10 Oleh-Oleh Khas Lamongan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Lamongan

Terkenal dengan sejumlah destinasi wisata bahari yang indah, membuat Lamongan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selama menikmati destinasi wisata, tak mungkin untuk tidak tergiur mencicipi kuliner khas sekitar serta membawakan buah tangan.

Banyaknya pilihan, kadangkala membuat pengunjung kebingungan untuk membeli yang mana. Agar tidak kebingungan, berikut 10 oleh-oleh khas Lamongan yang bisa menjadi rekomendasi terbaik.

1. Empeng

Empeng

Image Credit by Wisatajawatimur.xyz

Masuk dalam daftar kuliner yang banyak diburu wisaawan, camilan ringan satu ini memang memilki cita rasa yang tidak bisa ditolak oleh para penggemarnya. Miliki tekstur gurih nan renyah karena terbuat dari jagung,  kudapan satu ini dapat menjadi camilan dikala waktu senggang. Terutama bagi Anda yang hanya singgah di Lamongan, membeli Empeng bisa menjadi camilan selagi menunggu sampai di tujuan.

Rasanya tak sulit untuk menemukan si kudapan gurih satu ini, karena Anda bisa menemukannya di pusat oleh oleh yang ada di kota Lamongan. Tak perlu khawatir akan kehabisan stok, sebab pemilik toko biasanya akan menyimpan stok cukub banyak mengingat tingginya peminatnya. Hanya dibandrol sekitar Rp. 10.000 an saja, Anda sudah mendapatkan kepuasan dari satu bungkusnya.

2. Keripik Sunduk

Keripik Sunduk

Image Credit by Jejakpiknik.com

Bagi Anda yang suka jajanan gurih, nampaknya keripik Sunduk bisa menjadi cideramata terbaik. Termasuk dalam jenis camilan ringan, kuliner khas Lamongan ini terbuat dari ikan sunduk yang didapatkan dari hasil melaut. Sebab daerah Lamongan yang memang dekat dengan lautan, membuat masyarakat ingin memanfaatkan hasil lautnya dengan maksimal. Tertarik mencobanya ? Silahkan datangi toko buah yang berada di Apotek Kalipedot daerah Paciran desa Blimbing.

3. Ental

Ental

Image Credit by Ksmtour.com

Apabila tujuan atau lokasi rumah tidak jauh dari Lamongan, tidak ada salahnya untuk mencicipi si minuman sedap bernama Ental. Dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet sedikitpun, membuat daya tahannya tidak terlalu lama. Dalam pembuatannya, Ental hanya terbuat dari tepung beras. Dari, rasanya yang terasa manis nan segar, terasa cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas panasnya.

Tak perlu kebingungan untuk mencarinya, sebab minuman menyegarkan ini dapat ditemui di sepanjang jalan Lamongan ataupun berada di daerah pesisir Paciran. Meski terbuat dari bahan sederhana, rasa yang ditawarkan begitu menakjubkan. Selain mengunggulkan rasa, minuman satu ini dikenal miliki harga yang bersahabat dengan kantong. Cukup mengeluarkan sekitar Rp. 5.000 per gelasnya, kepuasan yang didapatkan berlipat lipat.

4. Rempeyek Cinta Rasa

Rempeyek Cinta Rasa

Image Credit by Ruangguru-629.blogspot.com

Dalam pembuatannya, si rempeyek khas Lamongan ini memang tidak ada yang berbeda dengan rempeyek pada umumnya. Hanya saja citarasa yang ditawarkannya sedikit berbeda, sehingga banyak yang memburunya sebagai camilan lezat. Apabila tertarik membelinya, silahkan datangi rumah Mbak Tri di desa Sedayulawas, Gg Kamboja, Lamongan.

5. Tenun Ikat Desa Parengan

Tenun Ikat Desa Parengan

Image Credit by Mytrip.co.id

Kerajinan berupa kain tenun ikat berkualitas, juga tak kalah menarik untuk diberikan sebagai cideramata kepada kerabat terdekat. Pada umumnya, masyarakat akan mencari kain tenun di Jepara, Toraja, ataupun di Sintang. Namun kenyataannya, Lamongan juga memiliki kain tenun yang tak kalah berkualitas daripada ketiga daerah tersebut. Meski pamornya tidak setenar teman temannya, namun penjualannya sendiri sudah sampai ke negara tetangga.

Mengingat proses pembuatannya yang memerlukan waktu cukup lama dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, membuat sebagian orang engan untuk membelinya. Kini Anda tak perlu khawatir, karena Anda sudah bisa mendapatkannya hanya mulai dari harga sekitar Rp. 200 ribuan saja untuk satu lembar kainnya. Silahkan kunjungi Butik Paradila yang ada di Parerengan, Maduran, Kabupaten Lamongan jika tertarik untuk membelinya.

