26 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh Oleh Khas Jogja

Berpergian, kemudian tidak membawa oleh-oleh sepertinya akan ada yang kurang. Apalagi jika tujuannya adalah Jogja. Ada beberapa oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang dan tentunya tak hanya sekedar makanan. Apalagi Jogja menjadi kota yang masih kental adat dan budaya Jawanya yang banyak karya seni unik. Untuk menjadi refrensi anda, berikut simak ulasaan buah tangan atau oleh-oleh khas Jogja yang bisa di bawa pulang untuk kerabat atau sahabat di rumah.

1. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu

Image Credit by Bukalapak.com ( Oleh oleh jogja)

Keripik tempe satu ini berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Keripik tempe sagu ini lebih renyah dan biji tempenya terlihat jelas karena disatukan dengan sagu. Karena belum banyak dijumpai, anda bisa menjadikan makanan ringan ini untuk oleh-oleh. Termasuk dalam olahan kekinian bisa dipastikan jika keluarga atau sahabat anda akan menyukainya.

2. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok

Image Credit by Tokopedia.com (Gudeg Kaleng Yogyakartareputation)

Ini dia oleh-oleh yang selalu saja diburu dan dipesan oleh kerabat. Bakpia yang berbentuk bulat mungil ini berisikan banyak varian mulai dari yang tradisional seperti kacang hijau, hingga berisi keju. Bakpia Pathok yang kering bisa tahan cukup lama sehingga bisa untuk oleh-oleh jika rumah anda cukup jauh. Mencarinya juga mudah karena sekitaran Malioboro banyak yang menjualnya seperti misalnya Bakpia Pathok 25.

3. Brownies Ubi Ungu

Brownies Ubi Ungu

Image Credit by Jnokitchen.blogspot.com

Jika anda sudah familiar dengan brownies coklat, anda bisa membawa brownies ubi ungu sebagai oleh-oleh khas Jogja. Apalagi jika sahabat atau keluarga menyukai kue basah. Selain memiliki rasa yang lezat, brownies dari ubi ungu ini juga mengenyangkan. Tak heran jika kue basah satu ini dijadikan alternatif sebagai buah tangan Khas Jogja yang lain daripada yang lain.

4. Geplak

Geplak

Image Credit by Makanjogja.com

Jajanan yang berwarna warna ini juga bisa anda jadikan oleh-oleh. Apalagi untuk mendapatkannya juga tidaklah susah. Malioboro hingga Pasar Beringharjo menyediakan jajanan yang memiliki rasa manis ini. Karena makanan yang terbuat dari ketan dan campuran kelapa ini juga tahan lama sehingga bisa anda jadikan oleh-oleh dari Jogja.

5. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Image Credit by Jogjascrummy.com

Selain panganan tradisional, anda juga bisa menjadikan kue kekinian sebagai buah tangan. Jogja Scrummy misalnya, oleh-oleh yang digagas oleh Dude Herlino ini merupakan perpaduan puff pastry dan juga brownies kukus. Ada banyak rasa yang bisa anda bawa pulang mulai dari rasa coklat hingga taro maupun karamel yang pastinya menggoda.

6. Yangko

Yangko

Image Credit by Omiyago.com

Yangko atau yang kerap disebut dengan mochinya khas Jogja ini juga makanan manis yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Terbuat dari tepung  kentan membuat teksturnya lebih padat jika dibandingkan dengan mochi. Salah satu pusat oleh-oleh yang menjual makanan manis ini adalah Yangko Pak Prapto. Yangko dari toko ini memiliki rasa yang variasi mulai dari cokelat hingga durian dan berada di Jl. Pramuka No 82 Jogjakarta.

7. Salak Pondoh Sleman

Salak Pondoh Sleman

Image Credit by Jogja.tribunnews.com

Ketika ke Jogja, anda juga bisa menjadikan buah salak sebagai oleh-oleh. Buah Salak Pondoh ini memiliki rasa yang manis dan juga segar. Sleman tepatnya di lereng Gunung Merapi memang terkenal dengan tempat budidaya salak ini. Anda juga bisa memetik sendiri salak ini kemudian membawaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat.

8. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Image Credit by Katalogkuliner.com

Sudah pernah merasakan legitnya cokelat khas Jogja? Cokelat Monggo ini merupakan cokelat khas Jogja yang memiliki rasa tak kalah lezat dari toko cokelat di luar negeri. Kemasannya yang tradisional menegaskan jika cokelat ini khas dari Jogja. Anda bisa mengunjungi langsung Monggo Shop di Jl. Dalem KG III No. 978, Purbayan.

