10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Cilacap

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Kota Cilacap juga terkenal memiliki oleh-oleh khas yang populer dan unik. Jangan lupa mampir untuk membeli buah tangan asli Cilacap untuk orang di rumah.

Kota Cilacap merupakan suatu daerah yang berada di Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Kota ini merupakan kota pesisir yang dipisahkan oleh sungai besar, sehingga terdapat banyak keunikan yang bisa Anda jumpai disini. Begitu pula, daerah perbatasan ini memiliki beragam makanan khas yang bisa Anda jadikan buah tangan. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas dari Cilacap yang bisa Anda bawa pulang.

1. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk

Image Credit: Twitter.com @anindhya_n

Jika Anda seringkali mengenal istilah rempeyek berupa keripik yang diisi kacang-kacangan, Kota Cilacap memiliki makanan jenis rempeyek yang unik terbuat dari yutuk. Walau demikian, tepung yang digunakan dalam membuat rempeyek ini juga sama dengan jenis rempeyek yang lain. Tetapi isian yang digunakan membuat makanan ini menjadi incaran wisatawan.

Yutuk yang dibuat menjadi jajanan khas ini merupakan hewan pantai yang berwarna hitam kecoklatan dan bercangkang. Meski hewan ini berwarna hitam, hewan ini akan berubah warna menjadi merah seperti kepiting saat dimasak. Selain itu, rempeyek ini juga memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Jika Anda ingin berburu jajanan khas rempeyek yutuk, jajanan ini banyak dijual di warung-warung yang berada di dekat pantai Kota Cilacap. Hanya berbekal uang sekitar 10.000 saja, rempeyek yutuk sudah dapat dinikmati dan dibawa pulang. Rempeyek ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan maupun tambahan lauk.

2. Brekecek Khas Cilacap

Brekecek Khas Cilacap

Image Credit: Instagram.com @sally_tjoea

Kata brekecek mungkin terdengar aneh, tetapi makanan yang satu ini adalah makanan khas Cilacap yang wajib Anda cicipi. Bahkan, jika jarak rumah Anda tidak terlalu jauh dengan Kota Cilacap, brekecek merupakan makanan yang lezat untuk dinikmati bersama dengan keluarga di rumah.

Brekecek merupakan makanan khas Cilacap berupa semur. Makanan ini terbuat dari kepala ikan pathak jahan. Makanan brekecek dimasak dengan berbagai bumbu seperti rica-rica. Walau hampir mirip dengan rica-rica, makanan ini memiliki rasa yang lezat menggiurkan dengan sajian kuah kuning kemerahan yang disajikan.

Untuk mendapatkan makanan yang bernama brekecek ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 22.000 untuk mencicipinya. Cara menikmati kepala ikan yang disajikan dengan menyeruput menghasilkan sensasi rasa yang sedap. Selain itu, makanan ini juga diresmikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pada tahun 2014 sebagai makanan khas cilacap yang banyak diburu.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Jajanan Lanting

Lanting

Image Credit: Wikipedia.org

Selain itu, Kota Cilacap juga memiliki jajanan khas yang cocok dinikmati saat bersantai. Jajanan ini merupakan makanan khas yang terbuat dari ubi kayu atau singkong. Lanting memiliki bentuk unik seperti angka delapan dengan bentuk bulat dan memiliki lubang pada kedua sisi tengahnya.

Tekstur yang dihadirkan jajanan lanting ini renyah dan memiliki rasa gurih, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Selain itu, lanting juga termasuk salah satu jajanan yang paling cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Cemilan satu ini dapat diperoleh dengan harga mulai dari 6.000 saja.

4. Sate Martawi

Sate Martawi

Image Credit: Facebook.com @andreas.santana

Kota Cilacap juga memiliki makanan khas berupa sate. Sate ini terbuat dari daging ayam yang sangat pas untuk dinikmati bersama nasi maupun lontong. Menu ini merupakan makanan yang banyak diburu masyarakat karena memiliki daging yang besar dan juga empuk, sehingga setiap orang pasti akan menyukainya ketika sudah mencoba.

Selain itu, sate martawi juga memiliki keunikan yang tidak bisa ditemui di tempat lainnya. Daging yang dibuat untuk sate ini memiliki dua tusuk sate yang berfungsi untuk merenggangkan daging ketika dimasak. Hal ini dapat membuat daging memiliki kematangan yang sempurna dan tentunya lezat untuk dinikmati.

Sate martawi disajikan dengan bumbu kacang yang sudah memiliki cita rasa yang manis, sehingga Anda tidak perlu menambahkan kecap manis saat menikmatinya. Jika Anda berniat mencicipinya, sate martawi dapat diperoleh dengan harga mulai dari 20.000. Sate martawi dapat dimakan di tempat maupun dibungkus sebagai oleh-oleh dengan bumbu yang terpisah.

5. Tempe Dages

Tempe Dages

Image Credit: Twitter.com @yantiearie

Tempe dages khas Cilacap memiliki bahan yang berbeda dari tempe pada umumnya. Tempe ini dibuat menggunakan bahan berupa ampas tahu, sehingga memiliki warna abu-abu dan berbentuk kotak padat. Tempe dages biasanya disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu.

