22 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Kamu tentu sudah mengenal kota ini, Jakarta adalah ibu Kota Indonesia dan menjadi kota metropolitan terbesar di Tanah Air. Dengan gelarnya yang menjadi ibu Kota, membuat Jakarta pun menjadi pusat bisnis dan pusat pemerintahan Negara. Dengan keindahan dan berbagai tempat menarik di Jakarta, membuat banyak masyarakat ingin mengunjunginya. Jika kamu juga ingin mengunjungi Kota Jakarta, yuk simak beberapa oleh-oleh khas Jakarta disini.

1. Roti Buaya

Roti Buaya

Image Credit by Traveloka.com

Sesuai dengan namanya, roti buaya adalah sebuah roti yang menyerupai buaya. Namun oleh oleh khas Jakarta ini bukan berarti berasal dari Buaya asli, melainkan hanya menyerupai bentukya saja. Roti Buaya memang memiliki sejarah atau filosofi yang menarik untuk diketahui, bahkan roti ini sering digunakan sebagai syarat saat melangsungkan pernikahan dalam adat Betawi.

Tujuan dan arti dari membawa roti buaya ini adalah menunjukkan lambang kemapanan dan kesetiaan sang mempelai pria kepada calon istrinya. Hingga saat ini pun, banyak masyarakat jawa yang masih menggunakan roti buaya dalam perayaan pernikahan mereka. Untuk harga dari roti buaya sendiri, dipatok sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung rasa dan ukurannya.

2. Kue Geplak

Kue Geplak

Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain roti buaya, Jakarta juga memiliki koe tradisional yang bernama kue geplak. Bisa dibilang kue ini cukup langka, dan cukup jarang ditemukan kecuali jika kamu memang mengunjungi toko oleh – oleh di Jakarta seperti di Bintaro. Kue Geplak juga sama seperti roti buaya, yaitu kue yang digunakan sebagai seserahan pengantin pria kepada wanita.

Kue Geplak memiliki cita rasa yang manis, dan bertekstur lembut. Pembuatannya mengunakan proses tangan, dengan cara ditepuk tepuk atau digeplak. Dari cara pembuatannya itulah, mengapa kue ini disebut dengan kue geplak. Jika kamu mengunjungi Bintaro, maka kamu akan menemukan banyak home industry yang membuat kue geplak ini.

3. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Popbela.com

Jakarta juga memiliki minuman bir khas mereka, yaitu Bir Pletok. Tenang, meskipun bernakan bir namun bukan berarti bir pletok adalah minuman yang memabukkan. Bir Pletok tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali, justru minuman khas Jakarta ini sangat menyehatkan badan. Bir Pletok terbuat dari berbagai bahan alami seperti serai, jahe, daun pandan, dan remah-rempah lainnya.

4. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Image Credit by Mentarisnack.wordpress.com

Kue ini adalah salah satu kue khas Betawi, bahkan sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia. Tekstur dari kue ini sangat renyah, dan memiliki cita rasa gurih. Kenikmatan dari kue kembang goyang membuat banyak wisatawan lokal maupun manca negera cukup menggemari kue khas Jakarta ini. Kue ini cuku awet, sehingga bisa disimpan dalam suhu ruangan untuk beberapa minggu.

5. Kue Semprong

Kue Semprong

Image Credit by Sahabatpiknik.com

Satu lagi kue khas Jakarta yang cukup terkenal di beberapa daerah lain, ialah kue Semprong. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan bentuk yang unik, dimana bentuknya menyerupai tabung dan tekstur yang sangat krispi. Kenikmatan akan kamu rasakan, sejak gigitan pertama dari kue semprong. Saat ini pun kue semprong memiliki bayak varian rasa, serta isian yang semakin memperkaya kenikmatan dari kue semprong.

6. Tape Uli

Tape Uli

Image Credit by Tripcetera.com

Apakah kamu sudah pernah mencoba tape uli ? Tape uli adalah salah satu oleh-oleh khas Jakarta, yang sering ditemui di hari besar seperti lebaran. Tape uli terdiri dari olahan ketan putih, dengan aroma khas yang menggoda. Dengan rasa asam yang nikmat, dengan perpaduan ketan putih dan ketan hitam.

