10 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Kediri

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Kediri yang wajib Anda beli? Periksa daftar rekomendasi oleh-oleh dari Java Travel.

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang kerap kali menjadi destinasi wisata bagi wisatawan. Hal ini dikarenakan Kediri memiliki keindahan alam yakni berupa Gunung Kelud dan juga Monumen Simpang Lima Gumul yang sangat terkenal. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Kediri, Anda pun jangan sampai lupa untuk membeli berbagai buah tangan khas kota Kediri yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Simak ulasannya berikut ini tentang apa saja oleh-oleh khas kediri yang wajib untuk Anda bawa pulang.

1. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot

Image Credit by Keripikbekicotkediri.blogspot.com

Jajanan pertama yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah keripik bekicot. Bagi Anda yang ingin mencoba keripik yang ekstrem, ada baiknya Anda bisa mencoba makanan satu ini. Pasalnya keripik satu ini memiliki bahan dasar yang terbuat dari bekicot, yang merupakan sejenis siput yang umumnya banyak ditemukan saat musim hujan. Untuk itu, bagi Anda yang penasaran, keripik satu ini wajib untuk Anda coba. Biasanya Anda akan banyak menemukannya di Pare dan dibanderol dengan harga 50 ribu hingga ratusan ribu per kilogram.

2. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Image Credit by Bukalapak.com (AW Oleh Oleh Kediri)

Bagi Anda penggemar pisang, Anda bisa mencoba dan membawa pulang camilan ini sebagai buah tangan. Makanan tradisional yang berasal dari Kediri ini sudah pasti memiliki bahan dasar pisang. Untuk bentukannya sendiri, biasanya gethuk ini akan dikeman menyerupai lontong akan tetapi mempunyai tekstur yang lebih padat dan berwarna kecoklatan. Anda bisa menemukan Gethuk Pisang ini di dusun Jatisari, Kecamatan Kepung dan juga dusun Krenceng yang banyak menjual makanan satu ini.

3. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

Tahu Takwa

Image Credit by Travelingyuk.com

Kediri memang terkenal sekali dengan berbagai olahan tahunya. Salah satunya adalah tahu takwa yang paling banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Tahu ini pun memiliki ciri-ciri yakni berwarna kuning dan juga mempunyai tekstur yang lebih padat. Anda biasanya akan menemukan tahu ini dikemas dalam kotak yang terbuat dari anyaman bambu agar Anda nantinya akan mudah untuk membawanya. Oleh-oleh satu ini biasanya akan mudah untuk Anda temukan di pusat oleh-oleh dan dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah.

4. Stik Tahu

Stik Tahu

Image Credit by Pusatmakanandanjajanankediri.blogspot.com

Olahan tahu selanjutnya yang bisa Anda temukan di kota Kediri adalah stik tahu. Makanan ringan satu ini pun tentu saja akan sangat mudah untuk Anda temukan dimana saja ketika berada di Kediri. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih membuat makanan satu ini dicari dan dibawa menjadi buah tangan oleh wisatawan. Anda dapat menemukan stik tahu ini disekitar kawasan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Pattimura dengan harga mulai 10 ribu hingga 20 ribu tiap satu bungkusnya.

5. Tahu Pong

Tahu Pong

Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Bagi Anda penggemar tahu, pastiya akan sangat senang sekali untuk mengunjungi kota Kediri. Pasalnya berbagai olahan tahu tersedia disini dan bisa pula untuk Anda jadikan oleh-oleh. Olahan tahu lain yang juga banyak diminati oleh pengunjung adalah Tahu Pong. Makanan satu ini berbeda dengan jenis makanan tahu yang lain karena isian tahu ini kosong melompong.

Untuk menambah kelezatan, biasanya tahu pong ini disajikan dengan sambal petis ataupun cabe rawit yang tentu saja akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Untuk Anda yang ingin menemukan tahu pong ini, maka Anda pun dapat mengunjungi Toko Tahu Poo yang berada di Jalan Yos Sudarso, Kediri.atau Anda juga bisa membelinya di Takwa Bahkacung yang berada di Jalan Trunojoyo. Anda bisa membawa pulang tahu pong ini dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja.

