21 Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Malang

Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Malang populer dengan harga murah yang wajib Anda bawa pulang.

Pernahkah kamu berkunjung ke Kota Malang ? Kota yang terkenal dengan julukan kota Bunga ini, cukup terkenal dengan objek wisatanya yang beragam. Ketika berlibur ke Malang, tentunya kita ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga atau teman di kota asal. Malang pun memiliki berbagai macam oleh-oleh, yang unik dan khas kota Bumi Arema ini. Daripada bingung, yuk simak beberapa oleh-oleh khas Kota Malang berikut.

1. Sari Apel

Sari Apel

Image Credit by Khasmalangstoreblog.wordpress.com

Malang memang terkenal dengan apel, mulai dari buah apel hingga minuman olahan buah apel. Sari apel sangat digemari oleh masyarakat Malang sendiri, rasanya yang manis pun mampu memikat para wisatawan. Ada banyak produsen yang menghasilkan sari buah apel, namun kamu perlu cermat dalam memilih yang tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh-oleh murah ini, bisa kamu temui di berbagai pusat oleh oleh atau sekitar agrowisata.

2. Keripik Buah

Keripik Buah

Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Selain dibuat sari apel, Malang juga menghasilkan keripik apel. Namun, kamu pun dapat menemui berbagai macam buah yang dijadikan keripik. Oleh-oleh ini banyak dipilih wisatawan, untuk dibawa pulang ke kota asal. Tentunya buah tangan ini menjadi pilihan yang sangat cocok, untuk memperkenalkan cita rasa dan aroma Malang yang penuh dengan buah. Kamu bisa menemukan keripik buah ini, di berbagai pusat oleh-oleh khas Malang.

3. Aneka Olahan Telo

Aneka Olahan Telo

Image Credit by Loveusaha.com

Selain mengunggulkan buah apel, Malang juga memproduksi berbagai macam hidangan yang terbuat dari Telo. Ubi atau Telo ungu diolah dan dijadikan jajanan seperti es krim, bakpao, keripik, pizza, hingga nugget. Penasaran bagaimana dengan rasanya ? Langsung saja Anda mengunjungi Republik Telo, yang berada di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang. Di tempat ini, kamu bisa melihat berbagai jajanan dan hidangan yang terbuat dari Telo Ungu.

4. Pia Mangkok

Pia Mangkok

Image Credit by Omiyago.com

Tidak hanya Jogja yang memiliki bakpia, Malang pun punya Pia khas yang bernama Pia Mangkok. Rasa yang dihasilkan oleh Pia Mangkok Malang, tidak kalah nikmat dari bakpia khas kota wisata lain. Jajanan yang mampu bertahan hingga 2 minggu ini, bisa kamu temui di salah satu toko penjual Pia Mangkok Jalan Semeru 25. Rasanya yang manis dan gurih, membuat Pia Mangkok ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Malang Strudel

Malang Strudel

Image Credit by Daftarhargadelivery.blogspot.com

Pernahakah kamu mencoba kue Strudel ? Kue khas Malang ini, saat ini sudah menjadi oleh-oleh yang sering dipilih oleh wisatawan. Malang Strudel sendiri terbilang cukup baru dibuka, sekitar tahun 2014. Strudel adalah kue yang berlapis, dan diisi dengan berbagai macam buah-buahan. Jika kamu memiliki Strudel untuk menjadi oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh khas Malang atau toko Malang Strudel di sekitar Kota maupun Singosari.

BACA JUGA:  10 Mall di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

6. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Image Credit by Ngalam.co

Oleh-oleh tidaklah selalu tentang makanan, namun cindera mata seperti keramik pun justru memberikan nilai seni yang tinggi. Kamu bisa membawa kerajinan yang satu ini, untuk ruangan di rumah anda. Setiap ukirannya dibuat langsung oleh tangan para pekerja keramik, sehingga pasti memberikan kesan tersendiri. Langsung saja kamu melihat keramik cantik ini, di Jalan MT Haryono Malang.

7. Frozen Bakso

Frozen Bakso

Image Credit by Bukalapak.com (Bakso bakar malang)

Malang memang terkenal dengan kuliner baksonya, lalu bagaimanca cara mencicipinya ketika kembali ke kota asal ? Gampang saja, saat ini ada banyak yang menjual Frozen Bakso. Bakso beku ini tahan hingga hitungan bulan jika disimpan di lemari es, jika kamu ingin lengkap dengan bumbunya maka datangi saja Bakso President. Dengan begitu, kini kamu bisa menikmati Bakso khas Malang di manapun kamu berada.

8. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang

Image Credit by Bukalapak.com (Forlittlej)

Lembutnya roti bakpao, ditambah dengan isi yang hangat membuat siapapun akan menyukai bakpao. Malang pun memiliki bakpao khasnya, yang dinamakan dengan Bakpao Sayang. Tidak hanya berisikan selai berbagai rasa, Bakpao Sayang juga diisidengan berbagai kacang-kacangan. Jika kamu ingin membawa pulang dan menghangatkannya bersama keluarga, datangi saja oleh-oleh khas Malang Bakpao Sayang di Jalan Raya Langsep No. 11.

9. Makobu Cake

Makobu Cake

Image Credit by Dolandolen.com

Makobu Cake adalah oleh-oleh Malang selanjutnya, Makobu sendiri diambil dari singkatan Malang Kota Bunga. Makobu Cake merupakan sebuah kue dengan roti yang lembut, serta sebuah krim yang berada di tengah roti semakin mengikat cita rasa yang manis dan lezat. Ada berbagai varian rasa dari Makobu Cake seperti Castella Cheese, Castella Chocolate, Cappucino, Banana Crunchy, hingga Apple.

10. Queen Apple

Queen Apple

Image Credit by Aurabiru.com

Satu lagi oleh-oleh khas Malang, yang berbahan dasar apel. Farah Quinn adalah pencetus dari toko kue Queen Apple ini, dimana menonjolkan 2 produk yaitu bolu dan strudel. Varian yang dibuat dan dipasarkan oleh Queen Apple pun cukup banyak. Untuk produk bolu sendiri, terdiri dari Cheese, Chocolate, Vanilla, Mango, Durian, Cinnamon, Jack Fruit, hingga Pineapple. Dibuat oleh salah satu chef terkenal, sudah asti Queen Apple memiliki cita rasa yang menggugah selera.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Terhits Dikunjungi

11. Jenang Apel

Jenang Apel

Image Credit by Tokopedia.com (JAJAN MALANG)

Malang memang tidak habis mengolah buah apel, untuk menjadi berbagai bahan produk. Setelah membuatnya menjadi minuman, keripik, dan olahan kue, kini apel kembali digunakan untuk dibuat jenang atau dodol. Jajanan tradisional yang kenyal ini, semakin kaya rasa dengan rasa manis dari apel. Tentunya Jenang Apel bukanlah pilihan yang salah, untuk dibawa pulang ke kota asalmu.

12. Cokelat Tempe

Cokelat Tempe

Image Credit by Omiyago.com

Tempe dicampur cokelat ? Mungkin beberapa dari kalian akan merasa jajan ini cukup aneh. Namun, cobalah terlebih dahulu Cokelat Tempe ini. Jajanan ini adalah perpaduan sempurna dari manisnya cokelat dan gurihnya tempet. Menemukannya cukup mudah, Cokelat Tempe yang diberikan label Dekonco ini, dapat ditemui di outlet Jalan Danau Laut Tawar F1/F19. Olahan unik khas Malang ini, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke kota asalmu!

13. Onde-Onde Depot HTS

Depot HTS Lawang

Image Credit by Malang.merdeka.com

Siapa yang tidak tahu dengan onde-onde ? jajanan tradisional yang berbentuk bulat, dan umumnya berisi kacang hijau ini cukup digemari seluruh masyarakat Indonesia. Malang pun memiliki onde-onde khas Malang, yang bisa kamu temui di Depot Han Tjwan Sing atau HTS. Ada 3 varian rasa yang tawarkan di tempat ini yaitu kacang hijau, kacang merah, serta kelapa. Setiap varian rasanya, mampu memuaskan lidah dan membuatmu ingin menyantapnya lagi.

14. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket

Image Credit by Balitourismboard.or.id

Makanan legendaris dari Malang, ialah Putu. Kue beras yang diisi dengan gula merah, dan disajikan parutan kelapa ini patut untuk dicoba. Kamu pun bisa membawanya pulang, untuk diberikan pada teman maupun keluarga di kota asal. Rasa manis dalam setiap gigitnya, mampu menimbulkan rasa ketagihan pada kue kecil ini. Penasaran ingin mencoba kue putu ? Kamu bisa membelinya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen.

15. Asix Cake

Asix Cake

Image Credit by Daftarhargadelivery.blogspot.com

Jika sebelumnya oleh-oleh khas Malang dibuat oleh Farah Queen, kini adalah lagi artis Tanah Air yang ikut meramaikan jajanan khas Malang. Pasangan Anang-Ashanty, membuat Asix Cake dimana berbentuk mirip bolu dengan taburan toping diatasnya. Rasa manis dan tampilan yang menggiurkan, mampu menarik para wisatawan memilihnya menjadi oleh-oleh. Jika kamu ingin membawa Asix Cake untuk oleh-oleh, segera kunjungi tokonya di Jalan Guntur No.8 Malang.