9. Gudeg Kaleng

Gudeg Kaleng

Image Credit by Omiyago.com

Menikmati gudeg di kota Jogja juga harus menjadi list ketika ke Jogja. Memiliki beberapa macam mulai dari gudeng basah hingga gudeng kering memungkinkan untuk anda membawanya pulang. Gudeg yang dikemas dengan kaleng seperti sarden ini bisa anda dapatkan dengan mudah. Salah satunya di Gudeg Bu Tjitro yang berada di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapa.

10. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Image Credit by Paketwisatabantul.com

Selain makanan, oleh-oleh dari Jogja juga bisa berupa kerajinan perak yang sangat cantik. Anda bisa singgah sebentar di Kotagede untuk menemukan souvenir ini. Perak di sini akan dimodel dengan berbagai benda seperti bros, perhiasan hingga pajangan dengan motif yang unik. Apalagi kerajinan Kotagede Jogja ini juga sudah terkenal hingga manca negara.

11. Blangkon

Blangkon

Image Credit by Blangkonjogjakarta.blogspot.com

Tutup kepala yang terbuat dari kain batik bernama Blangkon ini juga bisa menjadi oleh-oleh ketika ke Jogja. Blangkon khas Jogja diberi nama dengan blangkon Mondolan karena ada bulatan besar di belakangnya. Untuk berburu blangkon ini anda bisa langsung menuju Malioboro. Anda bisa memberikan kepada ayah atau sahabat laki laki anda.

12. Tasuba

Tasuba

Image Credit by Tiket.com

Bagi anda yang bukan masyarakat Jogja, makanan satu ini mungkin masih terdengar asing. Tasuba yang merupakan singkatan dari tahu susu bakso ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih akan sangat nikmat jika disantap ketika bersama keluarga. Anda bisa langsung mengunjungi gerainya di Jl. Laksamana Adisucipto KM 7.6.

13. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Image Credit by Antaranews.com

Jika anda mencari untuk pajangan rumah atau alat dapur dari gerabah, anda bisa langsung mengunjungi sentra kerajinannya. Berada di Jl. Kasongan No. 223 Kajen, Bangunjiwo, Bantul anda bisa mendapatkan aneka kerajinan gabah yang berkualitas. Kombinasi dari tanah liat dan rotan membuat kualitasnya tak diragukan lagi.

14. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu

Image Credit by Ksmtour.com

Kaos terkenal satu ini juga sangat cocok untuk dihadiahkan kepada keluarga atau sahabat. Merk terkenal satu ini menjual berbagai produk fashion dan juga aksesoris yang Jogja sekali. Kaos Dagadu telah memiliki banyak cabang salah satunya di Gedongkuning no. 128, Rejowinangun Kotagede. Anda juga bisa mendapatkannya di mall terdekat.

15. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Image Credit by Dismonimo.com

Kue artis memang selalu menyita perhatian dan juga bisa dijadikan alternatif untuk oleh-oleh. Seperti  Mamahke yang merupakan milih Zazkia Adya Mecca yang memiliki rasa lezat. Kue kekinian ini bisa anda dapatkan di beberapa tempat di kota Jogja. Salah satunya di dekat Taman Sari atau di Plaza Ambarukmo.

16. Batik Jogja

Batik Jogja

Image Credit by Review.bukalapak.com

Batik Joga juga harus diburu ketika datang ke Jogja. Menghadiahkan sepasang batik untuk ayah dan ibu pasti akan membuatnya senang. Berburu batik di Jogja tak hanya bisa dilakukan di Malioboro saja, anda juga bisa mendapatkan batik di Pasar Beringharjo. Atau jika tidak anda bisa mengunjungi Mirota yang juga memiliki banyak koleksi batik.

17. Keripik Welut

Keripik Welut

Image Credit by Distributorkeripikbelut.wordpress.com

Olahan belut yang dijadikan keripik ini juga bisa anda bawa pulang untuk jadi oleh-oleh. Rasanya yang gurih dan lezat akan membuat anda ketagihan. Anda bisa langsung mengunjungi sentra bisnisnya di Pusar Kuliner Belut Godean. Lokasinya di Sleman berjarak kurang lebih 8 km dari pusat kota.

