10 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Jepara

Kota satu ini memang terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki kerajinan tangan yang tentu saja dapat anda jadikan sebagai salah satu bentuk buah tangan untuk kerabat di rumah. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jepara yang bisa untuk anda berikan kepada kerabat ataupun saudara di rumah ketika sedang berkunjung. Berikut simak ulasannya.

1. Kaos Qimo

Kaos Qimo

Image Credit by Flickr.com @Qimo Japara

Bagi anda yang merupakan kolektor kaos, maka anda pun wajib untuk mempunyai jenis kaos satu ini. Jika Bali terkenal dengan Joger Bali atau Jogja yang terkenal dengan Dagadunya, maka jika anda berada di Jepara, maka anda pun akan menemukan kaos dengan merek Qimo. Untuk motif yang tersedia pun biasanya dapat berupa gambar, motif ataupun tulisan yang bertema tentang Jepara yakni mulai dari bahasa, budaya, kultur dan sebagainya.

2. Kerajinan Monel Kalinyamatan

Kerajinan Monel Kalinyamatan

Image Credit by Rynari.wordpress.com

Selain itu, terdapat pula barang lain yang bisa untuk anda jadikan buah tangan saat sedang berada di Jepara, salah satunya adalah kerajinan yang terbuat dari bahan monel. Disini aneka monel tersebut akan dibuat menjadi berbagai macam perhiasan seperti anting, gelang, cincin, kalung dan sebagainya. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni mulai dari 12 ribu rupiah saja.

Namun, terdapat pula perhiasan yang memiliki harga sedikit mahal atau hinggga mencapai ratusan ribu. Hal ini dikarenakan bahan monel tersebut dicampurkan dengan berlian sintetis atau kristal svarovski yang tentu saja akan menambha nilai jual dari oleh-oleh satu ini. Bagi anda yang tertarik, maka anda pun bisa mengunjungi daerah Kriyan untuk menemukan banyak toko yang menjual jenis perhiasan tersebut.

BACA JUGA:  8 Wisata Museum di Solo yang Patut Anda Kunjungi

3. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang

Image Credit by Toko Pedia.com (Pasar Kerupuk)

Oleh-oleh lain yang bisa untuk anda bawa pulang ketika sedang mengunjungi Jepara adalah kerupuk bawang. Kerupuk satu ini merupakan camilan khas yang cocok untuk anda jadikan buah tangan ketika anda sedang mengunjungi kota Jepara. Pasalnya kerupuk satu ini memang terkenal memiliki rasa yang unik dan berbeda dari keripik bawang yang ada di kota lain.

Dibuat dengan bahan-bahan dengan kualitas yang tinggi, juga akan membuat keripik satu ini menjadi incaran bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Jepara. Untuk anda yang tertarik menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka anda pun bisa dengan mudah untuk membelinya di Shopping Centre Jepara. Dimana anda nantinya akan menemukan berbagai macam kerupuk bawang dengan harga yang bervariasi sesuai dengan keinginan anda.

4. Kerajinaan Patung dan Ukiran

Kerajinaan Patung dan Ukiran

Image Credit by Medcom.id

Ketika anda bingung untuk membeli buah tangan apa untuk keluarga di rumah, maka ketika anda mengunjungi Jepara pun nantinya anda bisa membawa karajinan berupa patung dan ukiran sebagai oleh-oleh. Kerajinan ukiran khas Jepara ini pun juga sudah sangat terkenal hingga ke seluruh nusantara. Untuk anda yang tertarik, maka anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di Jepara Industrial Bondedzone yang khusus menyediakan tempat bagi UKM pengrajin kayu.

5. Durian Petruk

Durian Petruk

Image Credit by Kompas.com

Varietas durian yang terkenal di Jepara adalah durian petruk. Untuk itu, anda pun bisa membeli dan membawa durian satu ini sebagai salah satu buah tangan untuk keluarga anda di rumah. Durian dengan jenis ini pun juga memiliki rasa yang sangat manis dan juga tekstur daging yang sangat tebal. Untuk itu, tak heran jika durian ini menjadi salah satu durian unggulan di Indonesia. Anda bisa menemukan durian ini di kecamatan Bare Alit, Bate Gede dan Tahunan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Wajib Anda Bawa Pulang

6. Kerupuk Tengiri dan Udang Echo

Kerupuk Tengiri dan Udang Echo

Image Credit by Tokopedia.com (Griya Jepara)

Jepara merupakan salah satu daerah yang berada di pinggir pantai. Untuk itu, buah tangan yang tersedia pun tak jauh-jauh dari olahan hasil pantai salah satunya adaalah kerupuk tengiri dan kerupuk udang. Makanan ini pun menjadi salah satu makanan yang akan jarang untuk anda temui saat ini dikarenakan pembuatnya yang mulai berkurang.