16. Keripik Kentang Macan

Keripik Kentang Macan

Image Credit by Icipicipiniitu.wordpress.com

Pada umumnya ketika kita memberi keripik kentang, maka bahan dasarnya sudah kentang. Itulah yang membedakan Keripik Kentang Macan khas Malang ini, dengan keripik kentang lainnya. Hal ini karena yang dimaksud dengan kentang disini adalah, sejenis umbi-umbian yang sering disebut dengan gadung. Beberapa orang mengatakan jika umbi ini menyimpang racun, namun tidak perlu khawatir karena proses yang dilakukan mampu menghilangkan racun tersebut.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Terhits Dikunjungi

17. Kaos dan Souvenir Khas Malang

Kaos dan Souvenir Khas Malang

Image Credit by Jejakpiknik.com

Jika ingin membawa pulang souvenir atau produk khas Malang yang berbeda, maka kamu bisa memiliki Kaos dengan tulisan khas Malang. Apalagi saat ini souveni seperti kaos khas Malang pun cukup mudah untuk ditemui, dan harganya pun murah. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam kaos khas Malang di tempat wisata seperi Jatim Park, BNS, atau agrowisata lainnya. Kaos khas Malang pun memiliki desain yang unik, dan kata khas kota Malang seperti Ngalam atau Oyisam!.

18. Madu Klanceng

Madu Klanceng

Image Credit by Keluyuran.com

Madu adalah olahan yang memberikan begitu banyak khasiat luar biasa, sehingga dengan memilih madu sebagai oleh-oleh tentu bisa digunakan untuk kesehatanmu dan keluarga. Madu khas Malang adalah Madu Klanceng, dimana untuk satu botol besarnya dibandrol dengan harga Rp 130 ribu hingga Rp 150 ribu.  Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa menikmati khasiat madu yang mampu mengobati kanker hingga meningkatkan kecerdasan otak.

19. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka

Image Credit by Food.detik.com

Satu lagi olahan yang terbuat dari buah, yaitu Ledre Pisang Bangka. Bangka yang diambil untuk nama jajanan ini, merupakan salah satu wilayah kecil dekat dengan perubahan Kota Malang. Sesuai namanya, Ledre Pisang berbahan dasar Pisang, yang dijual dnegan harga sekitar Rp 42 ribu per kotaknya. Bagaimana dengan rasannya ? Langsung saja datang ke jalan Bangka 20-22 Malang, dan rasakan kelezatan dari Ledre Pisang Bangka.

20. Keripik Ceker

Keripik Ceker

Image Credit by Tokopedia.com (Okeyo Shop)

Selain keripik buah, Malang juga terkenal dengan oleh-oleh keripik cekernya. Rasa gurih dan renyah dari keripik ceker, nyatanya membawa banyak kebaikan untuk tubuh. Khasiat dari keripik ceker diantaranya seperti Kolagen, Kalsium, dan asam amino. Pengemasan keripik ceker ini, dibuat mulai dari ukuran kecil hingga besar. Kamu bisa mendapatkan Keripik Ceker, di beberapa pusat toko oleh-oleh khas Malang.

21. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Image Credit by Sanantempe.com

Malang terkenal sebagai penghasil tempe yang baik, sehingga olahan tempe pun banyak kamu temui di kota ini. Salah satunya adalah olahan keripik tempe, yang gurih dan renyah. Jika kamu ingin mendapatkan keripik Tempe, langsung saja darang ke Kampung Sanan yang berada di kecamatan Belimbing. Berbagai rasa dari Keripik tempe, pasti akan memanjakan lidahmu. Rasa dari Keripik Tempe terdiri dari asin, rumput laut, jagung manis, barbeque, hingga keju.

Oleh-oleh adalah sebuah cendera mata, yang dibawa para wisatawan ke kota asal sebagai kenangan – kenangan. Begitu pula ketika mengunjungi Malang, kita tentu ingin membawa pulang produk khas kota Malang. Kamu bisa menemui oleh-oleh tersebut di Toko Rimba Raya, Istana Oleh-Oleh Brawijaya, Deduwa Oleh Oleh, Pusat Oleh-Oleh Khas Malang, dan Sentra Oleh-Oleh Lancar Jaya. Selamat berlibur di Malang !