10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Pekalongan

Bicara soal Pekalongan pasti yang muncul pertama kali adalah batik khas asal kota tersebut. Jika Anda ingin berkunjung ke Kota Pekalongan ini ada banyak sekali jajanan khas bahkan minuman yang memiliki rasa unik. Anda bisa membeli beberapa jajajan untuk dijadikan buah tangan keluarga dirumah. Yuk simak oleh-oleh khas Pekalongan yang sangat direkomendasikan berikut.

1. Kue Lumpang

Kue Lumpang

Image Credit by Inibaru.id

Kue lumpang adalah salah satu jajanan kue basah yang banyak diminati oleh para wisatawan. Bentuk kue lumpang ini seperti mangkok berwarna cokelat dan memiliki rasa gurih. Bahan utama pembuatan kue ini adalah santan yang ditaburi daun bawang diatasnya. Anda bisa membeli kue lumpang ini di Nyonya Djoe yang beralamat di Jalan Sumatera Nomor 16B. Harga kue basah ini pun relatif murah yaitu sekitar 5 ribu rupiah saja.

2. Apem Kesesi

Apem Kesesi

Image Credit by Inibaru.id

Makanan khas Pekalongan ini memiliki bentuk yang bulat pipih dan juga berwarna cokelat. Biasanya apem kesesi dilapisi dau pisang dibawahnya. Makanan tradisional khas Pekalongan ini juga memiliki nama lain Apem Comal di masyarakat setempat. Begitu menggigit apem ini akan ada rasa yang legit karena apem terbuat dari gula aren. Anda bisa menemukan jajanan tradisional ini di pasar kesesi yang dibandrol dengan harga yang terjangkau.

3. Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Image Credit by Womantalk.com

Jika berkunjung ke Pekalongan tak afdol rasanya jika tidak membeli batik Pekalongan sebagai oleh oleh khas Pekalongan. Batik Pekalongan memiliki ciri yang unik dibandingkan dengan batik lainya. Selain ciri yang unik, batik ini juga memiliki kualitas yang tiada duanya. Anda bisa membeli batik ini di Kampoeng Batik Kauman dengan harga berkisar 150 ribu rupiah untuk satu kain batik.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Gethuk

Gethuk

Image Credit by Garvingoei.com

Oleh oleh khas Pekalongan yang tidak kalah enak untuk wajib dicoba adalah gethuk. Makanan yang terbuat dari ketela ini memiliki rasa yang nikmat untuk disantap. Bahan utama pembuatan gethuk ini adalah ketela pohon yang dibentuk sedemikian rupa dengan tambahan gula aren serta parutan kelapa. Jajanan ini sangat mudah dijumpai di daerah Pekalongan. Anda bisa membeli gethuk di daerah pasar tradisional atau di pusat oleh oleh.

5. Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar

Image Credit by Wiratech.co.id

Jika Anda menginginkan oleh oleh yang tidak ribet dan praktis untuk dibawa, Anda bisa membeli kerupuk gender yang kerap kali dijumpai di Pasar Tradisional Pekalongan. Anda juga bisa membeli kerupuk baik dalam keadaan yang sudah matang atau mentah. Kerupuk ini memiliki bahan dasar utama yaitu nasi yang dibumbui dengan ketumbar, bawang putih dan tepung sagu.

Anda bahkan bisa membuat kerupuk hendar sendiri di rumah karena cara membuatnya terbilang mudah. Cukup blender semua bahan dan kukuslah bahan yang sudah halus. setelah itu Anda bentuk kerupuk hingga berbentuk bulat pipih dan jemur di bawah sinar matahari. Jika sudah kering Anda bisa menggorengnya dan menyantap kerupuk bersama dengan keluarga atau orang terdekat anda.

6. Snack Capret

Snack Carpet

Image Credit by Cintapekalongan.com

Apabila Anda suka ngemil dan selalu menghabiskan camilan di rumah, Anda bisa membeli snack capret yang merupakan camilan khas Pekalongan. Capret adalah salah satu kerupuk yang dibuat menggunakan bahan dasar tepun gkanji dan diberi beberapa bumbu bumbu khusus. Ada beragam rasa yang ditawarkan untuk setiap bungkusnya.

