12 Oleh-Oleh Khas Jember yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Jember

Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Jember yang kekinian dengan harga murah dan wajib Anda bawa pulang.

Semakin mempesona sejak dinobatkan sebagai kota karnaval, kota Jember tidak hanya populer karena destinasi wisatanya saja. Selagi berkunjung ke beberapa destinasi wisata, tampaknya pengunjung tidak lupa mencari buah tangan menarik untuk dibawa ke kota asalnya. Pusat oleh oleh di Jember diserbu para wisatawan, sebab produk yang dihasilkan cukup berkuallitas nan kental akan ciri khasnya.

1. Pao Tape Jember

Pao Tape Jember

Image Credit by Tokopedia.com (Benabdat Frozen Food)

Berbeda dengan bakpo pada umumnya, kuliner khas dari Jember ini sayang untuk dilewatkan. Terutama para pecinta bakpao, rasa yang terbuat dari tape ini berbeda seperti bakpo umumnya. Cita rasanya yang berbeda, didapatkan dari aroma tapainya yang begitu dominan. Dimana tape yang sebelumnya ditaburi dengan ragi  tersebut, akan diolah bersama dengan tepung. Dari perpaduan bahan tersebut,  menghasilkan rasa yang luar biasa nikmat.

Agar tidak bosan, produsennya pun menghadirkan rasa lain sebagai pelengkapnya. Tersedia dalam rasa cokelat, matcha, kacang, dan masih banyak lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera. Harganya pun tidak memberatkan isi kantong, lantaran satu buahnya dihargai sekitar Rp. 6 ribuan saja. Untuk bisa mencicipi kelezatannya, silahkan datangi pusat oleh oleh khas Jember yang salah satunya ada di Jalan Mastrip Jember ataupun di UD Jember 35.

2. Prol Tape

Prol Tape

Image Credit by Bukalapak.com (Cncluvolshop)

Seakan wajib untuk dijadikan buah tangan, jajanan khas Jember ini terbuat dari campuran bahan sederhana. Bahan yang digunakan seperti tape singkong, tepung, susu, gula, dan mentega akan diolah sedemikian mungkin hingga menghasilkan rasa yang begitu fantastis. Saat gigitan pertama, Anda sudah bisa merasakan rasa manis, gurih, nan asam menjadi satu kesatuan yang begitu nikmat dikonsumsi kapanpun.

Tersedia dalam beberapa rasa baru, diharapkan mampu memenuhi selera para pecintanya. Hanya dengan Rp. 20 ribuan saja, Anda sudah bisa membawa pulang satu cetak prol. Bentuknya yang padat dan lumayan besar, dapat dikonsumsi hingga beberapa kali sekalipun. Rasanya akan semakin nikmat, jika dikonsumsi bersama dengan orang tersayang. Tertarik membelinya ? Silahkan datangi langsung pusat oleh oleh yang ada di Jalan Gajah Mada Jember.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Permen Suwar Suwir

Permen Suwar Suwir

Image Credit by Bangsaonline.com

Berdasarkan dengan namanya, mungkin sudah banyak yang menduga bahwa permen ini miliki bentuk kecil kecil. Namun kenyataannya, permen ini miliki bentuk yang jauh dari yang dibayangkan sebelumnya. Miliki bentuk kotak yang memanjang, tampilan permen ini hampir serupa dengan dodol khas Jawa. Yang membedakan keduanya hanya terletak pada bahan baku pembuatannya saja, meski cara pengolahannya seperti membuat dodol.

Anda akan merasakan teksturnya yang renyah, dipadukan dengan sempurna dari rasa asam yang muncul kemudian. Agar semakin menarik, permen populer ini dihadirkan dengan varian rasa. Mulai dari rasa buah, kacang, susu, hingga familiar seperti coklat pun tersedia untuk memanjakan lidah penggemarnya. Apabila tertarik membelinya, silahkan datangi toko Primadona di kawasan Pasar Tanjung Jember. Tidak perlu khawatir kantong kosong, lantaran harganya terjangkau.

4. Pia Tape

Pia Tape

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Menjadi jajanan yang namanya sudah tidak asing didengar, namun rasa yang dihadirkan berbeda beda. Dari sekian banyak daerah yang menghasilkan pia, nampaknya pria khas Jember tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Umumnya isian pia berupa kacang hijau yang dihaluskan, namun pia Jember berisikan tape. Soal rasa tidak perlu diragukan, karena rasa tapenya membuat penggemarnya semakin ketagihan.

Bahan pembuatannya tidak jauh berbeda ketika membuat pia pada umumnya yaitu menggunakan tepung, gula, garam, dan tentunya mentega. Hanya saja isiannya yang diganti dengan tape khas Jember, yang mampu menghasilkan rasa unik nan sedap. Anda bisa membelinya langsung di Jalan Dharmawangsa, Krajan, Kaliwining Rambipuji, Jember. Hanya dengan Rp. 13 ribuan saja, Anda sudah mendapatkan satu kotak penuh pia dengan kelezatannya.