6. Gula Merah Siwalan

Gula Merah Siwalan

Image Credit by jualgulamerahgulajawa.wordpress.com

Meski namanya serupa, namun rasanya berbeda dari gula merah yang banyak ditemukan di pasaran daerah lain. Rasa uniknya, berasal dari sadaan air mayang pohon siwalan yang kemudian dicampurkan dengan gula pasir. Apabila tertarik membeli gula merah khas Lamongan, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional yang hanya dibadrol sekitar Rp. 20.000 an saja.

7. Batik Sendang Duwur

Batik Sendang Duwur

Image Credit by Mytrip.co.id

Bosan memberikan buah tangan berupa kuliner khas ? Tak ada salahnya untuk memberikan souvenir khas Lamongan, sepeti batik Sendang Duwur. Terkenal dengan batiknya yang indah, souvenir satu ini bisa menjadi kenang kenangan yang berharga. Mungkin di daerah lain Anda bisa menemukan batik, hanya saja setiap daerah di tanah air memang dikenal memiliki keberagaman batiknya.

Bisa dijadikan sebagai koleksi terbaru, batik dari Lamongan ini siap melengkapi koleksi batik anda. Bila tertarik membelinya, silahkan mendatangi pasar ataupun langsung menuju pengrajinnya langsung. Jika mengenai kisaran harganya, untuk satu kain batik akan dibandrol hingga ratusan ribu rupiah. Namun perlu diingat, harga setiap kainnya akan berbeda karena tergantung dari jenis kain dan tingkat kerumitannya.

8. Tas Eceng Gondok

Tas Eceng Gondok

Image Credit by Borneonews.co.id

Selain kuliner khasnya, Lamongan miliki kerajinan tangan unik yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan. Salah satu contoh kerajinan tangan khas Lamongan yang banyak diburu para wisatawan adalah tas. Tak serupa dengan tas lainnya, sebab tas satu ini terbuat dari enceng gondok. Ketika menggunakannya, dijamin pendampilan akan tampak berbeda dengan yang lain.

Selain bisa dijadikan sebagai koleksi dan kenang  kenangan, tas tersebut dapat difungsikan seperti tas pada umumnya. Untuk itulah, souvenis satu ini bisa menjadi buah tangan terbaik dengan kaya manfaat. Silahkan kunjungi R&D handicraft yang berlokasi di Jalan Sunan Kalisongo No. 120, Lamongan apabila tertarik untuk membelinya. Harganya pun relatif terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan isi dompet yang menipis.

9. Jumbrek

Jumbrek

Image Credit by Inibaru.id

Salah satu jajanan kuno dari kota Lamongan ini, terbuat dari campuran tepung beras, gula jawa, dan santan. Dengan rasanya yang luar biasa enak, membuatnya kerap diburu wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan. Kue tradisional ini, miliki bentuk mengkerucut yang dibungkus dengan daun siwalan. Bahkan dari penyajiannya saja, menggoda orang yang melihatnya untuk dibelinya.

Selain dari bentuknya yang unik, rasa si Jumbrek ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat memasuki mulut, Anda bisa merasakan rasa lembut yang dipadukan dengan rasa manis begitu menggoda. Silahkan kunjungi rumah Bu Karmini yang berlokasi di Jalan Deadels, Paciran, Lamongan untuk mencicipi kelezatannya. Lokasinya yang berdekatan dengan WBL, membuatnya tidak susah untuk dicari. Harganya pun murah, sehingga tidak perlu khawatir kantong akan kosong.

10. Wingko babat

Wingko babat

Image Credit by Resepkoki.id

Berasal dari salah satu daerah kecil yang ada di wilayah Lamongan bernama Babat, kue tradisional satu ini cukup banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung. Termasuk dalam makanan ringan, kudapan satu ini miliki rasa manis nan legit ketika disantap. Rasanya yang pas, semakin dirindukan dengan tekturnya yang kenyal namun terasa lembut di mulut. Kelezatan rasa Wingko Babat, didapatkan dari perpaduan bahan baku pembuatannya.

Bahan yang digunakan untuk membuat si Wingko Babat terdiri dari tepung ketan, yang dipadukan dengan kelapa parut dan gula pasir. Sehingga tidak mengherakan bila rasanya begitu memanjakan mulut, serta membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya. Cukup mudah ditemukan, Anda cukup mencari jajanan tradisional ini di pusat pasar tradisional ataupun di berbagai toko oleh oleh. Harganya pun bersahabat, sehingga tidak perlu khawatir akan isi dompet.

Seakan ada yang kurang, ketika mengunjungi Lamongan tanpa membeli oleh oleh khas sebagai buah tangan. Tak hanya dikenal dengan tempat wisatanya saja, kota satu ini pun sajikan berbagai kuliner lezat yang seakan wajib untuk dicicipi. Diantara beragam kuliner lezat tersebut, beberapa diantaranya bisa menjadi buah tangan yang begitu unik untuk diberikan. Selain menyenangkan diri sendiri, memberikan buah tangan bisa menyenangkan pihak yang menerimanya.