10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

Banjarnegara dikenal memiliki oleh-oleh khas yang populer, terdiri atas deretan camilan dan minuman yang unik, yang diolah dari bahan bahan berkualitas. Tak hanya kuliner saja, daerah ini juga menawarkan produk cendera mata yang menarik.

Berkunjung dan berlibur ke suatu daerah, tentu identik dengan namanya oleh-oleh yang menjadi wajib untuk dibawa ketika pulang. Di Banjarnegara, Jawa Tengah, yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan karena pesona wisatanya, memiliki segudang oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Penasaran dengan buah tangan khas apa saja dari kota dawet Banjarnegara?

1. Dodol Salak

Dodol Salak

Image Credit: Twitter.com @update_bara

Oleh-oleh khas yang pertama dan wajib untuk Anda bawa pulang yaitu dodol salak. Dodol atau jenang salak ini merupakan kuliner olahan buah salak asli yang berasal dari Banjarnegara, dimana proses pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dari dodol biasa. Hanya saja pada dodol salak ditambah dengan ekstrak buah salak di dalam pengolahannya.

Karena ada buah salak sebagai salah satu bahan bakunya, dodol ini memiliki cita rasa yang lebih manis serta memiliki tekstur yang lebih empuk dari dodol pada umumnya. Selain itu dodol salak mempunyai aroma yang wangi, yang berasal dari campuran salak di dalamnya. Jadi saat Anda melahapnya, aroma serta rasa uniknya akan langsung menguar di lidah dan indra penciuman.

Kuliner ini menjadi salah satu yang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara. Selain karena rasanya yang unik, para pelancong memburunya karena harganya yang relatif murah serta dikemas dengan cara yang praktis. Jadi bisa dibawa pulang dengan mudah sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

2. Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak

Image Credit: Facebook.com @wahyucupitu7grafi

Selain dimanfaatkan menjadi olahan dodol salak, buah salak di Banjarnegara juga diolah menjadi kopi. Bahkan pada bubuk kopi ini pengolahannya berasal dari bagian biji buah salak, sehingga sangat unik. Tidak hanya terdengar unik saja, rasa dari minuman kopi salak ini juga sangat unik dan jauh berbeda bila dibandingkan dengan kopi biasa pada umumnya.

Kopi biji salak ini juga menjadi salah satu buah tangan khas Banjarnegara yang merupakan favorit wisatawan. Dikemas dalam wadah plastik dengan ukuran yang berbeda beda, membuat para wisatawan memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keadaan kantong. Selain itu kemasannya juga sangat praktis dengan harga yang relatif murah.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Karanganyar yang Wajib Anda Coba

Jika Anda mengaku sebagai pecinta kopi, maka wajib hukumnya untuk mencicipi kopi biji salak yang mampu menggugah selera ini. Anda bisa menemukan produk kopi biji salak ini dengan sangat mudah, karena tidak sulit untuk menemukannya. Dimana Anda bisa mencarinya di berbagai tempat pusat oleh-oleh di Banjarnegara.

3. Keripik Salak

Keripik Salak

Image Credit: Bukalapak.com

Masih seputar olahan salak, Banjarnegara juga memiliki oleh-oleh lainnya yang terbuat dari buah salak yaitu keripik salak. Banjarnegara memang memiliki produksi buah salak yang melimpah dengan daging buah yang sangat manis dan gurih. Jadi tidak heran bila buah satu ini banyak diolah menjadi berbagai produk makanan serta minuman yang unik.

Keripik salak ini dibuat dari bahan dasar salak segar yang memiliki kualitas nomor satu. Umumnya produk olahan tersebut dibuat oleh usaha rumahan dengan cara hand made, sehingga cita rasanya lebih alami. Meski begitu ada juga industri pangan yang lebih besar yang juga mengolah serta memasarkan produk keripik salak di Banjarnegara.

Keripik salak sendiri dibuat dengan cara mengeringkan buah salak setelah dipotong kecil kecil. Kemudian salak yang sudah kering digoreng hingga garing, dan terciptalah keripik salak yang renyah dengan rasa yang lezat dan manis. Produk keripik salak ini menghiasi berbagai pusat oleh-oleh di kawasan wisata Banjarnegara, jadi tidak sulit untuk menemukannya.

4. Sirup Salak

Sirup Salak

Image Credit: Facebook.com @mawar.hitam.509

Tidak hanya dodol dan keripik, daging buah salak juga bisa diolah menjadi minuman yang lezat seperti sirup. Oleh-oleh ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih ingin tinggal lebih lama di Banjarnegara, sebab sirup salak bisa bertahan hingga beberapa bulan. Meski begitu sirup ini alami dan tanpa bahan pengawet buatan, jadi Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya.

Umumnya sirup salak dijual dalam bentuk kemasan botol plastik, sehingga lebih mudah dan praktis dibawa dalam perjalanan jauh sekalipun. Anda bisa menemukan produk sirup salak ini di pusat toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Sirup salak sendiri bisa Anda nikmati sebagai bahan tambahan di dalam es cendol atau es campur, agar lebih sedap.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Carica

Carica

Image Credit: Shopee.co.id

Selain di dataran tinggi Dieng, buah carica juga banyak ditemukan di Banjarnegra. Buah carica sendiri merupakan buah yang masih masuk ke dalam jenis pepaya, namun hanya tumbuh di dataran tinggi. Dan ukuran dari buah carica ini lebih kecil bila dibandingkan dengan pepaya pada umumnya. Buah carica bisa langsung dikonsumsi atau dioleh terlebih dahulu menjadi camilan.

