10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Jombang

Dihuni oleh beragam suku bangsa, membuat Jombang miliki beragam ciri khas mulai dari makanan hingga souvenirnya. Selama singgah di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur ini, tak akan lengkap tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut. Pilihannya yang cukup beragam, tatkala membuat para pengunjungnya kebingungan untuk memilihnya.

Penasaraan apa saja oleh-oleh khas Jombang yang bisa menjadi buah tangan ? Simak ulasan berikut.

1. Onde Onde Alief

Onde Onde Alief

Image Credit by Gamesanimemovies99.blogspot.com

Mungkin jajanan tradisional ini sudah tidak asing dikonsumsi, lantaran di daerah lainnya juga ada si onde onde ini. Meski nama dan bentuknya serupa, namun rasa jajanan khas dari Jombang satu ini terasa berbeda. Yang membuat rasanya terasa unik, isiannya tidak berupa kacang hijau yang ditumbuk hingga halus. Namun isian si onde onde dari Jombang ini, justru berupa kacang merah yang membuatnya mampu menghasilkan cita rasa yang unik.

Cocok menjadi buah tangan terbaik, si kudapan satu ini semakin terasa nikmat disantap bersama dengan teh manis. Apabila tertarik untuk membelinya, silahkan berkunjung ke Jalan Laksda Adi Sucipto, Sambong dukuh, Jombang. Untuk satu kotaknya, Anda hanya perlu mengeluarkan dan sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 18.000 an saja. Hanya dengan harganya yang ramah di kantong, dijamin Anda akan mendapatkan kepuasan saat membelinya.

2. UD Jenang Kelapa Muda

UD Jenang Kelapa Muda

Image Credit by Jenangkelapamudajombang.blogspot.com

Ketika berkunjung ke Jombang, banyak dari masyarakat yang merasa kurang lengkap tanpa membawa pulang jajanan khasnya bernama jenang. Jajanan tradisional satu ini miliki citarasa manis nan legit, yang membuat siapapun merasa ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Jika dilihat sekilas, jajanan satu ini memang hampir serupa dengan si onde onde. Sebab teksturnya yang renyah di bagian luarnya, namun terasa lembut pada bagian dalamnya.

Rasa legit yang dipadukan dengan tekstrunya yang menarik, siapapun tidak bisa menolak untuk mengkonsumsinya. Oleh karenanya, jajanan tradisional ini bisa menjadi buah tangan rekomendasi terbaik. Tak sulit untuk menemukannya, pengunjung bisa menemuannya di berbagai pusat oleh oleh yang ada di Jombang. Dari berbagai merk jenang yang terkenal, UD Jenang Kelapa Muda dari desa Denanyar, Jombang paling banyak diminati.

3. Tahu Pong

Tahu Pong

Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Namanya sudah cukup familiar, lantaran makanan khas satu ini cukup populer dijadikan sebagai buah tangan. Dinamakan sebagai tahu pong, sebab di bagian tengahnya memang tidak ada isian apapun alias kosong. Meski tanpa menggunakan isian, rasa yang dihadirkannya tidak boleh dipandang sebelah mata ketika dinikmati bersamaan dengan cabai ataupun saus tomat. Bahkan tak jarang masyarakat juga menyantapnya bersamaan dengan sambal petis.

Teksturnya yang renyah, terasa begitu nikmat selagi masih panas. Oleh karenanya, banyak para wisatawan yang kemudian menyantapnya di lokasi pembelian sekaligus membungkusnya untuk kerabat terdekat. Tertarik untuk mencicipinya ? Silahkan mendatangi pusat oleh oleh yang ada di jalan Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Sumobito, Kabupaten Jombang. Satu kotaknya, para pecintanya hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 40.000 saja.

4. Kerupuk Beras

Kerupuk Beras

Image Credit by Jejakpiknik.com

Sesuai dengan namannya, buah tangan yang populer ini memang terbuat dari nasi sebagai bahan dasarnya. Pada saat pengolahan, nasi akan ditumbuk hingga halus, yang kemudian ditambahkan dengan berbagai rempah. Usai bumbu bercampur dengan rata, adonan akan dijemur hingga kering dan siap untuk digoreng kapanpun. Tak perlu bingung untuk mencarinya, kerupuk beras ini bisa ditemui di berbagai pasar tradisional ataupun di pusat oleh oleh terdekat.

5. Jambu Bol Gondang Manis

Jambu Bol Gondang Manis

Image Credit by Samudrabibit.com

Buah Jambu Bol Gondang Manis, bisa menjadi buah tangan rekomendasi terbaik.  Dapat dikatakan demikian, sebab buah satu ini memang hanya ditemukan di daerah Jombang. Buah jambu yang dijual sekitar Rp. 5.000 per kg ini, memiliki warna daging putih bersih dengan teksturnya yang cukup lunak seperti kapas. Apabila ingin mendapatkannya, silahkan berkunjung ke Kecamatan Bandar Kedung Mulyo.

6. Bolu Plemben

Bolu Plemben

Image Credit by Cookpad.com

Kue jadul khas Jombang lain yang bisa menjadi buah tangan terbaik, lantaran rasanya yang begitu khas. Terdiri dari variasi kering dan basah, pengunjung bisa memilih sesuai selera. Apabila belum pernah mencicipinya, tidak salah untuk mencoba kedua varian tersebut. Kedua varian ini dibandrol dengan harga yang berbeda, dimana kue basahnya dibandrol sekitar Rp. 3.00 0 an dan yang kering dibandrol sekitar Rp. 4.000 an.

7. Brondong Ketan

Brondong Ketan

Image Credit by Jejakpiknik.com

Umumnya brondong terbuat dari jagung, namun brondong khas dari Jobang satu ini justru terbuat dari ketan. Meski terbuat dari bahan yang berbeda, rasa yang dihadirkannya tak kalah seperti brondong pada umumnya. Rasanya akan semakin nikmat, bila disantap sembari menikmati waktu bersantai. Selain bisa dinikmati secara langsung, kudapan renyah satu ini bisa menjadi teman ngopi terbaik.

Miliki bentuk mungil yang dikemas apik, membuatnya mudah dibawa kemanapun. Tak ada salahnya untuk membeli si brondong ketan, sebagai teman cemilan menunggu sampai di tujuan. Tak perlu bingung untuk mencarinya, karena si jajanan ringan ini dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh yang ada di Jombang. Hanya dengan Rp. 1.000 saja, Anda sudah bisa menikmati si brondong ketan ini.

8. Manik Manik Kaca

Manik Manik Kaca

Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Bosan memberikan kuliner khas sebagai buah tangan, cobalah untuk membawakan souvenir khas dari Jombang. Selain terlihat unik nan antik, souvenir tersebut dapat disimpan hingga waktu yang cukup lama. Dari berbagai souvenir yang ada, manik manik kaca paling banyak diburu oleh wisatawan. Souvenir ini terbuat dari pecahan kaca, yang kemudian didaur ulang dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi lebih cantik.

Hanya terbuat dari kepingan kaca yang tidak lagi digunakan, namun nilai jual dan seninya cukup tinggi. Bentuknya pun beragam seperti gantungan kunci, untaian ikat pinggang, bros, gelang, hingga kalung. Apabila tertarik menjadikannya sebagai buah tangan, silahkan berkunjung ke desa Gambang di Kecamatan Guso, kota Jobang. Harganya pun cukup ekonis, sehingga aman di kantong.

9. Pernak Pernik Gus Dur

Pernak Pernik Gus Dur

Image Credit by Jejakpiknik.com

Selain manik manik kaca, souvenir lainnya yang tidak kalah populer adalah pernah pernik Gus Dur. Termasuk souvenir unik, lantaran masyarakat sekitar menjualnya dalam berupa  pin, kaos, hingga buku geografi. Sedangkan pemberian nama Gus Dur sendiri, lantaran souvenir yang dijajakan memang masih berkaitan erat dengan si Presiden Indonesia yang ke 4. Bahkan hanya dengan mendengar namanya saja, para pengunjung pun tertarik untuk membelinya.

10. Donat Kampoeng Utami

Donat Kampoeng Utami

Image Credit by Utamidonat.blogspot.com

Rasanya manis nan begitu nikmat, membuatnya banyak diburu untuk dijadikan buah tangan. Yang membuatnya semakin dicintai, tekstur si donat terasa lembut yang bisa dirasakan sejak gigitan pertama. Untuk mendapatkannya pun dirasa tidak sulit, karena hampir di setiap pasar tradisional di Jombang menjajakannya. Selain dapat menemukannya di pasar tradisional, Anda bisa membelinya di Griya Indah AA 2 CC, Kabupaten Jombang.

Berkunjung ke kota Jombang, terasa kurang lengkap tanpa membeli buah tangan bagi kerabat di kota asal. Tersedia dalam beberapa bentuk, para wisatawan bisa memilih sesuai dengan keinginan. Mulai dari makanan khas hingga souvenir unik, bisa didapatkan dengan mudah disini. Ditambah dengan harganya yang ramah dikantong, Anda tidak perlu khawatir isi kantong akan kosong.