7. Telor Gabus Keju

Telor Gabus Keju

Image Credit by Mpoknini.co.id

Jika mengunjungi daerah Betawi, mungkin kamu akan meemui Telor Gabus Keju. Kue yang berbentuk khas kembung panjang ini, cukup terkenal dengan rasannya yang gurih dan dominan rasa keju. Untuk versi aslinya sendiri, Telor Gabus lebih memiliki rasa gurih dan asin, sebuah rasa yang disukai oleh banyak orang. Kue ini memiliki tekstur renyah, sehingga akan leleh ketika di mulut.

8. Akar Kelapa

Akar Kelapa

Image Credit by Dapurkejuprochiz.com

Jika kamu mencari cemilan yang memiliki rasa gurih krispy, maka akar kelapa adalah pilihan yang sangat baik. Akar kelapa ini termasuk kue legendaris Betawi, dan banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, bentuk dari kue ini seperti pohon kelapa dengan bentuk memanjang melingkar dan seperti bergerigi pada bagian sampingnya. Pada orang jakarta sendiri, kue akar kelapa ini akan lebih sering disebut dengan kue procot.

9. Souvenir Ondel – Ondel

Souvenir Ondel – Ondel

Image Credit by Sukita.info

Apalagi yang khas dari Kota Jakarta kalau bukan Ondel-ondel ? Ikon khas rakyat Betawi ini adalah sebuah boneka raksasa, dan merupakan bentuk dari pertunjukan rakyat. Ondel-ondel dianggap unik, dan merupakan salah satu kesenian yang perlu dilestarikan. Topeng onde-ondel sendiri biasa dijual secara pasangan, dan terbuat dari kayu. Jika kamu mengunjungi Jakarta, membeli ikon khas Jakarta ini sudah pasti sebuah keharusan.

10. Miniatur Monas

Miniatur Monas

Image Credit by Tokopedia.com (Markasfancy)

Apa yang ingin kamu kunjungi, ketika pertama kali tiba di Jakarta ? Kebanyakan wisatawan tentu ingin mendatangi Tugu Monas, atau Monumen Nasional ikon dari Kota Jakarta. Tugu ini merupakan sebuah monumen menjulang, dengan api emas yang berada di ujungnya. Kini kamu pun bisa membawa oleh – oleh yang berhubungan dengan Monas ke daerah asalmu, seperti miniatur Monas. Miniatur Monas sendiri terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, maupun plastik.

11. Boneka Abang None

Boneka Abang None

Image Credit by Betawionline.com

Abang None adalah sebuah sebutan sepasang pria dan wanita, yang memiliki gelar duta atau ikon dari Kota Jakarta. Umumya Abang None ini akan berperan penting, dalam mempromosikan pariwisata di Jakarta. Abang None akan digambarkan sebuah sepasang yang menggunakan busana tradisional khas Betawi. Boneka Abang None pun banyak dipasarkan, untuk semakin memperkenalkan keunikan dari Ibu Kota Jakarta.

12. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi

Image Credit by Stylo.grid.id

Jika mengunjungi suatu daerah dengan kebudayaan yang berbeda, juga bisa menjadi ketertarikan tersendiri. Pakaian tradisional Betawi untuk kaum hawa menyerupai kebaya, yang bisa dibilang lebih simple daripada kebaya daerah lainnya. Busana kebaya Betawi ini pun cocok untuk dijadikan buah tangan, dengan keindahan setiap ukirannya.

13. Miniatur Abang Kerak Telor

Miniatur Abang Kerak Telor

Image Credit by Bukalapak.com (Achielmuezza)

Jajanan kerak telor adalah kue khas Jakarta, yang sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Untuk saat ini pedagang kerak telor memang tidak sebanyak sebelumnya, namun bukan berarti sudah tidak ada. Pada abang yang menjual kerak telor dapat menjadi tontonan yang cukup menarik bagi wisatawan, caranya membolak-balikkan wajan dinilai sangat menghibur. Kamu pun bisa menemukan miniatur abang kerak telor, lengkap dengan berbagai bahannya.

14. Kue Ape

Kue Ape

Image Credit by Idntimes.com

Nama lain dari Kue Ape adalah Serabi Jakarta, karena cara penyajian yang sama dengan tampilan Serabi. Kue ape sering dijajankan di pinggir jalan, maupun pada depan sekolah. Kue ape ini terbuat dari adonan tepung terigu, yang dicampur dengan susu. Bagian topping juga sering diberi taburan seperti keju atau merses, yang semakin memberikan kenikmatan pada kue ape.

