8 Oleh-Oleh Khas Karawang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Karawang

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Karawang yang wajib Anda beli? Periksa daftar rekomendasi oleh-oleh dari Java Travel.

Karawang merupakah salah satu daerah di Pulau Jawa bagian barat dekat dengan Bogor. Daerah ini terkenal dengan sebagai kota industri terbesar di Provinsi Jawa Barat. Selain banyak pabrik yang bisa ditemukan di sini, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Karawang juga memiliki makanan yang menjadi oleh-oleh khas. Jika Anda sedang mengunjungi kota ini, berikut ini oleh-oleh khas dari Karawang yang bisa Anda bawa untuk keluarga atau teman.

1. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot

Image Credit by Bukalapak.com (Makna Buku)

Oleh-oleh khas kota Karawang pertama yang bisa Anda coba adalah kerupuk bontot. Makanan khas ini merupakan adonan kerupuk udang. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya yang dijual dengan sudah digoreng, kerupuk ini dijual dalambentuk adonan. Jadi Anda bisa memotongnya sesuai  dengan ketebalan yang Anda inginkan. Tekstur dari oleh-oleh ini seperti adonan kerupuk pada umumnya, kenyal dan lembut.

Kerupuk bontot akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan berasama saus, setelah digoreng. Dinamakan kerupuk bontot karena adonan kerupuk ini merupakan adonan kerupuk ikan terakhir yang masih tersisa. Meskipun merupakan sisa-sisa adonan, nyatanya rasanya sangat enak dan tidak jauh berbeda dari adonan awal. Ada juga beberapa tempat kuliner yang menjual kerupuku bontot yang sudah masak dan siap dinikmati.

2. Rengginang Ketan

Rengginang Ketan

Image Credit by Ayopurwakarta.com

Meskipun banyak tempat lain yang memiliki oleh-oleh rengginang ketan, namun kota Karawang memiliki rengginang yang khas. Selain warnanya putih, di sini juga menjual rengginang yang terbuat dari ketan merah. Rasanya yang lebih gurih dan renyah, sangat disayangkan jika Anda tak membawanya pulang. Tidak hanya dijual dalam kondisi mentah, oleh-oleh ini juga dijual dalam bentuk sudah digoreng. Ada banyak tempat yang menjual rengginang ketan di Kota Karawang.

BACA JUGA:  11 Tempat Makan di Sukabumi Paling Enak & Murah

3. Gandasturi

Gandasturi

Image Credit by Resepkoki.id

Ingin merasakan salah satu kue khas Kota Karawang? Anda bisa membeli oleh-oleh khas yang terbuat dari kacang hijau. Kue ini biasanya mempunyai tekstur yang unik. Dimana pada bagian luar agak kasar, sedangkan bagian isiannya terasa lembut. Warna dari kue ini adalah coklat dan disajikan setelah digoreng. Ganastori biasanya dijual dibeberapa tempat seperti pasar-pasar tradisional. Memiliki rasanya yang lezat dan manis, oleh-oleh khas kota karawang ini wajib Anda coba.

4. Opak Ketan

Opak Ketan

Image Credit by Shopee.co.id

Kota Karawang memang terkenal dengan makanan kerupuk salah satunya adalah opak ketan. Dibuat dari bahan ketan, makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Jika sudah digoreng, kerupuk ini biasanya berwaran kuning kecoklatan. Salah satu makanan tradisional ini biasanya dijual dalam bentuk matang dan sudah dkemas ke dalam plastik. Bahan yang diigunakan dalam membuat opak ini terdiri dari ketan, gula pasir, garam, dan kelapa parut.

Cara memasaknya adalah dengan dipanggang, bukan digoreng. Jadi lebih sehat dan lebih aman. Bentuknya sama seperti kerupuk pada umumnya yaitu bundar, namun memiliki ukuran yang lebih tebal. Opak Ketan biasanya dijual dalam bentuk sudah dikemas dalam plastik.  Penasaran dengan oleh-oleh ini? Jangan lupa untuk membelinya ketika mengunjungi kota Karawang.

5. Gonjing

Gonjing

Image Credit by Cintaihidup.com

Makanan yang biasa disebut juga dengan makanan bandros di Bandung ini, memiliki tekstur seperti kue serabi. Kue ini merupakan makanan tradisional kota Karawang yang cukup legendaris dan banyak digemari. Makanan ini berasal dari tepung terigu, parutan kelapa dan santan, maka tak heran jika rasanya lebih gurih jika dibandingkan kue serabi yang lain. Warnanya agak kecoklatan dan memiliki bentuk seperti kue pukis, yaitu setengah lingkaran.

