10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Bondowoso

Selain mencoba makanan khasnya, berkunjung ke Bondowoso tentu juga harus berburu buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Bondowoso terkenal memiliki oleh-oleh khas yang beragam dan unik yang wajib untuk dibawa pulang.

Bondowoso yang berada di Provinsi Jawa Timur memiliki udara yang cukup dingin dan sejuk, sehingga memiliki potensi wilayah yang baik sebagai objek wisata yang mendapat perhatian wisatawan. Tidak sedikit pelancong yang datang juga turut memburu berbagai oleh-oleh khas nya untuk dibawa pulang.

Memang berkunjung ke suatu daerah rasanya tidak afdol tanpa membawa pulang buah tangan untuk sanak saudara maupun kerabat. Berikut beberapa oleh-oleh khas Bondowoso yang paling diburu wisatawan.

1. Tape Manis Bondowoso

Tape Manis

Image Credit: Indriainip.blogspot.com

Tape merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong, yang difermentasikan serta sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di berbagai daerah. Kuliner tape sangat terkenal di Bondowoso, bahkan terdapat sebuah pepatah berbunyi “benni reng bendebesah mun tak bisa agebei tapai” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti yaitu bukan orang Bondowoso apabila tidak bisa membuat tape.

Tape khas Bondowoso ini memang berbeda dari tape tape yang berada di wilayah lainnya, karena memiliki rasa manis yang khas, dan teksturnya cenderung sangat lembut. Konon bahkan sang penabur ragi dari olahan ini tidak boleh sembarang orang. terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti tidak boleh terlilit hutang atau dalam keadaan berduka. Karena hal tersebut dipercaya bisa membuat rasa tape menjadi pahit dan gagal.

2. Pia Tape

Pia Tape

Image Credit: Instagram.com @piarb_jombang

Olahan tape yang begitu terkenal di Bondowoso juga bisa Anda nikmati dengan cara atau bentuk lainnya, yaitu olahan pia tape sebagai salah satu alternatifnya. Produk ini merupakan olahan tape yang dibentuk layaknya pia, jadi rasanya tetap rasa tape namun memiliki tekstur yang gurih serta renyah di kulit luarnya. Terdapat banyak sekali toko yang menjajakan pia tape ini di Bondowoso, termasuk di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di daerah ini.

Kini bahkan terdapat pia tape dalam berbagai varian selain original, yaitu ada rasa coklat, keju, dan lain sebagainya. Kuliner satu ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan, selain karena jajanan ini merupakan makanan khas Bondowoso, pia tape juga dikemas dengan begitu praktis sehingga mudah dibawa untuk sanak saudara. Karena tape merupakan olahan fermentasi, hidangan ini bisa bertahan cukup lama selama perjalanan Anda pulang ke kampung halaman.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Surabaya Paling Hits

3. Suwar Suwir

Suwar Suwir

Image Credit: Tribunnews.com

Suwar suwir merupakan salah satu oleh-oleh khas Bondowoso yang juga terbuat dari tape. Sepintas, bentuk kuliner ini mirip seperti dodol namun rasanya tentu jauh berbeda karena bahan dasarnya sendiri juga sangat berbeda. Suwar suwir dibuat dari bahan dasar tape, tepung ketan, tepung beras, gula, serta santan. Dimana pengolahannya dibuat dengan cara memasak semua bahan tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama.

Setelah mengental, suwar suwir kemudian dimasukkan pada wadah yang datar dan tunggu hingga dingin. Apabila sudah dingin, olahan suwar suwir dipotong kecil dan dibungkus dengan kertas minyak atau plastik. Anda dapat membeli produk olahan tape ini dalam kemasan yang kecil maupun besar. Selain itu suwar suwir dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, dalam berbagai varian rasa seperti sirsak, stroberi, nangka, dan lain lain.

4. Prol Tape

Prol Tape

Image Credit: Cookpad.com

Masih dengan olahan tape, Bondowoso juga memiliki kuliner dengan nama prol tape sebagai oleh-oleh khasnya. Prol tape ini mirip dengan bolu pada umumnya, yang terbuat dari tape yang telah dilumatkan. Selain tape, hidangan satu ini juga terdiri dari bahan tepung terigu, margarin, dan gula pasir. Semua campuran tersebut menghasilkan citarasa legit, ditambah dengan rasa tape yang begitu kuat.

Bagi warga sekitar, prol tape ini sering dinikmati bersama dengan kopi maupun teh hangat. Anda bisa menemukan kuliner satu ini di berbagai tempat yang menjual oleh-oleh di Bondowoso. Prol tape umumnya dikemas dalam ukuran satu loyang persegi panjang, dengan packaging yang begitu praktis untuk dibawa pulang. Satu wadah prol tape dibanderol dengan sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang lebih.

5. Kopi Bondowoso

Kopi Blangkon Bondowoso

Image Credit: Gotravelly.com

Kopi menjadi ikon terbaru bagi daerah Bondowoso, bahkan sebagian orang menjuluki wilayah ini dengan julukan Republik Bondowoso. Semua hal ini didapat karena komoditas kopi bondowoso telah mampu menunjukkan kiprahnya dalam mengangkat pamor, serta nama baik dari kabupaten Bondowoso tersebut. Salah satu jenis kopi yang begitu terkenal di daerah ini yaitu Arabika Java Ijen Raung.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jenis kopi Arabika Java Ijen Raung ini memiliki kualitas premium serta telah bersertifikat internasional, yang berarti kualitas dan rasanya tidak perlu Anda ragukan lagi. Selain kopi arabika, Bondowoso juga terkenal dengan kenikmatan dari kopi blankon. Kopi blankon disajikan dengan beberapa campuran rempah seperti jahe, kunyit, serai, dan lain lain. Berbagai produk kopi ini dikemas dengan praktis sehingga bisa Anda jadikan buah tangan untuk sanak saudara.

