16 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Semarang

Liburan ke Semarang? Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Semarang yang kekinian, tahan lama dan harga terjangkau.

Berlibur atau jalan-jalan di sebuah kota tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan. Apalagi jika daerah terebut memiliki beberapa oleh-oleh khas yang tersohor. Jika Anda sedang berlibur ke kota Semarang, ada beberapa cindera mata khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Karena selain makanan ada juga cindera mata berupa barang. Lengkapnya yuk simak oleh-oleh khas Semarang dalam ulasan berikut.

1. Bandeng Presto Juwana Semarang

Bandeng Presto Juwana Semarang

Image Credit by Bukalapak.com (YOUNG Sprei & Bedcover)

Makanan satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh karena termasuk tahan lama. Memang banyak daerah yang memiliki bandeng presto, namun khas Semarang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ikan bandeng segar yang dimasak dengan bumbu khusus seperti bawang putih, garam dan kunyit ini kemudian dialasi dengan daun pisang. Kemudian dimasak pada panci presto agar tulangnya lunak.

Untuk mendapatkan oleh-oleh ini Anda bisa mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Bandeng Presto yang ternama. Bandeng Juwana Elrina menjadi yang paling populer dan berada di Jl. Pandanaran 57 dan Cabangnya ada di Jl. Pamularsih 70 Semarang. Bandeng ini dikemas dengan ukuran yang berbeda dan harga yang berbeda pula. Ukuran paling kecil di bandrol mulai dari Rp. 64 ribu hingga Rp. 71 ribu tergantung ukuran dan isinya.

2. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Image Credit by Idntimes.com

Semarang dikenal sebagai kota Lumpia, dan Anda harus menjadikan makanan ini sebagai buah tangan. Anda dapat menemukan olahan ini di berbagai sudut kota Semarang. Salah satu tempat yang menjual lumpia paling enak adalah Lumpia Mataram. Untuk mendapatkannya Anda bisa menuju Jl. Mataran dan Jl. Kedungmundu Raya No. 16. Jika Anda seorang muslim sebaiknya Anda memesan lumpia yang telah mendapat sertifikat halal.

3. Wingko Babat

Wingko Babat

Image Credit by Wikipedia.org

Oleh-oleh khas Semarang yang bisa Anda bawa pulang selanjutnya adalah wingko babat. Olahan dari tepung ketan dan campuran kelapa yang membuat rasanya sangat khas. Untuk mendapatkan panganan ini Anda bisa menuju pusat oleh-oleh di Jl. Pandaranan Semarang. Wingko babat juga dijual dengan berbagai merk serta harga yang berbeda.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Wajib Anda Bawa Pulang

4. Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso Ungaran

Image Credit by Bukalapak.com (Dwi Sri)

Camilan dan jajanan berupa Tahu Bakso menjadi hal yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Karena oleh-oleh dari Ungaran ini sangat nikmat dan pas dijadikan oleh-oleh. Merk ternama adalah Tahu Bakso Bu Pudji yang berada di Jl. Jendr Sudirman No 156 Langensari. Buah tangan ini ada yang versi goreng dan rebus sehingga bisa dipilih sesuai selera anda. Tahu Bakso ini juga termasuk oleh-oleh yang awet dan tahan dibawa perjalanan.

5. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Image Credit by Brilio.net

Roti yang berbentuk seperti penahan rel kereta api juga boleh Anda jadikan oleh-oleh kerabat di rumah. Kudapan wajib pada saat acara pawai menjelang Ramadhan ini memang agak sulit di temukan di hari biasa. Namun Anda tetap bisa menemukan jajanan manis di di Jl. Pandanaran. Ada beberapa toko yang menyediakan roti ini dengan harga mulai Rp. 20 ribuan untuk satu kotaknnya. Roti ini memiliki cita rasa legit yang sangat lezat.

6. Tumpi

Tumpi

Image Credit by Telusurindonesia.co

Tumpi merupakan makanan kering khas Semarang yang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Bentuknya seperti peyek dengan topping kacang hijau yang memiliki rasa gurih dan renyah. Anda bisa mendapatkannya di sentral industri keripik di Karangbolo, Desa Lere, Ungaran. Selain harganya murah, oleh-oleh ini juga bisa bertahan lama. Namun pastikan Anda menyimpannya dengan hati hati mengingat teksturnya yang renyah.

7. Batik Semarang

Batik Semarang

Image Credit by Mnews.co.id

Indonesia memang memiliki batik yang indah dan berbeda setiap kotanya. Jika Anda berkunjung ke Semarang Anda tetap bisa menjadikan kain bercorak ini sebagai oleh-oleh Khas Semarang. Uniknya batik khas Semarang memiliki coark berupa landmark kota Semarang. Anda bisa mendapatkan batik ini di Kampung Batik yang beralamat di Jl. Batik. Anda juga bisa belajar proses pembuatannya lho.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Torakur

Torakur

Image Credit by Food.detik.com

Buah tangan yang tak bisa dilewatkan serta mampu bertahan lama adalah Torakur. Torakur yang berarti tomat rasa kurma ini adalah olahan tomat yang dikeringkan kemudian dijadikan manisan. Rasanya memang menyerupai buah kurma dari Arab untuk itu disebut Torakur. Selain rasanya yang unik dan khas, makanan satu ini juga cukup terjangkau bila Anda membeli dengan jumlah banyak.

