10 Oleh-Oleh Khas Demak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Demak

Sebagai kota yang terkenal dengan wisata religi, Demak menawarkan beragam jenis oleh-oleh khas yang populer, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan, bisa Anda buru untuk dibawa pulang.

Begitu mendengar nama kota Demak, apa yang akan terlintas dalam benak anda? Apakah Walinya, Kerajaan atau lainnya?. Tidak ada yang salah karena memang Demak menjadi kota di Jawa Tengah yang juga menjadi pusat kerajaan Islam paling besar di Pulau Jawa. Sehingga wisata yang paling banyak dikunjungi juga berbagai wisata religi. Selain berwisata, Anda juga bisa berburu oleh-oleh khas Demak yang populer dibeli wisatawan. Selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Kerupuk Udang Tambak

Kerupuk Udang Tambak

Image Credit: Ranggawisata.com

Menikmati kudapan dengan tambahan kerupuk memang akan menambah cita rasa. Apalagi jika kerupuk yang dinikmati memang sudah terkenal gurih dan nikmat. Menginjakkan kaki di Demak, Anda bisa mendapatkan kerupuk udang yang begitu kondang. Buah tangan satu ini tidak hanya memiliki rasa yang khas, tapi juga sangat mudah untuk Anda bawa pulang. Selain itu juga tahan lama, dimanapun Anda berada tidak akan basi atau membusuk.

Kerupuk Udang Tambak memiliki tekstur yang begitu renyah dan memiliki rasa yang gurih. Sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau teman pendamping menu favorit Anda. Di Demak sendiri, kerupuk ini kerap kali hadir di depot depot ternama. Kabar baik lainnya, harga kerupuk yang berbentuk kotak ini juga terbilang terjangkau. Satu bungkusnya bisa Anda tebus mulai Rp. 10 ribu dan bisa dengan mudah Anda dapatkan di pusat oleh-oleh di Demak.

2. Brayo

Brayo

Image Credit: Mangrovemagz.com

Camilan sekaligus oleh-oleh yang tak kalah terkenal dan bisa dijadikan pilihan adalah Brayo. Mungkin bagi sebagian orang, makanan satu ini begitu asing di telinga. Brayo sendiri merupakan bayam yang dijadikan menjadi keripik. Keripik ini sebelumnya dijadikan sebagai jajanan di kantin sekolah. Hingga kemudian Brayo mulai dilirik dan dijadikan oleh-oleh khas dari kota Demak yang digandrungi wisatawan. Warga lokal juga menyukai keripik renyah dan gurih ini.

Daun Brayo ini lebih banyak ditemukan di daerah konservasi hutan mangrove. Camilan satu ini sangat cocok untuk dinikmati ketika Anda sedang bersantai. Dijamin karena nikmatnya Anda akan sudah untuk berhenti mengunyah dan ketagihan. Selain nikmat, daun Brayo juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan Brayo ini dengan sangat mudah, sudah banyak pusat oleh-oleh yang menyediakannya dari harga mulai Rp. 3 ribuan saja.

BACA JUGA:  24 Minuman & Makanan Khas Magelang yang Wajib Anda Coba

3. Kerupuk Catak

Kerupuk Catak

Image Credit: Medium.com

Pecinta kerupuk memang akan begitu dimanjakan ketika berkunjung ke kota Demak. Selain keripuk udang Anda juga bisa menemukan kerupuk ikan. Masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya dengan kerupuk Catak. Demak memang menjadi kota di Jawa Tengah yang dekat dengan pesisir, sehingga wajar jika banyak hasil tangkapan laut yang unik. Salah satunya adalah ikan patin yang dijadikan bahan untuk membuat kerupuk catak.

Menurut sejarahwan, dahulunya makanan satu ini termasuk dalam makanan para bangsawan atau kelas elit saja. Hingga akhirnya saat ini bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan mudah. Kerupuk Catak dibuat dari paru paru ikan besar, dalam hal ini tidak hanya ikan patin saja. Sehingga sudah bisa dipastikan jika rasanya begitu gurih dan menggoyang lidah. Anda bisa menemukan oleh-oleh ini di beberapa pusat oleh-oleh di kota Demak dengan kemasan beragam.

4. Abon Lele

Image Credit: Doripos.com

Nasi hangat jika disandingkan dengan Abon memang akan lebih nikmat. Anda mungkin sudah biasa bertemu dengan abon yang dibuat dari daging ayam atau sapi. Namun di Demak, Anda bisa membeli abon yang dibuat dari daging lele. Dengan dijadikan menjadi abon memang akan membuat daging lele menjadi lebih tahan lama. Hal ini dikarenakan di Demak tumbuh dengan subur budidaya lele yang dipelopori oleh masyarakat setempat.

Darisanalah kemudian masyarakat mulai berinovasi dengan mengolah daging lele dalam bentuk abon. Perpaduan rasanya yang gurih dan sedikit rasa manis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Anda bisa dengan mudah menemukan Abon Lele di beberapa pusat oleh-oleh di Kota Demak. Anda tak perlu khawatir dengan harganya, karena Abon Lele ini bisa dikatakan terjangkau dan ramah di kantong Anda. Terlebih lagi bisa tahan lama untuk dibawa ke luar kota.