BACA JUGA:  Taman Wisata Matahari, Destinasi Keluarga Favorit di Bogor

Rasanya akan terasa lebih nikmat jika dimakan saat masih terasa hangat. Kue gonjing biasanya dijual dengan cara berkeliling dengan menggunakan gerobak. Memiliki harga yang terjangkau, sehingga makanan ini patut Anda coba dan dibawa pulang ke rumah. Tidak hanya dijual secara matang, kue ini juga banyak dijual dalam bentuk adonan yang sudah dibuat. Anda bisa membelinya untuk dibawa pulang dalam bentuk adonan agar bisa dinikmati secara hangat di rumah.

6. Ali Grem

Ali Grem

Image Credit by Putratravel.net

Oleh-oleh yang memiliki nama yang cukup unik ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, dan berbentuk seperti donat. Diberi nama demikian karena makanan ini melingkar seperti cincin yang dalam bahasa sunda biasa disebut ali. Warnanya agak kecoklatan karena donanya terbuat dari gula merah. Adonan dari makanan ini adalah tepung beras, kelapa, dan gula merah.

Ali grem biasanya disajikan ketika ada masyarakat Karawang yang ada hajatan seperti pernikahan, maupun khitanan. Memiliki rasa yang manis dan lezat, oleh-oleh ini sangat cocok Anda bawa pulang. Harganya juga sangat terjangkau, biasanya dipatok sekitar Rp 27 ribu. Banyak masyarakat Kawarang yang menjual makanan tradisional ini, khususnya desa Lemahmukti yang masih mempertahankan resep tradisional Ali Grem.

7. Serabi Hijau

Serabi Hijau

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Kota Karawang memiliki kue serabi khas yang berwarna hijau. Makanan tradisional khas Karawang ini sangat nikmat ketika dihidangkan bersama gula aren. Adonan serabi hijau terbuat dari beberapa bahan seperti tepung beras, santan kelapa, parutan kelapadan daun pandan. Dulu kue serabi hijau dijual dengan satu varian saja.Namun sekarang varianya semakin bertambah seiring dengan munculnya berbagai makanan modern yang lebih menarik.

BACA JUGA:  16 Tempat Camping di Bogor yang Paling Direkomendasikan

Bahkan ada salah satu penjual serabi hijau yang menjual sorabi hijau dengan dua rasa yaitu gula aren dan gula durian. Salah satu tempat menjual serabi khas karawang ini terletak di daerah Rengasdengklok. Penjual bernama kKasim ini, bahkan sudah cukup popoluer di kalangan pecinta serabi hijau. Bahkan pengunjung yang datang ke tempatnya tidak hanya berasal dari masyarakat lokal. Banyak juga orang luar negeri yang berkunjung ke Karawang dan mampir ke tempatnya.

8. Minuman Kawista Madu

Minuman Kawista Madu

Image Credit by Tanamanbuahonline.wordpress.com

Kebanyakan oleh-oleh dari kota Karawang memang dari jenis makanan. Namun Anda juga bisa mmebawa oleh-oleh berupa minuman yaitu Kawista Madu. Minuman khas ini terbuat dari buah kawista yang mempunyai kulit cangkang yang cukup keras. Saat matang, Anda bisa mencium betapa sedap aroma dari buah ini. Rasa sirupnya manis dan khas. Namun sirup ini mengandung cola, tak heran jika disebut sebagai cola java.

Pengolahan minuman ini dengan cara mencampurkan buah kawista dengan madu. Sirup ini dijual dan dikemas ke dalam botol. Selain mempunyai rasa yang lezat dan segar, minuman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Banyak dari kalangan turis yang sagat menyukai minuman ini. Kawista cukup tahan lama, sehingga sangat aman dan cocok menjadi oleh-oleh bagi Anda yang rumahnya jauh dari daerah Karawang, khususnya luar Jawa.

Mengunjungi suatu tempat yang jauh dari kota, akan terasa kurang jika tidak membawa oleh-oleh, termasuk kota Karawang yang ada di Jawa Barat. Beberapa toko oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh diantaranya Oleh-oleh Karawang yang terletak di Nagasi, Toko Oleh-Oleh di Cilama Wetan, Kios Oleh-Oleh di Tirtamulya, Pusat Oleh-Oleh dan Makanan Ringan di Karawang Barat dan Aneka Rasa Toko Oleh-Oleh Khas Parahiangan di Karawangan Timur.