11 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Banten

Liburan terasa tidak lengkap tanpa membawa pulang Oleh-Oleh Khas Banten yang populer.

Provinsi yang berada di ujung barat pulau Jawa ini selalu menorehkan keindahan yang layak untuk Anda kunjungi. Tak hanya itu saja, ketika sedang berada disini Anda pun perlu untuk mencoba berbagai makanan khas maupun membawa pulang oleh-oleh yang khas dari Banten. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa buah tangan yang bisa untuk Anda bawa pulang saat mengunjungi Banten. Berikut simak ulasannya.

1. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Inilahbanten.co.id

Makanan satu ini pastinya sudah akrab sekali dan dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Rengginang sendiri merupakan camilan yang memiliki bentuk seperti kerupuk dan akan cocok untuk Anda jadikan sebagai teman untuk bersantap saat sedang santai. Dengan mempunyai tekstur yang renyah dan gurih, maka akan menjadikan jajanan ini salah satu hal yang bisa untuk Anda bawa pulang.

2. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan

Image Credit by Distributorkerupukikanpayus.wordpress.com

Selain itu, ada pula makanan yang bisa untuk Anda bawa pulang ketika sedang berada di Banten. Salah satu camilan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda jadikan oleh-oleh bersama keluarga. Kerupuk ikan merupakan makanan ringan yang cocok untuk jadikan pengganjal kelaparan di sore hari. Kerupuk yang mempunyai tekstur renyah nan gurih ini akan menjadikan Anda ketagihan.

3. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Image Credit by Topmedia.co.id

Tak hanya keripik ikan, jajanan satu ini juga bisa untuk Anda jadikan untuk oleh-oleh. Keripik singkong merupakan makanan yang terbuat dari singkong, dimana disini dibuat dengan cara diiris tipis-tipis. Setelah itu, proses pembuatannya dikeringkan dan kemudian digoreng seperti layaknya kerupuk pada umumnya. Keripik singkong ini pun cenderung mempunyai rasa yang agak manis sehingga akan lezat untuk Anda konsumsi sebagai camilan maupun sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:  Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi di Tasikmalaya

4. Keripik Getas

Keripik Getas

Image Credit by Bukalapak.com (Ron Ental)

Keripik nampaknya menjadi jajanan yang bisa Anda buat camilan ketika sedang berkunjung ke Banten. Hal ini dikarenakan, disini terdapat banyak sekali jenis keripik yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh. Buah tangan lain yang berbentuk keripik yang bisa untuk Anda bawa pulang adalah keripik getas. Keripik satu ini merupakan salah satu cemilan yang wajib untuk Anda miliki di rumah. Sehingga ketika berkunjung ke Banten, rasanya tak lengkap jika tidak membawa pulang makanan satu ini.

5. Kue Kacang Ijo

Kue Kacang Ijo

Image Credit by Bukalapak.com (BATIK BADUY)

Selain keripik, terdapat pula makanan lain yang sering dijadikan oleh-oleh ketika Anda sedang berkunjung ke Banten. Kue kacang ijo merupakan salah satu jajanan yang bisa untuk Anda bawa pulang ketika berada disini. Dengan memiliki bahan utama yang terbuat dari kacang ijo, maka bahan tersebut nantinya akan dioleh dengan bahan lain hingga menghasilkan kue dengan rasa yang enak. Maka dari itu, kue ini pun sangat cocok untuk Anda berikan kepada keluarga maupun sahabat.

6. Ceplis

Ceplis

Image Credit by Food.detik.com

Cemilan satu ini pastilah sangat asing bagi anda. pasalnya, Anda hanya bisa untuk menemukan jajanan ini ketika sedang berkunjung ke Banten. Oleh sebab itu, Anda pun tidak boleh melewatkan makanan satu ini. Untuk cemilan ini pun pada dasarnya terbuat dari melinjo sehingga untuk rasanya sendiri akan mirip dengan emping.

