10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Garut

Daftar rekomendasi Oleh-oleh khas Garut yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kota Intan Garut.

Garut menawarkan berbagai macam kuliner dan juga memiliki wisata yang menggoda di Jawa barat. Mengunjungi kota satu ini tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan khasnya. Ada beberapa buah tangan yang sering menjadi incaran para pelancong maupun pecinta kuliner untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Ketika Anda sedang berlibur ke kota Garut, ada beberapa oleh-oleh khasnya yang tak boleh dilewatkan. Untuk jadi inspirasi simak ulasannya.

1. Chocodot

Chocodot

Image Credit by Travel.kompas.com

Salah satu buah tangan yang menjadi khas kota Garut adalah Chocodot. Makanan satu ini banyak dipilih untuk dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Kota Garut. Coklat unik dari Garut ini memiliki berbagai varian rasa yang wajib Anda coba. Varian seperti coklat yang digabungkan dengan dodol menjadi varian yang banyak diburu. Rasa coklatnya sendiri bervariaismulai dari dark chocolate hingga milk chocolate dan vanilla chocolate.

Jika Anda ingin memburu makanan legit satu ini datang saja ke Jl. Cipanas. Ada 3 gerai yang bisa Anda tuju di sepanjang Jl. Otista Tarogong yakni D’jieun Coklat, kantor pusatnya dan juga Meseum Cokleta. Beberapa tokolain seperti kawasan Swiss Van Java juga menjual coklat unik dari Garut ini. Bahkan kini juga merambah ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Bali dan Jakarta.

2. Dodol Picnic

Dodol Picnic

Image Credit by Jabar.idntimes.com

Kota Garut juga terkenal dengan dodolnya yang bahkan menjadi oleh oleh paling populer. Merk yang paling tersohor yakni dodol picnic yang bahkan sudah dieskport hingga luar negeri. Salah satu toko yang menjual oleh oleh satu ini yaitu Gerai Prima Rasa. Gerai buah tangan ini terletak di Jl. Ciledug No. 175, Kota Kulon, Garut Kota. Berbagai dodol dengan aneka rasa bisa Anda dapatkan di toko oleh oleh satu ini dengan harga yang  terbilang terjangkau.

3. Batik Garut

Batik Garut

Image Credit by Perpek.com

Batik Garut sangat cocok untuk Anda yang ingin membawakan oleh oleh bukan dalam bentuk makanan. Berbagai macam motif bisa Anda temui denagn desain yang unik dan juga menarik. Setiap corak tentunya memiliki makna sendiri sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan pengrajinnya. Salah satu desa yang bisa Anda kunjungi yakni Desa Sindanglaya 116, Karangpawitan yang menyediakan berbagai macam motif batik yang pas untuk keluarga di rumah.

4. Jeruk Garut

Jeruk Garut

Image Credit by Evaherdiana.blogspot.com

Jeruk garut juga bisa dijadikan oleh oleh karena rasa khasnya. Jeruk dari kota Garut memiliki rasa sedikit asam dengan warna kuning yang menggoda. Banyak yang bilang jika jeruk Garut memiliki rasa berbeda dengan jeruk lainnya. Masa tanam hingga panen membutuhkan waktu yang cukup panjang yakni 4 tahun. Namun untuk masa panennya tak mengenal musim sehingga bisa membelinya kapan saja, Anda bisa menuju desa Situgede yang berada di Cigedug Garut.

5. Burayot

Burayot

Image Credit by Travel.detik.com

Burayot merupakan kue khas Garut yang juga bisa Anda jadikan buah tangan. Burayot memiliki rasa yang manis karena terbuat dari tepung yang kemudian ditambahkan dengan gula aren. Agar memiliki cita rasa yang gurih dalam adonananya juga ditambahkan santan. Untuk mendapatkan jajanan satu ini Anda bisa membelinya di daerah Kampung Cilageni, Karangtengah, Kadungora. Harganya sekitar Rp. 28 ribu dengan isi yang cukup banyak.

6. Opak

Opak

Image Credit by Ksmtour.com

Opak menjadi makanan yang juga diburu oleh para pelancong ketika menginjakkan kaki di kota Garut. Opak berbahan dasar ketan dengan saripati kelapa kemudian ditambahkan dengan garam. Itulah yang membuat opak memiliki rasa yang gurih. Makanan ringan ini banyak diproduksi oleh bisnis UMKM. Makanan ini juga tak memiliki bahan pengawet dengan harga mulai dari Rp. 18 ribuan. Anda bisa membelinya di Toko Jalan Subyadinata, Garut.

7. Dorokdok

Dorokdok

Image Credit by Oleholehdarigarut.blogspot.com

Camilan yang bisa Anda jadikan oleh oleh selanjutnya adalah dorokdok atau yang lebih dikenal dengan kerupuk kulit. Kulit sapi atau kerbau terbaik akan ditambahkan dengan berbagai rempah rempah sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Oleh oleh satu ini hanya mampu bertahan hingga 1 minggu sehingga harus segera dikonsumsi. Untuk mendapatkanya Anda bisa datang ke Jl. Ahmada Yani Garut dengan harga yang terjangkau yakni mulai Rp. 8 ribuan.

8. Jaket Kulit

Jaket Kulit

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Berbelanja berbagai produk fashion yang terbuat dari kulit juga bisa Anda puaskan di kota Garut. Tak hanya bisa membeli jaket kulit untuk keluarga maupun kerabat, Anda juga bisa menemukan produk lain. Mulai dari gantungan kunci hingga dompet maupun sabuk bisa Anda dapatkan. Datang saja langsung ke Desa Sukaregang yang menjadi sentra industri kulit paling besar. Sepanjang jalan Anda akan menemukan berbagai produk fashion yang bisa dijadikan oleh oleh.

9. Ladu

Ladu

Image Credit by Jabar.tribunnews.com

Camilan satu ini juga tak bisa dilewatkan dalam keranjang oleh oleh anda. Camilan yang berbahan ketan ini mirip dengan dodol hanya saja teksturnya lebih kasar jika dibandingkan dodol. Rasanya yang legit membuat ladu menjadi oleh oleh yang tersohor. Bila Anda ingin mendapatkannya Anda bisa mengunjungi UMKM Malangbong. Lokasinya berada di Paminggir, Garut dengan harga mulai dari Rp. 1.500 untuk setiap buahnya.

10. Emplod

Emplod

Image Credit by Ayobandung.com

Emplod menjadi jajanan yang wajib Anda bawa pulang ketika ke Garut. Emplod berbahan dasar singkong dan sering disebut dengan Endog Lewo oleh masyarakat sekitar. Karena Lewo merupakan daerah produksi dari makanan yang bulat seperti endog atau telur. Rasanya yang enak dan gurih semakin mantap dengan tambahan berbagai bumbu sederhana. Seperti garam dan juga bawang putih namun membuat makanan ini sangat khas.

Makanan satu ini sangat sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia bahkan ada yang memiliki rasa pedas. Meskipun belum terlalu tersohor namun makanan ini tersebar hingga ke berbagai daerah di Jawa Barat. Ada rasa original dan juga rasa pedas yang bisa Anda jadikan pilihan. Untuk membelinya Anda bisa menuju toko oleh oleh di Desa Sukajaya, Malangbong. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah yakni mulai Rp. 15 ribu untuk satu bungkusnya.

Untuk mendapatkan berbagai oleh oleh khas dari Kota Garut, Anda juga bisa mengunjungi Jl. Tarogong Garut. Lokasinya yang berada di jalur mudik, Anda bisa mendapatkan berbagai makanan khas dari Garut dengan mudah. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah apalagi jika Anda bisa menawarnya. Tak heran jika daerah ini menjadi daerah favorit para wisatawan untuk berburu aneka oleh oleh terutama camilan yang bisa dibilang lengkap.

Oleh-oleh khas Kota Garut tak hanya dalam bentuk makanan dan camilan. Ada juga batik dan produk dari kulit yang bisa Anda jadikan alternatif. Untuk Camilan Pastikan Anda menanyakan dan meneliti berapa masa waktu oleh oleh tersebut. Sebab beberapa oleh oleh tidak bisa bertahan lama karena tidak ada bahan pengawet. Sebaiknya Anda membeli oleh oleh ketika Anda akan pulang saja agar tetap bisa tahan untuk dibawa menuju kampung halaman.