15. Marguerite Nougat

Marguerite Nougat

Image Credit by Zomato.com

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui jajanan lezat ini, hal ini karena Marguerite Nougat baru saja muncul di pasaran. Jika kamu mencari jajanan yang bisa dibawa pulang, dan dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama maka Marguerite Nougat adalah pilihan yang tepat.  Saat ini pun kue yang bercita rasa manis gurih dan lezat ini, cukup hits dan sering dijadikan sebagai oleh oleh.

16. Baju Pangsi Betawi

Baju Pangsi Betawi

Image Credit by Jakarta.tribunnews.com

Jakarta memang khas dengan adat Betawinya, mulai dari boneka ondel-ondel hingga pada pakaian adatnya. Pangsi Betawi adalah pakaian khas Betawi, yang telah ada sejak dulu. Bahkan pakaian pangsi ini pun sudah cukup melegenda, serta diketahui hampir seluruh masyarakat Indonesia. Model dari pakaian adat ini, terdiri dari beberapa bagian. Untuk pakaian atasnya merupakan sebuah baju yang tidak dikancingkan, dan celana yang sewarna.

17. Kaos Jakarta

Kaos Jakarta

Image Credit by Tokopedia.com (Tynochenot)

Jika bingung mencari oleh-oleh Jakarta, mengapa tidak membeli Kaos Jakarta ? Kaos khas daerah memang cukup booming, dan sering digunakan untuk setiap daerahnya. Kaos Khas daerah adalah sebuah kaos putih atau hitam, yang memiliki gambar sablon tulisan maupun gambar khas daerah tersebut. Untuk kaos Jakarta sendiri, kamu akan menemui berbagai kaos dengan gambar becak maupun ikon dari kota Jakarta.

18. Miniatur Bajaj

Miniatur Bajaj

Image Credit by Bukalapak.com (Afanafif)

Apa yang unik dari Kota Jakarta ? Ialah kendaraan mobil, yang memiliki roda tiga. Jika mungkin  kita akan familiar dengan becak, maka Bajaj cukup mirip dengan becak. Bajaj adalah sebuah kendaraan, yang khas dengan warna orange dan pernah menjadi ikon kota Jakarta. Untuk selalu mengenang kota Jakarta, tak ada salahnya kamu memilih miniatur Bajaj untuk menjadi oleh-olehmu.

19. Biji Ketapang

Biji Ketapang

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Satu lagi cemilan gurih ala Jakarta, yang sering dijadikan hidangan ketika musim Lebaran. Biji ketapang adalah sebuah kue yang terbuat dari tepung, dan dicampur dengan parutan kelapa pada bagian dalam kuenya. Sehingga gurih manis dan lezat akan kamu rasakan, bahkan dalam satu gigitannya.

20. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Image Credit by Travel.kompas.com

Dodol adalah sebuah kue kenyal mirip mochi, yang banyak ditemukan di Indonesia. Jakarta pun memiliki dodol khas mereka, yang dinamakan dengan Dodol Betawi. Ada banyak varian dari dodol Betawi, mulai dari rasa ketan hitam hingga durian. Rasa gurih dan manis dari dodol betawi ini, mampu memberikan rasa ketagihan bagi siapa saja yang menyantapnya.

21. Jakarta Mug

Jakarta Mug

Image Credit by Pinterest.com (Lamsaricom)

Apa yang membuat beda dari Mug khas Jakarta ini ? Tentu saja motif dan corak yang sangat kental dengan budaya Betawi. Mug dan piring tradisional budaya Betawi, memiliki ciri khas motif berwarna hijau yang cukup abstrak. Namun corak inilah yang menjadi daya tariknya, maka tak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk membeli mug dan piring khas Jakarta.

22. Kue Rangi

Kue Rangi

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Selain kerak telor, ada satu lagi makanan khas Jakarta yang mungkin bisa kamu temui di kotamu. Kue Rangi juga disebut sebagai kue pancong, adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji dan kelapa parut yang dipanggang. Bentuk menyerupai kue pukis namun lebih lembut, membuat kue rangi cukup diminati oleh masyarakat Indonesia.

Jakarta menjadi pusat dari Negara Indonesia, dan merupakan pusat dari kota metropolitan di Tanah Air ini. Tak heran jika banyak yang ingin menapakkan kaki di Jakarta, entah dengan tujuan wisata maupun mencari pekerjaan. Jika kamu ingin mencari tempat oleh-oleh di Jakarta kunjungi saja ITC Cempaka Mas, Kelapa Gading, Pasar Grosir Cililitan, Oleh-oleh Sowan Sunter, dan Pasar Jatinegara. Selamat mengunjungi Jakarta !