Akan tetapi, yang membedakan emping dengan ceplis adalah bentuk dan teksturnya. Jika emping dibuat dengan bentuk yang pulat dan pipih, maka hal ini akan berbeda dengan ceplis yang bisa Anda temuakn dengan mempunyai bentuk yang bulat dan lebih kecil seperti bola. Untuk rasanya sendiri pun, cemilan satu ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan nendang.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung di Majalengka

7. Emping

Emping

Image Credit by Genpibanten.com

Penggemar olahan melinjo satu ini pastinya akan membawa pulang emping sebagai oleh-oleh yang bisa untuk Anda temukan ketika berada di Banten. Selain itu, emping ini pun sangat cocok sebagai teman untuk makan soto, sate atau makanan berkuah yang lain. Meskipun jajanan satu ini banyak Anda temukan di tempat lain, akan tetapi pembeda dari emping Banten dengan emping yang lain adalah rasa yang lebih gurih sehingga Anda pun perlu untuk mencobanyak ketika berkunjung kesini.

8. Bakso Ikan

Bakso Ikan

Image Credit by Merahputih.com

Makanan yang cukup terkenal di masyarakat sebagai salah satu oleh-oleh khas Banten adalah bakso ikan. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar ikan yang kemudian dihancurkan dan dicampur dengan bahan lain . Sehingga nantinya akan menghasilkan rasa yang sangat lezat. Bahan yang telah dicampurkan dan membentuk adonan tersebut, selanjutnya digoreng sehingga bisa untuk Anda konsumsi dan menjadi lauk untuk makan anda.

9. Sambel Burog

Sambel Burog

Image Credit by Cookpad.com

Banten pun juga dikenal dengan berbagai olahan yang terbuat dari bahan dasar melinjo. Salah satu olahan tersebut adalah sambel burog yang memiliki bahan dasar berupa kulit melinjo. Sambal satu ini pun menjadi salah satu sambal yang wajib untuk Anda coba dan bisa untuk Anda bawa pulang, bagi Anda yang doyan untuk mengonsumsi sambel.

Sambel yang memiliki rasa pedas ini juga mempunyai keunikan yang lain jika Anda bandingkan dengan jenis sambal yang lain. Untuk itu, ketika Anda sedang berkunjung ke Banten, maka membawa pulang sambel burog dapat menjadi salah satu oleh-oleh yang cocok bagi keluarga di rumah. Terlebih lagi, jika anggota keluarga Anda merupakan pecinta makanan pedas.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru & Terhits Dikunjungi

10. Kue Gipang

Kue Gipang

Image Credit by Tokopedia.com (MODE236)

Satu lagi jajanan khas Banten yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh. Gipang merupakan salah satu makanan yang berasal dari Banten dan kerap kali dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan ketika sedang berwisata kesini. Makanan yang terbuat dari ketan ini memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang sedikit lengket. Untuk itu, bagi Anda yang menyukai makanan manis, maka Anda pun bisa mencoba jajanan ini.

11. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Image Credit by Pesonaindonesia.kompas.com

Panganan satu ini merupakan salah satu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja ketika sedang berkunjung kesini. Sate bandeng merupakan makanan yang tentu saja hanya akan bisa untuk Anda temui ketika berada di Banten. Bagi Anda penyuka ikan bandeng, pastinya wajib untuk membawa pulang makanan satu ini dan menjadikannya oleh-oleh.

Tak hanya itu saja, lezatnya sate bandeng ini dapat untuk Anda nikmati bagi semua kalangan baik tua maupun muda. Hal ini dikarenakan sate bandeng tidak terdapat duri ikan sama sekali. Sehingga Anda pun nantinya bisa menikmati makanan satu ini tanpa khawatir. Selain itu, sate bandeng juga merupakan makanan yang tahan lama dan mampu untuk disimpan selama beberapa hari. Pastinya akan sangat cocok untuk Anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Ketika Anda sedang berada di Banten, mencari oleh-oleh bukanlah merupakan hal yang susah. Pasalnya, Anda dapat menemukan berbagai jajanan yang khas, dimana bisa Anda bawa pulang. Anda dapat mencari oleh khas Banten SiB’Doey yang berada di kota Serang ataupun zilfi oleh-oleh Banten untuk membawa buah tangan yang khas untuk keluarga di rumah. Untuk itu, Anda pun tidak perlu bingung lagi untuk mencari buah tangan apa yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung kesini.