5. Koktail Belimbing

Koktail Belimbing

Image Credit: Belimbingkhasdemak.blogspot.com

Kota Demak juga kondang dengan buah Belimbing yang jadi komoditas unggulan juga. Melimpahnya hasil belimbing ini akhirnya dijadikan berbagai produk untuk oleh-oleh. Anda bisa menemukan sirup belimbing, koktail, selai hingga jus yang dikemas dengan kemasan menarik. Berbagai olahan belimbing ini bisa dijadikan sebagai alternatif oleh-oleh ketika Anda menginjakkan kaki di Kota Wali ini. Anda juga bisa dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Jambu Air

Image Credit: Patinews.com

Selain Belimbing, Jambu Air juga tumbuh subur di Demak. Mungkin banyak yang berfikir jika bisa dengan mudah menemukan jambu air di daerah lainnya. Namun Anda harus tahu, bahwa jambu air yang Anda dapatkan di Demak memiliki rasa yang lebih manis. Tak hanya itu, kandungan vitamin pada jambu air juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menjadikan jambu air ini sebagai oleh-oleh tentunya bukanlah ide yang buruk.

Untuk mendapatkan jambu air yang masih segar, Anda bisa mengunjungi beberapa pasar tradisional di Demak. Pastikan Anda memang memilih yang terbaik, sehingga begitu Anda tiba di rumah kondisinya masih begitu segar dan cantik. Bagi Anda yang tujuannya jauh, Anda tidak perlu khawatir karena jambu air ini termasuk buah yang bisa bertahan. Harga yang ditawarkan untuk satu kilo buah jambu air ini juga tidaklah mahal, dan tak akan membuat kantong jebol.

7. Ikan Crispy

Image Credit: Bukalapak.com

Makan atau ngemil panganan dengan sensasi renyah dan gurih memang banyak digemari. Jika Anda ingin memiliki camilan unik di rumah, Anda bisa menjadikan ikan crispy asal Demak ini sebagai pilihan. Dinamakan ikan crispy karena memang dibuat dari ikan ikan yang merupakan hasil tangkapan para nelayan. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir, karena rasa dari ikan crispy ini akan membuat Anda ketagihan dan tak berhenti menyemil.

Rasa gurih memang lebih dominan pada makanan satu ini, teksturnya yang renyah juga menambah cita rasanya. Untuk membuatnya, ikan akan diberikan racikan bumbu khas dan kemudian dikeringkan. Proses pengeringan ini tak membutuhkan waktu lama sekitar 5 ham saja. Karena pengeringan inilah membuat ikan Crispy ini bisa bertahan lebih dari 2 bulan. Menjadi buah tangan andalan, Anda akan mudah menemukannya di beberapa pusat oleh-oleh di Demak.

8. Wingko Salem

Wingko Salem

Image Credit: Rumahmesin.com

Apakah Anda sebelumnya sudah tahu apa itu Wingko? Wingko merupakan panganan tradisional yang memang begitu mudah Anda temukan di Jawa. Wingko dibuat dari tepung ketan yang ditambahkan gula, garam dan juga parutan kelapa. Hasil campuran ini akan menghasilkan panganan yang manis dan juga gurih. Teksturnya sedikit kenyal, tetapi begitu lembut ketika masuk di mulut. Tak heran jika banyak sekali penggemar yang memburu makanan ini.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Solo Paling Hits

Yang membuat rasanya begitu nikmat adalah proses pengolahannya yang masih tradisional. Wingko Salem ini dibuat di atas tungku yang menggunakan kayu bakar.Dari sinilah yang membuat rasanya tak pernah mengecewakan para penikmatnya. Selain itu, tingkat kematangan yang pas juga menentukan rasa dari wingko ini. Anda bisa mendapatkan Wingko Salem di toko oleh-oleh dengan harga mulai Rp. 20 ribu tergantung dari ukuran yang dipilih.

9. Kerajinan Kaligrafi

Sentra Kerajinan Kaligrafi

Image Credit: Berwisata.id

Selain makanan, Anda juga bisa membawa pulang kerajinan tangan yang tak kalah unik. Anda bisa memberikannya pada kerabat terdekat atau untuk Anda sendiri. Di Demak Anda bisa mendapatkan kerajinan kaligrafi yang sangat cocok untuk Anda bungkus dan bawa pulang. Untuk mendapatkan kaligrafi yang menawan, Anda bisa mengunjungi Desa Tembiring. Desa ini terkenal dengan kaligrafi dari kacanya, tapi Anda juga menemukan dari bahan alumunium.

10. Batik Khas Demak

Sentra Kerajinan Batik

Image Credit: Instagram.com @demakhariini

Kain Batik memang menjadi salah satu kain kebanggaan Indonesia. Dari berbagai daerah Anda bisa menemukan kain bermotif yang sangat otentik ini. Dan perlu Anda tahu, setiap daerah selalu berhasil mengunggulkan motif tertentu yang membuatnya begitu unik. Begitu juga jika Anda berburu batik khas Demak. Motif yang paling populer dan banyak diburu adalah motif Masjid Agung Demak.

Cinderamata satu ini memang baru populer di tiga tahun belakangan ini. Selain diburu oleh wisatawan, para masyarakat lokal juga menaruh minat tinggi pada kain batik ini. Tak hanya bisa menemukan motif masjid Agung Demak, Anda juga bisa membawa pulang motif tigo rangsit, semangkat tegalan, pesisiran hingga buah belimbing dan jambu air yang menjadi buah khas Demak.

Mengunjungi kota Para Wali ini memang tidak lengkap jika tidak sekalian berburu oleh-oleh. Anda bisa menemukan banyak makanan unik dan juga kerajinan tangan khas dari Demak. Beberapa di antara juga bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang sehingga Anda tak perlu khawatir. Mendapatkan oleh-oleh khas Demak juga begitu mudah, Anda tinggal mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada.