10 Oleh-Oleh Khas Madura yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Madura

Madura memiliki oleholeh khas yang beragam yang membuat wisatawan puas dalam berbelanja. Buah tangan yang unik yang terdiri dari makanan dan cinderamata yang populer wajib Anda bawa pulang.

Pulau Madura memiliki beragam atraksi wisata yang begitu menawan. Memang pulau di Jawa Timur ini tidak banyak dijadikan kunjungan liburan, padahal banyak hal yang masih alami dan belum banyak dijamah. Jika Anda menjadikan Madura sebagai tujuan wisata, pastikan untuk tidak pulang dengan tangan kosong. Mengingat ada beberapa oleh-oleh khas Pulau Madura yang harus dibawa pulang. Simak ulasan selengkapnya.

1. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan

Image Credit: Kratonmadura.wordpress.com

Menikmati makanan dengan tambahan kerupuk memang akan semakin nikmat. Sensasi renyah dan rasa gurihnya akan menambah cita rasa makanan itu sendiri. Untuk itu, bagi Anda penggemar kerupuk tidak boleh melewatkan kerupuk ikan khas Madura yang begitu terkenal. Madura sendiri memang dikelilingi oleh lautan sehingga ada banyak komoditas hasil laut yang bisa diolah. Salah satu inovasinya adalah kerupuk ikan yang banyak diburu wisatawan.

Rasanya yang lebih gurih dan enak, akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Selain bisa membeli dalam bentuk yang sudah matang, Anda juga bisa membeli yang mentah. Sehingga akan aman jika dibawa dalam jarak yang jauh atau keluar kota. Karena tidak perlu khawatir akan melempem atau kemasannya rusak. Untuk menemukan kerupuk ikan ini juga begitu mudah, hampir di semua pusat oleh-oleh menyediakan kerupuk ikan ini.

2. Teri Krispi

Teri Krispi

Image Credit: Tokopedia.com

Ikan teri merupakan ikan kecil kecil yang kerap hadir di berbagai masakan di rumah. Rasanya yang asin namun gurih ini juga membuat masakan makin sedap. Apalagi aromanya yang begitu khas, selalu diburu oleh banyak orang. Mengunjungi Madura, Anda akan menemukan olahan teri yang lain daripada yang lain. Karena teri ini telah disulap menjadi camilan kekinian yang dikenal dengan teri krispi yang wajib untuk Anda coba.

Camilan satu ini sangat cocok sebagai teman pendamping nasi atau hanya untuk camilan di waktu santai. Memiliki banyak varian rasa, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Selain itu, tersedia juga berbagai ukuran yang akan memiliki harga yang berbeda. Teri Krispi bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Apalagi untuk mendapatkannya juga mudah dan bisa awet. Harga jual camilan ini mulai Rp. 25 ribuan, ramah kantong bukan?

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Malang Paling Enak & Murah

3. Otok

Otok

Image Credit: Cookpad.com

Panganan khas Madura yang juga menjadi oleh-oleh yang paling diburu selanjutnya adalah Otok. Otok dibuat dari kacang panang atau kacang tunjang, sehingga rasa gurihnya akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Umumnya,Otok akan banyak ditemui di daerah Pamekasan. Hampir semua tempat oleh-oleh menjual makanan satu ini dengan berbagai merek dan juga ukuran. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk rasa otok sendiri cukup unik, karena tidak hanya memiliki cita rasa yang unik saja. perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih inilah yang menjadi alasan Otok tak boleh dilewatkan. Camilan satu ini sangat cocok sebagai teman bersantai, dengan ditemani secangkir kopi atau teh. Tenang saja, memborong Otok tidak akan membuat kantong Anda jebol. Pasalnya oleh-oleh ini dijual mulai Rp. 15 ribu untuk kemasan 500 gramnya.

4. Macho

Macho

Image Credit: Shopee.co.id

Membawa oleh-oleh dari luar kota memang paling mudah dengan membeli panganan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Madura, Anda akan menemukan jajanan yang dikenal dengan Macho. Panganan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman atau kerabat di rumah. Macho sendiri dibuat dari bahan beras ketan yang ditambahkan dengan gula merah. Rasanya yang manis, membuat macho begitu digemari oleh anak anak.

Jika melihat tampilannya, sekilas panganan ini mirip dengan rengginang. Tetapi rasanya amat berbeda, perpaduan rasa manis dengan gurih sangat pas di lidah. Menemukan Macho di Madura tidaklah sulit, Anda bisa langsung menuju pusat oleh-oleh terdekat. Tenang saja, harga Macho ini terbilang terjangkau yakni sekitar Rp. 20 ribuan saja. Tergantung dari kemasan yang Anda pilih.

5. Petis Madura

Petis Madura

Image Credit: Sumenepkab.go.id

Bagi masyarakat Jawa Timur, makanan dengan tambahan petis memang bukanlah hal yang asing. Banyak menu kuliner yang ditambahkan dengan petis agar rasanya makin menggoda. Selain Sidoarja, Madura juga dikenal sebagai penghasil petis yang jempolan. Untuk itu, Anda bisa menjadikan petis Madura sebagai buah tangan ketika mengunjungi Pulau yang terkenal dengan Karapan Sapinya ini. Karena dari segi rasa, petis Madura berbeda dengan petis dari daerah lain.