9. Kopi Banaran dan Gunung Kelir

Kopi Banaran dan Gunung Kelir

Image Credit by Rynari.wordpress.com

Selain banyak makanan di Semarang juga ada minuman yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu kopi Banaran dan Gunung Kelir. Kopi ini merupakan olahan kopi dari PT. Perkebunan Nusantara IX jateng. Tak hanya menghasilkan kopi kebun ini juga menjadi objek wisata. Dan Anda bisa mendapatkannya di tempat oleh-oleh di perkebunan ini. Tentunya Anda bisa membeli beberapa kopi untuk jadi oleh-oleh bukan?

10. Roti Briliant

Roti Briliant

Image Credit by Omiyago.com

Roti Briliant menjadi roti yang bisa Anda jadikan oleh-oleh Khas Semarang selanjutnya. Apalagi kue legit ini bisa tahan hingga 60 hari meskipun tanpa mengunakan bahan pengawet. Memiliki varian rasa yang beragam Anda bisa mendapatkannya di tokonya yang dekat dengan Simpang Lima Semarang dengan harga mulai dari Rp.100 ribuan.

11. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu

Image Credit by Wisatajawatimur.xyz

Panganan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh selanjutnya adalah Kue Sarang Madu. Bentuk makanan ini seperti sarang burung dengan gula merah siram di atasnya. Karena mudah hancur, Anda harus menyimpannya dengan aman. Kue ini banyak dijual di tempat oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai Rp. 33 ribuan untuk 1 dosnya. Bahkan setelah dua bulan pembuatan, Anda tetap bisa mengkonsumsinya.

12. Souvenir di Pasar Johar

Souvenir di Pasar Johar

Image Credit by Coretanpetualang.wordpress.com

Jika Anda ingin memberikan oleh-oleh selain makanan maka Anda bisa memberikan souvenir. Dan Pasar Johar merupakan pasar yang paling diburu jika menyangkut souvenir. Sehingga jangan heran jika pasar ini selalu ramai dan padat wisatawan yang sedang berburu souvenir untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini memang sempat meredup popularitasnya karena kebakaran besar beberapa tahun yang lalu.

BACA JUGA:  40 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Terhits Dikunjungi

13. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki

Image Credit by Tokopedia.com (Kuliner Semarang)

Tidak lengkap rasanya jika pulang dari Semarang tak membawa buah tangan kue satu ini. Lontong Spekkoek merupakan inovasi baru dari kue spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Kue legit satu ini bisa Anda temui di Jl. Senjoyo 2 No. 1 Semarang dengan merk yang terkenal bernama Lontong Spekkoek Waiki. Untuk satu lontong ini dihargai mulai dari Rp. 18 ribuan untuk satu bijinya.

14. Moaci Gemini

Moaci Gemini

Image Credit by Jateng.suara.com

Mochi yang merupakan jajanan bulat dengan isian beragam ini bisa dijadikan buah tangan ketika mengunjungi kota Semarang. Merk yang paling populer adalah Maoci Gemini yang berada di Jl. Kentangan Barat 101. Oleh-oleh satu ini juga cukup tahan lama yakni hingga 1 minggu karena tidak mengunakan bahan pengawet.Untuk harganya di bandrol dengan harga di bawah Rp. 50 ribu dengan isi 25 buah.

15. Brownies Opium

Brownies Opium

Image Credit by Omiyago.com

Brownies opium menjadi oleh-oleh dari Semarang yang tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja. Pasalnya kue yang memiliki nama mirip zat adiktif ini memang akan membuat ketagihan karena rasa coklatnya yang lezat. Toko yang menjual brownies ini adalah Opium Premium Brownies and Chocolate yang beradad di Jl. Jati Raya No. F-12 C, Banyumanik Semarang. Untuk harganya cukup bervariasi yakni mulai dari Rp. 25 ribu hingga Rp.40 ribuan.

16. Kaos Semarang

Kaos Semarang

Image Credit by Seputarsemarang.com

Rasanya memang tak lengkap jika tak menjadikan kaos sebagai oleh-oleh Khas Semarang. Kaos tersebut adalah kaos Costa Brava Van Java yang menjadi buatan asli anak Semarang. Desainnya yang unik dan freh akan membuat kaos ini tak ketinggalan jaman. Beberapa desain juga mengusung bangunan ikonik seperti Lawang Sewu dan Simpang Lima Semarang. Kaos ini ada di Jl. Tlogosari III No. 32A dengan harga mulai dari Rp. 95 ribu hingga 100 ribu ke atas.

Semarang menjadi salah satu kota yang menawarkan beraneka ragam souvenir dan makanan untuk jadi oleh-oleh. Sehingga Anda tak hanya bisa membawa pulang jajanannya saja, karena batik atau kaosnya juga menarik untuk jadi oleh-oleh. Dengan membeli beberapa buah tangan di atas tentunya akan membuat keluarga atau rekan di rumah menjadi bahagia. Jadi sudah tahu ingin memilih oleh-oleh yang mana? Jangan lupa cek kadaluarsanya.