6. Tas Batik

Tas Batik

Image Credit by Tokopedia.com (Juragan Panci)

Selain itu, ketika mengunjungi kota Kediri Anda pun juga bisa membawa buah tangan berupa tas batik. Bagi Anda yang ingin menambah koleksi tas yang ada di rumah, Anda pun bisa membawa pulang tas batik yang merupakan souvenir khas dari kota Kediri. Hal ini dikarenakan kualitas yang ditawarkan sangat terjamin dan juga memiliki harga yang terjangkau. Untuk itu, ketika Anda tidak ingin membawakan oleh-oleh makanan, maka tas batik ini adalah pilihan yang tepat untuk anda.

7. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang

Image Credit by Resepdanmasakan.com

Tak hanya makanan ringan ataupun camilan, sambal tumpang pun juga menjadi buah tangan yang sering kali dibawa pulang oleh wisatawan. Sambal tumpang merupakan sebuah sambal yang memiliki bahan dasar tempe dan biasanya disajikan dengan nasi pecel khas Kediri. Untuk itu, ketika Anda ingin mencobanya kembali di rumah, sambal tumpang ini pun dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Anda bisa membelinya di pusat toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional.

8. Kopi Brontosono

Kopi Brontosono

Image Credit by Bukalapak.com (AW Oleh Oleh Kediri)

Bagi Anda yang merupakan pecinta kopi, maka Anda pun perlu untuk mencoba kopi Berontosono yang merupakan kopi hitan khas kota Kediri ini. Kopi satu ini mempunyai aroma yang cukup menyengat, akan tetapi cita rasa dari kopi ini pun cukup nikmat, sehingga banyak orang yang juga menyukai kopi Berontosono ini.

Jika Anda sedang berlibur di kota Kediri, ada baiknya Anda juga membawa kopi satu ini menjadi salah satu buah tangan yang cocok untuk Anda bawa pulang. Selain itu, kopi ini pun juga memiliki harga yang terjangkau. Anda bisa membeli dan menemukannya di sekitar Jalan Dhoho, Kediri dengan harga 27 ribu hingga 35 ribu rupiah per satu bungkus.

9. Tenun Ikat Bandar

Tenun Ikat Bandar

Image Credit by Tenunbandarkediri.blogspot.com

Bosan membawa oleh-oleh berupa camilan atau makanan? Maka tenun ikat bandar ini dapat menjadi salah satu buah tangan yang cocok untuk Anda bawa pulang. Barang unik satu ini memang cocok sekali untuk Anda jadikan oleh-oleh, terutama bagi kerabat atau keluarga Anda yang memang memiliki hobi untuk mengoleksi kain khas dari daerah tertentu.

Salah satu karya tenun Indonesia yang berasal dari benang pakan dan juga benang lungsin ini memang banyak sekali diproduksi oleh masyarakat Bandar Kidul, Kota Kediri. Untuk itu bagi Anda yang ingin membawa kain tenun satu ini sebagai oleh-oleh, Anda pun bisa menyempatkan untuk mengunjungi daerah di Bandar Kidul untuk mendapatkan jenis kain tenun terbaik. Untuk harga yang dibanderol kain tenun ini adalah mulai dari sekitar 14 ribu rupiah tergantung motif dan variasi yang Anda pilih.

10. Coklat Tempe

Coklat Tempe

Image Credit by Bulalapak.com (KEGI House)

Buah tangan unik terakhir yang bisa Anda bawa pulang ketika berada di Kediri adalah cokelat tempe. Cokelat satu ini memang memiliki bahan dasar yang terbuat dari tempe yang selanjutnya akan diiris tipis dan dibalut dengan lumuran cokelat sehingga akan menghasilkan rasa manis dan juga gurih sekaligus. Untuk Anda yang ingin membeli jeni cokelat satu ini, maka Anda pun bisa membelinya di Niki Cokelat Tempe yang berada di Sambirejo dan dibanderol dengan harga 10 ribuan saja.

Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Kediri ada baiknya Anda bisa membawakan oleh-oleh khas tersebut untuk keluarga di rumah. Jika Anda masih bingung untuk membeli apa ketika berada di Kediri, maka rekomendasi oleh-oleh tersebut bisa Anda ikuti. Nantinya Anda akan mendapatkan makanan yang unik dan hanya ada di Kediri. Selain itu, oleh-oleh ini pun memiliki harga yang terjangkau sehingga Anda pun bisa membelinya dalam jumlah yang banyak.