10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Gresik

Oleh-oleh khas Gresik memiliki banyak ragam dan bukan makanan saja. Jika berkunjung ke Kota Semen tidak perlu bingung mencari buah tangan untuk dibawa pulang.

Jika mendengar nama kabupaten Gresik, mungkin akan langsung menuju produk semennya. Kota di Jawa Timur ini memang begitu kondang dengan produk bahan bangunan tersebut. Dekat dengan Surabaya dan kota lainnya, Gresik juga menawarkan banyak hal menarik lainnya.

Gresik juga terkenal dengan tempat wisatanya yang bisa Anda kunjungi ketika singgah di daerah ini. Tak hanya itu, deretan oleh-oleh khas Gresik juga bisa Anda buru untuk buah tangan orang di rumah ataupun kerabat.

1. Kue Jubung

Kue Jubung

Image Credit: Rumaholeholeh.wordpress.com

Mengunjungi kota Gresik rasanya tidak akan lengkap jika tidak membeli oleh-oleh satu ini. Kue Jubung merupakan kue tradisional yang memiliki rasa nikmat dan tidak kalah dengan kue modern lainnya. Berbahan dasar ketan hitam, membuat Anda akan ketagihan dengan rasanya. Ketan hitam yang digunakan merupakan ketan hitam asli tanpa ada campuran, kemudian ditaburi oleh wijen pada permukaannya.

Tampilannya ini semakin manis karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue satu ini memang terlihat sederhana, namun dari kesederhanaan inilah muncul rasa yang begitu menggugah. Tak heran jika jajanan satu ini begitu diminati oleh berbagai kalangan, termasuk wisatawan. Kue Jubung juga termasuk oleh-oleh yang awet dan tahan lama. Jika Anda ingin mendapatkan harga murah, Anda bisa menuju ke pusat jajanan rakyat yang ada di Gresik.

2. Kue Bonggolan

Kue Bonggolan

Image Credit: Topijelajah.com

Masih berupa makanan, Anda bisa menjadikan kue bonggolan sebagai buah tangan ketika mengunjungi kota Gresik. Makanan satu ini memang belum banyak yang tahu, karena Anda hanya akan menemukannya di kota semen ini. Kue satu ini juga memiliki rasa yang nikmat, sehingga banyak yang ingin memborongnya. Rasa gurih mendominasi kue bonggolan ini begitu sampai di lidah anda, membuat Anda tidak ingin berhenti mengunyah makanan.

Bonggolan ini terbuat dari bahan daging ikan yang dipadukan dengan beberapa rempah rempah. Tambahan tepung kanji membuat Bonggolan memiliki tekstur yang renyah. Sepanjang jalan di kota Gresik, Anda bisa menemukan panganan satu ini. Dibungkus menggunakan daun pisang menjadikan tampilannya terkesan otentik. Harga kue satu ini terbilang murah dan terbilang awet untuk dijadikan oleh-oleh.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Batu Malang yang Paling Hits

3. Bandeng Asap

Bandeng Asap

Image Credit: Medium.com

Mengunjungi kota Gresik, Anda akan tahu jika kota satu ini dekat dengan laut. Inilah yang menjadikan Anda mudah untuk mendapatkan hasil laut di kota ini. Masyarakat sekitar terus berinovasi untuk menjadikan hasil lautnya menjadi ciri khas kota Gresik. Salah satu olahannya adalah Bandeng Asap yang sangat populer untuk dijadikan buah tangan. Karena selain enak, bandeng Asap juga awet hingga bisa bertahan sekitar 2 hari.

Proses pengasapan inilah yang menjadikan bandeng menjadi lebih awet. Meskipun demikian Anda tidak usah khawatir masalah rasanya. Bandeng Asap dari kota Gresik memiliki ciri khas rasa yang akan membuat Anda ketagihan. Begitu Anda tiba di rumah, Anda bisa menikmatinya sebagai lauk. Beberapa orang juga memilih untuk kembali mengolahnya menjadi masakan yang lain. Bandeng Asap sangat mudah untuk Anda temukan di kota semen ini.

4. Otak Otak Bandeng

Image Credit: Disparbud.gresikkab.go.id

Jika Anda masih ingin membeli oleh-oleh seputar ikan bandeng, maka Anda bisa memilih otak otak bandeng. Makanan satu ini juga menjadi kuliner yang begitu di buru oleh wisatawan. Berbelanja di pusat oleh-oleh, tak usah ragu untuk memasukkan otak otak bandeng di dalam keranjang belanja anda. Anda akan menemukan berbagai merek dan hampir sebagian besar otak otak bandeng dari Gresik ini memiliki rasa yang nikmat.

Otak otak bandeng dibuat dari daging ikan bandeng yang kemudian ditambahkan dengan berbagai rempah. Rasa pedasnya yang mengigit sangat cocok untuk Anda yang menyukai pedas. Oleh-oleh satu ini terbilang awet meskipun tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan. Anda bisa mampir ke berbagai pusat oleh-oleh untuk mendapatkan buah tangan andalan kota Gresik satu ini. Harga yang ditawarkan juga terbilang beragam.

5. Kue Pudak

Image Credit: Mncupdate.com

Berlanjut untuk perburuan oleh-oleh Anda selanjutnya, kota Gresik memiliki panganan yang dikenal dengan nama Pudak. Pudak memiliki tampilan yang cukup menarik, karena dibungkus menggunakan pelepas pinang. Sehingga begitu menemukan panganan di deretan rak oleh-oleh Anda bisa langsung mengenali kue pudak ini. Untuk merasakannya, tentunya Anda harus membuka bungkusnya yang biasanya dijahit ini.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Surabaya Paling Hits

Teksturnya yang lembut lengkap dengan rasa manis dan gurih akan mendominasi. Begitu menyapa lidah, Anda yang menyukai jajanan manis akan langsung menyukainya. Mungkin Anda juga bisa menebak nebak, bahan apa yang digunakan. Benar, kue pudak dibuat dari tepung beras yang ditambahkan dengan gula jawa dan juga santan. Kabar baiknya, Pudak merupakan makanan yang bisa tahan lama, sekalipun Anda membawanya ke luar kota akan tetap tahan.

6. Petis Gresik

Petis Gresik

Image Credit: Tokopedia.com (Hikamputerireputation)

Pernahkah Anda mendengar nama bahan ssatu ini? Petis sangat akrab dengan warga Jawa Timur. Bumbu dengan warna hitam kecoklatan ini memang menjadikan masakan menjadi lebih khas dan gurih. Tak hanya dijadikan sebagai bumbu, Anda juga bisa menjadikan petis ini sebagai sambal. Dibuat dari udang kecil, menjadikan petis memiliki rasa yang begitu gurih. Dan petis asal Gresik ini memiliki perbedaan dengan petis dari daerah lainnya.

Dimana petis ini memiliki tekstur yang lebih lembut, lunak dan juga tidak begitu lengket. Petis cocok untuk dijadikan buah tangan bagi kerabat atau teman teman anda. Kemasannya yang praktis juga akan memudahkan Anda untuk membawanya pulang. Belum lagi, petis menjadi bahan makanan yang awet dan tahan lama. Menginjakkan kaki di kota Gresik, Anda akan mudah untuk menemukan petis ini di berbagai pusat oleh-oleh di kota Gresik.

7. Kerajinan Tangan Damar Kurung

Image Credit: Tempo.co

Berburu oleh-oleh di kota Gresik tidak hanya dalam bentuk makanan. Karena Anda bisa menemukan kerajinan tangan yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Gresik memiliki kerajinan Damar Kurung yang begitu terkenal. Kerajinan satu ini berupa kerangka lampion dengan lukisan khas kota semen ini. Lukisan damar kurung ini menjadikan sentuhan entik kerajinan ini semakin terasa. Kerajinan ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Kaos Gresik

Kaos Gresik

Image Credit: Facebook.com @WaroengKaosJG

Selain kerajinan tangan, masih ada kaos Gresik yang juga bisa dijadikan sebagai alternatif. Buah tangan satu ini akan memberikan kesan yang istimewa jika diberikan untuk pasangan maupun untuk sanak keluarga. Kaos ini memiliki desain yang begitu beragam, mulai tambahan tulisan Ayo Dolan Nang Gresik hingga lainnya. Untuk mendapatkan kaos khas kota Gresik ini, Anda bisa memutar kemudia ke daerah Jl. Arif Rahman Hakim.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membelinya di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di kota yang dekat dengan Surabaya ini. Kualitasnya terbilang jempolan dengan harga yang cukup terjangkau. Umumnya kaos ini dibandrol mulai sekitar Rp. 50 ribu. Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan begitu mudah dan umumnya harganya tak jauh berbeda. Kaos ini bisa dijadikan cinderamata yang praktis namun tetap berkesan.

9. Kopi Gresik

Kopi Gresik

Image Credit: Tokopedia.com ( DuaEnamSebelas )

Bagi Anda pecinta kopi harus menjajal kopi asli Gresik ini. Kopi ini dibuat dari kopi jenis robusta yang sudah terkenal dengan rasanya yang mantap. Racikan kopi ini akan membuat kegiatan ngopi Anda semakin berkesan. Dan kopi ini juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan yang unik. Dikemas dalam berbagai ukuran dan kemasan, menjadikan Anda mudah untuk membawanya pulang. Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang berada di Gresik.

10. Keripik Bayam

Keripik Bayam

Image Credit: Republikseo.net

Satu lagi oleh-oleh khas kota Semen yang tidak boleh dilewatkan yaitu keripik bayam. Bayam yang biasanya diolah menjadi sayuran ini akan Anda temukan dalam tampilan yang berbeda. Dibuat dari bayam segar kemudian digoreng setelah dibalut dengan tepung. Rasanya yang renyah dan unik menjadikan oleh-oleh ini begitu populer. Keripik Bayam sangat mudah Anda temukan di berbagai sudut kota Gresik dengan harga yang terbilang terjangkau.

Setelah membawa banyak oleh-oleh, maka Anda sudah bisa menutup liburan Anda di kota satu ini. Beberapa oleh-oleh khas asal Gresik yang telah disebutkan, bisa dijadikan referensi terbaik. Siapa tahu ternyata ada yang masih tertinggal. Untuk Anda yang berada di luar kota, usahakan untuk membeli oleh-oleh yang awet dan tahan lama. Jadi sudah tahu oleh-oleh yang akan Anda borong untuk keluarga di rumah?