11 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Blitar

Liburan terasa tidak lengkap tanpa membawa pulang Oleh-Oleh Khas Blitar yang populer.

Kota yang menjadi bagian dari wilayah Jawa Timur ini semakin kondnag karena pernah menjadi tempat tinggal sang Proklamator, Ir. Soerkarno. Sang proklamator juga dimakamkan di kota Blitar, tak heran jika kota ini juga jadi destinasi wisata.

Ketika Anda sedang di Blitar, berburu oleh oleh bisa menjadi salah satu aktivitas yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Yuk simak oleh-oleh khas kota Blitar dalam ulasan berikut.

1. Beras Cerdas

Beras Cerdas

Image Credit by Tepungmocaf.com

Beras satu ini bukan berarti akan langsung membuat cerdas setelah mengkonsumsinya, Asal nama beras Cerdas ini didapatkan setelah adanya penelitian dari Universitas Jember. Dimana di dalamnya campuran jagung, protein susu,mocaf dan lain sebagainya yang membuat kandungan dalam beras semakin baik. Beras ini sengaja diciptakan untuk jadi alternatif pengganti beras dengan nilai gizi yang sama besarnya.

Bahan tambahan lainnya juga membuat beras ini memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang tentunya baik untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan beras cerdas ini di berbagai toko oleh oleh yang ada di Blitar atau di toko trace Mineral CMD Blitar. Harganya terbilang terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu rupiah untuk satu kemasannya. Toko oleh oleh yang bisa Anda tuju salah satunya ada di Jl. Veteran No. 203 dengan nama Goedang Oleh Oleh.

2. Geti

Geti

Image Credit by Putratravel.net

Geti merupakan jajanan khas Blitar yang memiliki rasa manis dengan bahan kacang, wijen serta gula merah. Di Blitar jajanan ini sering dijadikan jamuan untuk tamu baik untuk hari raya maupun hajatan. Varian rasanya yang beragam juga membuat jajanan ini banyak digemari, Anda bisa menemukan rasa cokelat, belimbing hingga rasa original. Oleh oleh satu ini bisa Anda beli di toko pusat oleh oleh di Jl. Raya Mastrip, Srengat Blitar.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Opak Gambir

Opak Gambir

Image Credit by Bukalapak.com (Opak-gambir-blitar)

Opak Gambir dari Blitar ini memiliki rasa manis yang sangat renyah ketika disantap. Ketika mencobanya sekali rasanya tidak bisa berhenti sebelum belum benar benar habis. Makanan berbahan santan dan tepung ketan ini bisa menjadi oleh oleh alternatif ketika Anda sedang ke Blitar. Harganya juga terbilang terjangkau, Opak Gambir dijual mulai Rp. 8ribuan untuk setiap kemasannya. Salah satu pusat oleh oleh yang menjualnya ada di Jl. Veteran 201 yakni Pusat Oleh Oleh Amanah.

4. Dodol Belimbing Agrowisata Karangsari

Dodol Belimbing Agrowisata Karangsari

Image Credit by Trilestariwahyurini.blogspot.com

Dodol di Blitar ini merupakan produk dari desa wisata yang ada di Kec. Sukorejo Blitar. Desa Karang Sari memang menghasilkan buah belimbing yang kemudian diolah menjadi berbagai makanan mulai dari keripik, sirup, dodol hingga manisan. Dodol berlimbing ini bisa Anda dapatkan di Kawasan Agrowisata Karangsari dengan harga yang cukup terjangkau. Satu kemasan dengan ukuran 120 gram dijual dengan harga mulai Rp. 13.500 an.

5. Kaos Jelajah Blitar

Kaos Jelajah Blitar

Image Credit by Bp-guide.id

Selain memberikan oleh oleh berupa makanan, Anda juga bisa membeli oleh oleh berupa kaos. Kaos Jelajah Blitar ini merupakan produk asli Blitar yang sangat nyaman dipakai karena berbahan Cotton Combed. Salah satu toko yang menjual kaos kekinian ini adalah Toko Mblitar yang letaknya di Kabupaten Blitar. Tersedia berbagai ukuran Anda bisa menjadikan kaos ini sebagai oleh oleh keluarga di rumah dengan harga mulai Rp. 85 ribuan.

