10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Bekasi

Berkunjung ke Kota Bekasi, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Bekasi. Kota Patriot ini pun memiliki berbagai macam jajanan, yang bisa dibeli para wisatasan ketika mengunjungi Kota Bekasi. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Bekasi, beberapa pilihan oleh-oleh khas ini bisa menjadi alternatif buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah.

1. Kue Akar

Kue Akar

Image Credit by Usaharumahan.id

Jika kamu berkunjung ke Bekasi, maka salah satu oleh – oleh yang sering dipilih oleh para wisatawan adalah Kue Akar. Kue Akar Kelapa memiliki bentuk panjang dan bergerigi, layaknya sebuah akar pohon. Rasa manis dan tekstur yang renyah, membuat Kue Akar Kelapa ini cocok untuk dijadikan camilan.

Kue Akar memang adalah camilan khas Jakarta, yang juga dapat kamu temukan di Bekasi. Terbuat dari tepung ketan, beras ketan, serta kelapa parut, membuat cita rasa dari kue ini mampu membuat siapa saya ketagihan. Jika kamu ingin membeli Kue Akar untuk buah tangan ke kota asalmu, kamu bisa mengunjungi beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Bekasi.

2. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Image Credit by Tokopedia.com (Bandeng rorod)

Tidak hanya berupa camilan kering, Bekasi juga memilliki oleh-oleh Bandeng Rorod. Berbeda dengan olahan Bandeng pada umumnya, Bandeng Rorod ini adalah sajian ikan Bandeng tanpa duri. Sehingga ketika menyantap ikan Bandeng Rorod ini, kenikmatan akan semakin lengkap tanpa adanya duri satupun.

Bandeng Rorod pun sering dipilih wisatawan, untuk menjadi oleh-oleh ke kota asal. Umumnya buah tangan ini dikemas dengan isi 2 hingga 4 bandeng per satu kotak. Bandeng Rorod ini telah diberikan bumbu, sehingga kamu bisa langsung menyantapnya ditemani nasi atau sambal yang semakin menggugah selera.

3. Wajik Ketan Hitam

Wajik Ketan Hitam

Image Credit by Cookpad.com

Oleh – oleh selanjutnya adalah Wajik Ketan Hitam, sebuah camilan kenyal dengan cita rasa yang manis. Camilan khas Bekasi ini pun sangat mudah untuk ditemui, bahkan hampir di seluruh tempat oleh–oleh menjual Wajik Ketan Hitam. Camilan ini dapat disimpan untuk waktu yang cukup lama, tak heran jika Wajik Ketan Hitam sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Camilan khas Bekasi ini terbuat dari bahan baku ketan hitam, yang diberi tambahan rempah. Cita rasa yang dimiliki oleh Wajik Ketan hitam ini adalah manis dan legit, sehingga memberikan rasa nagih setiap kali menyantapnya. Harga yang ditawarkan untuk satu kotak Wajik Ketan Hitam cukup ramah dikantong, dan sering dijadikan hidangan ketika berkumpul dengan keluarga besar.

4. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Image Credit by Bekasigue.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, Kue Kembang Goyang adalah sebuah camilan yang berbentuk seperti bunga. Meskipun terlihat keras, namun Kue Kembang Goyang memiliki tekstur renyah ketika digigit. Kue ini pun cukup populer di kawasan Jakarta dan sekitarnya, serta selalu menjadi pilihan para wisatawan.

Dinamakan Kue Kembang Goyang, selain karena bentuknya yang seperti bunga cara menggorengnya pun harus digoyang goyang. Camilan ini sering dijadikan hidangan masyarakat sekitar, ketika menjamu tamu atau keluarga. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Bekasi, jangan lewatkan membeli Kue Kembang Goyang.

5. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Pegipegi.com

Selain camilan, kamu juga bisa membawa minuman khas Bekasi yaitu Bir Pletok. Bir Pletok bukanlah minuman beralkohol, namun kata bir yang digunakan diambil dari bahasa arab yang berarti sumur. Bir Pletok adalah minuman menyehatkan, yang terbuat dari rempah-rempah. Sehingga banyak wisatawan memilih minuman khas Bekasi ini, untuk dijadikan oleh-oleh ke kota asal.

Dengan berbagai rempah-rempah yang dimiliki oleh bir pletok, membuat minuman ini memiliki khasiat yang tinggi untuk tubuh. Beberapa khasiatnya seperti meredakan masuk angin, mengobati pusing, maupun mengatasi gejala flu. Bir Pletok tersedia dalam dua kemasan, yaitu berbentuk cair yang siap minum dan berbentuk serbuk.

6. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Image Credit by Oleholehbekasi.co.id

Camilan dodol, memang terdapat di beberapa daerah lainnya di Nusantara. Bekasi adalah salah satu kota yang mendapat pengaruh budaya Betawi yang kental, maka tak heran jika beberapa masakan Betawi pun juga menjadi hidangan khas Bekasi. Dodol Betawi memiliki rasa yang legit manis, yang pas untuk lidah kita.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada banyak varian rasa yang dimilliki oleh dodol khas Bekasi, mulai dari rasa ketan biasa dan rasa ketan durian. Ukuran yang kecil dan tingkat keawetan yang tinggi, membuat dodol khas Bekasi ini pilihan yang cocok untuk menjadi oleh-oleh. Dodol Betawi dapat ditemukan dengan mudah di beberapa tempat oleh-oleh, sehingga kamu tidak perlu bingung mencari Dodol Betawi di Kota Bekasi.

7. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Image Credit by Oleholehbekasi.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang cukup Legendaris adalah Kue Biji Ketapang, sebuah kue yang berbentuk bulat dan agak keras. Olahan camilan khas Cikarang ini memang berbentuk menyerupai biji ketapang, rasanya sendiri manis dan renyah sehingga cocok untuk camilan menemani kegiatan bersantaimu.

Camilan Kue Biji Ketapang ini terbuat dari tepung terigu, mentega, gula, serta telur. Kue ini diciptakan oleh masyarakat di  wilayah Jakarta, yang terinspirasi membuat makanan dengan bentuk biji ketapang. Meski cukup keras, namun setiap gigitannya terbayarkan dengan cita rasa yang nagih. Penasaran dengan rasanya ? Langsung saja kujungi tempat oleh-oleh di Bekasi, dan cicipi kelezatan Kue Biji Ketapang.

8. Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus

Image Credit by Pesonanusantara.co.id

Pernahkah kamu mencicipi Kue Telur Gabus ? Kue ini berbentuk memanjang, dan memiliki cita rasa yang gurih. Teksut dari Kue Telur Gabus hampir menyerupai Styrofoam, oleh karena itu kue ini pun disebut sebagai kue gabus. Sama seperti camilan kering khas Bekasi lainnya, Kue Telur Gabus juga  memiliki tingkat keawetan yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

Awal mulanya, kue Telur Gabus memang hanya memiliki satu rasa, yaitu rasa gurih. Namun mengikuti berkembangnya zaman, berbagai inovasi-inovasi kuliner baru pun mulai bermunculan. Kini banyak dijumpai Kue Telur Gabus dengan rasa keju, yang semakin meningkatkan kelezatan dari camilan khas Bekasi ini.

BACA JUGA:  Pantai Karangsong, Destinasi Wisata Pantai & Hutan Mengarove di Indramayu

9. Kue  Sagon

Kue Sagon

Image Credit by Kitchenofindonesia.com

Kue Sagon adalah salah satu jajanan khas Bekasi, yang terbuat dari tepung beras ketan. Cara pembuatan dari Kue Sagon, disangrai terlebih dahulu untuk membuat bahan dasarnya. Setelah itu, Kue Sagon akan dicampurkan dengan kelapa parut yang memberikan cita rasa tersendiri. Kue ini banyak diminati wisatawan , karena memiliki rasa yang gurih dan harganya pun terjangkau.

10. Kue Duit

Kue Duit

Image Credit by Mamikos.com

Keunikan camilan khas Bekasi selanjutnya adalah, adanya Kue Duit. Sesuai namanya, kue ini berbentuk bulat pipih menyerupai uang logam. Kue Duit berbahan dasar adonan tepung yang digoreng, sehingga memberikan rasa gurih dan manis. Camilan Khas Bekasi ini sangat cocok untuk menemani waktu berkumpul bersama keluarga, ditemani dengan kopi atau teh hangat.

Dalam memilih oleh-oleh, kebanyak masyarakat akan lebih memilih camilan ringan. Hal ini karena camilan bersifat awet, dan bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. Kamu bisa mengunjungi Warung Mpok Nini di Jalan Belanak 2, Toko Pusat Oleh-Oleh Bekasi Fahnum Sari di Jalan Kemang 1, Oleh-Oleh Daerah di Jalan Taman Galaxy Raya, Junacake Pusat Oleh Oleh di Jalan Raya Hankam, serta Pusat Oleh Oleh di Jalan Gotong Royong.