Di Banjarnegara, Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan carica dalam bentuk buah maupun makanan ringan yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan. Salah satu olahan makanan ringan dari buah carica yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu manisan carica, karena memiliki rasa yang segar dan lezat serta sangat khas.

6. Purwaceng

Purwaceng

Image Credit: Facebook.com @purwaceng.albain

Selain buah carica, tumbuhan lain yang hanya tumbuh di dataran tinggi seperti Dieng dan Banjarnegara yaitu Purwaceng. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk bahan baku minuman herbal, yang dipercaya oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan stamina. Minuman herbal tersebut juga menjadi salah satu oleh-oleh khas yang terkenal dari Kota Dawet.

Umumnya olahan minuman herbal dari purwaceng berbentuk kopi atau teh. Dimana bagian yang digunakan dari tanaman tersebut biasanya yaitu akar serta biji. Untuk cita rasanya sendiri, purwaceng tidak jauh berbeda dengan ginseng dan jahe karena memiliki rasa pedas dan hangat yang sangat cocok untuk diminum ketika cuaca hujan dan dingin.

7. Keripik Kentang

Keripik Kentang

Image Credit: Instagram.com @fulancook

Mungkin keripik kentang terlihat terlalu biasa bila dijadikan sebagai oleh-oleh dari daerah tertentu. Tapi jangan salah, di Banjarnegara keripik kentang ini menjadi sangat populer di kalangan para wisatawan. Banyak pelancong yang datang ke Banjarnegara selalu tidak lupa memboyong keripik kentang sebagai buah tangan, untuk dibawa ke kampung halaman.

Produk keripik kentang ini banyak dibuat oleh industri rumahan, dan biasanya ada keripik kentang kuning dan keripik kentang putih. Rasanya sendiri sangat enak dan gurih, dengan sedikit rasa asin yang semakin membuat siapapun yang mencobanya menjadi ketagihan. Untuk harganya, satu kemasan keripik kentang dibanderol dengan harga yang murah meriah.

8. Kopi

Kopi

Image Credit: Shopee.co.id

Selain kopi biji salak, Banjarnegara juga banyak memproduksi kopi robusta dan arabika. Karena daerah Banjarnegara ini sendiri memiliki beberapa wilayah dengan pusat pertanian kopi yang sangat unggul. Sehingga produksi kopinya dijadikan sebagai oleh-oleh khas pada daerah tersebut, dan banyak juga yang dikirim ke daerah lain seperti Purwokerto, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jenis kopi arabika dari Banjarnegara memiliki ciri khas yaitu rasanya tidak pahit, sehingga produk ini menjadi salah satu unggulan. Untuk kopi arabikanya juga terkenal unik, karena memiliki aroma yang wangi serta bisa ditemukan rasa seperti teh ketika diminum. Untuk membawa pulang kopi arabika dan robusta ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam karena harganya bersahabat.

9. Poci

Poci

Image Credit: Twitter.com @budhihermanto

Apabila Anda ingin membawa buah tangan yang bisa dikenang dan digunakan, maka Banjarnegara juga memiliki oleh-oleh yang tidak berupa makanan atau minuman. Salah satu cendera mata yang bisa Anda bawa pulang dari Banjarnegara yaitu poci, atau teko mini yang terbuat dari tanah liat, yang merupakan hasil karya dari masyarakat Klampok.

Wilayah Klampok sendiri memang salah satu kawasan di Banjarnegara yang terkenal sebagai penghasil poci terbaik di Jawa Tengah. Bahkan hasil karya gerabah ini sudah berhasil diekspor hingga ke luar negeri. Untuk membeli satu set poci, Anda bisa langsung datang ke pusat kerajinan yang ada di Banjarnegara. Jangan khawatir, harganya juga cenderung masih ramah di kantong.

10. Batik Tulis Gumelem

Batik Tulis Gumelem

Image Credit: Instagram.com @rubyzarabatik

Terakhir yang berupa Batik Tulis yang wajib untuk Anda bawa pulang. Oleh-oleh ini bisa Anda berikan kepada keluarga, teman, atau orang penting lainnya, atau bahkan bisa Anda simpan sendiri sebagai kenang kenangan. Batik tulis khas Banjarnegara ini dibuat oleh masyarakat Gumelem, sehingga banyak yang menyebutnya Batik Tulis Gumelem.

Corak batik pada oleh-oleh satu ini berkesan sangat elegan dan klasik, di baliknya juga terdapat kisah dan makna yang berbeda beda. Sehingga sangat cocok untuk dipilih sebagai cendera mata untuk orang spesial. Harga dari batik tulis gumelem sendiri dibanderol sangat bervariasi, tergantung dengan corak batik yang Anda pilih.

Berbagai oleh-oleh khas dari Banjarnegara ini sangat unik serta khas, dan tidak bisa Anda temukan pada daerah lainnya. Jadi apabila Anda berkunjung ke Banjarnegara, jangan lupa untuk membawa pulang beberapa buah tangan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Dari deretan buah tangan tersebut, oleh-oleh mana yang menjadi favorit anda?