6. Pisang

Pisang

Image Credit: Pixabay.com

Buah pisang mungkin bisa Anda temukan di mana saja, namun Bondowoso disebut sebut sebagai surganya buah satu ini. Karena iklim di kabupaten tersebut menghasilkan banyak pohon pisang yang tumbuh subur dengan kualitas yang baik. Tidak jarang para wisatawan yang berkunjung kesini membawa oleh-oleh berupa buah pisang untuk keluarga, kerabat, tetangga, atau teman teman di kampung halaman.

7. Beras Organik

Beras Organik

Image Credit: Bukalapak.com

Bondowoso benar benar layak disebut sebagai surga untuk berbagai hasil kebun serta pertanian. Apabila Anda berkunjung ke daerah ini, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh berupa beras organiknya yang begitu terkenal. Memang cukup tidak lazim membawa beras sebagai buah tangan, namun percaya tidak percaya, banyak sekali pelancong yang datang kesini pulang dengan berkarung karung beras di bagasi.

Kabupaten Bondowoso bahkan memiliki tagline berbunyi Bondowoso Istana Organik, dimana tagline tersebut telah menggambarkan mengenai kualitas pertanian organik yang dimiliki oleh wilayah ini. Beras aromatik, non aromatik, beras merah, hingga beras hitam dari Bondowoso telah dikenal serta dipesan hingga mancanegara. Dijamin setelah diolah menjadi nasi akan menjadi sangat pulen, dan begitu harum.

8. Kacang Macadamia

Kacang Macadamia

Image Credit: Manohara-asri.com

Kacang macadamia merupakan kacang yang seringkali bisa Anda temukan di berbagai olahan coklat mahal buatan luar negeri. Bondowoso tepatnya di daerah Kalisat-Jampit melalui PT. Perkebunan Nusantara Group, merupakan salah satu penghasil kacang macadamia yang telah diekspor ke berbagai negara. Bahkan di luar negeri, berbagai olahan yang mengandung kacang satu ini memiliki harga yang relatif tinggi.

Di Bondowoso Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan kacang macadamia satu ini. Camilan ini bisa Anda temukan dikemas dalam bentuk plastik maupun toples, dan dijajakan di berbagai toko oleh-oleh di Bondowoso. Sekantong kacang macadamia umumnya dibanderol dengan harga kurang lebih 55 ribu rupiah, harga ini terbilang murah bila dibandingkan dengan harga kacang macadamia yang ada di luar.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Jember Paling Enak & Murah

9. Batik Bondowoso

Batik Bondowoso

Image Credit: Berita-bondowoso.blogspot.com

Batik khas Bondowoso menjadi salah satu produk kerajinan masyarakat setempat, yang layak untuk Anda jadikan sebagai cinderamata untuk sanak saudara di kampung halaman. Batik ini tidak kalah unik dari motif batik di daerah lain, di antaranya corak khas daerah ini yaitu daun singkong, bambu, tembakau, dan biji kopi. Batik sendiri merupakan salah satu budaya bagi daerah Bondowoso, karena setiap harinya masyarakat setempat banyak menggunakan batik.

Kain batik, kemeja batik, dan lain sebagainya bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh di Bondowoso. Berbagai produk ini asli buatan tangan pengrajin di sana, sehingga memiliki kualitas yang tidak main main. Corak yang apik dan unik yang dilukis dengan tangan membuat sebuah mahakarya yang begitu estetik, sangat cocok sebagai oleh-oleh bagi orang yang Anda hormati.

10. Souvenir Bambu

Souvenir Bambu

Image Credit: Bukor.desa.id

Bondowoso memiliki iklim yang begitu cocok sebagai tempat pertanian, sehingga banyak sekali tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah ini. Salah satu yang tumbuh subur dan begitu rimbun yakni tanaman bambu, dimana tanaman satu ini akhirnya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Berbagai kerajinan yang dibuat di antaranya yaitu hiasan rumah, kalung, gelang, cangkir, tempat abu rokok, lampu, dan lain sebagainya.

Produk kerajinan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin membawa pulang oleh-oleh berupa makanan. Dijamin awet, tahan lama, dan tentunya penuh kenangan yang membuat Anda selalu ingat akan Bondowoso. Berbagai produk kerajinan atau souvenir dari bambu ini juga bisa Anda temukan dengan mudah di pusat toko oleh-oleh, dimana barang tersebut dibanderol dengan harga yang relatif masih terjangkau.

Bondowoso memang memiliki kekayaan alam yang melimpah, sehingga bisa dimanfaatkan dengan sedemikian rupa menjadi berbagai olahan serta produk. Beragam olahan makanan serta produk ini sangat unik dan menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan, baik untuk keluarga, sanak saudara, kerabat, tetangga, maupun teman teman. Setelah membaca ulasan di atas, oleh-oleh khas mana yang ingin Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Bondowoso?