6. Sambel Pecel

Sambel Pecel

Image Credit by Bukalapak.com @Berkah Jaya Abadi

Blitar juga terkenal dengan pecelnya yang sangat lezat dan banyak digemari. Sebagai oleh oleh Anda bisa menjadikan sambel pecel untuk keluarga atau teman anda. Sambel pecel ini membuat Anda bisa menikmati rasa pecel ini tanpa harus ke Blitar setiap ingin. Sambel pecel ini bisa dikatakan berbeda dengan yang lainnya karena ada aroma kulit jeruk di dalamnya. Berbagai tempat oleh oleh banyak yang menjual sambel pecel asli Blitar ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Sambel Pecel ini bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh Blitar seperti Outlet Pusaka. Outlet ini terletak di Jl. Gajah Mada No. 39, Wlingi Blitar. Tak hanya sambel pecel Anda juga bis amenemukan berbagai makanan khas mulai dari opak gambir hingga aneka kripik. Harga yang ditawarkan di pusat oleh oleh ini juga terbilang terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda jebol.

7.  Peyek Uceng

Peyek Uceng

Image Credit by Pesona.travel

Peyek merupakan camilan yang sangat pas untuk pendamping aneka makanan. Peyek khas Blitar ini tak seperti yang biasanya kita jumpai. Berbahan dasar ikan uceng yang bentuknya kecil kecil membuat peyek ini seperti buah tangan wajib ketika ke Blitar. Saking populernya peyek ini dijadikan ikon untuk oleh oleh lokal di Kota Blitar. Rasanya yang gurih dan renyah sangat pas untuk pendamping makan atau camilan sehari hari di rumah.

8. Wajik Kletik

Wajik Kletik

Image Credit by Blitarmall.com

Jajanan tradisional ini memiliki rasa manis dan juga gurih di saat yang bersamaan. Wajik Kletik terbuat dari beras ketan dengan gula kelapa yang kemudian dibungkus dengan klobot. Klobot merupakan sebutan kulit jagung yang telah kering. Ketika sampai di mulut akan ada sensasi kletik kletik membuat makanan ini diberi nama wajik kletik. Wajik Kletik juga terbilang awet sehingga sangat cocok untuk Anda yang dari luar kota.

9. Sagon

Sagon

Image Credit by Tokopedia.com (CV NUSANTARA JAYA BLITAR)

Jajanan gurih ini juga sangat cocok untuk jadi oleh oleh ketika ada singgah di kota yang miliki candi penataran ini. Berbahan dasar kelapa parut dan juga tepung ketan membuat rasanya tak bisa diabaikan begitu saja. Meskipun terbuat dari tepung ketan namun teksturnya renyah dengan rasa legit dan gurih. Mendapatkan sagon bukanlah hal yang sulit Anda bisa mampir di pusat oleh oleh, yang berada di daerah alun alun kota Blitar.

BACA JUGA:  19 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

10. Teh Hitam Ken Tea

Teh Hitam Ken Tea

Image Credit by Shopee.co.id (Distributorteh)

Di Blitar juga memiliki kebun teh yang salah satu produknya adalah teh hitam premium.  Kebun teh Sirah Kencong ini ditanam oleh PTPN XII dan berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Kualitas teh hitam ini bahkan sudah diakui oleh dunia dengan manfaat yang juga tak kalah banyak. Teh ini sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga untuk teman bersantai atau berbincang. Teh hitam ini juga bisa Anda dapatkan diberbagai toko oleh oleh di Blitar.

11. Cokelat Dari Kampung Cokelat

Cokelat Dari Kampung Cokelat

Image Credit by Travelingyuk.com

Objek wisata yang cukup terkenal di Blitar, Kampung Cokelat juga memiliki produk yang bisa Anda jadikan oleh oleh. Berbagai olahan cokelat mulai dari bentuk bar hingga yang bubuk bisa Anda dapatkan di sini. Bahkan ada yang di olah menjadi dodol, brownies dan juga mie cokelat. Rasa cokelatnya juga bervariasi mulai original hingga rasa apel dan juga jeruk. Jika ingin mencobanya silahkan datang ke Kampung Cokelat di Kademangan, Blitar.

Sebagai kota yang juga masuk dalam daerah wisata di Jawa Timur, Blitar rupanya memiliki beragam oleh oleh yang bisa dibawa pulang oleh pelancong. Mulai dari makanan ringan, jajanan tradisional hingga souvenir berupa kaos bisa didapatkan di sini. Pusat oleh oleh di Kota ini juga cukup banyak dengan lokasi yang strategis dan menawarkan harga yang bersaing.