Tempe dages sangat nikmat bila dinikmati untuk bersantai sebagai camilan. Makanan yang satu ini memiliki rasa unik dan lezat. Tentunya jika dimakan menggunakan cabai cengek maupun cabai hijau. Jika Anda tertarik dengan hidangan ini, tempe dages biasanya dijual per butir dengan harga sekitar 500 rupiah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Anda Bawa Pulang

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tempe dages di warung-warung yang berada di Kota Cilacap. Begitu pula, tempe dages juga dapat diperoleh di pasaran dengan bentuk yang masih belum olahan. Sehingga, Anda dapat mengolah tempe dages menjadi makanan lezat yang Anda inginkan.

6. Karedok

Karedok Cilacap

Image Credit: Twitter.com @pegimakan

Karena letak Kota Cilacap berada di perbatasan Jawa Barat, jangan salah jika terdapat beberapa makanan khas Kota Cilacap yang sama dengan daerah Jawa Barat. Salah satunya adalah karedok. Karedok ini merupakan makanan khas Cilacap yang bisa Anda dapatkan di daerah Banjarmasin, Jawa Barat.

Karedok merupakan makanan khas yang dibuat menggunakan berbagai sayuran mentah seperti wortel, kubis, mentimun, kacang panjang dan toge. Makanan ini disajikan dengan cara dilumuri bumbu kacang kemudian diberi kerupuk. Bahkan, makanan ini juga dapat disantap menggunakan tahu maupun ketupat.

Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang memiliki rumah tidak terlalu jauh dengan Kota Cilacap. Selain itu, makanan ini juga sangat cocok bagi Anda pecinta sayuran maupun yang sedang diet. Jika Anda tertarik dengan karedok, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 25.000 saja.

7. Manggleng Singkong

Image Credit: Facebook.com @lilis.k.dewi.94

Salah satu makanan khas Cilacap yang unik adalah manggleng singkong. Istilah makanan khas yang satu ini juga bisa disebut dengan keripik singkong. Makanan ini sangat pas untuk Anda coba maupun dijadikan sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan memiliki cita rasa yang lezat, sehingga sangat enak jika dinikmati bersama keluarga.

Selain itu, jajanan manggleng yang satu ini juga disajikan dengan berbagai varian rasa gurih dan pedas. Begitu pula, pembuatan manggleng mengalami proses yang panjang. Singkong yang telah dikupas dan dicuci perlu dikukus terlebih dahulu. Kemudian, singkong tersebut dicampur dengan berbagai bumbu tradisional yang dapat menciptakan cita rasa yang lezat.

Selain itu, singkong yang sudah masak akan diiris tipis-tipis memanjang untuk dijemur di tempat yang terik hingga kering lalu dimasak dengan cara digoreng. Proses pembuatan manggleng singkong yang cukup beragam tersebut membuat bumbu-bumbu yang dicampurkan dapat meresap sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

8. Templeng

Templeng

Image Credit: Kaskus.co.id

Selain itu, templeng merupakan salah satu jajanan khas Cilacap yang dapat Anda cicipi dan dijadikan sebagai oleh-oleh jika Anda singgah di kota ini. Jika di Kota Cilacap makanan ini dikenal dengan istilah templeng, Anda mungkin dapat menemui makanan ini di kota lain dengan istilah rempeyek.

Templeng dibuat dengan bahan berupa tepung beras yang diberi bumbu khas yang lezat. Kemudian, makanan ini digoreng dengan cara ditaburi berbagai varian toping. Oleh sebab itu, templeng di Kota Cilacap memiliki banyak varian seperti templeng kedelai, templeng rebon, templeng kacang hijau dan templeng teri.Templeng ini bisa dibeli dengan harga mulai dari 20.000 per bungkus.

9. Gembus

Gembus

Image Credit: Twitter.com @_maysuri

Kota Cilacap juga memiliki makanan khas berupa donat yang unik. Makanan yang satu ini biasa disebut gembus atau donat jawa karena terbuat dari olahan singkong. Meskipun berbentuk seperti donat, makanan yang satu ini memiliki warna yang lebih terang atau putih kekuningan.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih, renyah dan empuk. Tentunya jika disantap dengan cara dicocol dengan sambal pecel maupun sambal saus. Jika Anda menginginkan rasa yang paling nikmat, makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam kondisi panas atau hangat. Dengan uang mulai dari 10.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati satu bungkus gembus.

10. Sale Pisang

Sale Pisang Cilacap

Image Credit: Instagram.com @pisang.salecilacap

Makanan khas Cilacap lainnya yang cocok untuk Anda bungkus menjadi oleh-oleh adalah sale pisang. Makanan khas ini berasal dari olahan buah pisang yang diiris tipis kemudian dijemur. Penjemuran dan pengeringan tersebut bertujuan untuk menghilangkan kadar air pisang dan membuat cita rasa dan aroma yang khas pada makanan ini.

Selain itu, buah pisang yang sudah dijemur selanjutnya digoreng menggunakan tepung maupun dapat langsung dimakan. Sale pisang juga dihadirkan dengan varian rasa seperti keju maupun coklat, sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk mencicipinya. Sale pisang dengan rasa yang sangat lezat ini dapat diperoleh dengan harga mulai dari 15.000 per bungkus.

Membawa oleh-oleh saat pulang dari suatu tempat bukanlah suatu hal yang baru lagi. Jika Anda mengunjungi Kota Cilacap, beberapa jenis makanan khas diatas adalah makanan yang wajib Anda cicipi. Bahkan, ada baiknya jika Anda menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.