18. Wayang

Wayang

Image Credit by Wonosari.4umer.com

Souvenir yang bisa anda bawa dan dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah wayang. Wayang Jogja tentu saja memiliki perbedaan dengan wayang dari daerah lain. Apalagi jika keluarga atau sahabat menyukai barang yang memiliki nilai seni tinggi. Tentunya wayang dari Jogja ini bisa melengkapi koleksinya.

19. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit

Image Credit by Tiket.com

Selain wayang atau kaos, anda juga bisa berburu kerajinan kulit yang sudah disulap menjadi barang pakai yang bernilai tinggi. Anda bisa datang ke Desa Wisata Manding yang ada di Bandul untuk melihat langsung sentra kerajinan kulit. Para penduduk di sini sudah dari tahun 1957 membuat kerajinan seperti jaket, tas, sepatu kulit dan barang serba kulit.

20. Aksesoris Khas Jogja

Aksesoris Khas Jogja

Image Credit by Jogja.tribunnews.com

Ketika berjalan jalan di Malioboro tentunya anda akan menemui aneka ragam aksesoris yang juga bisa dijadikan oleh-oleh. Satu set gantungan kunci, gelang atau aksesoris yang lain bisa anda bagikan ke banyak orang. Bukan hanya unik, namun aksesoris ini juga terkenal berdaya tahan tinggi alias awet. Jadi sudah siap berburu aksesoris khas Jogja?

21. Tas Dowa

Tas Dowa

Image Credit by Bonvoyagejogja.com

Tas Dowa atau tas rajut yang sangat cantuk untuk kaum perempuan ini juga bisa anda jadikan oleh-oleh. Tas dari Jogja ini kini sudah bisa menembus pasar Internasional lho karena kualitasnya yang bagus. Dirintis sejak tahun 1989 membuat tas Dowa kini semakin populer. Anda bisa melihat koleksi tas cantik ini dengan langsung datang ke lantai 2 Honje Restaurant.

22. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Image Credit by Gudeg.net

Jadah atau makanan khas Jogja ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan. Kemudian dilengkapi dengan tempe atau tahu bacem dan bisa dengan cabe hijau jika suka pedas. Meskipun bentuknya sederhana tapi makanan ini adalah majanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh dan membelinya langsung ke Jl. Kaliurang Km 12.5 dengan merk Jadah Tempe Mbah Carik.

23. Bakpia Princess Cake

Bakpia Princess Cake

Image Credit by Suploeb.blogspot.com

Jika anda bosan dengan bakpia pathok yang ukurannya kecil, anda bisa membeli bakpia princess cake. Ukurannya jelas lebih besar dan juga isian yang beragam. Usaha miliki Princess Syahrini ini bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda bisa dengan mudah menemukan panganan di beberapa tempat sepertu stasiun Tugu, Malioboro dan tempat lainnya.

24. Belalang Goreng

Belalang Goreng

Image Credit by Kumparan.com

Belalang Goreng ini merupakan camilan khas Gunung Kidul yang kini juga naik daun. Jika anda tidak geli, anda bisa menjadikan belalang goreng sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Apalagi harganya juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 20 ribu untuk satu toplesnya. Ketika ke Gunung Kidul anda bisa menemukan di pingggir jalan.

25. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Image Credit by Kabarindonesia.id

Wedang uwuh atau wedang sampah yang dibuat dari rempah rempah ini memberikan rasa hangat ketika diminum. Selain itu juga dipercaya memberikan segudang manfaat apabila rajin dikonsumsi. Minuman yang bewarna merah ini memiliki rasa yang unik perpaduan pedas dan manis. Jika tertarik anda bisa mencarinya di daerah Malioboro atau Pasar Beringharjo.

26. Geblek Kulonprogo

Geblek Kulonprogo

Image Credit by Theboxsceneproject.org

Kini anda tidak perlu ke Kulonprogo untuk menikmati olahan dari tepung topioka yang kemudian digoreng ini. Karena anda cukup ke Jl. Kaliurang untuk menemukan Geblek Samigaluh Pak Sabar. Anda bisa membelinya yang mentah dan menggorengnya ketika di rumah. Citarasa geblek yang khas ini bisa anda jadikan oleh-oleh ketika ke Jogja.

Tak hanya memiliki wisata yang memukau, Jogja juga menjadi destinasi wajib para pelancong. Ketika ke Jogja anda juga bisa membeli berbagai oleh-oleh khas mulai dari makanan hingga souvenir. Apalagi tempat tempat seperti Malioboro, Pasar Beringharjo dan sejumlah tempat lain menyediakan beragam kebutuhan oleh-oleh. Sambil jalan jalan juga bisa berburu oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah.