu kota tidak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan. Oleh-oleh memang menjadi hal yang selalu dilontarkan oleh keluarga maupun teman ketika kita sedang berpergian. Mengunjungi kota Bandung, kamu bisa membawa beberapa oleh-oleh yang siap kamu borong ketika pulang. Untuk menjadi referensi yuk simak ulasan berikut mengenai, oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang.

1. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Image Credit by Wartawisata.id

Peyeum memang sangat identik dengan kota Bandung dan mudah untuk mendapatkannya. Jika di luar kota Bandung mungkin menyebut Peyeum sebagai tape. Yang membedakan dengan peyeum Bandung adalah teksturnya yang lebih kering, karena proses pembuatannya yang berbeda. Kamu bisa mencarinya di daerah Cihampelas karena banyak yang menjualnya di kawasan ini. Peuyeum ini bisa dinikmati begitu mencapai 2 atau 3 hari setelah membeli.

2. Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Satu lagi oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan ketika kamu mengunjungi Bandung. Toko oleh-oleh ini bahkan menjadi langganan serta favorit para pelancong ketika mengunjungi Bandung. Kamu bisa menemukan Pisang Bollen di toko pusatnya yang beralamat di Jl. H. Akbar No.4 Kebun Kawung. Selain dipusatnya kamu juga bisa membeli di beberapa cabang seperti di Jl. Dago, Cihampelas dan Jl. Pasteur.

3. Picnic Roll Primarasa

Picnic Roll Primarasa

Image Credit by Ksmtour.com

Ketika ke Bandung dan mencari buah tangan kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh Primarasa. Pusat oleh-oleh ini menjual makanan yang menjadi makanan khas dan juga terkenal yakni Picnic Roll. Picnic roll ini adalah daging cincang yang diolah dengan bumbu khusus, kemudian dimasukkan kulit pastri yang didalamnya berisi telur. Selanjutnya di bakar sudah pasti rasanya sangat lezat. Salah satu cabang yang bisa kamu tuju berada di Jl.Pasirkaliki.

4. Surabi Bandung

Surabi Bandung

Image Credit by Dolandolen.com

Oleh-oleh Bandung yang bisa kamu jadikan buah tangan selanjutnya adalah Surabi Bandung. Meskipun makanan ini termasuk makanan tradisional namun kini dia hadir semakin modern. Banyak inovasi yang membuatnya lebih cantik dan juga lezat. Salah satu tempat membeli Surabi Bandung yang terkenal berada di Jl. Setiabudi. Harganya yang murah meriah sangat cocok jika membelinya dalam jumlah banyak.

5. Kafetaria Pia 170

Kafetaria Pia 170

Image Credit by Tesyasblog.com

Tidak hanya Jogja yang miliki bakpia, kota Kembang juga memiliki bakpia andalan yakni Kafetaria Pia 170. Rasa paling unggulan dan banyak dicari adalah rasa butterscotch yang bisa kamu rasakan sendiri. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 30 ribuan kamu sudah bisa membawa pulang bakpia kenamaan ini. Kamu bisa membelinya di Jl. HOS Cokroaminoto.

6. Kopi Aroma

Kopi Aroma

Image Credit by Kopiaromabandung.net

Selain aneka jajanan kamu juga bisa membawa pulang kopi aroma. Kopi legendaris asal Bandung ini telah berdiri sejak tahun 1930 ini populer hingga manca negara. Proses pembuatan kopi ini masih mengunakan alat tradisional sehingga cita rasanya sangat khas. Kamu bisa menuju Jl. Bancey No. 51, Braga untuk mendapatkan aneka kopi ini. Namun kamu harus ingat jika hari minggu atau hari libur toko Kopi Aroma tutup.

7. Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Image Credit by Kompaswisata.com

Mampir ke Lembang tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya namun, juga bisa membeli kerajinannya untuk buah tangan. Kamu bisa membawa pulang tas anyaman atau kerajinan bambu yang memiliki keunikan tersendiri. Datang saja ke Jl. Lembang maka kamu akan bisa menemukan banyak kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

8. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang

Image Credit by Pergidulu.com

Jika kamu masih bingung membeli buah tangan untuk keluarga di rumah, kamu bisa membeli tahu susu Lembang. Tak hanya cita rasanya yang terkenal lezat, terksturnya juga lembut serta kenyal. Menikmati tahu goreng hangat dengan cocolan sambal kecap bersama keluarga pasti akan terasa nikmat. Tahu susu Lembang beralamat di Jl. Raya Lembang No. 177 Jayagiri, Lembang.

