5 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Brebes

Brebes dikenal dengan kekayaan alam yang luar biasa dan diolah menjadi oleh-oleh khas yang populer dan kulinernya mampu menggoyang lidah Anda.

Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini dikenal memiliki sederet oleh-oleh khas yang tak boleh Anda lewatkan. Brebes dikenal dengan hasil laut serta pertaniannya yang cukup melimpah, sehingga banyak yang membawanya sebagai buah tangan. Tak hanya dalam bentuk mentah, ada pula olahan dengan bahan terkait yang populer sebagai buah tangan. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Brebes yang paling diminati wisatawan.

1. Telur Asin

Telur Asin

Image Credit: Kompasiana.com

Jadi salah satu sumber protein, bebek banyak dipelihara oleh masyarakat setempat. Bebek bukan sebagai oleh-oleh utama yang digandrungi oleh wisatawan yang datang ke daerah penghasil bawang merah ini. Melainkan memilih telur asin sebagai salah satu oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan bila kebetulan lewat atau berkunjung ke kabupaten Brebes.

Mengolah telur menjadi rasa asin ini tidaklah sulit, tetapi Anda harus memisahkan telur yang segar dan tidak. Caranya cukup mudah, yaitu masukkan telur bebek ke dalam air selama kurang lebih dua menit. Telur yang mengambang tandanya tidak segar, maka jangan Anda konsumsi. Lalu bersihkan telur secara perlahan agar kulit telur tidak pecah atau retak.

Telur yang sudah dicuci ini harus lebih dulu diolah agar memiliki cita rasa asin. Caranya cukup mencampurkan batu bata atau abu gosok dengan garam secukupnya. Telur yang dihasilkan oleh unggas satu ini dibalut dengan batu bata atau abu gosok yang telah tercampur dengan garam. Setelah itu, diamkan telur yang telah dibalut itu selama kurang lebih 14 hari.

Fungsi utama dari pemberian garam dengan takaran yang lebih banyak ini bisa mengubah telur menjadi lebih awet. Pasalnya, garam berfungsi sebagai penonaktif enzim yang dapat merombak telur menjadi mudah rusak. Oleh sebab itu, makanan satu ini dapat bertahan lebih lama meskipun dibiarkan dalam suhu terbuka dan tetap sehat saat akan dikonsumsi.

Brebes dikenal sebagai penghasil telur asin yang berkualitas, sehingga tak heran olahan ini jadi makanan yang laris manis. Tak hanya itu, di kabupaten ini tersebar industri serupa dengan kualitas yang beragam. Anda harus memilih telur berkualitas baik dengan ciri ciri memiliki kuning telur yang berwarna jingga hingga kemerahan. Saat digigit tidak keluar air dan rasa asin tidak menyengat.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru & Terhits Dikunjungi

2. Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng

Image Credit: Shopee.co.id

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai kerupuk, karena sensasi kriuk ini sangat nikmat bila dipadukan dengan makanan utama. Tak hanya sebagai pendamping, kerupuk juga kerap dimakan sendiri atau sebagai camilan. Oleh sebab itu, beberapa kota di Indonesia memiliki olahan kerupuk yang sangat khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Begitu pula dengan Brebes yang terkenal dengan oleh-oleh khas kerupuk tulang bandengnya. Banyak yang masih merasa aneh dengan makanan yang terbuat dari duri ikan bandeng yang terkenal sangat banyak. Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di Jateng ini memiliki hasil ikan Bandeng yang cukup banyak, sehingga setiap elemen dari tubuh ikan ini diolah jadi makanan yang nikmat.

Tulang ikan ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sehingga Anda akan dapat manfaat yang banyak dari mengkonsumsinya. Kalsium sangat baik untuk memperbaiki tulang dan gigi, bahkan juga bermanfaat untuk pembekuan darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pendarahan yang tidak kunjung berhenti saat terluka.

Anda dapat membawa oleh-oleh yang dikemas dalam berbagai ukuran ini untuk keluarga di rumah. Harga untuk tiap kemasan bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong Anda. Kerupuk dari tulang yang terkenal keras ini dipastikan membuat Anda dan keluarga ketagihan, sehingga selalu merindukan cita rasa yang ditawarkan.

3. Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk Rumput Laut

Image Credit: Facebook.com @dkpbrebes

Makanan satu ini cukup membuat banyak orang menaikkan alis, karena heran dengan olahan dari rumput laut ini. Tak banyak daerah yang menjadikan kekayaan alam biota satu ini sebagai makanan yang kripsi. Di Brebes, rumput laut jenis Gracilaria dibudidayakan dengan sangat melimpah, sehingga tak heran diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Sebagian orang telah mengenal rumput laut di berbagai olahan, terutama es campur atau bahan untuk membuat agar agar. Cita rasa yang ditawarkan manis dan nikmat sebagai hidangan penutup. Santapan satu ini telah dikenal oleh banyak orang, tetapi Brebes jadi salah satu kota dengan inovasi yang sangat unik dalam pengolahan rumput laut jenis Gracillaria.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Rumput laut jenis ini lebih dulu diolah menjadi tepung, kemudian ditambahkan tepung tapioka. Adonan itu kemudian dibentuk bulat dan tipis, sehingga siap untuk digoreng kering. Anda bisa memilih beberapa varian rasa, seperti keju, kerang, dan rasa bandeng presto. Beberapa rasa tersebut terdengar aneh, tetapi dijamin mampu menggoyang lidah setiap penikmatnya.