Akan tetapi, semenjak ada UKM maka anda pun akan dapat dengan mudah untuk menemukan oleh-oleh satu ini. Kerupuk ini pun disebut oleh warga Jepara sebagai kerupuk Echo yang mempunyai rasa yang unik dan juga khas. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh kerupuk ini pun sangat terjangkau dan juga variatif. Anda bisa menemukan oleh-oleh satu ini dia jalan Yos Sudarso yang berada tidak jauh dari Alun-Alun Jepara.

7. Jeruk Jepara

Jeruk Jepara

Image Credit by Merdeka.com

Bagi anda yang mencari tanaman jeruk yang tidak akan anda temui di tempat lain, maka jeruk Jepara wajib untuk anda bungkus sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda di rumah. Pasalnya, tanaman yang dinyatakan punah oleh ahli botani ini, ternyata dapat tumbuh dengan subur di tanah Jepara. Untuk anda yang tertarik, maka anda pun bisa menemukan beragam sajian kreasi kuliner dari jeruk ini di berbagai pasar yang terdapat di Jepara.

8. Carang Madu

Carang Madu

Image Credit by Detik.com

Buah tangan satu ini merupakan salah satu jenis kue yang bisa untuk anda jadikan oleh-oleh ketika sedang mengunjungi Jepara. Hal ini dikarenakan kue yang terbuat dari bahan tepung beras, gula dan santan ini mempunyai rasa yang sangat lezat sehingga anda pun akan ketagihan untuk mencobanya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Rembang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jika anda tertarik untuk membelinya, maka anda pun bisa mengunjungi pasar Welahan ataupun pusat oleh-oleh Jepara untuk mendapatkan jajanan khas kota Jepara satu ini. Untuk harganya sendiri pun cukup terjangkau yakni hanya sekitar 20 ribu hingga 30 ribu rupiah saja untuk kemasan ini 10 buah. Untuk itu, jika anda bingung mencari jajanan untuk oleh-oleh ketika berada di Jepara, maka carang madu adalah solusinya.

9. Kacang Listrik

Kacang Listrik

Image Credit by Tic.jepara.go.id

Memiliki nama yang unik, makanan satu ini pun juga bisa dengan mudah untuk anda dapatkan di Jeprara. Kacang listrik sendiri ini sebenarnya adalah kacang yang terbuat dengan oven atau yang dipanggang di atas oven. Rasa yang ditawarkan oleh kacang satu ini pun terbilang cukup enak sehingga anda pun bisa menjadikan cemilan satu ini sebagai oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang ketika berada di Jepara. Untuk membelinya anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas kacang Jepara.

10. Tenun Troso

Tenun Troso

Image Credit by Pesona.travel

Buah tangan terakhir yang bisa untuk anda bawa pulang bagi keluarga di rumah adalah tenun troso. Untuk itu, anda pun bisa mampir ke daerah Troso yang ada di kota Jepara. Di daerah tersebut, maka anda pun akan menemukan banyak pengrajin tenun yang bisa anda pilih. Untuk harganya pun bervariatif yakni berkisar antara 130 ribu hingga 500 ribu rupiah untuk tenun yang berbahan katun dan untuk yang berbahan sutra yakni 500 ribu hingga 3 juta rupiah.

Untuk itu, jika anda sedang berkunjung ke Jepara dan bingung untuk mencari oleh-oleh yang ingin untuk anda bawa pulang, maka anda pun bisa mencoba untuk memilih salah satu rekomendasi buah tangan tersebut. Dengan begitu, anda pun nantinya akan bisa untuk mendapatkan salah satu buah tangan khas yang berasal dari kota Jepara.