9. Keripik Moring

Keripik Moring

Image Credit by Bukalapak.com (Juragan Pangan)

Makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh Khas dari kota Kembang selanjutnya adalah Keripik Moring. Moring merupakan kepanjangan dari cimol kering yang bisa kamu jadikan buah tangan. Moring memiliki dua pilihan rasa yakni pedas dan asin yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Biasanya moring dikonsumsi dengan makanan yang berkuah.

10. Bandung Makuta

Bandung Makuta

Image Credit by Prelo.co.id

Kue artis juga bisa kamu bawa pulang untuk jadi oleh-oleh lho. Bandung Makuta merupakan kue miliki Laudya Cynthia Bella yang sedang digandrungi. Bandung Makuta seperti snow cake yang memiliki banyak varian rasa. Mulai dari rasa cokelat hingga lemon maupun blueberry yang menggoda.  Ada 4 cabang yang bisa kamu tuju untuk mendapatkan kue ini salah satunya di Jl. Van Deventer No 2, Kebon Pisang, Sumur Bandung.

11. Rujak Cireng

Rujak Cireng

Image Credit by Pinterest.ch @myfunfoodiary

Makanan ini merupakan inovasi baru untuk jajanan cireng. Rasanya yang gurih membuat kudapan satu ini banyak diburu oleh para penggemarnya. Kini Cireng hadir dengan bumbu rujak manis pedas sebagai tambahan. Rujak Cireng ini banyak dipasarkan dalam keadaan mentah sehingga kamu bisa menggorengnya di rumah.

12. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Image Credit by Rainbowskitchen.wordpress.com

Salah satu alternatif panganan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Gepuk Nyonya Ong. Gepuk sendiri menjadi makanan khas Bandung yang populer yang berbahan daging sapi atau daging ayam. Kamu bisa mendapatkan Gepuk Nyonya Ong di Jl. Dr. Djunjunan 155E yang selalu ramai pembeli. Tak hanya menghadirkan ras original Gepung Nyonya Ong juga tersedia berbagai varian rasa yang lezat.

13. Oncom Raos

Oncom Raos

Image Credit by Reddoorz.com

Oncom adalah salah satu produk olahan dari kacang yang telah melalui proses fermentasi. Mengunjungi kota kembang tak lengkap rasanya jika tak membawa makanan satu ini. Merk kenamaan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Oncom Raos. Kamu bisa menemukannya di daerah Jl. Cihampelas dekat dengan Cihampelas Walk.

14. Brownies Kukus Amanda

Brownies Kukus Amanda

Image Credit by Jualo.com

Berdiri sejak tahun 2000 lalu membuat brownies Amanda masuk ke dalam daftar oleh-oleh Khas dari Bandung yang tidak bisa dilewatkan. Brownies Amanda memang bisa dibeli di beberapa kota di Indonesia tanpa perlu ke Bandung. Namun membelinya di kota asalnya akan memberikan sensasi berbeda. Kamu bisa membelinya di Jl. Rancabolang No 29 Margahayu Raya.

15. Tempe Gila

Tempe Gila

Image Credit by Yogadibandung.wordpress.com

Camilan yang bisa kamu coba dan rasakan yaitu Tempe Gila. Keripik tempe ini memiliki beberapa level kepedasan yang bisa kamu jajal. Bagi kamu pecinta makanan pedas bisa mencoba oleh-oleh satu ini. Kamu juga bisa memperolehnya dengan mudah karena banyak yang menjualnya. Seperti di daerah Terminal Leuwi misalnya.

16. Souvenir Wayang Golek

Souvenir Wayang Golek

Image Credit by Akurat.co

Wayang Golek juga cukup unik untuk dijadikan oleh-oleh ketika kamu mengunjungi kota Bandung. Aneka wayang golek keren ini bisa kamu temukan di daerah Cupamanik tepatnya di Jl. H. Akbar No.10 Pasir Kaliki. Harga yang ditawarkan cukup beragam yakni mulai dari Rp. 50 ribuan ke atas. Untuk jam operasionalnya mulai dari jam 08.00 hingga jam 16.00.

17. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Image Credit by Infobdg.com

Selain makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh selanjutnya adalah sepatu atau tas khas Cibaduyut. Produk sepatu dan tas dari daerah ini memang populer dan juga dikenal memiliki harga yang murah. Di sepanjang jalan kamu akan dengan mudah menemukan tas dan sepatu yang kamu cari. Membeli oleh-oleh ini juga sebagai salah satu mencintai produk Indonesia sendiri.

18. Angklung

Angklung

Image Credit by Lokawisatabandung.com

Angklung adalah pilihan tepat untuk memberikan oleh-oleh khas selain makanan. Alat musik tradisional ini terbilang unik dan akan menghasilkan melodi yang tak kalah indah ketika dimainkan. Kamu bisa mengunjungi salah tempat yang digunakan sebagai pengembangan sekaligus juga menjual angklung sebagai oleh-oleh. Saung Angklung Udjo namanya dan berlokasi di Jl. Padasuka Bandung.

19. Wajit Cililin

Wajit Cililin

Image Credit by Bandungbaratpos.com

Camilan tradisional khas Bandung yang juga sangat dijadikan oleh-oleh yaitu Wajit. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis yang dibungkus mengunakan daun jagung kering. Wajit Cililin ini bisa dengan mudah kamu di daerah Cililin atau di daerah oleh-oleh seperti Cihampelas. Selain menjadi oleh-oleh makanan ini juga kerap dijadikan hidangan ketika ada acara hajatan atau yang lainnya.

20. Basreng

Basreng

Image Credit by Merdeka.com

Baso goreng juga bisa kamu jadikan buah tangan ketika kamu mengunjungi kota Kembang. Makanan ini sangat cocok sebagai teman bersantai kamu bersama kekuarga maupun teman teman. Menariknya kamu bisa memilih varian rasa pedas atau asin sesuai dengan selera kamu. Bagi kamu yang suka pedas kamu wajib memborong jajanan ini ke rumah. Mengemil sambil menonton film bukan ide yang buruk bukan?

21. Seblak Bandung

Seblak Bandung

Image Credit by Gotravelly.com

Seblak belakangan ini memang menjadi makanan yang hits dan naik daun. Perpaduan rasa gurih dan pedas ini rupanya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kamu bisa membeli dalam bentuk kemasan sehingga ketika sampai rumah kamu hanya perlu untyk menyeduhnya. Meskipun dalam kemasan rasanya tidak kalah nikmat dan kamu bisa menemukannya di beberapa pusat oleh-oleh.

22. Batagor

Batagor

Image Credit by Pegipegi.com

Siapa yang tidak kenal batagor? Makanan satu ini sering disandingkan dengan siomay. Makanan ini memang memiliki citarasa unik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu batagor yang terkenal adalah Batagor Kingsley yang lokasinya berada di Jl. Veteran No. 25, Kebon Pisang. Yang membuatnya populer adalah cita rasa ikannya yang sangat khas dan juga gurih. Sebaiknya kamu membeli yang belum digoreng agar awet.

23. Pakaian Khas di Factory Outlet

Pakaian Khas di Factory Outlet

Image Credit by Cloudinary.com

Satu lagi yang bisa kamu jadikan untuk oleh-oleh khas Bandung adalah pakaian. Factory outlet di Bandung sangat banyak dan bahkan menjamur di Kota Bandung. Kamu bisa membeli kaos, aksesoris atau bahkan celana untuk menjadi buah tangan keluarga ataupun kerabat. Beberapa kawasan yang bisa kamu jelajah untuk mendapatkan pakaian yang sesuai yakni JL. Cihampelas, Jl. Dago dan Jl. Riau.

Banyaknya buah tangan yang bisa kamu bawa pulang tak akan lagi membuat kamu bingung. Makanan khas hingga beberapa benda yang unik juga bisa kamu bawa pulang. Terutama untuk kamu yang menyukai barang seni, angklung hingga wayang kulit bisa kamu jadikan oleh-oleh. Bukan hanya buah tangannya yang banyak, tempat untuk berburunya juga mudah untuk dijangkau, sebut saja Jl. Cihampelas yang memang selalu ramai