Kandungan di dalam kerupuk ini cukup banyak, antara lain lemak, protein, karbohidrat, asam amino, enzim, asam nukleat, vitamin, dan lain lain. Ditambah dengan banyaknya kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Oleh sebab itu, kerupuk rumput laut ini jadi salah satu santapan yang berguna untuk tubuh dan sayang bila Anda lewatkan.

Setelah diolah menjadi makanan siap santap, Anda dapat membelinya dalam berbagai kemasan, sehingga harganya pun menyesuaikan. Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau untuk kemasan yang kecil. Kerupuk ini sangat cocok Anda jadikan pendamping makanan utama dan dijadikan camilan saat bercengkrama dengan keluarga atau teman.

4. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng

Image Credit: Tokopedia.com

Banyak yang merindukan bandeng khas Brebes karena memiliki ukuran yang besar dan cocok diolah jadi santapan apa saja. Anda dapat membeli ikan bandeng yang mudah ditemukan di seluruh penjuru kota dengan harga yang bervariasi pula. Setelah itu, Anda bisa menyajikan hidangan ikan ini dengan berbagai resep yang lezat untuk keluarga atau teman dekat.

Daerah yang dikenal sebagai penghasil bandeng cukup besar ini memiliki olahan yang tak kalah menarik. Ikan bandeng tak hanya disantap secara konvensional, tetapi telah diubah menjadi abon. Makanan yang siap santap di kala mendesak ini biasanya memakai daging sapi, tetapi Brebes tampil sangat unik karena mengolah ikan bandeng jadi makanan yang berbeda.

Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda saat menyantap abon yang bertekstur mirip dengan abon sapi ini. Cita rasanya pun tak jauh berbeda, yaitu gurih yang khas dari ikan bandeng. Uniknya Anda tidak akan menemukan serat ikan yang masih dilengkapi duri duri di tiap suapannya, tak perlu khawatir saat memberikan abon ini untuk anak anak.

Makanan satu ini memiliki daya tahan yang relatif lama, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga tercinta. Bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah Pantura, tentu tak boleh melewatkan oleh-oleh abon dari ikan bandeng satu ini. Anda dapat menyantapnya dengan nasi hangat, sambal, atau lalapan yang membuatnya semakin nikmat.

BACA JUGA:  15 Tempat Makan di Salatiga Paling Enak & Murah

5. Krispi Ikan Serinding

Image Credit: Bukalapak.com

Brebes berada di kawasan Pantura, sehingga terdapat wilayah perairan yang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Salah satu hasil laut dari kota ini, yaitu ikan serinding yang juga memiliki berbagai julukan unik. Ukuran tubuh ikan ini sangat kecil dengan warna perak dan transparan, sehingga Anda akan sangat jarang menemukannya muncul di permukaan.

Menariknya, ikan kecil ini akan sesekali terlihat berenang di permukaan perairan dengan membentuk kelompok kelompok kecil. Ikan serinding terbiasa hidup secara berkelompok, sehingga Anda akan sangat jarang melihatnya berenang sendirian. Habitat hewan ini cukup unik, yaitu di muara muara sungai, pesisir pantai, atau bahkan di hutan mangrove.

Letaknya yang cukup tersembunyi inilah membuat banyak orang penasaran dengan bentuk aslinya. Bila Anda ingin melihat ikan serinding, maka sebaiknya membeli olahannya yang telah dikukuhkan sebagai oleh-oleh khas Brebes. Hewan bertubuh kecil ini diolah dengan rempah dan bumbu khusus agar menghasilkan cita rasa yang renyah.

Oleh sebab itu, nama krispi melekat erat di depan nama oleh-oleh khas salah satu daerah di Jawa Tengah ini. Anda dapat menikmati ikan serinding dalam bentuk keripik dengan cita rasa gurih dan nikmat. Olahan satu ini cocok sebagai pendamping makanan utama, dan jadi camilan yang bisa dinikmati saat Anda bersantai bersama keluarga.

Setelah diolah ikan kecil khas perairan Pantura ini akan dikemas dalam berbagai ukuran, sehingga harganya pun bervariasi. Pilihan rasanya pun cukup banyak, yaitu keju, BBQ, ayam bakar, dan pizza yang menghadirkan cita rasa berbeda beda. Dengan begitu, Anda dapat membeli beberapa pilihan rasa agar dapat mencicipi setiap varian yang disuguhkan kepada pembeli.

Bila Anda berkunjung ke kawasan Pantura, maka tak lengkap bila tidak berkunjung ke kota satu ini. Kawasan dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah ini memiliki sederet oleh-oleh yang wajib dibawa pulang untuk keluarga. Oleh-oleh khas tersebut dibuat dari bahan yang tak biasa, sehingga cita rasanya pun unik serta tak bisa Anda temukan di kota atau daerah lainnya.