5. Edamame

Edamame

Image Credit by Citra-rasa-jember.blogspot.com

Makanan yang terbuat dari kedelai Jepang ini, juga tidak kalah populer dicari oleh para wisatawan. Entah itu versi utuhnya, atau sudah menjadi berbagai olahan pun si edamame selalu berhasil mencuri hati masyarakat. Seakan wajib untuk dicicipi, lantaran rasa yang dihadirkannya begitu lezat sekaligus membuat ketagihan. Untuk mendapatkannya pun cukup  mudah, karena hampir seluruh toko oleh oleh menjajakannya dengan harga terjangkau.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Anda Coba

6. Brownies Tape

Brownies Tape

Image Credit by Tokopedia.com (Purnama Jati Jember)

Cukup unik nan menarik, brownies khas Jember terbuat dari tape sebagai bahan tambahannya. Penambahan tape tersebut, justru membuat tekstur kue terasa lebih sedap nan lembut. Hanya dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 20 ribuan, kelezatannya pun sudah bisa dirasakan sepuasnya. Tersedia berbagai rasa, pelanggan bisa memilih sesuai dengan seleranya. Apabia baru pertama kali mencobanya, silahkan membeli versi original dan rasa lain untuk membandingkannya.

7. Tape Manis Sekar Madu

Tape Manis Sekar Madu

Image Credit by Primadonajember.com

Daerahnya yang mampu menghasilkan singkong unggulan, membuat masyarakat berinisiatif untk mengolahnya menjadi tape. Miliki tekstur yang lembut nan terasa manis, tidak mengherankan bila produk ini banyak dicari oleh para wisatawan. Ada dua pilihan ketika membelinya, yaitu secara kiloan ataupun yang sudah dikemas cantik. Silahkan mampir ke salah satu toko pusat leh oleh, dapat dipastikan Anda dapat menemukannya dengan mudah.

8. Jenang Waluh

Jenang Waluh

Image Credit by Putratravel.net

Terbuat dari labu kuning atau biasa disebut sebagai waluh, jenang satu ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan yang begitu dinanti penerimanya. Umumnya jenang ini terbuat dari olahan ketan, yang kemudian dicampurkan dengan kelapa tua. Rasanya yang begitu nikmat, mengajak para wisatawan untuk turut mencobanya. Selagi berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk membelinya.

9. Cerutu

Cerutu

Image Credit by Negerisendiri.com

Tidak hanya terkenal sebagai penghasil tape yang juara, kota satu ini menjadi salah satu tempat yang menyumbangkan hasil tembakau terbesar di tanah air. Banyaknya hasil panen dari tembakau, kemudian masyarakatpun berinisiatif mengolahnya menjadi cerutu. Mudah dibawa kemanapun, sehingga cocok masuk dalam daftar buah tangan terbaik bagi kerabat terdekat. Jika berbicara mengenai kualitasnya, nampaknya tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Siapa sangka produk lokal ini, tidak hanya disenangi oleh masyarakat tanah air saja. Namun kualitas dan kenikmatannya, telah terdengar hingga kancah negara tetangga. Dari sekian produk cerutu yang ditawarkan, produk milik PTPN X banyak diburu masyarakat. Dibandrol dengan harga terjangkau, masyarakat ditawarkan dengan berbagai rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

10. Berbagai Olahan Kopi Kakao

Berbagai Olahan Kopi Kakao

Image Credit by Iccri.net

Siapa sangka, kota satu ini juga mampu menghasilkan biji kopi pilihan dengan rasa yang luar biasa mantap. Bagi penggemar kopi, tampaknya informasi ini begitu menyenangkan untuk didengar. Selain rasanya yang lezat, olahan kopi ini mudah dibawa kemanapun. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai rekomendasi terbaik untuk buah tangan.

11. Terasi Udang Puger Jember

Terasi Udang Puger Jember

Image Credit by Bukalapak.com (Bebek Mbegor)

Hadirkan rasa lezar, membuatnya banyak diburu sebagai buah tangan terbaik. Dalam pembuatannya, terasi akan dijaga dengan baik tingkat kebersihannya. Aman untuk dikonsumsi, olahan dari perairan Jember ini tidak menggunakan pengawet sedikitpun. Cocok dijadikan sebagai bumbu masakan, dijamin rasa kuliner pun semakin lezat ketika ditambahkan dengan terasi udang satu ini.

12. Batik Jember

Batik Jember

Image Credit by Pesona.travel

Kota Jember juga miliki kain batik, yang dikenal dengan motifnya yang uckup unik. Motifnya mengadopsi dari daun tembakau hasil produksi lokal, membuat batik terlihat begitu menawan. Tersedia dalam beberapa warna nan bervariatif, harga yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan saat memproduksinya. Bahkan dapat dikatakan bahwa, kain batik ini telah dikenal dan diakui dunia.

Letaknya yang berada di sisi timur Pulau Jawa, membuatnya banyak dikunjungi lantaran memiliki destinasi wisata yang begitu menawan. Usai menikmati keindahan panoramanya, umumnya para wisatawan akan mencari berbagai buah tangan terbaik. Mulai dari jajanan, oleh-oleh khas hingga produk tertentu Jember, bisa dipilih sesuai selera. Tidak perlu khawatir dengan harganya, lantaran semua buah tangan tersebut miliki harga yang ramah dikantong.