BACA JUGA:  20 Minuman & Makanan Khas Madiun yang Wajib Anda Coba

Petis Madura identik dengan rasanya yang lebih gurih dengan warna yang lebih kecoklatan. Menjadikannya sebagai oleh-oleh tentu akan membuat sanak saudara menyambutnya dengan baik. Mengingat dengan petis ini, bisa membuat banyak menu nikmat di rumah. Selain itu, petis Madura juga termasuk dalam jajaran oleh-oleh yang tahan lama. Dan yang terpenting tidak membuat kantong Anda jebol, harganya dibandrol mulai Rp. 10 ribuan.

6. Rengginang

Rengginang

Image Credit: Tatitujiani.com

Rengginang menjadi makanan Indonesia yang begitu terkenal. Memang ada banyak daerah yang juga menawarkan rengginang sebagai oleh-oleh. Tidak ketinggalan dengan Pulau Madura yang begitu istimewa. Bentuknya kecil kecil mirip dengan mangkuk kecil dengan rasa gurih yang menggugah. Umumnya satu bungkus rengginang akan dihargai mulai Rp. 20 ribuan. Anda bisa membeli yang sudah digoreng atau yang masih mentah untuk dijadikan buah tangan.

7. Buah Siwalan

Buah Siwalan

Image Credit: Keluyuran.com

Madura dikelilingi oleh pantai pantai cantik yang membuat Anda akan mudah menemukan buah siwalan. Buah yang cukup ini sekilas mungkin mirip kelapa, tetapi sangat berbeda. Apalagi jika masih belum dibelah, karena kulitnya berwarna kehitaman dan di bagian ujungnya berwarna hijau. Sementara buahnya memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan segar. Udara Madura yang cukup panas memang sangat cocok dengan buah ini.

Anda juga bisa menjadikan buah unik ini sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Selain buahnya, Anda juga bisa membawa pulang Legen. Legen sendiri merupakan air yang diambil dari dalam buah siwalan. Rasanya yang menyegarkan, semakin nikmat jika ditambahkan dengan es batu. Kedua oleh-oleh itu biasanya akan ditemui di penjual yang sama. Harga yang ditawarkan juga beragam, yang jelas tidak terlalu mahal.

8. Sewel

Sewel

Image Credit: Facebook.com @sewel gurih khas socah

Anda tentunya akrab dengan jajanan yang dikenal dengan cireng. Di Madura Anda bisa menemukan yang serupa dan bernama dengan Sewel. Sewel atau Cireng Khas Madura ini umumnya akan disandingkan dengan sambal petis. Teksturnya yang crunchy di luar dan lembut di dalam sangat cocok sebagai camilan. Sewel sangat mudah untuk Anda temukan, terutama di Bangkalan. Apalagi saat bulan puasa, penjual sewel begitu melimpah.

Dibuat dari tepung sagu dengan tambahan udang segra dan bumbu pilihan menjadikan rasanya tak dapat dilupakan. Bumbu yang digunakan memang cukup sederhana, tetapi rasa udang yang khas menjadikan sewel begitu nikmat.Tidak hanya bisa Anda cicipi di lokasi, Anda juga bisa menjadikan sewel ini sebagai buah tangan. Bahkan sewel tersedia di pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh kota Bangkalan. Sewel dijual dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp. 20 ribuan.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Jember Paling Enak & Murah

9. Terasi

Terasi

Image Credit: Jembersaja.blogspot.co.id

Mengunjungi Madura, Anda juga tidak boleh melewatkan terasinya. Terasi udang dengan kualitas super begitu mudah untuk Anda temukan di kota satu ini. Banyak yang sudah mengatakan, jika terasi Madura lebih nikmat dibandingkan yang lainnya. Penyedap alami satu ini memang sangat nikmat jika dijadikan campuran sambal atau masakan lainnya. Dengan aroma yang khas, terasi ini memang dibuat dari udang rebon pilihan.

Apabila Anda ingin mendapatkan banyak jenis terasi, Anda bisa menuju Sumenep. Anda akan disuguhkan berbagai terasi dengan kualitas yang berbeda dan ukuran yang berbeda. Umumnya akan dibentuk bulat yang besar, sehingga bisa dibagi bagikan ketika sampai di rumah nantinya. Harga yang ditawarkan untuk masing masing terasi bergantung pada kualitasnya. Untuk kualitas super dibandrol mulai Rp. 70 ribuan dan yang biasa mulai Rp. 30 ribuan.

10. Batik Sumenep

Batik Sumenep

Image Credit: Batiktulismadurasumenep.blogspot.com

Anda tidak hanya bisa berburu makanan sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa membawa buah tangan dalam bentuk barang. Sumenep memiliki batik yang bisa Anda jadikan pilihan oleh-oleh yang begitu unik. Gurata batik di setiap lembar kainnya memiliki corak tersendiri dan juga keunikan yang patut diacungi jempol. Kendati, Sumenep berada di pesisir Anda tidak hanya akan menemukan corak biota laut atau hal yang berbau dengan laut saja.

Bahkan corak ikan hanya sesekali yang dituangkan dalam batik Sumenep. Corak seperti bunga, binatang darat hingga dedaunan justru yang menjadi yang paling banyak dijumpai. Ciri lainnya, Batik Sumenep menggunakan dua hingga tiga warna dalam satu kainnya. Meski terlihat ramai, tetapi batik satu sangat cantik dan motifnya harmonis. Untuk harganya biasanya tergantung kerumitan motifnya.

Itulah beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda buru ketika Anda mengunjungi Madura. Tidak hanya makanan, Anda bahkan bisa membawa oleh-oleh berupa cinderamata yaitu batik. Di bagi menjadi beberapa bagian, Madura akan menawarkan banyak hal menarik selain oleh-olehnya. Termasuk juga kuliner ataupun pesona alamnya yang akan membuat siapapun terpesona. Tertarik wisata ke Pulau satu ini?