Ada rasa original, pedas asin, balado, jagung bakar, sapi panggang dan BBQ. Anda bisa membeli kerupuk ini muali dari kisaran harga 10 ribu rupiah perbungkusnya. Untuk menemukan capret Anda bisa langsung membelinya di toko oleh oleh khas pusat kota salah satunya adalah Toko si Pitung yang terletak di Jln. Gajah Mada Bendan Kecamatan Pekalongan Jawa Timur.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Limun Oriental

Limun Oriental

Image Credit by Winnymarlina.com

Jika Anda ingin menjajal minuman khas Pekalongan, Anda bisa membeli limun oriental. Minuman ini sudah ada sejak tahun 1923 dan masih eksis di produksi hingga sekarang. Bedanya akan ada banyak sekali varian rasa baru yang ditawarakan seperti rasa strawbery, nanas, moka, sirsak, jeruk, lemon, dan framboze.

Limun ini adalah jenis minuman yang terbuat dari camuran sari buah, asam sitrat dan uap yang diracik dari CO2. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu berkisar dari 5ribu rupiah hingga 7 ribu rupiah saja per botolnya. Jika Anda ingin membeli minuman ini Anda bisa langsung mendatangi outletnya yang berada di JLn. Rajawali Utara Nomor 15 Kota Pekalongan.

8. Kopi Tjanting

Kopi Tjanting

Image Credit by Facebook.com @Tjanting Coffee

Bagi masyarakat Pekalongan yang suka ngopi, Tjanjing adalah salah satu produk yang sudah familiar. Tak heran jika kopi ini selalu direkomendasikan oleh beberapa orang untuk dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke Pekalongan. Kopi tjanjing sudah terkenal sejak dahulu kala, sehingga membuatnya menjadi kopi legendaris di Pekalongan.

Selain rasanya yang khas, Kopi Tjanting juga memiliki aroma khas kopi yang membuat pikiran lebih tenang. Anda bisa meminum kopi ini saat sedang bersantai bersama dengan keluarga ditemani oleh makanan ringan. Untuk membeli kopi ini Anda bisa mengakses website resmi kopi yaitu shop.cintapekalonga.com. Pada website ini akan tertera harga kopi perbungkusnya. Harga yang dibandrol pum bervariatif yaitu kisaran 60ribu rupiah.

9. Tauco

Tauco

Image Credit by Diahdidi.com

Saat berkunjung ke Pekalongan, jajanan yang idak boleh dilewatkan adalah Soto Tauco. Kudapan khas Pekalongan ini memiliki cita rasa yang sangat mengggugah selera. Anda s menikmati soto tauco ini saat cuaca panas atau cuaca dingin. Rahasia dibalik kenikmatan soto ini terletak pada bumbu tauco yang digunakan. Anda bisa membeli bumbu tauco sebagai oleh oleh untuk keluarga, kerabat atauteman di rumah.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Semarang Paling Hits

Tauco sendiri dibandrol dengan harga yang relatif ramah kantong. Anda cukup membelinya dengan harga kisaran 25 ribu rupiah saja. Anda bsia mengkreasikan sendiri masakan dirumah dengan menggunakan bumbu tauco ini. Menambahkan tauco pada makanan akan membuat citarasa makanan lebih terasa nikmat dan juga gurih.

10. Ogak Jahe

Ogak Jahe

Image Credit by Tribunnews.com

Makanan khas dari Pekalongan yang praktis untuk dibawa sebagi oleh oleh adalah Ogak Jahe. Makanan khas Pekalongan ini adalah makanan yang terbuat dari kelapa, gula, serta jahe. Rasanya pun akan seimbang dari rasa pedas yang berasal dari jahe dan rasa manis dari campuran gula pada makanan ini. Makanan ini sangat cocok untuk membantu menghangatkan tengorokan.

Makanan ini sangat cocok dimakan bersama dengan kelurga atau orang terdekat saat bersantai. Rasa renyah dari ogak jahe akan membuat Anda selalu ketagihan. Anda bisa membeli ogak jahe di Toko Ijo yang beralamat di Jln. Hayam Wuruk Nomor 80. Harga ogak jahe ini berkisardari harga 32ribu rupiah saja.

Oleh oleh khas akan selalu ditunggu saat usai melakukan perjalanan keluar kota. Anda bisa membeli beberapa oleh diatas yang mudah ditemukan di beberapa toko pusat jajanan di Kota Pekalongan. Masih ada banyak lagi jajajan khas dari Pekalongan yang bisa dijadikan oleh oleh. Dengan bergaam pilihan tersebut, Anda bisa memiliki jajanan mana yang cocok untuk diberikan kepada keluarga anda.